Pantai Florida, Tempat Pemandian Alami yang Unik di Binjai

Pantai Florida, Tempat Pemandian Alami yang Unik di Binjai

Pantai Florida dikenal sebagai objek wisata berupa pemadian alami di Binjai, Sumatera Utara. Pemandian yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan pesona air terjun yang menjadi daya tariknya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Namu Ukur, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Indonesia kaya akan destinasi wisata alam dengan view menakjubkan. Salah satu destinasi yang tidak akan bisa dilewatkan, yakni Pantai Florida. Namanya memang Florida, namun bukan berarti berada di Amerika. Florida merupakan pantai asli Indonesia yang terletak di Binjai, Sumatra Utara.

Pantai ini menjadi tujuan utama wisata air yang banyak diminati wisatawan saat berkunjung ke Sumatra Utara. Memiliki keindahan alam yang masih tampak begitu alami, nuansa berada di alam yang sesungguhnya akan memanjakan siapa pun yang mengunjungi Florida.

Keunikan lainnya, yaitu dengan adanya air terjun di sekitaran wisata air Pantai Florida. Air terjun ini menjadi primadona di kalangan wisatawan. Tidak hanya bisa dinikmati dengan melihat saja, pengelola Florida seakan peka dengan keinginan pengunjung. Berapa titik dijadikan sebagai wisata pemandian bagi semua kalangan yang datang ke Florida.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Florida

Daya Tarik Pantai Florida
Image Credit: Facebook.com @Wisata-Binjai

Keberadaan pantai yang hampir berada di desa terpencil Medan, membuat Florida belum begitu dikenal banyak orang. Hal tersebut menjadi salah satu faktor Florida memiliki nuansa alam yang begitu terasa.

1. Nuansa Alam yang Sesungguhnya

Florida terkenal akan keindahan alamnya yang sangat asri. Florida berada di antara tebing bebatuan yang tersusun abstrak dengan pepohonan rimbun yang tumbuh hampir di seluruh area pantai. Ini memberikan kesan alam yang sesungguhnya, sehingga membuat semua pengunjung pasti akan merasa nyaman mengunjungi tempat ini.

Jernihnya air juga memberi perpaduan warna cantik dengan hijaunya daun-daun pepohonan. Suasana seperti ini tentu tidak akan Anda temukan di kota-kota besar, layaknya Jakarta. Maka dari itu, Florida akan sangat cocok dijadikan destinasi liburan keluarga atau liburan bersama dengan teman.

2. Adanya Air Terjun

Pantai Florida memiliki air terjun yang mengalirkan air dengan begitu deras. Air terjun di sana menjadi daya tarik utama yang membuat pesona Florida banyak dikenal wisatawan yang mengunjunginya. Tak heran jika banyak pengunjung banyak yang berenangan di sekitaran air terjun tersebut.

Bagi Anda yang suka berenang tentu akan sangat mengasyikkan bermain air di bawah derasnya air terjun. Tapi, jika Anda tidak bisa atau tidak suka berenang secara langsung di bawah air terjun, pengelola Florida menyediakan beberapa pemandian yang bisa dicoba. Tarif yang ditarik pun cukup murah dan terjangkau.

3. Air yang Jenih dan Menyegarkan

Air yang ada di Pantai Florida sangatlah jernih. Membuat pemandangan bawah air bisa dengan mudah dilihat dengan mata telanjang. Anda bisa menikmati jernihnya air dengan berenang atau sekadar berendam di pantai tersebut. Bisa juga hanya dengan bermain air di bawah air terjun persis.

Air yang ada di pantai ini pun sangat segar dan dingin. Pengunjung bisa berenang di Florida di siang hari saat cuaca begitu terik. Jangan lupakan sunblock untuk melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. Jika pengunjung menyukai air yang dingin, ada baiknya pergilah berenang di waktu pagi saat matahari terbit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Florida

Alamat Pantai Florida
Image Credit: Idntimes.com

Pantai Florida terletak di lokasi yang tidak jauh dari Binjai. Tepatnya berada di Desa Namu Ukur, Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Untuk menuju Florida, Anda bisa melalui Binjai atau Medan. Namun, demi mempersingkat waktu perjalanan, akan sangat disarankan berangkat ke pantai ini dari Binjai.

Florida sendiri bertempat tidak terlalu jauh dari Binjai. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju destinasi wisata air Florida, bisa dibilang cukup lama dan panjang. Memerlukan waktu sekitar 1 jam dari Medan dan 30 menit dari Binjai. Itulah mengapa sangat direkomendasikan berangkat dari Binjai untuk sampai di pantai ini.

Namun, sangat disayangkan karena lokasinya yang berada di desa dengan masih kurangnya perhatian pemerintah terhadap potensi wisata ini, membuat akses jalan menuju lokasi belum terlalu layak. Banyak aspal yang sudah mulai rusak. Hal ini menyebabkan di satu jalan hanya bisa dilewati satu kendaraan saja, contohnya mobil.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup lama, wisatawan tidak bisa langsung sampai di tempat yang diinginkan. Pengunjung diharuskan berjalan kaki sepanjang 500 meter untuk bisa sampai di Florida. Akses jalan yang menurun dan sedikit berliku, membuat pengelola menyediakan beberapa pondokan untuk disewa di pinggir sungai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Florida Binjai

Harga Tiket Pantai Florida Binjai
Image Credit: Facebook.com @nuer.zanna.5

Objek wisata Pantai Florida menetapkan biaya masuk bagi setiap pengunjung yang datang untuk berlibur. Sistem ini tentu sudah umum diberlakukan di semua objek wisata. Tarif ini nantinya akan dibuat pengelola pantai untuk mengambangkan Florida agar ke depannya lebih baik lagi.

Biaya masuk yang ditetapkan cukup terjangkau, sekitar Rp 5.000,00 per orang. Ini menjadi besaran tarif umum yang terus berlaku hingga sekarang. Namun, buaya sewa pondok yang banyak dibangun di pinggir pantai, menetapkan harga umum sebesar Rp 35.000,00 per satu tempat yang disewa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Florida

Kegiatan Pantai Florida
Image Credit: Facebook.com @sayafajrul

1. Menikmati Nuansa Alam

Tidak perlu diragukan lagi jika Pantai Florida memiliki pemandangan alam yang begitu cantik dan menawan. Pengunjung akan selalu disambut dengan warna-warna cantik yang begitu cocok jika dipandang dengan mata. Pengunjung bisa menikmati keindahan wisata satu ini dengan berkeliling sekitar area pantai.

2. Berenang dari Tebing Bebatuan

Bagi pengunjung yang suka berenang, tidak perlu khawatir Florida bahaya untuk dipakai berenang. Perairan Florida masih dikatakan aman dan memiliki kedalaman air yang tidak begitu dangkal, tapi cenderung dangkal. Pengunjung bisa menikmati sensasi berenang di alam dengan berenang dari atas tebing bebatuan.

3. Berendam di Pemandian

Pengelola Florida membuat beberapa pemandian di area sekitaran pantai. Fasilitas ini bisa dinikmati siapa saja yang berkunjung ke pantai alam Binjai ini. Dengan biaya masuk pemandian yang terjangkau membuat wisatawan berlomba-lomba untuk menikmati pemandian alam satu ini.

Kegiatan Dilakukan di Pantai Florida
Image Credit: Facebook.com @va.neriiren

4. Bermain di Bawah Air Terjun

Bagi Anda yang mau menikmati sensasi air segar nan dingin dari air laut Pantai Florida, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan bermain air persis di bawah air terjun. Pasti akan sangat seru berbasah-basahan telat di bawah air terjun. Anda akan merasakan sensasi dinginnya air terjun Florida.

5. Berfoto Ria

Berlibur kemana pun tanpa berfoto pasti rasanya akan kurang lengkap. Karena banyak spot foto menarik dan tentunya alami yang tersedia di Florida, maka jadikan view tersebut sebagai latar pengambilan foto Anda. Simpan foto tersebut dan buat hard copynya agar bisa dipajang di rumah.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Florida

Penginapan Terdekat Pantai Florida
Image Credit: Agoda.com

1. Guest House 66

Penginapan sekitar Pantai Florida yang bisa dijadikan rekomendasi, yakni Guest House 66. Dengan biaya sewa kurang dari Rp 100.000,00 per malamnya, pengunjung sudah bisa menikmati sensasi bermalam di hunian mewah yang sangat sederhana. Ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan dengan budget low.

Terletak di Jalan Sei Belutu, Guest House 66 termasuk dalam lokasi penginapan yang cukup strategis. Fasilitas yang disediakan pihak penginapan pun cukup lengkap. Mulai dari lahan yang luas, hingga ruangan yang ber-AC. Guest House 66 juga bersedia menyediakan layanan resepsionis selama 3 bulan.

2. Kamojo Guest House

Kamojo Guest House menjadi penginapan yang paling banyak direkomendasikan pengunjung. Hal tersebut dengan dibuktikan dengan penilaian bintang 5 yang artinya sempurna oleh para penggunanya. Penginapan ini juga menarik biaya penginapan yang tidak terlalu mahal untuk sekali malam.

Berikut beberapa fasilitas yang disediakan penginapan ini antara lain, Wifi, tempat lain, dan lainnya. Sama dengan penginapan sebelumnya, Kamojo Guest House juga bersedia memberikan pelayanan resepsionis selama 24 jam penuh. Bagaimana? Tertarik untuk bermalam di sini?

3. Seindo Hotel

Rekomendasi selanjutnya, yakni Seindo Hotel. Terletak di Jalan Ring Road, menjadikan penginapan ini sebagai hotel yang lokasinya berada paling dekat dengan ibukota Sumatra Utara, Medan. Membandrol harga sekitar Rp 120.000,00-an per malamnya menjadikan hotel ini cukup menjadi rekomendasi wisatawan.

Fasilitas yang disediakan cukup menarik. Pengunjung bisa mengakses Wifi sepuasnya, ada fasilitas lahan parkir yang luas juga, serta pelayanan resepsionis yang ramah dan full tersedia selama 24 jam. Menariknya lagi, Seindo Hotel menyediakan minuman kopi yang dibuat langsung oleh barista, loh.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Florida Binjai

Fasilitas di Pantai Florida Binjai
Image Credit: Kompasiana.com

Ketersediaan fasilitas yang ada di Pantai Florida cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut berupa lahan parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan sendiri, pemandian yang sengaja dibuat pengelola untuk memanjakan pengunjung pun disediakan. Dan masih banyak lainnya.

Fasilitas pendukung, seperti penyewaan peralatan renang, rumah makan hingga restoran, toilet umum yang memadai juga sudah disediakan pihak pengelola Florida dengan begitu baik. Hal ini diharapkan untuk membuat pengunjung merasa betah dan nyaman selama berada di Pantai ini.

Informasi lengkap mengenai Pantai Florida di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum memilih destinasi ini sebagai pilihan. Pergilah bersama dengan keluarga agar liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Abadikan pula setiap momen sebagai kenang-kenangan.