Pantai Carolina, Pantai Pasir Putih yang Menawan Hati di Kota Padang

Pantai Carolina, Pantai Pasir Putih yang Menawan Hati di Kota Padang

Pantai Carolina salah satu wisata pantai favorit dan indah di Bungus, Kota Padang. Pantai berpasir putih lembut, pepohonan hijau dan berbagai aktivitas liburan yang menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Carolina sudah terkenal sejak dahulu kira-kira mulai tahun 1880-an. Memiliki garis pantai cenderung pendek walau ukurannya secara umum terbilang luas. Pemerintah dan masyarakat setempat terus mengupayakan sejumlah pembenahan seiring meningkatnya jumlah wisatawan di Padang.

Aneka pepohonan seperti pinus dan kelapa tumbuh di pinggir pantai sehingga suasananya lumayan sejuk. Banyak batu kerikil tersebar di dekat hamparan pasir menyebabkan warnanya tidak terlalu putih dan halus. Meski begitu untuk difungsikan sebagai arena bermain anak-anak, masih terbilang cukup aman.

Jajaran bukit di kejauhan akan menyambut pengunjung akan. Tingginya intensitas ombak membuat gemuruhnya terdengar amat jelas. Sebagaimana layaknya kondisi laut di area pemukiman, airnya tidak terlalu jernih. Untungnya, banyak alternatif kegiatan seru yang bisa Anda lakukan sesampai di Pantai Carolina.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Carolina

Daya Tarik Dimiliki Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Frans Sinatra)

1. Banyak Pohon Kelapa

Pohon kelapa yang menyebar di hamper semua wilayah tepi pantai. Berhasil menciptakan kenyamanan lewat penataan ruang sedemikian rupa. Tinggi pepohonan kira-kira mencapai 1,5 meter.

Mengingat hadirnya pepohonan tersebut, cuaca di sini tetap sejuk walau udara di dekat laut dikenal terik menyengat. Meski begitu, Anda masih harus senantiasa menggunakan tabir surya.

2. Ombak Menantang

Ombak di sini tidak terlalu berbahaya layaknya di laut lepas meski intensitasnya cukup tinggi. Dapat digunakan sebagai arena berselancar bahkan oleh kalangan pemula sekalipun. Tentu, Anda harus didukung oleh kemampuan berenang mumpuni dahulu sebelum melancarkan aksi.

3. Daratan yang Luas dan Landai

Inilah poin unggulan di Pantai Carolina. Anda akan melewati daratan landai yang tampak seperti hutan pinus sebelum menginjak hamparan pasir. Tanah lapang tersebut sekaligus dijadikan lahan parkir. Oleh rombongan pengunjung, kerap dimanfaatkan sebagai arena outbond dan piknik.

Daya Tarik Pantai Carolina
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

4. Kumpulan Batu Berbentuk Unik

Sekumpulan bebatuan menyebar di kawasan pesisir dengan bentuk yang beraneka ragam dan teksturnya terbilang cukup halus. Sambil menatap bentangan laut, pengunjung kerap duduk santai di atas bebatuan. Jika mencari spot artistik untuk berfoto ria, maka di sinilah salah satu alternatif terbaiknya.

5. Mercusuar Peninggalan Tempo Dulu

Pada dasarnya, mercusuar sangat lazim ditemukan di daerah pantai. Hanya saja, pemancar di Pantai Carolina sudah didirikan sejak masa kolonial. Alat peninggalan Belanda ini memiliki nilai bersejarah dengan kesan klasik yang khas. Ketika berada di puncak mercusuar, Anda pun akan disuguhkan lanskap menawan tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Carolina

Alamat Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Fadel Asman)

Terdapat banyak alternatif sarana transportasi apabila Anda ingin menyambangi tempat ini, baik memanfaatkan kendaraan umum maupun pribadi. Terpaut sejauh 30 kilometer dari pusat kota, terletak di Jalan Padang Painan, Kelurahan Bungus Selatan. Paling tidak perlu 50 menit perjalanan untuk menempuhnya.

Tersedia bus bertrayek Kota Padang-Bungus saat ingin menumpang transportasi publik. Melintasi jalanan berliku, Anda akan menemukan berbagai panorama memesona. Mengingat telah dilengkapi petunjuk memadai, tampaknya tidak sulit untuk melacak keberadaan pantai ini.

Ikuti setiap arahan Google Map bila Anda memakai kendaraan pribadi. Medan menuju pantai cukup berbahaya, terdapat deretan tebing dan jurang karena itu tetaplah waspada selama mengemudi. Dibuka mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB, tetapi bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kepadatan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Carolina

Harga Tiket Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Een Padang)

Setiap pengunjung akan dikenai tarif masuk senilai Rp 10.000. Berlaku ketetapan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 jika membawa kendaraan. Mengingat aneka keunikan telah menanti di Pantai Carolina, total retribusi tersebut bisa dikatakan cukup terjangkau.

Tidak perlu khawatir apabila tiba-tiba kehabisan uang karena ada sejumlah mesin ATM di sekitar pantai. Intinya, semua bakal keperluan pengunjung telah terpenuhi. Bahkan untuk urusan alas duduk, dapat Anda nikmati dengan biaya sebesar Rp 15.000 – Rp 20.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Carolina

Kegiatan di Pantai Carolina
Image Credit: Facebook.com @ferryzeinku

1. Menyambangi Pulau Cantik di Sekitar Pantai

Tidak jauh dari pantai, berjajar pulau kecil nan eksotis. Menggunakan boat yang disewakan penduduk, Anda bisa menyambangi gugusan pulau tersebut. Disarankan mencoba aktivitas snorkeling atau diving sebab pulau-pulau ini menawarkan panorama bawah laut yang sulit ditolak keindahannya.

Berdayakan waktu sebaik-baiknya untuk menjelajahi setiap sudut pantai dan kawasan sekitarnya. Hanya saja, Anda harus menyiapkan sendiri peralatan menyelam karena belum ada penyewaan alat-alat yang relevan dari pihak pengelola.

2. Piknik dan Berkemah

Lingkungan di sini cocok dipakai untuk piknik. Aneka pohon yang tumbuh di sekitarnya berhasil membuat suasana teduh. Masyarakat setempat sudah menyediakan sewa tikar sehingga tak perlu repot membawa sendiri.

Namun, alangkah baiknya siapkan segala kebutuhan sedari rumah jika ingin menghemat biaya pengeluaran. Aktivitas sejenis ini sangat cocok diterapkan bersama keluarga untuk menambah quality time di akhir pekan.

Selain itu, direkomendasikan agar sekalian menjalani perkemahan bagi Anda yang memiliki waktu luang. Tanah di sini rata sehingga tidak sulit membangun tenda. Ciptakan aktivitas seru lainnya seperti bakar-bakar jagung dan ikan tatkala malam tiba.

Selagi menginap di Pantai Carolina, Anda pun berkesempatan melihat momen sunrise dan sunset yang estetis. Matahari akan tenggelam di antara birunya samudra setelah muncul perlahan dari balik perbukitan. Embusan angin lembut turut menyejukkan hati.

3. Bermain Ayunan

Pada ranting-ranting pohon, ada ayunan berupa potongan kayu yang digantung menggunakan tali tambang. Sudah banyak orang yang mencobanya sehingga tak perlu khawatir akan terjatuh. Dalam hal ini, aman dimainkan termasuk oleh anak kecil sekalipun.

Agar pengalaman semakin lengkap, jangan lupa siapkan camilan. Anda dapat melihat-lihat lalu-lalang pengunjung lain selagi berayun. Keuntungan lainnya Anda tidak akan terkena cipratan air karena posisi ayunan tersebut cukup jauh dari bibir pantai, cocok bagi orang yang enggan basah-basahan.

Kegiatan Dilakukan di Pantai Carolina
Image Credit: Instagram.com @yeyen_mc

4. Merekam Video Dokumenter

Sejak Anda berangkat dari tempat menginap mulailah untuk membuat video dokumenter. Ini karena panorama alam di sepanjang jalan menuju Pantai Carolina patut diabadikan. Tetaplah berhati-hati sebab medannya sedikit ekstrem dan berliku.

Sebelum mulai merekam, pastikan Anda sudah membuat konsep video. Kemudian membagikan hasil karya tersebut lewat akun sosial media. Selain berguna mempercantik tampilan akun Anda, juga bisa membantu promosi objek wisata.

5. Memancing

Kurang lengkap rasanya jika melewatkan memancing dalam daftar referensi kegiatan menarik. Dengan menumpang boat, Anda dapat mencari ikan di tengah lautan. Sebaiknya menepi ke pulau sekitar yang lebih sunyi jika khawatir dihantam ombak. Anda akan merasakan kepuasan tersendiri saat sukses membawa pulang hasil tangkapan.

Selanjutnya, Anda dapat memasak hasil pancingan di lokasi objek wisata atau dibawa pulang. Kalaupun gagal, tak perlu terlalu kecewa karena minimal Anda punya pengalaman seru yang dapat diceritakan.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Carolina

Penginapan Dekat Pantai Carolina
Image Credit: Penginapan.net

1. Cavery Beach Hotel

Pihak pengelola menyediakan 34 unit kamar dengan rincian, 6 twin double superior room, 5 deluxe double room, 10 standart room, dan 3 double cottage room. Sewa per malam terbilang variatif mulai Rp 375.000 sampai Rp 475.000. Fasilitas kamar meliputi AC, brankas, kamar mandi, shower, dan televisi.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa ruangan conecting door. Dilengkapi smoking area, layanan kamar, resepsionis stand by 24 jam, ruang keluarga, WiFi, restoran, dan area parkir. Terletak di km 21 Jalan Padang Painan.

2. Losmen Carlos Beach Homestay

Terletak di Bungus Selatan, Jalan Padang Painan km 20, penginapan ini terpisah kurang lebih 800 meter dengan Pantai Carolina. Sewa per malam dibanderol mulai Rp 200.000 sampai 450.000 sesuai tipe kamar. Ada deluxe, ekonomi, dan standar.

Memiliki halaman depan yang lumayan luas meski tampak tandus, tetapi nyaman difungsikan jadi lahan parkir. Tersedia fasilitas dan layanan mencakup AC, kipas angin, bahkan jasa pemandu wisata.

3. Downtown Homestay

Sewa per malam dibanderol senilai Rp 240.000. Fasilitasnya antara lain kulkas, akses WiFi 24 jam, ranjang berukuran besar, AC, kopi atau teh gratis, kamar mandi, dan sebagainya. Memiliki nuansa klasik dengan suasana yang aman.

Beralamat di Jalan Kampung Nias II No. 23D, Kelurahan Belakang Pondok. Terpisah sekitar 6,15 km dari lokasi tujuan, penginapan ini juga dekat dengan objek wisata bahari lain.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Carolina Padang

Fasilitas di Pantai Carolina
Image Credit: Google Maps (Wahyu Agung)

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai termasuk kategori standar, tetapi paling tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar wisatawan. Ada gazebo, sejumlah tempat sampah di titik-titik tertentu, parkiran, ruang ganti, kamar mandi, warung makan milik masyarakat setempat, dan musala. Tentu, kondisi tersebut tidak terlepas dari tarif retribusi yang bersahabat.

Di samping itu, ada penyewaan boat bila Anda hendak mendatangi pulau di sekitar sini. Agar mendapatkan penawaran terbaik, disarankan untuk datang bersama rombongan. Adapun tarif sekali pemakaian biasanya diskusikan dengan pemilik speed boat dan kisarannya mulai Rp 600.000 sampai Rp 800.000.

Pantai Carolina mempunyai sejarah yang panjang sampai sekarang masih menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi penduduk Kota Padang. Karenanya, pastikan untuk turut serta menjaga lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan saat bertandang ke sini. Ikuti pula semua aturan yang mungkin ditentukan oleh pihak pengelola.