Pantai Mangrove Kampung Nipah, Wisata Bahari Favorit di Serdang Bedagai

Pantai Mangrove Kampung Nipah salah satu wisata bahari dan edukasi yang menarik dieksplor di Serdang Bedagai. Pantai pasir putih berpadu hutan mangrove yang memukau sebagai tujuan liburan dan akhir pekan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Sumatera utara selain terkenal dengan budaya melayu dan bataknya, juga dikenal memiliki spot wisata bahari menarik. Salah satunya yaitu Pantai Mangrove Kampung Nipah. Keberadaannya merupakan sebuah angin segar bagi warga sekitarnya yang hampir mengalami kegagalan di bidang ekonomi.

Sebagai salah satu tempat yang dahulunya difungsikan sebagai lokasi tambak udang windu, kini telah berubah menjadi wisata yang memiliki sejuta daya tarik. Salah satu ciri khas utamanya yaitu hutan bakau yang lebat dan juga indah.

Selain itu, Pantai Mangrove juga menjadi wisata edukasi pertama yang dikelola secara swadaya oleh masyarakatnya. Tidak sabar mengetahui fakta-fakta menarik lainnya, simak beberapa ulasan berikut ini, lebih seru lagi kalau datang sendiri ke lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mangrove Kampung Nipah

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mangrove Kampung Nipah
Google Maps (Rahmat Ramadhan Ritonga)

1. Ekowisata Edukasi yang Dikelola Masyarakat

Kesulitan yang dihadapi oleh warga sekitar untuk menjadi nelayan adalah alasan mengapa pemerintahan pada masa presiden Soeharto melakukan pembabatan wilayah pesisir pantai timur Sumatra Utara. Semua lahan yang dibabat dialih fungsikan sebagai tempat tambak Udang Windu. Namun, kondisi tersebut justru menimbulkan masalah lain yaitu abrasi yang merugikan.

Semua terjadi karena tidak ada satupun bakau yang ditanam untuk menahan kikisan pesisir dari air laut. Kondisi ini semakin hari semakin memburuk, namun tidak terlihat ada respon atas kejadian tersebut dari pihak pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, akhirnya warga sekitar membuat inisiatif secara swadaya untuk menanam bakau di sekitar wilayah pinggir pantai. Terdapat harapan bersama untuk mengembalikan kembali pesisir yang rusak menjadi lebih baik. Karena jika tetap dibiarkan hasil tangkapan udang, kepiting, dan juga ikan akan semakin sedikit.

Berbagai hambatan dan juga rintangan dilalui oleh warga sekitar dalam memperjuangkan kembali keadaan ekonomi dari pesisir Pantai Mangrove Kampung Nipah. Hingga akhirnya dibuka kawasan wisata edukasi yang menyajikan bagaimana fungsi nyata dari tanaman bakau dalam menangkal abrasi, serta menanamnya langsung. Inilah alasan mengapa tempat ini menjadi destinasi ekowisata edukasi.

2. Tempat Kuliner yang Menarik

Selain sebagai wisata yang menyajikan kegiatan edukasi, juga terdapat banyak sekali tempat kuliner di sekitar. Sebagaimana yang diketahui bersama, ketika para suami yang berprofesi nelayan bersama-sama membangun pesisir untuk bisa hidup kembali, maka istrinya membantu dengan mengolah berbagai macam makanan untuk dijual.

Kolaborasi praktis yang menguntungkan ini juga berhasil memperbaiki keadaan ekonomi daerah. Oleh karenanya, ketika Anda berada di Pantai Mangrove Kampung Nipah, tentu tidak boleh melewatkan untuk ikut berwisata kuliner. Karena akan banyak sekali berbagai macam olahan makanan khas yang tersaji dan siap untuk disantap.

BACA JUGA:  13 Wisata Kuliner di Samosir yang Murah dan Enak

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mengingat setiap bahan seperti ikan, udang, ataupun kepiting yang dijual juga masih sangat segar. Sehingga tidak akan ada lagi penyesalan dalam diri setelahnya.

Olahan-olahan yang dijual meliputi hasil laut yang diambil langsung dan masih segar. Kemudian juga ada makanan tradisional yang sehat dan tidak menggunakan pengawet sebagai tambahan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mangrove
Image Credit: Google Maps (Pantai Manggove Wisata Mangrove)

3. Hutan Mangrove

Daya tarik utama yang tidak perlu ditanyakan lagi yaitu sejuk dan rindangnya hutan mangrove. Spot ini juga memberikan kesan romantis dan juga nyaman. Usaha warga sekitar dalam membangun pesisir pantai yang hampir mati benar-benar menunjukkan hasilnya. Tidak ada yang sia-sia walaupun pengelolaannya dilakukan dengan swadaya tanpa bantuan pemerintah sekitar.

Pemandangan gersang dan panas pada wisata lain sudah tidak akan Anda dapatkan lagi di Pantai Mangrove Kampung Nipah. Sehingga ini menjadi satu nilai tambah yang bisa menjadi referensi liburan dengan keluarga ataupun orang terkasih. Berbagai hal menarik akan Anda temukan dan lakukan di sini dan belum tentu didapatkan pada daerah lain.

Pemandangan hamparan mangrove akan memberikan kesan tenang dan juga nyaman untuk belama-lama. Tidak heran jika keberadaannya kemudian bisa memperbaiki keadaan perekonomian warga sekitar yang hampir saja terpuruk. Karena dengan kondisinya sekarang semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

Semenjak namanya semakin dikenal, kunjungan wisatawan semakin banyak setiap harinya. Jadi tidak diragukan lagi, bahwa usaha warga dengan berswadaya membangun pesisir yang mati adalah jalan terbaik yang tidak percuma.

4. Jembatan Penghubung

Selain rimbun dan asrinya magrove yang ada di sana, terdapat sebuah jembatan penghubung yang juga berhasil menarik banyak perhatian wisatawan yang datang berkunjung. Keberadaanya difungsikan sebagai penghubung daerah sekitar, ternyata menjadi satu spot pilihan untuk mengambil foto terbaik dari pengunjung.

Tidak sedikit yang sengaja mengabadikan momen pada lokasi jembatan ini. Hasil jepretan yang menarik memberikan sentuhan romantis dan juga teduh. Sehingga tidak heran jika ini juga menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Pantai Mangrove Kampung Nipah.

Bahkan tidak jarang yang menjadikannya sebagai lokasi untuk foto pre wedding. Tentu Anda penasaran sekali bagaimana bentuknya, dengan begitu tidak ada alasan lagi untuk menunda waktu kunjungan wisata Anda ke tempat ini.

Melalui jembatan ini Anda juga dapat menyaksikan kemegahan pantai dari jauh. Pesisir, hutan mangrove dan air laut yang biru tergambar begitu jelas dengan keindahan yang tidak bisa ditolak oleh mata. Begitulah kiranya gambaran yang akan didapatkan dari spot ini.

BACA JUGA:  5 Wisata Museum di Medan yang Menarik Dikunjungi

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Mangrove

Alamat Wisata Pantai Mangrove
Image Credit: Google Maps (rizky hermawan)

Anda tertarik untuk berkunjung? tapi belum tahu rute mana yang harus dilalui, ini adalah penjelasan lengkapnya. Jadi akan ada beberapa akses yang bisa Anda tempuh untuk mencapai lokasi Pantai Mangrove. Pertama yaitu melalui jalur kota Medan, jarak yang mungkin Anda tempuh dari sini yaitu sekitar 1,5 jam – 2 jam perjalanan.

Dari kota Medan Anda harus mengambil jalan menuju daerah Simpang Pantai Kelang. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju wilayah Kecamatan Sei Buluh. Saat sampai di tempat tersebut, lanjutkan kembali dengan menempuh jalur menuju arah dalam yang berjarak sekitar 8 kilometer. Saat Anda telah tiba di lokasi akan ada papan atau penunjuk yang bertuliskan Pantai Mangrove Kampung Nipah.

Walaupun tidak terletak di bagian pulau Jawa, tapi akses jalan di sana termasuk memadai. Kalaupun ada bagian yang belum diaspal, keadaannya bukanlah yang terlalu buruk dan masih bisa untuk dilewati.

Harga Tiket Masuk Pantai Mangrove Kampung Nipah

Harga Tiket Pantai Mangrove Kampung Nipah
Image Credit: Instagram.com @rikakalit

Tentu sebelum memutuskan untuk pergi Anda perlu menyiapkan anggaran selama perjalanan dan liburan di Pantai Mangrove Kampung Nipah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyimak informasi terkait tiket masuk yang harus Anda bayarkan sebelum menikmati semua keindahan yang disajikannya. Biaya yang dibandrol untuk keperluan tersebut terbilang cukup murah dan standar, setiap orang Rp 10.000-, saja.

Itu adalah harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan dan juga fasilitas yang ditawarkan. Pesona air lautnya, pasir pantai, dan juga hutan mangrovenya, adalah bayaran yang sebanding dengan uang Anda keluarkan. Namun, jika Anda berniat melakukan kegiatan pemotretan pre wedding, biaya yang harus dibayarkan sekitar Rp 200.000,- hingga kisaran Rp 300.000,-

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mangrove

Kegiatan di Pantai Mangrove
Image Credit: Google Maps (Eriyani Marpaung)

1. Wisata Edukasi Mangrove

Saat Anda berada di Pantai Mangrove Kampung Nipah, akan ada banyak sekali yang bisa dikerjakan dan dilakukan di sana. Salah satunya yaitu mengenal tentang seluk beluk dari bakau atau mangrove. Sebagai tempat yang diselamatkan oleh keberadaan bakau, tentu Anda juga akan menemukannya di setiap sudut pesisirnya.

Warga sekitar yang menjadi pengelolanya akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengetahui beberapa jenis mangrove yang ditanam di sana. Setidaknya ada sekitar 15 jenis yang mungkin bisa Anda temukan. Selain itu, juga bisa belajar bagaimana cara menanamnya dan juga merawatnya. Liburan Anda akan benar-benar berkesan karena mendapat tambahan pengetahuan.

2. Berfoto

Kegiatan menarik apa lagi yang bisa Anda lakukan, tentunya adalah berfoto. Siapa yang rela tidak mengabadikan setiap keindahan yang tersaji tanpa satu jepretan pun, tentu tidak seorang pun. Di sana akan banyak sekali ditemukan spot-spot instagenic yang bisa dijadikan latar belakang untuk upload di sosial media.

BACA JUGA:  Pulau Samosir, Pulau Unik & Menawan di Tengah Danau Toba

Selain itu bagi Anda yang sedang merencanakan pernikahan, terlebih konsep yang diusung adalah tema alam, tentu boleh memasukan pada list lokasi pilihan. Hasil jepretan gambar pre wedding Anda akan lebih menarik dan berkesan.

3. Kulineran

Bagi Anda yang hobi menyantap makanan laut, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang ada di sekitar sana. Terdapat banyak sekali pedagang yang menawarkan olahan hasil laut mulai dari bakaran, hingga berbagai macam bentuk masakan. Tentunya rasanya akan lebih nikmat karena semua bahan yang digunakan masih segar.

Selain itu, jika Anda juga berminat menyantap olahan yang tidak biasa, bisa mencoba berbagai macam kreasi makanan dengan bahan dasar bakau. Jangan khawatir soal harga, karena sangat ramah dikantong pelancong.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Mangrove

Penginapan di Pantai Mangrove
Image Credit: Agoda.com

1. Grand Family Hotel

Hotel ini merupakan salah satu penginapan yang dekat dengan lokasi Kampung Nipah, lokasinya berada sekitar 6,68 kilometer. Harga menginap untuk satu orang per malamnya yaitu sekitar Rp 194.000,-.

2. Graha Sultan Hotel

Penginapan ke dua yang bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang berasal dari luar daerah yaitu Graha Sultan Hotel. Lokasi hotel ini berada pada sekitar 13,56 kilometer dari lokasi pantai. Pelayanannya juga lumayan lengkap dengan biaya menginap sekitar Rp 173.000,- per malam.

3. Trans Bandara Residence

Alternatif ketiga yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu Trans Bandara Residence. Lokasinya juga lumayan dekat sekitar 18,79 kilometer menuju pantai. Harga dan pelayanannya juga standar, untuk satu malam biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 216.000,-

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mangrove Kampung Nipah

Fasilitas di Pantai Mangrove Kampung Nipah
Image Credit: Google Maps (fauzi dana)

Fasilitas yang ditawarkan di wisata Pantai Mangrove terbilang lengkap dan juga terawat. Terdapat beberapa tempat publik seperti gazebo, toilet, kamar mandi, dan juga mushollah. Semua disediakan dengan baik oleh warga sebagai pengelola agar pengunjung yang datang merasa nyaman. Selain itu berbagai kedai penyedia makanan juga berdiri rapi menjajahkan dagangannya di pinggir pesisir.

Begitulah gambaran singkat terkait pesona keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Mangrove Kampung Nipah di Serdang Bedagai. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung. Selain itu sarana dan prasarana pendukungnya juga tersedia dengan baik, sehingga Anda bisa lebih nyaman untuk melanjutkan aktivitas liburan bersama keluarga. Informasi rute dan harga tiket juga tidak ketinggalan untuk dibahas.