Pantai Dewi Mandapa, Pantai Indah dengan Panorama Hutan Bakau di Pesawaran

Pantai Dewi Mandapa, Pantai Indah dengan Panorama Hutan Bakau di Pesawaran
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gebang, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Dewi Mandapa Anda akan langsung dikagumkan dengan lanskap pemandangan hamparan laut yang begitu cantik. Warna biru jernih dari lautan berpadu dengan hijaunya pepohonan rindang yang berada di sekitar pantai dapat membuat Anda merasakan suasana asri yang menyegarkan.

Objek wisata pantai yang berada di Lampung ini cocok untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan lelah dari kegiatan sehari-hari. Selain itu kawasan pantai ini juga sangat pas untuk Anda yang senang berburu foto. Banyak spot foto instagramable yang ada di berbagai sudut di kawasan pantai ini.

Seolah belum puas dengan kecantikan alam yang tersuguh, di tengah perairan Pantai Dewi Mandapa terdapat sebuah pulau kecil yang cukup banyak membuat pengunjung tertarik. Sesuai dengan bentuknya yang menyerupai bentuk hati, pulau kecil ini diberi nama Pulau Cinta.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Dewi Mandapa

Daya Tarik Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Facebook Lampung

1. Dermaga Apung Asmara

Salah satu daya tarik yang terdapat di pantai ini yaitu kehadiran sebuah dermaga apung. Dermaga ini memiliki nama Dermaga Asmara. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, dermaga ini menawarkan suasana romantis yang bisa Anda rasakan saat berada di atasnya.

Dermaga yang memiliki aksen khas kayu ini mengapung di atas perairan, terdapat sebuah kursi yang dapat Anda gunakan untuk duduk-duduk santai di atas dermaga ini. Anda dapat bersantai sembari menikmati matahari sore dari atas dermaga.

2. Alam yang Begitu Indah

Keindahan alam yang ada di Pantai Dewi Mandapa terasa begitu lengkap dengan hamparan laut biru dan pasir putih yang sangat cantik ditambah dengan rindangnya hutan mangrove serta pemandangan gunung yang Nampak begitu gagah. Berbagai keindahan alam yang ada di pantai ini banyak dimanfaatkan pengunjung untuk sejenak bersantai dan menenangkan pikiran dari segala rutinitas.

Daya Tarik dimiliki Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps indra eka

3. Spot Foto yang Menarik

Karena memiliki alam yang begitu indah, kawasan wisata pantai ini menawarkan banyak spot menarik untuk berfoto. Di sini Anda akan menemukan berbagai spot foto unik seperti gapura yang memiliki bentuk seperti hati. Ketika matahari tenggelam Anda juga bisa memperoleh panorama cantik yang dapat dijadikan sebagai latar belakang foto yang keren.

4. Pulau Cinta yang Berbentuk Menyerupai Hati

Pantai Dewi Mandapa juga memiliki daya tarik unik berupa pulau. Terdapat pulau bernama Pulau Cinta di kawasan tengah pantai ini. Pulau ini terbentuk dari gundukan pasir putih yang timbul ke permukaan air dan menciptakan bentuk hati. Keberadaan pulau ini menjadi salah satu spot favorit yang didatangi para pengunjung.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pulau Cinta, Anda dapat menyeberang melalui jembatan yang sudah disediakan di pantai. Hal ini pastinya akan menjadi pengalaman menarik yang sulit didapatkan di kawasan wisata lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pantai Mandapa
Image Credit: Google Maps Mas Wagimand

Pantai Dewi Mandapa adalah pantai yang masuk ke dalam bagian wilayah Provinsi Lampung, lebih tepatnya berada di Kabupaten Pesawaran. Pantai dengan keindahan dan keunikan tersendiri ini terdapat di kawasan terpencil yang tersembunyi. Hal ini dapat dilihat dari rindangnya pepohonan di sepanjang jalan menuju pantai.

Untuk rute menuju lokasi pantai, Anda bisa mengawali perjalanan dari Kota Bandar Lampung yang hanya memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Anda hanya perlu melewati Jalan Pramuka dan menuju ke arah Teuku Cik Ditoro. Setelah itu Anda akan kembali melewati Jalan Raden Imba K. R. sampai tiba di Padang Cermin.

Akses jalan yang akan Anda lalui cukup terjal dengan jalanan yang masih berupa bebatuan dan tanah. Walaupun tergolong terjal, namun tidak perlu khawatir, sebab Anda tetap bisa melaluinya menggunakan kendaraan. Sesampainya di lokasi, semua perjalanan Anda akan terbayar dengan pesona alam yang ada di kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Mandapa
Image Credit: Google Maps Ade N

Mengenai biaya masuk ke objek wisata Pantai Dewi Mandapa, Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab biaya untuk memasuki kawasan wisata pantai ini terbilang cukup ramah di kantong. Pantai ini hanya menetapkan biaya masuk bagi pengunjung sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Biaya parkir juga akan dikenakan kepada pengunjung yang membawa kendaraan. Biaya parkir ini berkisar antara 10 ribu rupiah sampai 30 ribu rupiah tergantung pada hari apa Anda berlibur ke kawasan wisata pantai ini. Biasanya pada hari libur, biaya parkir akan lebih mahal ketimbang pada hari biasa.

Beberapa fasilitas yang tersedia juga mengenakan tarif bagi pengunjung. Sebut saja seperti biaya kunjungan menuju Pulau Cinta dan juga Dermaga Asmara. Tarifnya pun memiliki perbedaan harga pada hari biasa dan hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Dewi Mandapa

Kegiatan Menarik Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Mean Kapal

1. Snorkeling atau Menyelam ke Dasar Laut

Kegiatan menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Dewi Mandapa adalah melakukan kegiatan snorkeling. Ombak yang ada di pantai ini cukup tenang sehingga cocok bisa dimanfaatkan untuk melakukan snorkeling. Pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut yang memiliki pesona menawan dengan berbagai jenis ikan kecil dan terumbu karang cantik yang ada.

Bagi para pengunjung yang tidak mau repot membawa alat snorkeling dari rumah, Anda tetap bisa melakukan kegiatan snorkeling dengan menyewa berbagai peralatan snorkeling yang sudah disediakan oleh pengelola.

2. Camping di Area Pantai

Dengan melakukan camping di area pantai ini pastinya akan menciptakan pengalaman berlibur ke pantai yang berbeda dari biasanya. Anda bisa melakukan camping dengan mengajak keluarga atau teman. Bermalam di pantai yang indah sambil menikmati suara ombak segar dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh keesokan paginya.

3. Edukasi Bakau

Tempat ini juga cocok dijadikan tempat edukasi bagi anak-anak sekolah dasar. Edukasi yang dimaksud adalah pembelajaran sederhana tentang tanaman bakau, hal ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi anak-anak. Belajar sambil menikmati keindahan alam yang ada pasti menjadi hal yang menyenangkan.

Kegiatan Menarik di Pantai Dewi Mandapa
Image Credit: Google Maps Ryan Wijaya

4. Bermain Air dan Berenang

Pantai Dewi Mandapa termasuk kawasan pantai yang memiliki ombak tenang jadi aman untuk melakukan kegiatan berenang atau bermain air di kawasan air pantai. Para pengunjung dapat langsung menikmati air laut yang jernih di pantai ini dengan berenang.

Walaupun memiliki ombak laut yang tenang, tetapi Anda tetap harus mentaati peraturan di laut untuk menjaga keamanan. Apabila mengajak anak-anak berenang di area pantai, Anda juga harus mengawasinya agar tetap mendapatkan pengalaman berlibur yang aman dan nyaman.

5. Menyaksikan Keindahan Matahari Tenggelam

Kawasan pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk menyaksikan tenggelamnya matahari di sore hari. Keindahan alam yang begitu mengagumkan antara perpaduan hamparan laut dengan semburat warna oranye dari matahari tenggelam dapat menjadi obat penyegar pikiran bagi Anda.

Anda dapat menikmati keindahan matahari tenggelam ini dengan duduk santai diatas pasir putih pantai. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto untuk menjadi kenang-kenangan.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Murah Dekat Pantai
Image Credit: Google Maps Arief E. Saputro

1. Rumah Delima

Memiliki lokasi yang cukup strategis membuat penginapan ini mudah untuk ditemukan. Penginapan yang tampak sederhana ini ternyata menawarkan berbagai fasilitas mewah yang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya, akses wifi gratis, area parkir luas, AC, layanan breakfast, dan lain-lain.

2. Yunna Hotel Lampung

Rekomendasi penginapan terdekat dengan Pantai Dewi Mandapa selanjutnya yaitu Yunna Hotel Lampung. Penginapan ini sudah memiliki rating sebagai bintang 3. Penginapan ini menyediakan kamar yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari TV layar datar, wifi gratis, hingga fasilitas pembuatan kopi dan teh. Terdapat pula restoran kasual, tempat gym, serta tempat spa di sini.

3. Hotel Whiz Prime Lampung

Penginapan yang berlokasi di gedung modern ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang ada di penginapan ini seperti area duduk di setiap kamar, wifi gratis, tv layer datar, sarapan gratis, serta masih banyak fasilitas lain yang adan di tempat penginapan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Mandapa
Image Credit: Google Maps Ira SW

Fasilitas yang tersedia di Pantai Dewi Mandapa terbilang cukup lengkap. Mulai dari area parkir yang cukup luas, sampai tempat penyewaan berbagai peralatan untuk camping dan snorkeling tersedia di sini. Tarif atau biaya sewa yang dikenakan pun masih dalam batas yang wajar.

Apabila merasa lapar Anda juga bisa menuju warung-warung atau restoran yang berada di pantai. Anda juga dapat dengan menemukan kamar mandi atau toilet di sini. Berbagai fasilitas ini dapat membuat Anda merasa nyaman di kawasan wisata pantai ini.

Fasilitas pendukung lain yang ada di pantai ini diantaranya jembatan menuju Pulau Cinta, ayunan, tempat untuk duduk-duduk atau gazebo dan masih banyak lagi fasilitas yang lainnya.

Itulah sedikit ulasan dari Pantai Dewi Mandapa yang sebaiknya Anda ketahui sebelum memutuskan berlibur ke sana. Pantai yang memiliki potensi alam yang begitu indah ini pastinya bisa menambah daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Lampung.