Pantai Marina, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Batam

Pantai Marina, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Batam

Pantai Marina salah satu objek wisata pantai yang populer di Batam, Kepulauan Riau. Pantai pasir putih yang memukau dengan pantai yang dangkal untuk kegiatan bermain air, berenang dan berkeliling dengan naik perahu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.KH.Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Riau bagian barat ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pantai Marina yang terletak di daerah Batam, merupakan pantai dengan pasir putih dan deretan pohon palem di sekitar pantai.

Pantai ini masih satu kawasan dengan salah satu resort mewah yang terkenal di Batam. Karena letaknya yang berdekatan dengan kawasan mewah, suasana di pantai ini jadi terasa mewah juga. Namun jangan salah, walaupun terkesan mewah, harga untuk memasuki pantai ini tidak mahal.

Bertetangga dengan negara Singapura, wisatawan yang berdatangan banyak juga dari negara tersebut. Untuk sampai ke Pantai Marina, para wisatawan dari negara tetangga ini akan menggunakan kapal untuk menyebrang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Ilyas Abdul Fikih)

1. Wahana Permainan

Pantai ini menyediakan beberapa wahana permainan untuk para pengunjung. Wahana ini dapat digunakan oleh pengunjung dari berbagai usia. Jika Anda memboyong anak-anak saat berwisata di Pantai Marina, pastinya wahana ini akan membuat suasana menjadi lebih seru.

Terdapat Biang Lala yang menjadi ikon utama pantai ini. Dengan menaiki biang lala, Anda bisa melihat pesona pantai dari sudut pandang yang berbeda. Selain melihat pantai dari ketinggian, perkotaan di sekitar pulau juga akan tampak.

Wahana lain yang terdapat di pantai ini adalah banana boat, permainan yang memerlukan banyak orang ini bisa disewa untuk menambah keseruan liburan Anda. Sebelum menaiki banana boat ini, Anda akan dipakaikan pelampung untuk keselamatan selama bermain.

Tak hanya kedua wahana tersebut yang akan Anda temui di Pantai Marina. Adapula jetski, kapal yang menggunakan mesin motor yang akan memacu adrenalin Anda. Dengan menggunakan jetski ini Anda bisa berkeliling di lautan pantai.

Parasailing juga menjadi andalan dari pantai ini, Anda bisa melihat pesona lautan dari atas dengan menggunakan parasut. Anda akan dipakaikan sebuah parasut besar yang kemudian ditarik oleh sebuah speed boat yang dipacu dengan kecepatan tinggi.

Selain asik bermain beberapa wahana yang telah disediakan, Anda juga bisa berolahraga dengan cara yang baru. Mencoba olahraga sambil bermain akan menjadi pengalaman baru bagi Anda.

2. Dermaga Kecil

Selain ramai dengan pengunjung yang berwisata di Pantai Marina, kawasan panti ini juga menjadi peran penting untuk kapal-kapal distribusi barang. Dibangun sebuah dermaga kecil yang difungsikan untuk berlabuh kapal yang membawa muat barang.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Kapal Ferry milik resort juga sering menjadikan dermaga ini sebagai tempat untuk berlabuh. Bahkan setiap harinya dermaga ini ramai dengan aktivitas wisatawan dari resort maupun wisatawan dari pantai ini.

Dermaga yang tidak terlalu panjang ini sering dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung pantai. Para wisatawan ini menggunakan dermaga sebagai latar belakang pada foto agar suasana pantai terkesan lebih eksotis.

Banyak juga yang menjadikan dermaga ini sebagai spot foto untuk prewedding. Suasana dermaga yang tenang dan ombak dari lautan yang tidak terlalu besar, menambah kesan romantis saat Anda berfoto dengan pasangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Marina

Alamat Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Joe Toh)

Rute menuju lokasi Pantai Marina ini dapat dijangkau dari berbagai arah. Baik berangkat dengan kendaraan jalur darat ataupun melalui jalur air dengan menggunakan kapal.

Jika Anda berencana berangkat dari Kota Batam, cari arah menuju Sekupang yang merupakan nama dari sebuah kecamatan. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Jalan Gaja Mada, Anda akan sampai pada perempatan yang menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan. Memasuki jalanan ini, kawasan resort mewah sudah mulai terlihat dengan pohon palem yang berjajar rapi.

Setelah bertemu dengan pertigaan Jalan Marina City, ambilah jalur kiri yang merupakan jalan memasuki kawasan resort. Dari jalan ini Anda sudah diarahkan ke Pantai Marina yang menjadi tujuan utama Anda.

Untuk para pengunjung yang berangkat dari negri tetangga, menggunakan kapal untuk menyebrang akan lebih menghemat waktu perjalanan. Karena jarak tempuh dari negara tetangga cukup dekat, wisatawan dari luar lebih memilih pantai ini sebagai tempat untuk berlibur.

Berada di kawasan Marina Water Front City, tentu akan lebih mudah untuk Anda menemukan lokasinya. Tempat yang sudah terkenal di Kota Batam ini memiliki jalur yang sudah layak untuk dilewati beberapa kendaraan.

Kota Batam adalah pusat keramaian dari Kepulauan Riau, terdapat banyak industri yang berdiri di kota ini. Maka dari itu, untuk menunjang kelancaran pendistribusian barang, pemerintah memperbaiki semua jalur darat di wilayah Kota Batam.

Hal ini berkaitan dengan jalur rute Anda yang akan menuju kawasan wisata Pantai Marina. Karena didukung oleh jalanan yang halus dan nyaman, pengunjung akan dimudahkan saat membawa kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Marina Batam

Harga Tiket Pantai Marina
Image Credit: Jotravelguide.com

Biaya yang harus dikeluarkan untuk memasuki wisata pantai ini sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Harga tiketnya yang tidak terlalu mahal adalah salah satu alasan para wisatawan untuk memilih mendatangi pantai ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Natuna Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Adapun biaya parkir kendaraan bagi para pengunjung pantai. Dengan patokan harga Rp 3000 untuk kendaraan roda dua, kendaraan Anda dijamin aman dari berbagai kejahatan.

Tiket yang harus Anda bayar ini sebanding dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Dengan biaya yang tidak terlalu merogoh kocek terlalu dalam, Anda bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk mengahabiskan waktu libur Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Marina

Kegiatan di Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Sanggam Manalu)

1. Menyewa Yacht

Yacht merupakan kapal kecil yang memiliki fasilitas lengkap untuk para pengunjungnya. Di pantai ini, Anda bisa menemukan yacht yang bisa Anda sewa untuk beberapa hari atau hanya untuk beberapa jam saja.

Kegiatan yang satu ini memerlukan biaya yang cukup mahal, karena yacht sendiri seperti hotel namun berada diatas kapal. Namun biayanya sendiri tergantung dengan jenis kapal yang akan Anda sewa, jika lebih sederhana tentunya biaya sewa bisa lebih murah

Jika berkesempatan menyewa yacht ini, Anda bisa menikmati Pantai Marina dengan cara yang lain. Pengalaman menaiki yacht yang Anda dapatkan akan menjadi sebuah kenangan yang indah untuk diingat.

2. Gemerlap Cahaya

Pantai yang berhadapan langsung dengan selat Singapura ini memiliki suasana khas saat hari menjelang sore.

Bukan hanya pesona sunset yang dapat menyihir setiap pasang mata, namun pesona lain yang ditawarkan adalah saat sore berganti malam. Pasa saat pergantian sore ke malam inilah yang membuat suasana negara tetangga berubah menjadi kerlip indah.

Masyarakat akan menghidupkan lampu setiap rumah untuk sumber cahaya saat malam hari. Karena banyaknya rumah penduduk yang berada di daratan sebrang, dari jauh lampu rumah mereka akan terlihat seperti kunang-kunang yang berbaris.

Siluet dari pohon palem yang berjejer di sekitar pantai akan terlihat seperti lukisan alam yang tiada duanya. Hal iniliah yang akan semakin menambah keindahan pantai saat sore menjelang malam.

Suasana tersebut dapat Anda nikmati dengan bersantai di pinggiran Pantai Marina. Untuk mengabadikan suasana indah ini, Anda bisa mengambil beberapa potret gemerlap cahaya dengan lensa kamera.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Marina

Penginapan Terdekat Pantai Marina
Image Credit: Agoda.com

1. Holiday Inn Resort Batam

Penginapan yang masih terletak di kawasan Water Front City ini menyediakan kolam renang yang luas bagi para pengunjungnya. Jarak hotel dengan pantai hanya sekitar 1,3 km saja, jadi jika ingin jogging pagi Anda bisa melewati Pantai Marina.

Di hotel ini terdapat berbagai macam tipe kamar, bahkan dapur untuk setiap kamarnya sendiri terbilang luas. Tak lupa kolam renang untuk umum yang disediakan oleh pihak hotel. Anda bisa berjemur di pinggiran kolam atau sekedar berendam sambil menikmati camilan.

BACA JUGA:  Pulau Sambu, Pulau Mungil yang Memanjakan Mata di Batam

Pelayanan dari hotel ini juga ramah, lingkungannya bersih dan nyaman. Hal ini membuat sebagian wisatawan yang akan berlibur di pantai memilih hotel ini sebagai tempat untuk beristirahat.

2. Harris Resort Water Front Batam

Penginapan kedua ini memiliki jarak yang lebih dekat dengan wisata Pantai Marina. Dengan hanya membutuhkan waktu 2 menit, Anda sudah sampai di kawasan pantai dengan pasir putihnya ini.

Bagi Anda yang mencari penginapan yang memiliki suasana tenang, resort ini bisa menjadi pilihan. Wilayah resort yang luas akan menimbulkan ketenangan, karena suara dari luar tidak terdengar dari dalam kamar.

Hidangan yang disajikan oleh resort ini tak kalah menggugah selera, hidangan menu dari berbagai negara bisa Anda pesan untuk sarapan atau makan malam Anda.

Pihak resort juga menyediakan lapangan tenis dan kawasan untuk bersepeda. Fasilitas olahraga di resot ini menyajikan pemandangan laut lepas yang berwarna biru. Terlihat beberapa kapal yang hilir mudik datang membawa muat barang atau wisatawan.

3. OYO 1771 Zeke Hotel

Terakhir ada penginapan yang memiliki harga sewa kamar yang terbilang murah. Memilih tema klasik modern dalam pemilihan temanya, hotel ini memiliki keunikanya tersendiri.

Lahan parkir untuk kendaraan cukup luas, sehingga tidak perlu pusing mencari tempat yang longgar untuk memarkirkan kendaraan. Semua kamar di Zeke Hotel ini juga sudah terpasang air conditioner.

Namun fasilitas kolam renang untuk para pengunjung yang menginap di hotel ini belum ada, jadi Anda harus keluar untuk mencari kolam renang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina Batam

Fasilitas di Pantai Marina Batam
Image Credit: Google Maps (Leivinia Birdway)

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, mulai dari wahana permainan hingga beberapa penginapan yang memiliki jarak tak jauh dari lokasi pantai. Beberapa alat untuk berolah raga air juga bisa Anda sewa sambil bermain di lautan.

Restoran yang menyajikan menu seafood dapat dengan mudah Anda temukan di sepanjang Pantai Marina. Namun tak hanya menu seafood yang disediakan oleh restoran ini, menu lain dari berbagai makanan daerah juga bisa Anda cicipi.

Tempat ibadah mushola dibangun di salah satu sudut pantai, bagi kaum muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat bisa menggunakan fasilitas mushola ini. Tak lupa kamar mandi umum yang menjadi terpenting bagi suatu kawasan wisata.

Pantai dengan nuansa seperti pantai di benua Amerika ini wajib Anda kunjungi, apalagi saat hari menjelang malam. Fasilitas yang memadai dari pihak pengelola akan menambah kenyamanan Anda saat mengunjungi Pantai Marina yang berada di Batam ini.