Pantai Batu Bedaun, Pantai Cantik yang Dihiasi Bebatuan Granit di Bangka

Pantai Batu Bedaun, Pantai Cantik yang Dihiasi Bebatuan Granit di Bangka
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Berbicara tentang Bangka Belitung memang tidak pernah habis dalam menyajikan pesona keindahan. Memiliki tepian pantai yang landai dengan garis pantainya yang panjang lalu dihiasi oleh pasir putih yang lembut menjadikan Bangka terlihat memesona. Seperti yang terdapat di Pantai Batu Bedaun. Keindahan yang pantai ini suguhkan terlihat begitu memanjakan untuk dipandang. Berencana menyambanginya?

Berlokasi di Bangka Belitung, pantai ini memiliki pesona cantik khas dari tanah Bangka. Kecantikannya terlihat berbeda dari pantai-pantai kebanyakan sebab di pantai ini wisatawan akan menemukan sebuah batu besar dengan pohon rindang yang berdiri diatasnya. Oleh karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Batu Bedaun persis seperti keadaannya yang memiliki batu besar dengan pohon di tengah-tengahnya.

Setelah lama tidak dibangun gedung, pantai ini lalu berubah menjadi lirikan menarik bagi para investor. Banyak para investor yang mulai menanamkan modalnya disini dengan cara membangun beragam bangunan seperti halnya hotel, restoran hingga area bermain dan sebagainya. Sehingga berdampak baik dalam meraup banyak pengunjung, mungkin juga termasuk Anda yang mulai tertarik berkunjung kesini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Batu Bedaun

Daya Tarik Pantai Batu Bedaun
Image Credit: Twitter.com @JagaLaut

1. Dihiasi dengan Bebatuan Granit

Seperti ciri khas pantai yang berada di Bangka, Pantai Batu Bedaun juga memiliki bebatuan granit yang menghiasinya. Inilah yang membedakan pantai Bangka dari pantai-pantai kebanyakan yang memiliki deretan batu karang. Wisatawan akan mendapatkan sambutan utama dari gugusan bebatuan granit ketika menyambangi pantai ini. Bebatuan granitnya pun semakin menambah kecantikan pemandangan.

2. Perpaduan Pasir Putih, Ombak dan Warna Laut

Stress yang berkepanjangan tentu tidak baik untuk kesehatan. Ingin menyambangi obyek wisata tapi terkendala biaya ke luar negeri? Anda tidak perlu khawatir karena pantai cantik ini menyajikan semua hal untuk menghilangkan stress. Perpaduan antara luasnya hamparan pasir putih lembut dan ombaknya yang tenang serta warna lautnya yang cantik di sepanjang mata memandang akan menenangkan pikiran.

3. Batu Ikonik dengan Pohon Keramat

Salah satu yang menjadi daya tarik yang paling diingat oleh para pengunjungnya ialah terdapat batu yang di tengah-tengahnya tumbuh pohon rindang. Lokasinya persis berada di seberang pantai ini. Terdapat sebuah pulau kecil yang seluruh bagiannya terbuat dari batu granit dengan satu pohon besar nan rindang yang tumbuh diatasnya. Tentu ini menjadi sebuah hal unik yang menjadi daya tarik oleh para wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Yeyen Mardyani)

Bagi Anda yang berasal dari Bangka Belitung, nama dari pantai ini tentu tidak asing lagi terdengar di telinga. Lihat saja bagaimana keunikan yang dimilikinya tentu semua orang bisa mengenal dengan jelas nama dari pantai ini. Bahkan Pantai Batu Bedaun juga sering disebut sebagai taman surga. Pantai ini berlokasi di Kepulauan Babel tepatnya di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Meskipun termasuk ke dalam obyek wisata asing, jalan yang harus dilalui untuk sampai ke lokasi ini tidaklah sulit. Untuk Anda yang berencana menyambangi pantai ini, ada rute yang terbilang cukup mudah untuk dilewati dengan perkiraan jarak ialah 28 km. Jarak ini ialah jarak dari Kabupaten Bangka menuju ke pusat pantai. Wisatawan juga tidak perlu mengkhawatirkan kemacetan karena jarang terjadi macet disini.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Maras untuk belok ke arah kiri menuju Jalan Sungailiat. Lalu, teruskan perjalanan ke Jalan Raya Pangkal Pinang hingga ke Jalan Sungai Liat – Bakem. Belok ke arah kiri menuju Jalan Belinyu lalu belok kearah kanan menuju Jalan Hotel Parai Indah. Setelahnya belok ke arah kanan Jalan Laut kemudian belok ke kiri ke Jalan Pantai Batu Berdaun hingga menemui lokasi.

Wisatawan yang sudah berada dekat dengan obyek wisata ini akan dipandu oleh beberapa papan penanda yang akan membawa wisatawan menuju ke lokasi pantai. Sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tersesat meskipun seorang pengunjung baru. Wisatawan juga disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju pantai karena tempatnya yang tidak memadai dilalui kendaraan besar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Elsa Wira Wasistha)

Kekhasan dari daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Batu Bedaun memang memikat para pecinta wisata untuk menggelontorkan sebagian dananya demi berkunjung kesini. Namun, jangan pernah memikirkan nominal tinggi layaknya private beach. Pasalnya, dengan sejumlah dana yang bisa terbilang bersahabat bahkan murah, wisatawan bisa menyaksikan sendiri daya tarik khas yang ditawarkan oleh pantai satu ini.

Dengan uang Rp 3.000 saja, wisatawan bisa menikmati semua hal yang ditawarkan oleh pantai dari tanah Bangka ini. Suasananya yang masih asri karena lokasinya sedikit terpencil akan menjadi rasa baru bagi Anda yang hendak menghilangkan penat disini. Bayangkan, dengan dana yang terbilang sangat bersahabat untuk kantong kering, wisatawan sudah bisa mewujudkan berlibur dengan view memesona.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Batu Bedaun

Kegiatan di Pantai Batu Bedaun
Image Credit: Twitter.com @wawan1932

1. Berpose dengan Latar Belakang Bebatuan Granit

Berkunjung ke suatu obyek wisata tak lengkap rasanya jika melewatkan ritual penting satu ini. Benar sekali, berfoto! Memikirkan mana spot foto yang cocok memang terkadang membingungkan, namun itu semua tidak akan terjadi saat Anda berlibur di Pantai Batu Bedaun. Bebatuan granit yang menghiasi pantai ini dapat menjadi spot foto menarik yang akan terlihat semakin cantik dengan view dari pantainya.

2. Duduk Bersantai Diatas Pasir Putihnya yang Lembut

Wisatawan yang memilih tempat ini sebagai tempat untuk menghilangkan stress tentu merupakan golongan orang-orang yang benar-benar tahu cara menikmati hidup. Bagaimana tidak, pesona yang ditawarkan pantai ini dapat membuat siapapun merasa terpana melihatnya. Wisatawan bisa duduk-duduk santai diatas pasir putihnya yang lembut sembari membiarkan kaki Anda disapu lembut oleh ombak kecil.

3. Memancing Diatas Kapal Tengah Laut

Kekayaan dari obyek wisata Batu Bedaun tidak hanya menghadirkan pesona alamnya saja tetapi juga makhluk hidupnya. Seperti halnya ikan-ikan dan beragam hewan lain yang terdapat di lautnya. Sehingga menjadi surga khusus bagi para pecinta memancing. Wisatawan bisa memancing disini dengan terlebih dahulu menyewa kapal yang sudah lengkap dengan peralatan memancing. Dan rasakan tarikan strike dari ikan!

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Traveloka.com

1. Hotel Batu Bedaun

Dari namanya saja tentu sudah bisa dibayangkan betapa dekatnya hotel ini dengan Batu Bedaun. Wisatawan akan merasakan bermalam dengan view keindahan pantai dari area penginapan ini. Gazebo besar yang terbuat dari kayu akan melengkapi kegiatan bermalam Anda di Hotel Batu Bedaun. Fasilitas yang disediakan oleh hotel ini pun terbilang memadai dengan kolam renang hingga akses langsung ke pantai.

2. Puri Ansell

Suasana penginapan yang ditawarkan oleh Puri Ansell sangatlah memikat dengan suasana sejuk dan pemandangan pantai sehingga dapat memikat siapapun untuk bermalam disini terutama para wisatawan pantai. Wisatawan yang membawa hewan peliharaan juga tidak perlu merasa khawatir, karena Puri Ansell mengizinkan hewan peliharaan. Jadi, wisatawan bisa bermalam sembari ditemani hewan kesayangan.

3. Hotel Sun Jaya Bangka

Hotel ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat sehabis berlibur di Batu Pandan, tetapi juga cocok sebagai tempat acara dengan konsep pesta di tengah taman. Mengingat luasnya lahan hijau yang ditawarkan oleh hotel ini juga berdampak baik bagi udara sejuk yang akan wisatawan temui. Fasilitasnya pun lengkap seperti area parkir dan Wi-Fi gratis, ruangan ber-AC, hingga cocok untuk anak.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Batu Bedaun

Fasilitas di Pantai Batu Bedaun
Image Credit: Google Maps (Jay Mul)

Tanpa basa-basi lagi, Pantai Batu Bedaun memiliki fasilitas yang dinilai lengkap dan memadai. Pantai ini menyediakan beragam fasilitas yang akan meningkatkan keseruan liburan bagi para pengunjungnya. mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas khusus dapat dengan mudah ditemukan disini. Sehingga bisa dikatakan bahwa pantai eksotis ini merupakan obyek wisata sempurna yang berkonsep memesona.

Terdapat beberapa gazebo yang dapat dipakai oleh para pengunjung untuk piknik kecil bersama keluarga. Gazebo ini berdiri diatas pasir putih dari pantai sembari menghadap langsung ke laut. Jadi wisatawan bisa piknik sembari menikmati birunya hamparan laut sejauh mata memanjakan. Wisatawan juga bisa bersantai di atas gazebo ini ditemani dengan suara deburan ombak kecil dan semilir anginnya.

Selain gazebo, wisatawan yang mempunyai nyali besar juga bisa merasakan fasilitas lainnya berupa wahana permainan. Dua wahana yang menjadi favorit ialah banana boat dan jet ski. Wisatawan bisa mencoba kedua wahana menyenangkan ini tentunya dengan tambahan biaya. Tak hanya itu saja, wisatawan yang menyukai memancing juga bisa memancing dengan perlengkapan yang sudah tersedia.

Demikianlah beberapa hal menarik mengenai Pantai Batu Bedaun di Bangka dengan semua daya tariknya. Begitu disayangkan jika tidak menyambangi pantai ini terutama untuk Anda yang berada di Bangka. Keindahan tepatnya berperan seperti halnya pemijat badan yang akan menghilangkan stress serta penat yang telah berkumpul di kepala. Dengan berkunjung kesini wisatawan akan merasakan hal yang menyenangkan.