Pantai Jagu, Menikmati Pemandangan Indah Sembari Kulineran di Lhokseumawe

Pantai Jagu, Menikmati Pemandangan Indah Sembari Kulineran di Lhokseumawe
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Iskandar Muda No.19, Kampung Jawa Lama, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Bagi masyarakat Kota Lhokseumawe pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pantai Jagu yang kini menjelma sebagai sebuah tempat wisata baru di kota tersebut. Dikatakan baru karena dulu kawasan wisata alam ini merupakan area padat penduduk yang kemudian diubah menjadi sebuah tempat yang cocok untuk berwisata.

Dari pinggir pantai populer ini anda dapat melihat lautan biru yang begitu luas dengan beberapa tumpukan batu di sekitar pantai. Meskipun begitu tidak banyak pohon yang tumbuh dan hidup di pinggir pantai cantik ini sehingga membuat kondisi udara di siang hari akan sangat panas.

Namun begitu sore hari, ketika Matahari mulai tenggelam dan udara menjadi sejuk, akan ada banyak sekali pengunjung yang datang ke pantai menawan ini. Tujuan mereka semua jelas yaitu ingin menghabiskan waktu kosong dengan menikmati indahnya alam sekitar, apalagi mengingat letak dari pantai hits ini berada di pusat Kota Lhokseumawe.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Jagu

Daya Tarik Pantai Jagu Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps RM A

1. Lautan Biru

Namanya pantai pasti identik dengan lautan sama seperti Pantai Jagu yang memiliki lautan luas dengan warna biru nan jernih. Lautan tersebut berhasil menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung untuk datang berlibur ke tempat wisata alam cantik asal Kota Lhokseumawe tersebut.

Anda juga dapat melihat sejumlah perahu nelayan dan kapal-kapal yang berlayar melewati perairan pantai populer ini. Namun, salah satu kegiatan yang wajib anda lakukan ketika menginjakan kaki di pantai menawan ini adalah berfoto. Hal ini karena pantai hits tersebut sedang viral di media sosial jadi pastikan anda tidak ketinggalan memposting foto anda.

2. Banyak Penjual Makanan

Daya tarik berikutnya lebih kepada adanya beberapa penjual makanan seperti warung dan penjual jajan keliling. Berkat adanya sejumlah penjual makanan ini di pantai menakjubkan tersebut membuat banyak pengunjung yang akan betah berlama-lama di lokasi wisata alam cantik ini.

Bahkan ada beberapa pengunjung yang memang sengaja datang untuk mencari makanan atau jajan di tempat wisata alam baru ini. Jadi jika anda berencana untuk mengunjungi pantai nan indah ini pastikan membawa uang lebih karena semua makanan dan jajan yang dijual di destinasi wisata alam ini akan menggoda anda untuk mencicipinya.

Daya Tarik Lain Pantai Jagu Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Fadli M

3.Letak Pantai Jagu

Lokasi atau letak dari sebuah tempat wisata pasti akan mempengaruhi jumlah pengunjung yang diterima. Apalagi jika lokasinya jauh dari kota yang membuat setiap orang harus berpikir baik-baik kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi wisata yang jauh tersebut.

Hal ini tidak berpengaruh kepada Pantai Jagu karena lokasinya yang berada di pusat Kota Lhokseumawe. Dengan lokasinya yang dapat dikatakan mudah untuk dituju tersebut membuat banyak pengunjung yang tidak akan berpikir terlalu lama jika ingin mengunjungi destinasi wisata cantik ini.

4. Perubahan yang Dialami

Satu lagi daya tarik yang bisa dikatakan hanya ada di pantai populer ini yaitu perubahan yang dialami. Maksudnya sebelum menjadi secantik sekarang, lokasi tempat wisata alam ini adalah area pemukiman kumuh dan padat penduduk. Namun, berkat program Kotaku yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat membuat kawasan tersebut berubah total.

Pembangunan sebuah tanggul dengan jalan beton disampingnya kemudian terealisasi. Tanggul tersebut juga memiliki sebuah anak tangga yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menuruni jalan beton menuju pinggir pantai. Berkat perubahan besar-besaran ini membuat banyak orang penasaran bagaimana tampilan lokasi tersebut sekarang.

Sebuah informasi tambahan bahwa nama Pantai Jagu sendiri diambil dari nama 2 desa yang menjadi tempat destinasi wisata alam ini berada. Kedua desa tersebut yaitu Desa Gampong Jawa dan Dega Hagu yang sama-sama masih berada di Kota Lhokseumawe.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Jagu Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Fadli M

Jika anda ingin berkunjung di pantai populer ini maka anda dapat mencapainya dengan berkunjung ke alamat Jl. Iskandar Muda No. 19, Kecamatan Banda Sakti, Jawa Lama, Kota Lhokseumawe, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk mencapai lokasi tersebut anda bisa berpatokan kepada Lapangan Hiraq Lhokseumawe di Jl. Balai Kota.

Dari Jl. Balai Kota ambil jalur menuju pertigaan Jl. Merdeka lalu belok kiri dan langsung putar balik di Jl. Merdeka (one way). Terus lurus ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan perempatan Jl. Pusong lalu belok kiri. Tidak jauh dari belokan sebelumnya anda akan menemukan pertigaan dekat toko kecantikan My Store Shop (kanan jalan).

Di pertigaan ini silahkan belok kanan kemudian ikuti jalan tersebut sampai anda tiba di Pantai Jagu yang berada tepat di ujung jalan. Rute perjalanan ini memiliki panjang hanya 1,3 km dengan waktu tempuh sekitar 4 menit saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Jagu

Tiket Pantai Jagu Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Zuhri Syaifuddin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pantai Jagu merupakan sebuah program pemerintah yang dinamakan Kotaku dengan tujuan memperbaiki tata kota menjadi lebih baik. Maka dari itu, mereka membangun sebuah tanggul dengan jalan beton di lokasi pemukiman kumuh yang berada di pinggir pantai.

Hasilnya adalah tempat wisata cantik yang kita bahas kali ini, oleh karena itu siapa saja yang hendak berkunjung ke destinasi wisata alam ini tidak akan dikenakan biaya masuk sepeserpun. Anda hanya akan membayar jika menggunakan beberapa fasilitas seperti warung makan atau penginapan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Jagu

Aktivitas Pantai Jagu Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Anggi Kembar

1. Swafoto

Ketika anda sudah sampai di lokasi wisata alam cantik ini maka mengambil gambar sebanyak mungkin adalah sebuah kegiatan menarik yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya ada sejumlah tempat foto bagus yang bisa digunakan sebagai latar belakang seperti lautan biru, tumpukan batu di pinggir pantai, jalan beton yang panjang, dan tempat foto bagus lainnya.

Selain itu ada juga tulisan Pantai Jagu yang dibentuk menggunakan semen dan dapat anda gunakan sebagai spot foto instagramable. Kegiatan tersebut sering dilakukan oleh pengunjung ketika sampai di destinasi wisata nan indah ini.

2. Bersantai Sambil Menikmati Indahnya Alam Sekitar

Saat berlibur ke tempat wisata alam, bersantai sambil menyaksikan indahnya alam sekitar adalah salah satu kegiatan unik yang bisa dilakukan. Sama halnya ketika anda berkunjung ke pantai populer asal Kota Lhokseumawe ini, dimana dengan pemandangan lautnya yang benar-benar indah membuat siapa saja bisa menikmatinya dengan bebas.

Namun, waktu terbaik untuk menikmati pemandangan laut tersebut adalah saat sore hari. Hal ini dikarenakan tidak ada tempat berteduh di pinggir pantai saat siang hari, jadi teriknya sinar Matahari akan sangat terasa.

Hembusan udara yang pelan di sore hari juga bisa digunakan oleh anda untuk bersantai. Apalagi bagi mereka yang benar-benar sibuk, kegiatan bersantai adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Dekan lokasi pantai hits ini yang berada di pusat kota membuat orang-orang sibut tersebut tetap bisa menikmati liburan mereka tanpa harus membuang-buang waktu.

3. Wisata Kuliner

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pengunjung Pantai Jagu adalah wisata kuliner. Namun, bukan makanan-makanan berat yang bisa anda coba di destinasi wisata menawan ini melainkan makanan ringan atau jajanan seperti es campur, cilok, bakso, gorengan, dan masih ada beberapa jenis jajanan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Jagu Lhokseumawe
Image Credit: Google Maps Rodiatul Adawiyah Dalimunthe

Karena tujuan utama pembangunan Pantai Jagu bukan untuk pariwisata maka tidak banyak fasilitas yang dapat ditemukan di tempat wisata menakjubkan ini. Namun, masih ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung ketika mendatangi pantai hits yang baru dibuka tersebut, berikut adalah beberapa fasilitasnya.

1. Anak Tangga

Fasilitas pertama yang akan dibahas adalah anak tangga yang menjadi penghubung antara tanggul dengan pantai. Bagi pengunjung yang hendak turun dari tanggul menuju pinggir pantai dapat menggunakan anak tangga tersebut, jumlahnya juga tidak terlalu banyak dan dapat dilalui oleh orang dewasa maupun anak-anak.

2. Lampu Penerang

Selain anak tangga pantai hits ini juga memiliki sejumlah lampu penerang yang berjejer di pinggir jalan sepanjang destinasi wisata alam tersebut. Fasilitas ini berfungsi sebagai penerang saat malam hari, maka dari itu kadang masih ada beberapa orang pengunjung yang sering duduk hingga malam hari di pantai unik tersebut.

Sebuah informasi tambahan bagi anda yang ingin berkunjung ke Pantai Jagu, yaitu sangat tidak disarankan untuk bermain air laut. Karena terdapat banyak batu di pinggir pantai yang dapat melukai anda.

REKOMENDASI DESTINASI