Pesona Keindahan Pantai Minang Rua di Lampung Selatan

Pesona Keindahan Pantai Minang Rua di Lampung Selatan

Pantai Minang Rua salah satu objek wisata pantai yang menawan di Lampung Selatan yang menarik dieksplor saat liburan. Pantai pair putih yang menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, tempat penangkaran penyu dan pesona goa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kelawi, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang tidak henti-hentinya menyuguhkan pesona alam khas ibu Pertiwi. Terutama ribuan pulau yang ada di indonesia juga memiliki kenampakan alam yang indah. Tidak heran Indonesia memiliki banyak wisata pantai yang salah satunya adalah Pantai Minang Rua.

Pantai yang satu ini terletak di Lampung. Di mana destinasi wisata tersebut juga masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Oleh karenanya tempatnya masih sangat asri. Anda akan merasakan liburan yang sangat menyenangkan seperti di pulau pribadi. Pantai ini sanggup memberikan kenampakan alam yang begitu indah.

Sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Indonesia, Minang Rua memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga wisatawan pun pasti ingin sekali mengunjunginya. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Minang Rua. Belum lagi keindahan alamnya yang pastinya akan membuat Anda takjub.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Minang Rua

Daya Tarik Pantai Minang Rua
Image Credit: Instagram.com @nda_een

1. Tempat Bersarangnya Penyu

Salah satu pantai Indonesia yang memiliki penangkaran penyu sendiri adalah Pantai Minang Rua. Pasalnya di tempat ini seringkali menjadi sarang para tukik untuk bertelur. Sehingga pengunjungpun banyak yang tertarik melihat penyu-penyu tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa penyu bertelur yang akan disembunyikan di bawah pasir.

Sehingga ketika waktunya menetas maka anakan penyu tersebut akan berjalan menuju laut. Jika beruntung Anda bisa ikut melepaskan penyu ke laut bersama dengan kelompok sadar wisata. Di mana hewan tersebut dengan lucunya berjalan ke laut. Bahkan jika beruntung Anda dapat berfoto selfi dengan hewan lucu tersebut.

2. Goa Petualangan yang Menarik

Daya tarik selanjutnya adalah adanya goa di sekitar lokasi pantai. Jadi bukan hanya pemandangan lautnya saja yang indah, tapi juga pesona spot unik Goa Minang Rua. Menurut penuturan masyarakat sekitar goa ini masih menyimpan cerita mistis.

Di dalam goa akan banyak ditemukan kelelawar yang bergelantungan. Sehingga pengunjung hanya bisa melihat goa dari depan saja. Sebab masih bisa dibilang cukup berbahaya. Meski begitu Anda tidak perlu kecewa karena pemandangan alam di sini sangat indah.

Apalagi dengan berjalan-jalan menikmati keindahan pantai yang begitu indah. Panorama laut biru seakan menguasai arah pandang. Mulut guanya cukup tinggi dengan pemandangan luar yang nampak unik.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tanggamus yang Paling Populer

3. Pesona Green Canyon Lampung

Anda pasti tidak asing dengan nama Green Canyon. Iya, tempat tersebut memang berada di luar negeri. Namun siapa sangka Indonesia juga memiliki destinasi wisata alam dengan pemandangan Green Canyon. Di mana lagi kalau bukan Pantai Minang Rua. Di pantai inilah Anda dapat melihat pesona air laut berwarna kehijauan.

Daya Tarik Pantai Minang Rua Lampung
Image Credit: Google Maps (Gusti Winata)

Untuk Anda yang berkunjung ke Minang Rua pastikan ke spot yang satu ini. Di mana banyak orang menyebutnya Green Canyon Indonesia. Ada sensasi menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Yaitu menyeburkan diri dengan bergelantungan di pohon. Lalu menyeburkan diri ke air yang begitu bening. Rasa sejuk akan merasuk ke dalam kulit Anda.

Dengan gradasi warna air yang indah pengunjung akan dibuat kagum. Apalagi lokasi yang satu ini dikelilingi oleh banyak tebing tinggi. Memang Green Canyon Indonesia tak kalah dengan ada yang di luar negeri.

4. Dikelilingi Bukit dan Pepohonan yang Asri

Daya tarik pantai ini yang banyak diburu adalah pemandangan di sekelilingnya. Di sinilah Anda akan nampak sebuah tempat yang dihimpit oleh bukit yang lengkap dengan pepohonan hijau. Garis pantainya cukup luas dengan tulisan PANTAI MINANG RUA di area pantai. Bahkan area pantai destinasi wisata alam yang satu ini mencapai 300 meter.

Di mana dipenuhi oleh pasir berwarna putih yang membentang dari arah utara hingga selatan. Dengan area pantai yang landau, akan sangat menarik untuk duduk-duduk santai di tepiannya. Namun yang lebih unik lagi di pantai eksotis ini Anda akan menemukan sebuah muara sungai yang tertutup pasir. Hal ini dikarenakan ada pasir yang terbawa oleh air sehingga menjadi endapan.

Jika melihat kenampakan pantai di masa lampau. Pantai Minang Rua termasuk kategori pantai dengan pasir yang sedikit. Namun karena aktivitas pembangunan jalan tol di sekitar wilayah tersebut. Meski begitu dengan banyaknya pasir yang memenuhi area pantai, pengunjung dapat semakin puas bermain pasir pantai.

5. Matahari Terbenam yang Memukau

Salah satu pesona alam yang ditunggu oleh wisatawan ketika berkunjung ke pantai adalah sunset. Tenang saja, di pantai ini Anda akan dapat melihat pesona matahari terbenam secara langsung. Di mana ketika matahari hendak kembali ke peraduan, maka akan terlihat cahaya jingga yang diam-diam muncul di langit. Efek inilah yag banyak dijadikan spot foto penikmat sunset.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tulang Bawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Minang Rua

Alamat Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Gusti Winata)

Pantai Minang Rua terletak di Lampung Selatan. Tepatnya berada di Kelawi, Bakauheni, kabupaten Lampung Selatan. Dengan wilayah pantai yang sudah masuk tempat pengelolaan Kelompok Sadar Wisata.

Tidak heran tempatnya begitu terawat dan sangat memukau. Dari wilayah Bandar Lampung menuju lokasi wisata pantai ini Anda harus menempuh jarak sekitar 90 km. Atau jika dikalkulasikan dalam waktu kurang lebih selama 2 jam perjalanan.

Meski begitu, Anda sudah bisa tenang sebab konsdisi jalan menuju pantai sudah terkelola dengan baik. Sehingga dapat diakses oleh motor maupun mobil. Untuk rute singkat menuju lokasi, Anda bisa menempuh perjalanan dari arah Bandar Lampung. Selanjutnya teruslah berkendara hingga sampai di jalan Lintas Sumatera Bakauheni.

Maka Anda akan nampak sebuah patung garuda yang berada dekat dengan pom bensin. Patung tersebut berwarna hitam pekat. Setelahnya baru ambil jalur kanan. Ikuti jalan yang masuk ke dalam gang maka Anda akan menemukan petunjuk arah ke Pantai Minang Rua.

Harga Tiket Masuk Pantai Minang Rua Lampung

Harga Tiket Pantai Minang Rua Lampung
Image Credit: Google Maps (Mas Gon)

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata maka masuk ke dalam lokasi Pantai Minang Rua pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk. Namun Anda bisa tenang karena untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di sana Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Pasalnya di pantai ini hanya dipungut biaya Rp 5000 untuk masuk kawasan pantainya. Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan harus parkir dengan tarif Rp 5000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Jika Anda bertandang ke wisata pantai ini saat libur lebaran maka biaya masuknya gratis. Meski begitu tetap harus membayar biaya parkir yaitu Rp 20.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk motor.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Minang Rua

Kegiatan di Pantai Minang Rua
Image Credit: Google Maps (Nurdin Ahmadi)

1. Berenang

Berkunjung ke pantai tanpa berenang memang kurang afdhol rasanya. Untuk itu di sini Anda melakukan beberapa kegiatan permainan air seperti berenang bersama. Namun Anda harus ingat bahwa jangan sampai ke tengah laut.

Lokasi paling epic untuk berenang adalah Green Canyon. Dengan air biru kehijauan serta dikelilingi oleh tebing, spot yang satu ini layak dicoba. Apalagi tempatnya yang memang sedikit tersembunyi. Pastinya Anda akan merasakan suasana rileks tanpa kebisingan kendaraan perkotaan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bandar Lampung yang Paling Enak

2. Voli Pantai

Bagi Anda penyuka aktivitas pantai, ada kegiatan selain berenang yang juga menarik untuk dilakukan yaitu voli pantai. Namun untuk melakukannya Anda harus membawa peralatan sendiri ya. Pasalnya belum tersedia untuk kegiatan tersebut.

Meski begitu duduk santai di tepi pantainya juga sangat menyenangkan. Apalagi dengan keindahan alam sejauh mata memandang seolah sanggup membuat kita lupa akan kelelahan yang dirasakan.

3. Melihat Penangkaran Penyu

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa Pantai Minang Rua juga menjadi tempat para penyu berkembang biak. Tidak heran di sini juga terdapat penangkaran penyu. Jadi, telur yang berhasil ditemukan akan dirawat hingga menetas. Kemudian penyu tersebut akan dilepas ke laut jika sudah berusia 7 bulan. Jadi selain berwisata, Anda juga bisa belajar tentang kehidupan penyu secara langsung.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Minang Rua

Penginapan Pantai Minang Rua
Image Credit: Agoda.com

Berbagai hal mengenai Pantai Minang Rua di atas tentunya membuat Anda sadar bahwa pesona kenampakan alam Indonesia tidak kalah indah dari negara lainnya. Mulai dari daya tarik, aktivitas serta fasilitas Pantai yang memang layak menjadi tempat kunjungan untuk melepas penat.

1. Reddoorz Near Pelabuhan Bakauheni Lampung

Dengan fasilitas wifi gratis, pengunjung dapat mengakses internet sepuasnya. Selain itu harga kamar per malamnya cukup terjangkau. Tempatnay begitu terawat dengan fasilitas yang cukup baik.

2. Kahai Beach Resort

Untuk Anda yang mencari penginapan dekat dengan lokasi pantai, Kahai Beach bisa menjadi pilihan. Di resort ini memiliki fasilitas mumpuni mulai dari kolam renang restoran, ruangan ber AC, hingga parkir gratis.

3. Wisma Belerang

Wisma Belerang menjadi penginapan terdekat dari lokasi pantai, berada di Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Dengan harga per malam yang cukup murah tempat ini menyuguhkan desain kamar minimalis namun elegan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Minang Rua Lampung

Fasilitas di Pantai Minang Rua Lampung
Image Credit: Google Maps (Suryanto Tri)

Pantai yang dikelola oleh sekelompok orang yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata ini sangat terawat. Sehingga fasilitas yang ada juga cukup memadai. Hal ini tentunya untuk menunjang kenyamanan pengunjung untuk bertandang ke pantai ini. Itu sebabnya beberapa fasilitas dibuat, diantaranya adalah tempat makan, toilet, mushola dan pastinya area parkir.

Itulah informasi mengenai Pantai Minang Rua yang ada di Lampung Selatan yang bisa dijadikan panduan Anda saat butuh liburan yang menyenangkan. Segera masukkan pantai cantik ke dalam list tujuan liburan Anda selanjutnya.