Pantai Air Manis, Pantai Eksotis dengan Kisah Legenda Dibalik Pesonanya di Padang

Pantai Air Manis, Pantai Eksotis dengan Kisah Legenda Dibalik Pesonanya di Padang
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra Barat.

Bagi yang ingin jalan-jalan atau berlibur ke Kota Padang, salah satu objek wisata yang menarik untuk Anda datangi adalah Pantai Air Manis. Di pantai ini, Anda akan menemukan sebuah lokasi wisata yang penuh dengan keindahan dan pesonanya yang luar biasa. Bentangan pasir yang luas dan landau membuat objek wisata ini dapat menjadi tujuan wisata yang tepat.

Banyak sekali daya tarik yang bisa ditemukan di pantai hits ini. Tidak hanya itu, fasilitas yang ada pun lengkap sehingga para pengunjung akan merasa nyaman dan betah saat berlibur di tempat wisata alam ini. Apalagi hal menarik yang ada di pantai ini adalah legenda Malin Kundang yang konon kabarnya berubah menjadi batu menyerupai manusia tengah bersujud.

Pantai Air Manis adalah salah satu objek wisata alam yang sangat popular di Padang. Bahkan yang mengunjunginya tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi banyak juga yang berasal dari luar kota pergi ke tempat ini. Bahkan destinasi ini tidak pernah sepi pengunjung meski bukan akhir pekan atau hari libur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Air Manis

Daya Tarik Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps Remy Yudiana

1. Keindahan Pantai yang Eksotis

Setiap objek wisata pastinya akan menawarkan daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Begitu pun dengan Pantai Air Manis yang ada di Kota Padang ini. Anda akan menemukan view pantai yang sangat cantik dan juga eksotis. Pasir pantai berwarna putih kecokelatan serta ombak yang kecil adalah perpaduan yang pas.

Pengunjung wisata juga akan dimanjakan dengan keindahan air lautnya yang berwarna kebiruan. Ini tentu menciptakan visual yang begitu apik. Apalagi setelah berpadu dengan langit cerah berwarna biru tentu keindahan pantai hits ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Anda juga akan menemukan pemandangan Gunung Padang dari tempat wisata ini,

2. Kisah Malin Kundang

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan menemukan kisah Malin Kundang yang sangat fenomenal di Indonesia. Malin Kundang adalah anak durhaka yang kemudian dikutuk menjadi batu. Kisah tersebut sudah menjadi turun temurun di Indonesia. Bahkan di Bangku SD saja sudah mendapatkan cerita yang melegenda satu ini.

Batuan karang yang merupakan bukti dari cerita Malin Kundang bisa Anda temukan di pantai ini. Jadi selain melihat keindahan pantainya yang eksotis, banyak yang berkunjung ke objek wisata ini untuk melihat bukti kebenaran cerita yang hits dari masa ke masa ini. Bahkan pengunjung bisa melihat batu tersebut secara leluasa saat berada di tempat wisata ini.

3. Ombak Kecil yang Bersahabat

Dan daya tarik ketiga yang pastinya bisa Anda temukan di pantai ini adalah ombak kecil yang sangat bersahabat. Air laut di Pantai Air Manis ini cukup deras. Tapi tenang saja, ombaknya sangat bersahabat bila digunakan untuk berselancar.

Para pengunjung dapat menikmati deburan ombak yang berhembus sehingga membuat suasana jadi semakin seru dan menyenangkan. Ombak di pantai ini cukup aman jadi tidak perlu khawatir saat bermain air disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps John Stefanus Chandra

Berwisata di akhir pekan adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika destinasi wisata tujuannya adalah Pantai Air Manis. Bagi yang ingin berlibur ke pantai ini harus tahu dulu alamat dan rute menuju lokasi. Objek wisata hits ini ada di belakang Gunung Agung atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Sumatera Barat.

Bagi yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini bisa memakai kendaraan pribadi dan umum. Tapi supaya memudahkan akses Anda sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Anda bisa gunakan google maps saat mencari jalan menuju lokasi wisata. Tapi bila menggunakan bus, pilih yang jurusan Lubuk Buata menuju Pasar Raya.

Setelah berada di Pasar Raya, silahkan ambil rute menuju Jl Raya Teluk Bayur. Berhentilah jika Anda sudah berada di persimpangan. Ganti transportasi yang digunakan berupa angkot atau ojek. Jauh lebih simple jika menggunakan mobil atau motor pribadi. Jika sedang tidak membawa kendaraan pribadi bisa sewa saja di rental mobil terdekat.

Harga Tiket Masuk Pantai Air Manis

Tiket Pantai Air Manis
Image Credit: Twitter @pesonaindonesia

Bagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Air Manis harus mengeluarkan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak. Biaya tersebut tentu tidaklah mahal jika dibandingkan dengan keindahan dan keseruan yang ditawarkan oleh wisata pantai yang popular ini.

Selain membayar biaya tiket masuk, Anda juga harus membayar biaya parker jika membawa kendaraan pribadi. Bagi yang membawa kendaraan roda dua harus membayar biaya parker sebesar 2 ribu rupiah dan roda empat sebesar 4 ribu rupiah. Harga tersebut berlaku di saat hari biasa.

Kegiatan yang Menarik di Pantai Air Manis

Aktivitas Pantai Air Manis
Image Credit: Google Maps Aditya Karnawiredja

1. Jalan-Jalan

Beragam kegiatan seru dan menyenangkan bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Air Manis. Kegiatan pertama adalah jalan-jalan. Jadi saat berada di pantai ini, lepaskan semua penat Anda sejenak dengan berjalan-jalan. Tidak perlu gunakan alas kaki supaya Anda bisa merasakan tekstur dari pasir yang sangat khas.

Tekstur pasir tersebut akan memijat-mijat kaki Anda sehingga terasa lebih rileks dan santai. Badan dan pikirkan pun otomatis akan lebih tenang juga saat berjalan-jalan. Jadi tidak perlu heran mengapa banyak yang pergi ke tempat hits ini di waktu luang. Karena kebanyakan pengunjung yang datang ingin merelaksasikan diri mereka saat berada di pantai indah ini.

2. Mengunjungi Pulau Pisang

Bagi yang memiliki waktu luang cukup banyak cobalah untuk manfaatkan waktu tersebut dengan pergi ke Pulau Pisang. Jika air laut surut, Anda bisa pergi ke pulau ini hanya dengan berjalan kaki saja dari Pantai Air Manis. Perlu diketahui, Pulau Pisang memiliki ukuran hanya 1 hektar saja.

Tapi meski begitu, banyak yang tertarik datang ke pulau ini untuk menyantap makanan khas padang atau sekedar membeli camilan saja. kegiatan ini akan terasa semakin menyenangkan karena Anda bisa memandangi pemandangan yang ada di sekitar. Jika sudah menjelang sore sebaiknya kembalilah ke pantai karena air laut akan pasang lagi.

3. Berfoto di Pantai Air Manis

Berfoto atau selfie di tempat ini adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jadi bagi yang ingin berwisata ke pantai ini tidak boleh lupa jika kegiatan berfoto harus mereka lakukan. Banyak sekali spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Salah satu objek yang menarik adalah Batu Malin Kundang. Tidak hanya menarik saja, batu tersebut juga punya segudang kisah. Jadi tidak ada salahnya untuk memotret diri Anda yang tengah berada di samping batu Malin Kundang yang sudah lama melegenda ini.

4. Bermain ATV

Bagi yang suka dengan kegiatan-kegiatan yang dapat memicu adrenalin maka di tempat hits Pantai Air Manis Anda bisa melakukan kegiatan seperti bermain ATV. Kegiatan ini akan memicu adrenalin Anda sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang cinta dengan tantangan.

Anda bisa jelajahi area yang ada di sekitar pantai cantik dengan kendaraan ATV ini. Tapi sebelum bisa menggunakan kendaraan tersebut, Anda harus menyewanya terlebih dahulu. Harganya sangat murah sekali hanya 100 ribu rupiah per jamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Air Manis
Image Credit: Instagram Dezashot 

Ada sederet fasilitas yang bisa Anda temukan saat berada di Pantai Air Manis. Mulai dari fasilitas toilet yang sangat terjaga kebersihannya. Tidak hanya toilet saja, Anda juga bisa gunakan kamar mandi yang sudah disediakan di tempat wisata hits ini. Fasilitas kamar mandi di pantai ini biasanya digunakan sebagai ruang ganti atau ruang bilas.

Selain itu, ada banyak wahana permainan yang bisa digunakan anak-anak saat bermain di pantai ini. Tidak jauh dari tempat bermain anak, Anda akan menemukan lahar parker yang cukup luas. Jadi bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadinya baik roda dua maupun roda empat bisa memarkirkan kendaraan tersebut disini.

Ada pula fasilitas yang tak kalah penting lain yaitu tempat beristirahat. Jadi setelah melakukan berbagai kegiatan, Anda bisa beristirahat di tempat yang sudah disediakan. Bagi yang gemar memancing pun sudah ada lokasi khusus untuk wisatawan yang ingin memancing. Jadi sangat banyak sekali fasilitas yang bisa ditemukan saat berada di wisata pantai ini.

Pantai Air Manis adalah salah satu tempat wisata favorit masyarakat di Kota Padang. Di tempat hits ini, ada banyak sekali keseruan yang bisa ditemukan pengunjung wisata. Menariknya lagi, batu karang yang melegenda bisa Anda temukan saat berlibur ke objek wisata bahari ini.

REKOMENDASI DESTINASI