Indahnya Pantai Marina Dumai, Pantai Cantik dengan View Sunset Keren

Indahnya Pantai Marina Dumai, Pantai Cantik dengan View Sunset Keren
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

Pantai Marina di Dumai menawarkan pemandangan yang sangat indah dan memiliki potensi wisata bahari yang menarik. Mulai dikembangkan pada tahun 2013 lalu, pemerintah berencana untuk menjadikan pantai ini sebagai wisata andalan sehingga warga sekitar tidak perlu lagi pergi ke luar kota untuk mengisi liburan di pantai.

Sebelumnya pantai ini dipenuhi dengan semak-semak dan pepohonan besar. Akan tetapi, dengan potensi yang ada, akhirnya pengelola bersama Pokdarwis mulai mulai mengembangkan lahan yang terbengkalai itu. Pokdarwis bekerja sama dengan dinas pariwisata dan masyarakat sekitar sehingga saat ini menjadi pantai yang asri dengan pepohonan besar di sekitarnya.

Dengan berkembangnya kawasan Pantai Marina ini, kunjungan wisatawan juga mulai meningkat. Pada hari biasa saja, pengunjung yang datang bisa mencapai puluhan tiap harinya. Jumlah pengunjung akan semakin meningkat saat liburan atau lebaran tiba. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, masyarakat setempat juga dapat diuntungkan dengan dagangan kuliner yang dijajakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Twitter.com @sepdum

Pantai cantik di Dumai sempat terbengkalai, padahal pantai ini memiliki potensi karena daya tariknya. Dengan dikelolanya tempat wisata ini sehingga semakin baik ke depannya, pengunjung juga semakin bertambah. Kini tidak perlu lagi pergi ke luar kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat wisata yang menawarkan liburan yang menyenangkan.

1. Pemandangan yang Indah

Pantai Marina memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Apalagi setelah pantai ini mulai dikelola dengan baik. Lingkungan di sekitar sangat bersih sehingga membuat banyak pengunjung merasa nyaman berada di kawasan ini. Selain itu, pepohonan di sekitar juga membuat pantai menjadi lebih teduh. Pantai ini sangat cocok untuk refresing bersama keluarga.

2. Sunset

Pantai ini juga menjadi tempat yang cocok untuk melihat sunset. Dari pantai ini, matahari terbenam terlihat jelas dan indah. Pengunjung banyak yang datang pada saat sore hari untuk menikmati keindahan langit saat matahari mulai terbenam. Sambil menikmati jajanan dari warung-warung yang ada di sana, pengunjung bersantai melihat langit jingga di antara laut yang biru.

3. Aneka Permainan Air

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai permainan air. Pengelola menyediakan sarana-sarana ini untuk menarik lebih banyak pengunjung. Dengan adanya aneka permainan air menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk datang dan menikmati pengalaman baru menikmati wahana yang memang telah tersedia untuk para pengunjung.

Daya Tarik dari Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (David Sahat)

4. Kegiatan Nelayan

Pengunjung dapat melihat para nelayan yang melaut atau sekedar di bibir pantai untuk mencari ikan. Tidak setiap saat pengunjung dapat melihat kegiatan nelayan ini. Pengunjung biasanya hanya dapat menikmati kegiatan para nelayan ini saat air laut sedang surut. Karenanya, jika ingin melihat kegiatan nelayan ini hanya bisa pada saat-saat tertentu saja.

5. Spot Foto

Di sekitar pantai ini terdapat bebatuan. Dengan latar pantai, tempat ini sangat cocok sebagai tempat untuk berfoto. Pengunjung banyak yang datang untuk menghabiskan waktu di bebatuan ini. Karena tempatnya yang teduh sehingga pengunjung betah duduk berlama-lama di atas bebatuan. Tentu saja tidak lupa untuk mengambil foto dengan latar Pantai Marina.

6. Pusat Pelayaran

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa pantai ini merupakan urat nadi dalam hal pelayaran di Kota Dumai. Dari pantai ini menghubungkan antara satu pulau ke pulau lainnya seperti Batam, Rupat, maupun Bengkalis. Tidak hanya di daerah Kota Dumai saja, bahkan dari pantai ini juga dapat menghubungkan hingga ke luar negeri.

7. Kebun Binatang Dumai

Dalam upaya pengelolaan lahan di sekitar kawasan pantai, pemerintah juga merencanakan untuk membangun ekowisata berupa kebun binatang. Memang masih baru perencanaan, masyarakat menunggu rencana ini akan segera terealisasikan. Jika kebun binatang Dumai ini selesai dibangun, tentu akan menambah daya tarik yang semakin membuat kawasan ini ramai oleh pengunjung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Marina

Alamat Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Lukman Nulhakim)

Pantai Marina berada di Teluk Makmur, Riau. Lokasinya cukup dekat dengan pusat Kota Dumai. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 19 kilometer atau kurang lebih 35 menit perjalanan saja. Jalan yang ditempuh tidak terlalu sulit dilalui dan aksesnya cukup mudah ditemukan. Anda dapat menggunakan aplikasi GoogleMap agar lebih mudah.

Rute yang paling cepat adalah dengan menggunakan via Jl. Arifin Ahmad dengan awal perjalanan mengambil Jl. Bunga Tj. dan Jl. Tunas Muda untuk menuju Jl. Bukit Datuk. Selanjutnya Anda dapat mengarahkan kendaraan ke Jl. Arifin Ahmad lalu ke Jl. Masjid Teluk Makmur. Anda dapat mengikuti Jl. Masjid Teluk Makmur ke Jl. Mat Taim hingga lokasi wisata pantai ini.

Pantai Marina Dumai merupakan tempat wisata keluarga yang murah meriah dan cocok untuk tempat refresing bersama keluarga. Tempat wisata ini buka setiap harinya. Untuk harga tiket sendiri sangat murah. Hanya Rp 5.000 saja per orangnya. Dengan harga demikian, pengunjung sudah dapat menikmati pantai yang terus dikembangkan agar lebih baik ke depannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Marina

Kegiatan di Pantai Marina
Image Credit: Instagram.com @harambeboys_

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di Pantai Marina. Meski masih terus dikelola, namun pantai ini menyediakan berbagai kegiatan menarik untuk mengisi liburan Anda. Berikut beberapa kegiatan yang sering dilakukan oleh pengunjung. Jika Anda datang ke pantai ini, Anda juga dapat mencobanya sendiri.

1. Menikmati Pemandangan

Wisata pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis untuk Anda. Jika datang ke pantai ini, Anda dapat duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan atau kegiatan nelayan yang mencari ikan. Anda juga dapat bermain-main air di bibir pantai. Jika tidak, Anda juga dapat pergi ke sekitar bebatuan untuk bersantai.

2. Mencoba Berbagai Permaianan Air

Pengelola telah menyiapkan berbagai kegiatan air yang sangat sayang untuk dilewatkan. Beberapa sarana seperti banana boat, donat, mega mambo, flying fish, dan lainnya tentu akan membuat liburan Anda semakin seru. Pengelola juga sudah menyiapkan dua speed boat untuk sebagai unit pendukung berbagai kegiatan air yang sangat menarik ini.

3. Memancing

Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing di kawasan Pantai Marina. Jika Anda menyukai kegiatan ini, Anda dapat datang dengan peralatan pancing. Ada beberapa spot di mana Anda akan dapat dengan mudah mendapatkan ikan. Sudah ada banyak pengunjung yang datang untuk memancing di tempat ini, karena itu Anda juga dapat mencobanya.

4. Berfoto

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk membawa kamera. Anda dapat mengabadikan liburan Anda di beberapa spot yang menarik dan cantik. Spot favorit yang banyak dikunjungi untuk berfoto adalah bebatuan di beberapa kawasan pantai, namun Anda juga bisa mencari spot lainnya. Jika Anda datang saat sunset, Anda juga dapat mengabadikan momen-momen matahari terbenam.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Murah Pantai Marina
Image Credit: Tiket.com

1. Sonaview Hotel Dumai

Penginapan ini sangat terjangkau dan cukup dekat dengan Pantai Marina. Dengan kamar yang bersih, pengunjung juga mendapatkan fasilitas yang memadai. Memesan kamar di penginapan ini, Anda akan mendapat pelayanan berupa AC, WiFi, parkir, dan sarapan gratis. Di penginapan ini juga tersedia saunda, gym, dan fasilitas lainnya.

2. Patra Dumai Hotel

Penginapan yang berada di Jl. Sultan Syarif Kasim, Dumai Timur ini juga cukup terjangkau. Kamar yang ditawarkan juga bersih dan aman. Penginapan ini sangat cocok bagi Anda yang mengajak keluarga karena ramah anak. Bahkan ada kelinci-kelinci yang akan membuat anak-anak lebih betah. Anda juga akan mendapat fasilitas berupa parkir, WiFi, dan juga kolam renang.

3. The Zuri Dumai

Berada di Jl. Jend. Sudirman, Dumai Timur, lokasi penginapan ini strategis. Menawarkan servis yang baik, Anda juga akan disediakan berbagai menu makanan yang lezat. Hotel ini juga menyediakan kamar yang sangat nyaman dengan harga yang terjangkau. Fasilitas yang Anda dapatkan seperti sarapan gratis, tempat parkir gratis, kolam renang, dan juga spa.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina Dumai

Fasilitas di Pantai Marina Dumai
Image Credit: Google Maps (Nazaruddin Sahar)

Pantai Marina yang sudah mulai dikelola kini juga telah memiliki fasilitas-fasilitas yang memadai untuk pengunjung. Fasilitas seperti area parkir dan toilet sudah tersedia. Terdapat juga musala sehingga pengunjung dapat beribadah. Pengelola juga telah menyediakan kantin dan masyarakat juga menjual berbagai menu makanan sehingga pengunjung dapat mengisi perut.

Fasilitas lainnya berupa wahana-wahana permainan air. Wahana ini disiapkan untuk lebih banyak menarik pengunjung. Jika lelah bermain air, pengunjung dapat beristirahat di gazebo yang sudah tersedia. Di gazebo ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pantai sambil merasakan angin yang cukup kencang khas pantai.

Akses infrastruktur jalan untuk menuju pantai ini juga sudah baik sehingga pengunjung lebih mudah untuk menuju lokasi pantai. Ke depan, pemerintah daerah akan menata kawasan pantai ini agar lebih baik. Dengan demikian, pengunjung akan lebih banyak datang dan diharapkan dapat menambah pendapatan daerah.

Pantai Marina di Dumai yang dulu sempat terbengkalai kini dikelola menjadi lebih baik lagi. Meski belum sepenuhnya tertata, namun pengelola dan pemerintah telah merencanakan dan berupaya untuk memaksimalkan potensi dari pantai ini. Dengan banyaknya wahana dan fasilitas memadai membuat pengunjung lebih nyaman dan tidak perlu lagi ke luar kota untuk berlibur.