Pantai Laskar Pelangi, Pesona Pantai Pasir Putih & Bebatuan Eksotis di Belitung

Pantai Laskar Pelangi, Pesona Pantai Pasir Putih & Bebatuan Eksotis di Belitung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Belitung memiliki salah satu pantai yang sangat populer dan pernah diangkat dalam sebuah film. Pantai tersebut adalah Pantai Laskar Pelangi. Pantai ini merupakan pantai favorit dan menjadi kebanggaan dari Belitung. Kepopuleran pantai ini dikarenakan keindahan alam di sekeliling pantai yang sangat menarik. Pesona alam yang ada di pantai ini sangat dominan.

Jadi tidak salah jika pantai ini selalu menjadi ikon dari pariwisata Belitung. Hampir setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Sebagian besar wisatawan memang ingin Menikmati keindahan natural yang ada di pantai ini. Tetapi ada pula wisatawan yang tertarik mengunjunginya karena kepopulerannya dalam film.

Banyak sekali jenis kegiatan yang bisa dilakukan di wisata ini. Selalu keindahan yang eksotis, wisatawan juga bisa memainkan berbagai olahraga air dengan sarana prasarana yang telah disediakan. Bagi masyarakat Belitung tentunya pantai ini sudah tidak asing Bahkan mereka bisa mengunjunginya setiap hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Laskar Pelangi

Daya Tarik Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Google Maps Agustinus Prabowo

Pantai eksotis ini memiliki daya tarik yang berbeda dari pantai lainnya. Pantai ini dianggap sebagai simbol dari keindahan alam yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika setiap orang berusaha untuk mengeksplor lebih dalam keindahan yang dimiliki pantai ini. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh pantai populer di Belitung.

1. Hamparan Bebatuan Memanjang

Pantai ini memiliki hamparan bebatuan yang berbentuk memanjang. Bebatuan tersebut terkumpul dengan berbagai jenis kombinasi ukuran. Ada bebatuan yang berukuran kecil ada pula yang berukuran besar. Batuan tersebut berasal dari jenis batuan granit. Keindahannya membuat banyak wisatawan tertarik untuk menggunakannya sebagai latar belakang ketika berfoto.

Bebatuan ini berada di sekeliling pantai dengan bentuk yang seperti tertumpu. Warnanya yang menghitam membuat banyak orang tertarik. Terlebih lagi karena warna tersebut dikombinasikan dengan warna laut yang eksotis.

2. Hamparan Pasir Putih yang Bersih

Selain bebatuan yang indah, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan luas. Pasir putih ini memang menjadi ciri khas dari banyak pantai yang ada di Belitung. Akan tetapi pasir putih yang ada di Pantai Laskar Pelangi memiliki hamparan yang sangat luas sehingga wisatawan sangat tertarik untuk berkunjung ke pantai ini.

Pasir putih dengan hamparan yang memanjang menjadikan keindahan pantai ini terlihat lebih nyata. Terlebih lagi pasir putih tersebut dipadukan dengan bebatuan yang ada di sekeliling pantai. Hampir di seluruh wisata pantai bisa dijadikan sebagai tempat berfoto yang instagramable. sehingga wisatawan tidak perlu mencari atau sulit menemukan spot yang unik.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Google Maps Dyo Alvisar

3. Hamparan Lautan Berwarna Eksotis

Warna laut yang ada di pantai ini juga tidak kalah menarik. Ketika berkunjung ke pantai ini, wisatawan akan langsung disuguhkan dengan hamparan air yang berwarna hijau kebiru-biruan. Air tersebut sangat jernih dan terlihat sangat bersih karena dipadukan dengan pasir yang berwarna putih. Maka di tepi pantai wisatawan bisa melihat secara langsung pasir putih yang berada di bawah air.

4. Bentuk Menyerupai Teluk yang Menakjubkan

Apabila diperhatikan secara langsung, Pantai Laskar Pelangi memiliki bentuk yang menyerupai teluk dengan bentuk yang menakjubkan. Pantai ini memiliki bentuk tepi yang unik. Hal tersebut menjadikan wisatawan lebih tertarik lagi untuk mengunjungi dan berlama-lama Menikmati keindahan alam di pantai ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Google Maps Retno Ajeng Anissa Widiatri

Pantai Laskar Pelangi memiliki lokasi di area desa yaitu di Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Karena lokasinya yang sangat populer dan mudah dijangkau, wisatawan bisa dengan mudah menemukan pantai ini hanya dengan berbekal Google Map. Selain itu apabila sudah berada di area Belitung, maka wisatawan desa mengikuti petunjuk arah yang telah dipasang di jalan-jalan.

Apabila wisatawan berasal dari pusat Kota tanjung pandan maka bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum menuju pantai ini. Estimasi waktu yang diperlukan hanya berkisar 30 Menit Saja. Kemudian jika berasal dari bandara Hanandjoeddin maka untuk menuju pantai ini memerlukan waktu sekitar 1 jam. Selain menuju pantai ini, wisatawan bisa mengunjungi berbagai pantai lain yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Google Maps Putu Tonsen

Pantai dengan keindahan yang luar biasa ini ternyata memiliki tarif yang terjangkau. Bahkan tarif tersebut tidak sepadan Apabila dibandingkan dengan keindahan eksotis yang akan diterima oleh setiap wisatawan.

Bagi yang membawa kendaraan umum bisa ditempatkan di lahan parkir dengan membayar biaya parkir. Kemudian untuk tiket masuk ke wisata Pantai Laskar Pelangi, pengunjung diharuskan membayar tarif sebesar Rp 10.000 saja.

Wisatawan bisa mengunjungi pantai ini secara bebas dengan hanya membayar separuh tersebut. Pantai ini buka setiap hari dan dalam waktu 24 jam. Dengan demikian wisatawan bisa menikmati matahari terbenam dan matahari terbit secara leluasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Laskar Pelangi

Aktivitas Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Google Maps Ajang Wahyu

Banyak wisatawan yang menggunakan kesempatan berwisata di Pulau ini untuk melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Hal tersebut didukung pula dengan adanya sarana prasarana yang disediakan oleh pihak pengelola. Bagi wisatawan yang ingin menggunakannya bisa melakukan penyewaan.

1. Berenang dan Menyelam

Kegiatan berenang menjadi kegiatan utama yang paling banyak dilakukan. Keadaan teluk yang tenang, membuat wisatawan merasa aman ketika berenang di area pantai.

Tidak hanya berenang saja, wisatawan bisa melakukan penyelaman dan menikmati betapa indahnya pemandangan bawah air. Sebenarnya tidak perlu menyelam karena dari atas saja sudah terlihat keindahannya disebabkan oleh keadaan Air Yang Jernih.

2. Berjemur di Pantai

Biasanya para turis mancanegara sangat senang berjemur di bawah sinar matahari. Hamparan pasir putih yang luas di Pantai Laskar Pelangi menjadikan kegiatan berjemur lebih menyenangkan. Wisatawan kerap berjemur dan membeli berbagai camilan yang terdapat di sekeliling pantai dengan memandang pemandangan teluk yang menyenangkan.

Aktivitas Seru Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Google Maps Muhammad Aliyuddin

3. Memancing

Bagi yang memiliki hobi memancing, bisa menyewa perahu dan memancing ikan di pertengahan teluk. Tentunya biaya penyewaan bervariasi tergantung besar kecilnya perahu yang digunakan. Wisatawan yang memancing di area ini sangat terkesan karena memiliki air laut yang tenang. Sehingga bisa melatih kesabaran dalam memancing.

4. Bermain Kano

Ada pula fasilitas yang disediakan khusus untuk bermain kano. Wisatawan biasanya akan tertarik untuk memainkan kano dan menyewa fasilitas lengkap yang disediakan.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali bermain atau masih belum ahli, akan diberi pengarahan dan akan selalu berada dalam pengawasan panitia. Bagi yang sudah Ahli bisa menggunakannya secara bebas tetap dengan syarat dan ketentuannya.

5. Bermain Jetsky

Bagi wisatawan yang menjadikan Pantai tujuan utama dalam berlibur tentunya sudah tidak asing dengan permainan jet ski. Pantai ini juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin bermain jetski. Terkait penyewaannya bisa menyesuaikan dengan lamanya waktu penggunaan.

Penginapan Murah Terdekat

Swiss-Belresort Belitung
Image Credit: Google Maps Swiss-Belresort Belitung

Biasanya wisatawan cenderung memilih penginapan ketika berkunjung ke Pantai Laskar Pelangi. Hal tersebut bertujuan agar mereka bisa menikmati secara leluasa pantai ini dalam waktu 24 jam. Berikut ini beberapa penginapan terdekat yang bisa digunakan wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini.

1. Swiss-Belresort Belitung

Penginapan ini memiliki fasilitas yang lengkap dan menakjubkan. Bisa menikmati mulai dari kolam renang, tempat makan, dan masih banyak lagi. Apabila ingin bermalam maka bisa membayar tarif sebesar Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Penginapan ini paling laku karena memiliki lokasi sangat dekat yaitu berkisar 14,1 kilometer dari Pantai Laskar Pelangi.

2. Santika Premiere Beach Resort Belitung

Penginapan ini berjarak 4,3 km dari pantai. Pada waktu biasanya, penginapan ini selalu dipadati oleh pengunjung. Hal tersebut dikarenakan jaraknya yang Lumayan dekat dan juga fasilitasnya yang lengkap serta pemesanan sudah termasuk dengan sarapan. Apabila ingin menginap maka bisa membayar sebesar Rp 500.000 hingga Rp 600.000 untuk setiap malamnya.

3. Sheraton Belitung Resort

Penginapan ini memiliki harga sewa yang lumayan tinggi yaitu berkisar Rp 1.100.000 untuk setiap malamnya. Akan tetapi dengan tarif tersebut wisatawan bisa menikmati pemandangan yang rustic dan serba Classic.

Fasilitas yang disediakan dalam penginapan ini juga lengkap sehingga meskipun tarifnya mahal, banyak wisatawan yang memilih untuk memesan penginapan ini. Jarak penginapan ini dari pantai berkisar 12,8 kilometer saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Laskar Pelangi Belitung
Image Credit: Twitter Kementerian PUPR

Jika berkunjung ke kawasan pantai, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Setiap fasilitas umum yang disediakan akan selalu dalam kondisi baik karena selalu dievaluasi dan diperbaiki jika terjadi kerusakan. Tidak hanya itu kondisi pantai yang bersih menjadikan wisatawan semakin betah ketika berkunjung lama.

Pantai Laskar Pelangi menjadi salah satu ikon dari Belitung yang paling populer. Pantai dengan keindahan yang menakjubkan dan bentuknya yang menyerupai Teluk menjadi ciri khas tersendiri. Apabila berkunjung ke Belitung rasanya tidak lengkap tanpa mampir ke pantai ini.