Pantai Burung Mandi, Pantai Cantik dengan Panorama yang Memukau di Belitung

Pantai Burung Mandi, Pantai Cantik dengan Panorama yang Memukau di Belitung
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Burong Mandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Sumatera memiliki banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi tak kalah menarik dari Pulau Jawa. Salah satu tempat menarik ini adalah pantai. Terdapat ratusan pantai yang membentang di Pulau Sumatera, salah satunya terdapat di Kota Belitung yaitu Pantai Burung Mandi.

Nama pantai ini sangat unik, menurut masyarakat setempat ada dua sebab asal muasal penamaan pantai. Pertama karena letak pantai yang berdekatan dengan Gunung Burung Mandi yaitu hanya berjarak beberapa kilometer. Kedua, karena dahulu banyak segerombolan burung yang menetap di pesisir pantai seperti sedang mandi.

Pesona pantai ini sangat menarik sebagai alternatif destinasi liburan di akhir pekan bersama keluarga. Selain menampilkan alam pantai yang asri dan alami, banyak aktivitas yang dapat dilakukan bersama. Tampaknya anda harus wajib berkunjung ke pantai ini jika datang ke Kepulauan Bangka Belitung.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Burung Mandi

Daya Tarik Pantai Burung Mandi Belitung
Image Credit: Google Maps Hendra Pardin

1. Pesona Pantai

Pesona Pantai Burung Mandi sangat menarik untuk dilihat. Hamparan laut yang kebiruan dengan pasir putih lembut serta dilengkapi keindahan awan putih langit. Di pantai tidak ada pekarangan dan batu-batu yang kecoklatan.

Pesona yang diberikan justru dari pohon-pohon cemara dan kelapa yang bersusun rapi di pesisir pantai. Pohon yang memiliki tinggi meteran ini memiliki ciri khas yang menarik, duduk dibawah pohon sambil menikmati suasana pantai. Disertai deburan ombak dan hembusan angin sepoi-sepoi menambah sensasi baru.

Terdapat beberapa warung makanan dan minuman di pinggir pantai. Jika haus, pengunjung dapat langsung merasakan kesegaran air kelapa muda atau dogan yang langsung jatuh dari pohonnya. Pengunjung dapat duduk bersantai di pasir ataupun duduk di beberapa tempat yang disediakan seperti gazebo atau pondok-pondok kecil.

Bagi wisatawan yang beragama budha, bisa berkunjung di Vihara yang berada tak jauh dari Pantai Burung Mandi. Wisata dan beribadah dapat berpadu sekaligus. Vihara Budhayana Dewi Kwan Im yang sampai sekarang masih aktif dijadikan tempat ibadah sekaligus datang untuk meramal masa depan.

Waktu terbaik berkunjung ke pantai adalah menjelang sore hari, karena di waktu tersebut dapat menyaksikan keindahan pantai yang menyatu dengan panorama langit sore. Selain itu, hembusan angin yang deras menambah kenikmatan ditambah dengan irama musik dari sisi panggung hiburan. Suasana sore juga pas untuk melihat sunset.

2. Panggung Hiburan

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Burung Mandi justru menyediakan panggung khusus hiburan di pesisir pantai dengan spot pemandangan langsung ke hamparan laut. Panggung hiburan ini biasa dipakai oleh beberapa band lokal maupun pengunjung yang ingin mencoba.

Pantai Burung Mandi menampilkan sensasi yang berbeda, selain melihat panorama pemandangan pantai yang menarik dengan pesona pasir putih, deburan ombak serta hembusan angin sepoi-sepoi, wisawatan dapat juga mendengar irama musik panggung yang menyatu dengan alam. Perpaduan yang serasi melepas penat sembari berlibur.

3. Perahu Kater

Di pesisir pantai terdapat banyak perahu. Perahu yang beralaskan kayu dengan cadik di kedua sisi kanan dan kiri sebagai penyeimbang. Bentuk perahu ini sangat unik, seperti sayap burung. Masyarakat sering menyebutnya kater. Perahu-perahu nelayan ini ditambatkan di tepian laut yang bertengger di atas pasir putih.

Selain bentuknya yang unik, perahu kater juga hemat dari segi bahan bakarnya dibanding dengan jenis perahu lain. Nelayan banyak menggunakan perahu ini untuk menangkap ikan. Pergi di sore hari dan pulang di waktu pagi buta dengan membawa tangkapan ikan yang segar untuk di jual di pasar maupun di pinggiran pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Burung Mandi Belitung
Image Credit: Google Maps Imam Rias

Pantai Burung Mandi yang elok ini memiliki lokasi strategis yaitu berada di Kecamatan Danar Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung. Perjalanan dapat dilakukan di perjalanan darat.

Waktu tempuh perjalanan dari pusat Kota Belitung ke lokasi pantai adalah sekitar 30 menit dengan jarak 20 kilometer dengan rute yang diambil dari Kota Mangar Kabupaten Belitung Timur. Sebelum pergi, disarankan untuk membawa perlengkapan protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Burung Mandi Belitung
Image Credit: Google Maps Aryl Iteza

Wisata alam ke pantai yang menarik ini hanya dibanderol dengan harga senilai Rp 5.000 per orang untuk hari biasa ataupun hari libur. Dengan biaya yang ekonomis anda dapat menikmati keindahan pantai yang menarik ini secara seluruh. Selain tiket masuk, wisatawan juga diminta biaya parkir kendaraan.

Untuk kendaraan mobil dibanderol dengan harga parkir senilai Rp 5.000 dan untuk kendaraan motor dibanderol dengan harga parkir senilai Rp 3.000. Adapun untuk jam operasionalnya, Pantai Burung Mandi dibuka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang Menarik dilakukan di Pantai Burung Mandi

Aktivitas Pantai Burung Mandi Belitung
Image Credit: Instagram Wara-Wiri 

1. Memancing

Berburu ikan laut adalah sesuatu yang paling menyenangkan terkhusus bagi yang menyukai pancing. Wisatawan dapat menyewa beberapa kater perahu untuk dipergunakan sebagai transportasi ke sisi tengah Pantai Burung Mandi. Terdapat beberapa macam binatang-binatang laut yang bisa dibawa pulang jika beruntung.

Wisatawan hanya perlu menyiapkan alat pancing atau jika enggan membawa, tersedia beberapa alat pancing lengkap dengan umpannya yang dapat disewa dengan nelayan. Kegiatan ini termasuk kegiatan yang melatih kesabaran, jadi pergunakan waktu anda untuk bersama ya!

Aktivitas memancing juga dapat mengobati rasa lelah dan beban, karena dapat merasakan sensasi yang menarik, seperti duduk langsung di Kater dengan merasakan ombak-ombak laut. Bergoyang ke sisi kiri dan kanan kater. Pengunjung juga dapat merasakan goyangan pancing saat makhluk air berhasil terperangkap dengan umpan.

2. Berenang

Ombak Pantai Burung Mandi hanya setinggi 1 meter, jadi sangat aman dan cocok untuk wisatawan yang ingin berenang. Merasakan sentuhan dingin air laut yang kebiruan ditambah dengan pasir putih yang lembut. Aktivitas ini dapat dilakukan bersama-sama dengan rombongan ataupun sendiri.

3. Bersantai

Salah satu fasilitas yang disediakan untuk semua wisatawan adalah terdapat tempat-tempat untuk melepas penat. Sepinggir Pantai Burung Mandi ada beberapa gazebo atau pondok-pondok. Pondok ini dapat digunakan untuk bersantai ataupun untuk meletakkan beberapa barang-barang bawaan.

Selain sebagai tempat duduk, anda juga dapat membakar hasil tangkapan binatang-binatang laut di pondok tersebut. Sambil mendengar deburan ombak dan hembusan angin, ditambah dengan suasana rindang dibawah pohon-pohon kelapa yang tinggi menjulang.

Di pesisir pantai anda juga dapat bersantai di atas pasir putih yang lembut mendekati bibir pantai. Pasir ini sangat cocok, terlebih untuk berjemur. Spot pemandangan yang diberikan saat duduk di pesisir seperti hamparan laut, beberapa pohon-pohon kelapa yang menjulang serta di beberapa kilometer terlihat Gunung Burung Mandi.

Aktivitas Seru Pantai Burung Mandi Belitung
Image Credit: Google Maps Indra Hutagalung

4. Menyusuri Pesisir

Kegiatan lainnya yang dapat di lakukan adalah menyusuri pesisir pantai. Berjalan berkeliling pantai dengan kaki telanjang, membiarkan kaki langsung merasakan kelembutan pasir putih pesisir. Anda juga dapat bermain-main pasir dengan keluarga ataupun orang yang disayang.

Selain bermain pasir, aktivitas lainnya yang dapat dilakukan adalah bermain air pantai. Sambil menyusuri pesisir anda dapat berjalan di bibir pantai dengan menapakkan kaki langsung ke dinginnya air pantai yang jernih dengan warna kebiruan.

5. Mengambil Foto

Berfoto adalah kegiatan yang wajib di lakukan saat berkunjung ke Pantai. Dengan memanfaatkan keindahan panorama pantai asyik, anda dapat mengabadikannya di kamera. Banyak spot foto menarik yang dapat di ambil seperti di pesisir pantai, berdiri di bawah pohon kelapa, duduk bersantai di pasir, maupun saat menjelang sunset.

Setiap hari banyak pengunjung yang berdatangan ke pantai, puncaknya hari-hari libur. Untuk wisatawan yang menginginkan momen sepi, bisa menggunakan hari-hari biasa lainnya agar merasakan suasana hening dan damai, serta dapat menggunakan spot foto dengan lebih maksimal.

6. Berburu kuliner

Di pinggir pantai terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman yang cocok untuk dicoba. Pantai Burung Mandi menawarkan berbagai makanan yang terbuat dari binatang-binatang laut yang diolah dengan sangat baik, ada ikan, cumi-cumi, kepiting dan binatang lainnya.

Aneka seafood yang dijual dapat disantap langsung di pantai maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari berlibur. Selain makanan, tersedia juga beberapa minuman khas dari kelapa muda yang segar langsung diambil dari pohon-pohon yang berada di pinggir pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Burung Mandi Belitung
Image Credit: Google Maps Romi Wahyudi

Pantai Burung Mandi menyediakan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai. Diantaranya seperti area kendaraan parkir yang luas lengkap dengan keamanan petugas yang menjaga. Selain itu, tersedia tempat ibadah bagi muslim yaitu musholla untuk pria dan wanita.

Di pinggir pantai juga tersedia toilet bagi pria dan wanita dan tempat ganti baju untuk wisatawan yang berenang. Terdapat juga panggung khusus untuk pertunjukkan yang menghadap langsung ke hamparan pasir putih dengan air biru yang luas.

Selain itu, tersedia juga beberapa warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman khas pantai dengan menu utama seafood. Di dekat warung tersedia tempat duduk seperti pondok-pondok untuk para wisatawan, bisa dipergunakan sebagai alas duduk saat makan ataupun saat hanya melepas lelah sambil menikmati pemandangan.

Pantai Burung Mandi adalah salah satu destinasi pantai yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi yang strategis dan keindahan alam yang ditawarkan sangat menakjubkan. Selain itu pesona gunung juga terlihat dari pantai. Ayo segera jadikan pantai ini sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Belitung ya!