Pantai Nongsa, Pantai Terindah Dengan Panorama Sunset di Batam

Pantai Nongsa, Pantai Terindah Dengan Panorama Sunset di Batam

Pantai Nongsa salah satu objek wisata pantai yang menawan di Kota Batam, Kepulauan Riau. Pantai yang menawarkan keindahan alam, panorama sunset dan pemandangan gemerlap kota di Singapura malam hari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pulau ujung timur Indonesia ini memang tak ada habisnya untuk masalah kekayaan wisata bahari. Pantai Nongsa adalah salah satu contoh wisata populer dari Kepulauan Riau. Wisata yang tidak hanya menyuguhkan pemandangan laut ini, bisa dikunjungi kapan pun karena buka 24 jam.

Memiliki kawasan pantai yang bersih, dengan fasilitas yang mencakupi pula, membuat pantai ini semakin menjadi favorit para pengunjung. Adapun kegiatan menarik yang dapat pengunjung lakukan saat berada di pantai cantik ini, misal saja berenang atau bahkan menikmati matahari tenggelam.

Pantai Nongsa ini memiliki letak yang strategis, pengunjung dari luar kota atau luar negri akan dengan mudah mencapai kawasan pantai tersebut. Berikut ini ada informasi mengenai harga tiket, rute perjalanan, dan hal apa saja yang membuat pantai hits di Batam ini wajib dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nongsa

Daya Tarik Pantai Nongsa
Image Credit: Google Maps (Jarry Rinaldy XXXV)

1. Kawasan yang Tenang

Letak Pantai Nongsa yang cukup jauh dari pusat kota, membuat tempat ini menjadi lebih sepi dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian. Dengan kawasan yang tenang seperti ini, pengunjung yang sedang ingin menyendiri wajib mengunjungi pantai tersebut.

Suasana yang tenang akan terasa saat deburan ombak terdengar, angin semilir dari pantai yang menerpa pelan akan menambah pikiran menjadi rileks. Keadaan ini didukung dengan letak pantai yang berada terpisah dari pulau lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nongsa
Image Credit: Twitter.com @radiountar

2. Banyaknya Resort Mewah

Berada di perbatasan antara dua negara, pantai ini memiliki beberapa resort mewah kelas internasional. Bahkan tidak hanya satu dua resort mewah yang dibangun di Pantai Nongsa ini, akan ada banyak tipe dan harga dari masing-masing resort.

Lalu mengapa banyak penginapan kelas atas yang dibangun di kawasan pantai ini? Hal ini tentu saja masih ada kaitannya dengan letak dari pantai itu sendiri. Karena letaknya di perbatasan negara, akan ada banyak potensi yang muncul dari kawasan pantai ini.

Awalnya pembangunan penginapan ini gencar dilakukan dengan tujuan untuk pemerataan wilayah. Namun selang beberapa waktu, ada banyak investor yang ikut membangun resort di tempat ini. Para investor ini menilai bahwa Pantai Nongsa mempunyai potensi wisata yang bagus.

Semakin lama waktu berjalan, kawasan pantai ini kemudian dipenuhi dengan resort mewah yang memiliki ciri khas masing-masing. Pengunjung yang berencana bermalam di sekitar pantai, bisa menyewa kamar di salah satu resort mewah tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Nongsa

Alamat Pantai Nongsa
Image Credit: Twitter.com @Riyancuk

Letak Pantai Nongsa berada di Batam, tepatnya di Desa Sambau. Pengunjung yang berasal dari luar daerah bisa mengambil rute dari Bandara Hang Nadim yang berjarak cukup jauh dari pantai.

Setelah sampai di bandara, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menyewa kendaraan umum yang banyak ditawarkan sekitar bandara. Perjalanan melalui kota ini akan memakan waktu 40 menit, jadi Anda bisa tidur dahulu sebelum sampai di wisata pantai tujuan.

Kemudian jika Anda adalah warga lokal yang ingin mengunjungi pantai ini, bisa dengan menggunakan speedboat atau dengan kendaraan pribadi. Jika Anda memilih menggunakan transportasi air, waktu yang akan ditempuh cukup singkat yaitu 15 menit saja dari Kota Pangkal Pinang.

Lalu bagaimana untuk pengunjung yang berasal dari negara tetangga? Tenang saja, karena jarak dari pantai sangat dekat, pengunjung hanya perlu waktu ½ jam saja saat ingin mengunjungi wisata pantai ini.

Kecamatan Nongsa memang berdekatan dengan negara luar terutama Singapura. Tak jarang pengunjung pantai ini yang berdatangan banyak yang berasal dari luar negri. Selain terpikat dengan pemandangan pantai yang indah, pengunjung tersebut juga ingin merasakan menginap di resort mewahnya.

Biaya tiket masuk wisata Pantai Nongsa ini dipatok dengan harga Rp 10.000 untuk setiap orangnya. Harga tersebut cukup murah, mengingat banyaknya fasilitas yang diberikan dari pihak pengelola.

Wisata pantai menawan ini buka 24 jam setiap harinya, jadi untuk pengunjung yang hendak datang malam pun masih bisa memasuki kawasan pantai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Nongsa

Kegiatan Menarik di Pantai Nongsa
Image Credit: Twitter.com @faisalaja2001

1. Berburu Souvenir Batam

Setelah berlibur di suatu tempat wisata, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Apalagi saat Anda sedang berlibur di kawasan Pantai Nongsa, sangat rugi jika Anda sampai lupa membeli oleh-oleh khas daerahnya.

Di pantai ini, Anda bisa menemukan toko khusus yang menjual barang cinderamata hasil kerajinan masyarakat setempat. Terdapat berbagai macam kerajinan yang terbuat dari kerang-kerang kecil, misal saja gantungan kunci dan asbak dengan detail hewan lucu.

Tidak hanya oleh-oleh berupa benda saja yang bisa ditemukan di pantai tersebut, pengunjung juga bisa membeli makanan khas yang memiliki rasa unik.

2. Berfoto di Dermaga

Di pantai yang memiliki pasir putih ini, terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari kayu. Dermaga pada Pantai Nongsa tersebut menghubungkan garis pantai dengan pulau kecil hasil dari buatan manusia.

Anda bisa mengambil beberapa foto saat melewati dermaga ini. Latar belakang berupa lautan luas yang biru akan membuat hasil foto Anda menjadi lebih eksotis. Tak lupa sebuah hutan yang berada di pulau kecil ujung dermaga ikut menghiasi latar belakang foto Anda.

Pulau yang berada di ujung dermaga ini tampak seperti pulau di laut Karibia. Dengan detail pohon kelapa di pinggirannya yang menambah kesan asri dari hutan kecil tersebut. Walaupun buatan manusia, namun hutan ini terlihat seperti asli.

Kegiatan di Pantai Nongsa
Image Credit: Twitter.com @Hendranoellang

3. Berenang

Tidak melakukan kegiatan satu ini saat berlibur di pantai? Dijamin liburan Anda akan terasa hambar. Merasakan dinginnya air laut asin dari Pantai Nongsa, akan membuat liburan Anda semakin mengasyikan.

Anda bisa mencoba merasakan kesegaran air dari pantai ini dengan cara berenang di sekitar bibir pantai. Namun jika Anda bernyali untuk mencoba berenang ke bagian lebih tengah lagi, Anda bisa mencobanya untuk pengalaman yang menantang adrenalin.

4. Menikmati Pesona Sunset

Momen dimana matahari mulai tenggelam, adalah suatu hal yang ditunggu oleh banyak orang. Keindahan dari pesona sunset di Pantai Nongsa juga menjadi hal yang wajib Anda temui saat mengunjungi wisata tersebut.

Warna langit yang akan berubah menjadi jingga secara perlahan, akan menampilkan suasana khas yang dapat memikat mata siapa saja. Anda bisa menikmati pesona sunset di pantai tersebut dengan cara duduk di batuan karang, bisa juga Anda menggelar tikar di pinggir pantainya.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Nongsa

Penginapan Terdekat Pantai Nongsa
Image Credit: Boking.com

1. Batam View Beach Resort

Penginapan yang mengambil desain modern ini berjarak 3,2 km saja dari Pantai Nongsa. Dengan jarak yang terbilang cukup dekat ini, pengunjung hanya perlu waktu 6 menit saja saat menuju kawasan wisata pantai.

Lahan parkir pada resort ini cukup luas untuk memuat beberapa buah mobil. Tak hanya itu saja fasilitas yang ditawarkan resort ini, akses internet gratis juga disediakan bagi Anda yang hobi berselancar di dunia maya.

2. Turi Beach Resot

Pengunjung Pantai Nongsa yang sedang mencari penginapan bernuansa private, Turi Beach Resort ini bisa menjadi pilihan. Suasana pedesaan yang diambil sebagai tema penginapan, akan membuat hati siapa saja menjadi lebih tenang.

Beberapa kamar dengan ukuran luas bisa Anda sewa untuk bermalam di kawasan resort ini. Saat pagi hari pun, Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan pantai yang cantik dengan kilauan air dari pantulan sinar matahari.

Jarak resort ini dari lokasi pantai, sekitar 4,4 km dengan jarak tempuh maksimal 8 menit saja. Anda bisa berjalan kaki atau menyewa kendaraan umum saat akan menuju kawasan pantai tersebut.

3. Nongsa Point Marina and Resort

Terakhir ada penginapan Nongsa Point Marina and Resot yang berada 4,6 km dari arah wisata pantai ini. Penginapan ini memiliki fasilitas antar jemput bagi pengunjung yang akan menginap di resort tersebut.

Menu yang disajikan pada resort ini juga lengkap, mulai dari masakan sederhana hingga masakan daerah khas Sumatera yang bercita rasa rempah kuat. Lingkungan yang bersih dan terawat, menjadi nilai lebih dari penginapan yang menyediakan kolam renang ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nongsa Batam

Fasilitas di Pantai Nongsa Batam
Image Credit: Google Maps (TRI JOKO SUROSO)

Pantai Nongsa sangat diperhatikan oleh pemerintah setempat, maka dari itu disediakan berbagai macam fasilitas penunjang bagi para pengunjung yang datang.

Toliet menjadi hal pokok yang wajib ada disetiap tempat wisata, dan pantai ini cukup memenuhi fasilitas tersebut. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet di beberapa sudut pantai, cukup dengan membayar Rp 2.000 saja untuk menggunakan fasilitas ini.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan layanan ATM bagi pengunjung yang akan menarik tunai uang. Rumah makan yang berderet di setiap pinggir pantai juga memudahkan pengunjung untuk mencicip kuliner seafoodnya.

Informasi Pantai Nongsa tersebut akan menambah wawasan Anda tentang pantai yang berada di Timur Laut Batam ini. Anda bisa menjadikan wisata pantai tersebut sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan.