Pantai Bukit Berahu, Pantai Indah dengan Panorama Alam Memukau di Belitung

Pantai Bukit Berahu, Pantai Indah dengan Panorama Alam Memukau di Belitung
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bugis, Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Bukit Berahu menjadi destinasi alam yang wajib dikunjungi saat berada di Bangka Belitung. Disana menyuguhkan panorama yang begitu indah dengan suasana yang menenangkan. Tempatnya sangat cocok digunakan untuk sekedar bersantai.

Anda yang datang dijamin akan merasa kagum karena pantai ini masih terlihat alami. Areanya pun selalu terjaga kebersihannya untuk membuat pengunjung betah saat berlibur. Selain itu disana juga disediakan beberapa spot menarik untuk menikmati pantai.

Biasanya saat hari libur wisatanya selalu didatangi wisatawan lokal dan turis dari luar negeri. Keindahan pantai tersebut memang jarang ditemui di wisata alam lainnya. Maka dari itu jangan lupa melipir ke destinasi ini untuk melihatnya dari dekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bukit Berahu

Daya tarik Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps Bima Luthfi Anandito

1. Pemandangan Alam

Destinasi Pantai Bukit Berahu memiliki pemandangan alam yang terlihat begitu cantik. Terdapat pohon kelapa dan bakau yang ada di sekitar untuk menambah keasriannya. Selain itu, pohon ini juga mampu mencegah abrasi akibat air laut. Tiap sudut pantai tampak beberapa batu-batuan kecil yang melengkapi keindahan wisata.

Para tamu yang berkunjung bisa melihat panorama yang ada dengan duduk santai atau berkeliling. Saat cuaca sedang mendukung sinar matahari akan menerangi arah pantai sehingga terlihat begitu indah. Anda juga bisa memotret kecantikan pemandangan dengan kamera untuk dijadikan kenang-kenangan. Apalagi pemandangannya terlihat masih alami.

2. Warna Air Laut

Hal unik yang ada di pantai ini adalah airnya yang memiliki 3 macam warna. Saat pagi atau siang hari akan tampak warna biru muda, tosca, hingga biru tua yang sangat cantik. Air lautnya juga jernih karena tidak ada sampah yang mencemarinya. Tak hanya itu saja, pasirnya pun berwarna putih bersih sangat kontras dengan warna air pantainya.

Wisatawan dapat bermain air di sekitarnya karena ombaknya hanya riak-riak kecil. Biasanya para tamu yang datang menghabiskan waktu dengan duduk di area pasir. Hal yang terpenting Anda jangan mengotori kawasannya agar selalu terjaga kebersihan pantainya. Ajak kerabat untuk menikmati liburan seru di sekitar pantai dan melihat keunikannya.

Image Credit: Google Maps Ari Raharjo https://www.google.com/maps/contrib/100166867039955277880
Image Credit: Google Maps Ari Raharjo

3. Perahu Nelayan

Saat pagi hari banyak perahu nelayan yang bersandar di pesisir Pantai Bukit Berahu. Memang penduduk disana sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Perahu ini menjadi daya pikat tersendiri bagi sebagian orang karena terlihat estetik dan unik. Bentuknya pun masih tradisional karena perahunya tidak begitu besar dan terbuat dari kayu yang dicat warna-warni.

Anda bisa pula bertanya kepada penduduk mengenai hasil tangkapan laut. Apalagi warganya sangat ramah kepada semua tamu. Jadi traveller dapat menambah wawasan mengenai kebiasaan warga disana dalam memanfaatkan hasil laut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps yurizal aly

Wisata Pantai Bukit Berahu tepat berada di Desa Tanjung Binga, Bangka Belitung. Meskipun letak pantainya berada di dekat pedesaan, destinasi ini sangat mudah dijangkau. Wisatawan yang datang dari luar daerah bisa naik pesawat dengan pemberhentian di Bandara Hanandjoeddin. Kemudian dapat menyewa travel atau naik angkutan umum yang tersedia.

Jika berangkat dari arah Jalan Sudirman Anda bisa lurus terus untuk ke Jalan Tj Pandan. Kemudian ikuti arah Jalan sampai masuk ke area Desa Tanjung. Dari desa ini letak pantai sudah tidak jauh lagi hanya beberapa meter saja. Apalagi suara ombaknya sudah terdengar yang menandakan bahwa pantai berada di kawasan desa tersebut.

Bagi traveller yang baru pertama kali datang ke Bangka Belitung tidak usah khawatir tersasar karena lokasinya bisa diakses melalui google maps. Pengunjung juga dapat bertanya langsung kepada penduduk setempat mengenai lokasi wisata. Aksesnya yang mudah dilalui membuat destinasi alam ini selalu ramai dipadati pelancong dari berbagai daerah.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps wenddy lu

Berlibur ke Pantai Bukit Berahu tidak membutuhkan budget yang banyak. Pada area pintu masuknya, Anda hanya perlu membeli tiket yang harganya Rp 2.000 per orang. Harga tersebut berlaku untuk dewasa dan anak-anak. Biasanya khusus turis dari luar negeri akan dikenai tarif tiket yang berbeda dan lebih mahal untuk menambah pendapatan wisata.

Pantai ini buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Wisatawan dapat menikmati panorama alam yang ada di dalamnya dengan mengajak kerabat. Bagi traveller yang membawa kendaraan pribadi dapat menaruhnya di lahan tempat parkir. Disana juga ada tarif karcis Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Biaya yang ada tersebut digunakan untuk pengembangan wisata pantai. Saat hari libur destinasi alam tersebut selalu ramai dikunjungi para tamu dari berbagai daerah karena biayanya yang ramah di kantong. Tempatnya yang luas dan indah dijamin akan membuat Anda betah berlama-lama disini. Maka dari itu jangan lupa mampir ke pantai tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Bukit Berahu

Aktivitas Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Instagram Fajar Herlambang

1. Melihat Perahu

Pantai Bukit Berahu memang memiliki keunikan tersendiri karena di pesisirnya tampak perahu nelayan yang berjejer rapi. Biasanya saat pagi hari perahu tersebut dibiarkan bersandar yang menandakan nelayan sudah pulang. Anda dapat melihatnya dari dekat atau sekedar duduk di dekat perahu. Pemandangan ini jarang ditemui di wisata pantai lainnya.

2. Menikmati Sunset

Pengunjung yang datang ke pantai pasti ingin melihat sunset secara dekat. Apalagi pantai ini menyuguhkan tempat yang sangat nyaman untuk spot menikmati sunset. Saat hari libur banyak traveller yang menghabiskan waktu sampai malam di wisata ini. Anda bisa melihat sunset sekaligus memotret keindahan langit senja yang tampak begitu indah.

3. Berfoto

Para pelancong dapat mengabadikan momen saat berada di sekitar pantai. Disana menyediakan beberapa spot yang bagus untuk dijadikan background. Perahu nelayan, warna pasir pantai, dan airnya yang jernih dijamin akan membuat foto Anda semakin estetik. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone.

4. Bermain Voli

Pasir Pantai Bukit Berahu yang bersih banyak dimanfaatkan untuk sekedar bermain. Wisatawan dapat membentuk istana pasir atau membawa peralatan voli dari rumah. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan alas kaki saat bermain karena pasirnya sangat lembut. Hal itulah yang membuat pengunjung senang saat berlibur ke pantai ini.

Aktivitas Seru Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps Ari Raharjo

5. Berkunjung ke Bukit

Anda dapat berkunjung ke bukit yang ada di belakang pantai. Bukit tersebut tampak dikelilingi dengan tanaman hijau yang begitu asri. Udaranya pun terasa sejuk sehingga cocok untuk sekedar melepas penat di sela-sela padatnya aktivitas. Tak hanya itu saja, traveller juga bisa berfoto di sekitar bukit dengan tetap berhati-hati saat berada disana.

6. Mencoba Permainan Air

Wisatawan bisa mencoba permainan air yang disediakan seperti banana boat, jetsky, dan masih banyak lagi. Biasanya para tamu juga ada yang membawa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pengunjung senang saat bermain air. Namun Anda harus tetap hati-hati dan perhatikan ombaknya.

7. Berenang

Berenang memang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan saat berlibur ke Pantai Bukit Berahu. Para pelancong dapat membawa baju renang, kacamata, pelampung, dan peralatan lainnya. Akan tetapi Anda jangan berenang di tengah air laut, cukup di sekitar pesisirnya saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan pengunjung yang berlibur.

8. Menikmati Kuliner

Pada bagian sudut lain pantai menyediakan warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Apalagi kuliner tersebut rasanya sangat khas karena diolah langsung oleh penduduk setempat. Wisatawan bisa membeli camilan, makanan berat, serta es kelapa muda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

fasilitas Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps Aaron Lisandrio

Pantai Bukit Berahu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Pada tiap sudutnya terdapat kursi pantai yang digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan. Terdapat pula kamar mandi yang disediakan untuk membasuh diri usai bermain air. Kamar mandi itu gratis karena tidak dijaga oleh petugas setempat.

Kebersihan pantai ini selalu terjaga karena terdapat tempat sampah di sepanjang wisata agar traveller tidak membuang sembarangan. Anda juga bisa berkunjung ke beberapa warung makan yang ada disana untuk mencicipi kuliner khas setempat. Namun, bagi yang ingin bermain air diharap membawa peralatan karena disana tidak ada tempat persewaan.

Bagi pelancong yang membawa kendaraan dapat menaruhnya di lahan parkir yang begitu luas. Wisatawan tidak perlu khawatir karena tempatnya sudah dijaga oleh petugas dan dipastikan aman. Beberapa fasilitas tersebut diharapkan dapat membuat tamu betah saat berlibur. Hal yang terpenting jangan merusak setiap fasilitas yang ada di wisatanya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Pantai Bukit Berahu yang dapat dikunjungi. Destinasinya yang begitu cantik dijamin akan membuat Anda kagum saat berada di kawasannya. Ajak keluarga atau kerabat dekat untuk menikmati liburan di pantai. Jangan lupa siapkan budget dan peralatan yang akan digunakan selama berkunjung kesana.