Pantai Iboih, Pantai Snorkeling & Panorama Sunrise yang Memesona di Sabang

Pantai Iboih, Pantai Snorkeling & Panorama Sunrise yang Memesona di Sabang
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Objek wisata Pantai Iboih Sabang merupakan salah satu destinasi wisata populer di ujung barat Indonesia. Pantai yang juga berfungsi sebagai pelabuhan ini memiliki pesona keindahan dengan air lautnya yang sangat jernih. Suasana yang masih sangat alami, menjadikan pantai ini patut masuk dalam daftar destinasi liburan Anda.

Tidak hanya terkenal akan keindahan pantainya yang dihiasi bebatuan. Tempat wisata ini juga menarik wisatawan dengan spot snorkeling yang dimilikinya. Air lautnya yang sangat jernih membuat pemandangan bawah airnya begitu mudah untuk dinikmati. Pemandangan ikan-ikan kecil yang lucu akan disuguhkan untuk para wisatawan.

Selain untuk menikmati pemandangan laut dan pantainya, wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini untuk berburu pemandangan matahari terbit. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Iboih ini. Tidak boleh terlewat juga untuk menikmati kuliner seafood yang terkenal lezat yaitu sate gurita.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Iboih

Daya Tarik Dimiliki Pantai Iboih
Image Credit: Instagram.com @theonlyindonesia

1. Pemandangan Laut Biru

Hamparan laut biru yang begitu eksotis menjadi daya tarik utama pantai cantik di Sabang yang banyak dikunjungi wisatawan. Wilayah pantai ini memang masih sangat alami. Kualitas air lautnya pun sangat terjaga dan bebas dari polusi.

Terkenal dengan air lautnya yang sangat jernih, wisatawan dapat melihat bebatuan di dasar laut dengan sangat jelas. Saat tiba di pantai yang juga menjadi pelabuhan ini, wisatawan akan langsung disambut dengan pemandangan laut biru dan hutan lindung yang hijau.

2. Pemandangan Matahari Terbit

Pemandangan sunrise di Pantai Iboih menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Momen di pagi hari tersebut tidak boleh terlewatkan saat Anda berada berlibur di pantai eksotis ini. Warna langit yang kemerahan akan terpantul di permukaan lautnya yang jernih menjadi pemandangan yang akan menghipnotis para wisatawan.

Namun, untuk sunset atau matahari terbenam tidak bisa dinikmati di pantai ini karena posisi geografis pantai. Anda sebaiknya bermalam agar tidak melewatkan pemandangan sunrise yang menakjubkan yang biasanya dimulai jam 6 pagi.

3. Suasana Pantai yang Tenang

Pantai ini memang berfungsi sebagai pelabuhan dan gerbang masuk bagi para wisatawan yang datang dari pelabuhan Banda Aceh. Pelabuhan di pantai ini masih tradisional. Namun, hal tersebut justru menjadikan tempat ini tetap terlihat alami tanpa banyak infrastruktur modern.

Selain kondisi pantai yang masih alami, suasananya pun cukup tenang walaupun sebuah pelabuhan. Pengunjung dapat menikmati waktu di pantai dengan penuh ketenangan dan kedamaian. Lokasinya yang juga jauh dari kota, membuat tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin kabur dari hiruk pikuk perkotaan.

Daya Tarik Pantai Iboih
Image Credit: Instagram.com @sansadhia

4. Hutan Lindung yang Hijau dan Rindang

Wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan hamparan laut birunya yang mempesona. Pantai Iboih juga menawarkan pemandangan menyegarkan dari sekelilingnya. Pemandangan hijau dari hutan lindung di sekitar pantai akan menemani wisatawan selama berlibur di tempat ini.

5. Spot Snorkeling

Selain menyimpan keindahan alam pantainya, wisatawan banyak mengunjungi tempat ini karena panorama bawah lautnya yang tidak kalah indah. Terkenal memiliki spot snorkeling terbaik dengan pemandangan bawah laut yang masih terjaga keanekaragamannya.

Terdapat spot snorkeling yang tidak terlalu jauh dari pantai. Air lautnya sangat jernih sehingga jarak pandangnya pun lebih bagus. Wisatawan dapat melihat banyak ikan kecil yang lucu dan menggemaskan di sekitar perairan pantai ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Iboih

Alamat Pantai Iboih
Image Credit: Google Maps (Dae Bima Aceh)

Lokasi Pantai Iboih ada di Pulau Weh. Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur di Sabang atau Pulau Weh. Pantai ini sangat mudah diakses oleh wisatawan. Lama perjalanan atau penyeberangan dari Banda Aceh ke Pulau Weh adalah sekitar 30 menit.

Wisatawan hanya perlu menyeberang dari Pelabuhan Banda Aceh, ke Pelabuhan Pulau Weh. Pelabuhan di Pulau Weh ini salah satunya adalah Pantai Iboih itu sendiri. Jadi wisatawan dapat langsung menyeberang menggunakan fast boat maupun kapal feri menuju pantai ini.

Wisatawan yang mengunjungi pantai hits di Sabang dapat menikmati tempat ini sepuasnya. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyeberang ke kawasan Pulau Weh. Terdapat kapal feri yang menjadi salah satu transportasi umum untuk wisatawan menyeberang. Setiap pelancong dikenai biaya penyeberangan sekitar Rp 25.000,- untuk satu kali perjalanan. Penyeberangan menggunakan kapal cepat atau fast boat biayanya sekitar Rp 90.000,- sekali jalan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Iboih

Kegiatan di Pantai Iboih
Image Credit: Twitter.com @meemijaas

1. Menikmati Pemandangan Pantai dari Penginapan

Wisatawan dapat menikmati ketenangan yang ditawarkan tempat wisata ini. Sambil menikmati pemandangan yang begitu indah dan menenangkan. Tidak perlu banyak kegiatan, cukup dengan bersantai di dermaga untuk lebih menikmati seluruh keindahan yang ada di pantai.

Terdapat juga penginapan yang dibangun di pinggir pantai. Jadi wisatawan dapat menggunakan penginapan tersebut untuk menikmati pemandangan pantai dari kamar. Duduk santai dengan ditemani pemandangan menakjubkan dari hamparan laut biru dan pantai yang eksotis.

2. Menikmati Momen Matahari Terbit

Wisatawan yang berlibur ke Pantai Iboih Sabang sebaiknya jangan sampai melewatkan momen indah saat matahari terbit atau sunrise. Pada pagi hari sekitar jam 6, Anda bisa melihat keindahan matahari terbit dari jendela kamar.

Anda juga bisa keluar ke arah dermaga kayu untuk lebih puas melihat keindahan warna-warni langit saat sunrise. Suasananya pun sangat tenang dan udara yang sejuk. Anda akan mendapatkan pagi hari terbaik untuk memulai hari yang menyenangkan selama berada di pantai ini.

3. Snorkeling

Kegiatan wajib untuk para pelancong yang datang ke pantai ini adalah snorkeling. Pemandangan yang tidak kalah cantik dari pantai akan disuguhkan untuk para wisatawan yang menyelam atau snorkeling di tempat ini.

Tersedia penyewaan alat snorkeling yang dapat disewa selama satu hari penuh. Anda dapat melihat banyak ikan yang lucu-lucu yang berenang kesana-kemari di sekitar pantai ini.

Beberapa wisatawan yang ingin lebih puas menjelajah bawah lautnya, bisa juga melakukan diving. Spot menyelam tidak jauh dari pantai ini, lebih tepatnya di sekitar Pulau Rubiah. Keindahan batu karang dan ikan-ikan di spot diving tersebut sangat indah.

Kegiatan Pantai Iboih
Image Credit:  Facebook.com @salmonputra.pinem

4. Berfoto-foto

Keindahan Pantai Iboih dan bawah lautnya memang menghipnotis mata setiap pengunjung yang datang. Namun tidak hanya menikmatinya saja, sebaiknya Anda tidak lupa untuk mengabadikan keindahan tersebut ke dalam jepretan kamera.

Ada banyak sekali spot foto menarik yang dapat ditemukan di sekitar pantai. Jembatan atau dermaga kayu yang menjorok ke laut dapat menjadi salah satunya. Selain itu, foto dari tempat penginapan di tepi pantai juga bagus untuk oleh-oleh liburan. Jangan lupa untuk mengambil gambar saat melakukan snorkeling.

5. Berkeliling Pantai

Pantai yang satu ini memang tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Namun wisatawan tetap dapat berkeliling pantai untuk menikmati waktu liburannya. Berjalan-jalan di sekitar dermaga dan juga hutan lindung dapat menjadi salah satu aktivitas seru untuk Anda lakukan.

Suasana yang begitu tenang dengan ditemani pemandangan indah, akan membuat Anda tidak bosan walaupun hanya duduk atau berjalan-jalan santai. Apalagi jika berlibur bersama orang-orang tersayang.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai

Penginapan Dekat Pantai Iboih
Image Credit: Facebook.com @olala-cafe-bungalows-restaurant-iboih

1. Iboih Inn

Ada banyak tempat penginapan yang bisa ditemukan di Pantai Iboih Sabang ini. Salah satunya adalah Iboih Inn yang sudah banyak disewa untuk wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk mereka menginap. Selain kamar yang menghadap laut, penginapan ini juga memiliki restoran untuk wisatawan menikmati kuliner di sekitar pantai.

2. Pak Har Bungalow

Salah satu tempat penginapan yang menghadap laut adalah Pak Har Bungalow. Tempat ini menyediakan kamar nyaman dengan berbagai fasilitas. Tamu juga dapat menikmati akses wifi gratis selama menginap di tempat ini.

3. Olala Bungalow

Satu lagi penginapan di sekitar pantai untuk para wisatawan adalah Olala Bungalow. Pemandangan langsung pantai dan akses wifi gratis diberikan untuk para tamu. Bungalow ini juga menyediakan fasilitas lain seperti teras dan restoran.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Iboih Sabang

Fasilitas Pantai Iboih
Image Credit: Twitter.com @diplomasitotal

Fasilitas di Pantai Iboih ternyata sudah cukup memadai. Wisatawan dapat menemukan fasilitas umum seperti penginapan di sekitar pantai. Banyak pelancong yang bermalam dan beristirahat di bungalow yang dibangun di tepi pantai. Jadi pagi harinya, mereka dapat menikmati matahari terbit dari tempat penginapan.

Fasilitas lain yang sudah disediakan adalah alat-alat snorkeling. Pengunjung tidak perlu repot membawa alat snorkeling karena di tempat ini ada penyewaan alat snorkeling. Wisatawan bisa menyewanya untuk seharian jika ingin puas bermain di laut dengan snorkeling.

Selain itu, fasilitas tempat makan juga sudah tersedia. Wisatawan yang datang ke tempat ini sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner seafood yang terkenal di Iboih. Sate gurita yang gurih dan lezat dapat menjadi penutup hari Anda setelah lelah bermain di pantai dan laut.

Itulah keindahan dan berbagai fasilitas Pantai Iboih di Sabang yang ditawarkan untuk para wisatawan. Tempat yang masih begitu alami, namun dengan fasilitas yang cukup memadai. Kunjungan ke pantai ini akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.