Pantai Elyora, Pantai Cantik dengan Hamparan Pasir Putih Memukau di Batam

Pantai Elyora, Pantai Cantik dengan Hamparan Pasir Putih Memukau di Batam
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Batam merupakan kota yang berada di provinsi Sumatera. Beberapa objek wisata yang indah juga terdapat didalamnya. Seperti Pantai Elyora yang merupakan objek wisata yang berada di kota Batam. Meskipun objek wisata ini masih terbilang objek wisata baru.

Namun meskipun demikian, pantai cantik ini langsung hits dan menjadi sorotan publik. Bahkan sempat menjadi destinasi favorit pengunjung. Panorama yang tersaji yaitu panorama bahari yang begitu eksotis. Hamparan pasir putih yang bersih dan terlihat berkilau ketika terkena paparan sinar matahari.

Pemandangan air laut yang berwarna biru muda, yang terpadu dengan biru tua. Yang mana terlihat layaknya saling bertemu pada suatu titik, hingga menciptakan suatu gradasi biru yang indah dan sangat menyejukkan. Tentu saja menjadi lokasi yang tepat untuk menghilangkan rasa penat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Elyora

Daya Tarik Pantai Elyora Batam
Image Credit: Twitter Rahmat Ilias Basti

1. Pesisir Luas dengan View indah

Jika dilihat secara sekilas, memang Pantai Elyora ini memiliki kemiripan dengan pantai cantik lainnya di kota Batam. Pantai ini mirip dengan pantai Reviola, kemiripan tersebut terletak pada luasnya hamparan pasir di pinggir pantainya.

Jika dilihat dari garis pantainya yang panjang, maka pantai cantik ini juga mirip dengan Pantai Tanjung A’an yang ada di Lombok. Alih-alih dari kata mirip tersebut, sekarang berbicara tentang view dan indahnya pemandangan pantai. View yang eksotis dengan warna laut yang indah langsung bisa Anda dapatkan.

Pesisir yang luas dengan kondisi pasir yang lembut dan bersih, kerap menjadi incaran berlibur para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Hamparan pasir ini terlihat begitu indah dengan warnanya yang putih yang terlihat uniknya kontras dengan deburan ombak, hingga menimbulkan buih.

2. Pohon Mangrove kering

Pohon Mangrove ini berada di sekitar area Pantai Elyora dengan kondisi telah mengering. Pohon ini biasanya digunakan untuk berteduh dari panasnya terik mentari. Sembari berteduh, pengunjung juga menikmati segarnya es dogan. Menikmati kelapa muda ini memang bukan hal yang asing, jika bermain ke pantai.

Pohon cantik ini juga menjadi background yang pas untuk berfoto. Tak jarang ada pengunjung yang memanfaatkan berteduh sambil berselfie ria. Memang Nampak indah berfoto pada waktu sore hari, sebab pada waktu ini Anda dapat menjumpai sunset.

Pohon-pohon ini akan menjadi layaknya siluet indah yang tersaji. Maka saat sunset tiba, warna pepohonan yang gelap sangat kontras dengan warna langit yang jingga. Tentu saja warna tersebut timbul dari paparan sinar matahari yang hendak tengelam atau fenomena sunset.

3. Spot Berfoto

Berada di objek wisata alam seperti pantai. Bukanlah hal sulit untuk mencari spot foto. Terutama bila Anda berkunjung ke lokasi Pantai Elyora ini. Spot foto yang sudah cantik dan unik disetiap sudutnya. Bagi Anda yang berkunjung dan ingin berburu foto kece, maka disini adalah tempatnya.

Tentu saja spot foto yang sudah ada secara alami. Moment-moment penting kerap melibatkan spot foto di pantai cantik ini. Seperti foto pra wedding, atau foto-foto kece yang di upload dalam media sosial. Latar belakang yang indah dengan warna laut juga warna senjanya.

Tersedianya swafoto ini menjadikan lokasi kerap menjadi sorotan wisatawan yang cinta akan alam. Biasanya pengunjung banyak dari kalangan pemuda atau malah dari pemuda yang ahli dalam mengambil gambar atau fotografer. Alih-alih hanya sekedar berekreasi, namun juga menambah pengalaman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Elyora Batam
Image Credit: Twitter Nurrina Dwi Larasati

Wisata cantik ini terletak di kawasan Pulau Galang. Lebih tepatnya lagi berjarak 75-80 kilo meter dari pusat kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sudah dapat dipastikan lokasi ini bisa Anda jangkau dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Juga bisa kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Rute menuju lokasi Pantai Elyora ini, di perjalanan Anda akan ditemani oleh pemandangan alam yang indah. Berada pada bagian akhir menuju jembatan Barelang, yang juga terkenal dengan jembatan Raja Kecik / Jembatan 6. Tidak perlu khawatir tersesat bila ingin berkunjung.

Bila belum begitu paham tentang alamat tersebut, tinggal ketik saja alamatnya di google maps. Dan sudah dipastikan akan mudah menemukan, kemudian akan diberikan rute perjalanan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menggalang informasi melalui google.

Harga Tiket Masuk Pantai Elyora

Tiket Elyora Batam
Image Credit: Google Maps Jinz Ultimate Channel

Harga tiket masuk kawasan Pantai Elyora ini yaitu hanya Rp 10.000 saja per orangnya. Harga yang terbilang murah dan royal, tentunya tidak membuat Anda merogoh kantong terlalu dalam. Bila dibandingkan dengan fasilitas yang ada dan dengan daya tariknya, harga ini benar-benar murah.

Namun tentunya, Anda perlu membayar keamanan kendaraan atau biaya parkir per kendaraan yang Anda bawa. Harga per unitnya pun berbeda tergantung jenis kendaraan. Untuk kendaraan roda dua hanya membayar Rp 2.000 per unit. Dan untuk kendaraan roda empat perlu membayar Rp 5.000 per unit.

Berbeda lagi, bila Anda ingin menyewa banana boat atau perahu. Harga tiket sewanya yakni mencapai Rp 30.000 per unitnya. Biasanya perahu ini digunakan untuk menikmati pemandangan dengan berkeliling. Atau hanya sekedar seru-seru bermain air.

Buka setiap hari dengan jam operasional 24 jam. Merupakan pelayanan yang sengaja di buat oleh pihak pengelola. Tentu saja Anda dapat berkunjung di waktu kapan pun. Namun kembali lagi, bahwa harga tiket dan jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan pihak pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Elyora

Aktivitas Elyora Batam
Image Credit: Google Maps Zhianov Z

1. Berenang di Pinggir Pantai dan Bermain Pasir

Kondisi ombak di Pantai Elyora ini bisa dibilang tenang. Dan tentu saja kekuatan ombak yang tenang akan membuat rasa aman dalam berenang. Maka kegiatan berenang di pantai ini sangat cocok dan merupakan kegiatan yang menarik untuk Anda lakukan.

Akan lebih baiknya bila kegiatan berenang ini Anda lakukan menggunakan alat berenang atau pelampung agar lebih aman. Sebab berada di kawasan pantai, tidak bisa dipungkiri bila tiba-tiba datang ombak.

Fasilitas perlengkapan berenang sudah disediakan oleh pihak pengelola, Anda tinggal memanfaatkan hal tersebut. Bila berkunjung bersama keluarga, Anda juga dapat mengajak buah hati Anda bermain di pinggir pantai. Bermain pasir yang bersih dan berwarna putih ini merupakan hal yang menyenangkan.

2. Berburu Foto

Beberapa kegiatan yang ada tidak akan lengkap tanpa aktivitas berburu foto ini. Apalagi bila lokasi yang Anda kunjungi merupakan objek wisata yang menawarkan banyak wahana menarik. Seperti di Pantai Elyora cantik ini yang menyajikan pemandangan alam yang eksotis.

Bahkan setiap sudutnya merupakan hal yang menarik untuk dijadikan spot foto. Sehingga tidak perlu capek kesana-kemari untuk mencari background yang menarik. Berburu foto juga menjadi kegiatan yang sering dilakukan sepanjang Anda menjadi pengunjung.

Hasil foto yang didapatkan begitu kekinian dengan panorama yang kece. Landscape yang ada kian indah saat muncul fenomena senja di kala mentari akan tenggelam. Berbagai perpaduan warna biru, jingga, sedikit gelap, dan warna lainnya, kian menambah efek yang eksotis dalam foto Anda.

3. Camping di Pantai Elyora

Menikmati indahnya pemandangan pantai yang eksotis, rasanya tidak cukup bila hanya dengan waktu beberapa jam saja. Bila Anda berkunjung jangan lewatkan kegiatan berkemah di lokasi Pantai Elyora ini. Sebab kegiatan ini benar-benar seru dan menyenangkan.

Apalagi pada malam harinya ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama keluarga, seperti bakar-bakar, membuat api unggun kemudian bernyayi bersama, dan masih banyak lagi. Suasana malam yang berteman dengan suara ombak tentunya akan mengesankan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Elyora Batam
Image Credit: Google Maps Ardy Aliman

Fasilitas yang ada di Pantai Elyora terbilang cukup memadai dan dapat memudahkan aktivitas Anda. Seperti fasilitas area parkir yang luas, ada nya gazebo di tepi pantai yang dapat Anda manfaatkan untuk beristirahat juga menjadi fasilitas yang tersedia.

Terdapat toilet dan kamar mandi, mushola, spot foto yang unik, serta warung makanan dan minuman, juga siap menanti kedatangan Anda. Tentunya kegiatan piknik bersama keluarga kian asyik dengan fasilitas yang ada tersebut.

Namun tetap saja, jika terlepas dari sebuah fasilitas, lokasi pantai ini masih akan ramai pengunjung karena indahnya yang alami. Keindahan yang tentunya sudah di ciptakan oleh sang Pencipta.

Pantai Elyora merupakan objek wisata alam yang tak kalah unik dan cantik dari objek wisata yang ada di Kota Batam. Mengetahui keberadaannya merupakan hal yang baik untuk menambah wawasan tentang lokasi berlibur.

REKOMENDASI DESTINASI