Pesona Keindahan Pantai Panjang di Bengkulu yang Mencuri Perhatian

Pesona Keindahan Pantai Panjang di Bengkulu yang Mencuri Perhatian

Pantai Panjang salah satu wisata pantai terindah dan favorit di Kota Bengkulu yang menarik dikunjungi. Menyuguhkan pemandangan yang alam yang menawan, pepohonan hijau dan spot menikmati matahari terbenam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Pantai Panjang Bengkulu merupakan salah satu pantai yang masih termasuk ke dalam bagian Provinsi Bengkulu. Pantai ini mencakup tiga kecamatan, sehingga tak ayal nama yang disematkan oleh pantai ini pun sesuai dengan kenyataannya. Tidak hanya warga sekitar saja, namun para wisatawan dari berbagai daerah pun menjadikan tempat ini sebagai pantai favorit.

Pantai yang satu ini tidak hanya memiliki garis pantai yang begitu panjang, namun juga menawarkan beragam keindahan yang tidak ternilai harganya. Garis pantai yang panjang tersebut disebabkan karena pantai ini tidak memiliki karang, sehingga ketika air laut mulai surut hamparannya pun bisa menjangkau begitu jauh.

Karena itulah, saat air laut surut pemandangan yang ada di Pantai Panjang ini akan tampak sangat memukau. Hamparan pasir yang luas membuat pasir putihnya tampak semakin menawan. Deburan ombaknya yang datang silih berganti tentu akan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Panjang

Image Credit: Twitter.com @Beritasatu

Berwisata di pantai memang menjadi salah satu hal yang sangat dinikmati oleh banyak orang. Tempat wisata yang satu ini memiliki beragam kelebihan dan daya tarik yang dijamin mampu menggaet begitu banyak wisatawan untuk mengunjunginya setidaknya sekali dalam seumur hidupnya.

1. Pemandangan Matahari yang Memukau

Hal yang membuat pantai ini begitu dinikmati oleh banyak orang adalah karena pemandangan matahari terbenam yang dilihat dari pantai ini akan tampak begitu menakjubkan. Pada sore hari, banyak orang yang rela menuju tempat ini hanya demi melihat suasana sunset yang tampak temaram dan berubah menjadi malam hari.

Saking indahnya, banyak pula yang menjadikan tempat ini sebagai spot yang begitu sempurna untuk melakukan fotografi. Potret matahari yang tenggelam dalam waktu yang perlahan tentu akan menghasilkan foto yang begitu cantik untuk media sosial.

2. Hamparan Pasir Putih yang Indah

Pasir yang ada di Pantai Panjang ini bisa dibilang cukup mirip dan hampir sama layaknya pasir yang ada di berbagai pantai lain pada umumnya. Butiran pasirnya bisa dibilang memiliki warna putih kecokelatan, sehingga apabila dilihat dari dekat akan tampak menyilaukan mata saat terkena pancaran sinar mentari.

Pada saat air laut sedang surut, Anda dapat melihat betapa luasnya hamparan pasir yang ada di tempat ini. Hamparan pasir berwarna putih disertai oleh tekstur yang lembut tersebut dapat membuat siapapun merasa nyaman untuk duduk ataupun berbaring di atasnya saat ingin menikmati pemandangan pantai.

Daya Tarik Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Pardianti)

3. Dikelilingi Pohon Cemara dan Pinus

Ketika Anda mengunjungi pantai ini, maka Anda akan melihat bahwa tempat ini begitu dikelilingi oleh kumpulan pohon cemara dan pinus di sekitar pantai. Hal ini tentu saja menambah citra yang unik bagi pantai ini karena berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya.

Pada umumnya, pantai-pantai akan ditumbuhi oleh pohon kelapa, yang mana pohon tersebut justru tidak bisa Anda temui di pantai ini. Dengan adanya pohon cemara dan pinus tersebut, maka hal ini akan semakin membuat suasana pantai menjadi tampak lebih sejuk dan udara yang dihasilkan pun terasa sangat segar.

4. Ombak yang Kuat

Apabila Anda memang menyukai olahraga renang atau pun ingin berselancar, maka tempat ini merupakan pantai yang tepat bagi Anda. Ombak yang datang dalam kurun waktu yang berdekatan menuju pantai ini bisa dibilang begitu bersahabat namun tetap kuat, sehingga dapat memicu adrenalin Anda.

Akan tetapi, meskipun begitu Anda pun tetap harus berhati-hati sebab kedatangan ombak tidak bisa diprediksi. Tetap gunakan alat-alat keselamatan dan patuhilah peraturan yang ada di pantai ini sehingga Anda pun bisa menikmatinya dengan aman dan tenang.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Panjang

Alamat Pantai Panjang
Image Credit: Twitter.com @Beritasatub

Pantai Panjang adalah salah satu pantai yang ada di Bengkulu dan selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Karena memiliki garis pantai yang begitu luas, pantai ini mencakup tiga kecamatan yakni Kecamatan Ratu Samban, Kecamatan Teluk Segara, dan juga Kecamatan Ratu Agung. Pantai ini memiliki letak yang sejajar dengan Pantai Zakat dan Pantai Tapak Paderi.

Untuk menuju pantai ini, ada beberapa rute yang harus Anda lewati. Pertama, apabila Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Bengkulu maka Anda hanya perlu menaiki kendaraan umum karena jaraknya hanya sekitar 1,5 km saja.

Apabila ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka sewalah motor ataupun mobil di tempat rental terdekat. Setelah itu, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju Jalan Fatmawati, kemudian lanjut menuju Jalan Ratu Agung dan teruskan perjalanan hingga Anda tiba di Jalan Samudera. Setelah melewati ketiga jalan tersebut, maka Anda pun akan tiba di lokasi.

Meskipun untuk menikmati wisata ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, namun Anda pun tetap harus memikirkan biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk menuju tempat ini. Apabila Anda bukan termasuk warga lokal daerah tersebut, maka Anda pun harus mengeluarkan biaya tiket pesawat agar bisa sampai pada lokasi.

Umumnya, biaya tiket pesawat untuk menuju Bandara Fatmawati Soekarno di Bengkulu berkisar dalam rentang harga antara 700 hingga 900 ribu rupiah. Setelah sampai di bandara, Anda harus merogoh kocek lagi sebesar kurang lebih 50 ribuan sebagai biaya transportasi yang akan membawa Anda menuju lokasi Pantai Panjang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Panjang

Kegiatan Menarik di Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Efendy A)

1. Naik Sepeda

Tidak hanya berenang dan bermain di air laut saja, namun Anda juga bisa melakukan kegiatan bersepeda di pantai ini. Hanya dengan membayar sewa 20 ribu, Anda sudah bisa menikmati sensasi bersepeda di atas hamparan pasir yang lembut. Anda pun juga dapat menyewa sepeda yang memang diperuntukkan bagi dua orang dengan harga sewa sekitar 30 ribu.

2. Bermain Pasir

Bagi Anda yang membawa keluarga terlebih anak-anak untuk berwisata ke tempat ini, maka tidak akan dikecewakan oleh fasilitasnya yang begitu menarik. Anak-anak dapat menikmati waktu bermain pasir seperti membangun istana sebab pasirnya yang begitu mudah lengket sehingga tidak akan cepat pudar terkena air.

3. Jogging

Selain bersepeda, Anda pun juga dapat melakukan kegiatan olahraga kecil-kecilan lainnya yaitu jogging. Pantai ini telah menyediakan sebuah Jogging Track, yang mana akan membantu Anda untuk berlari dengan nyaman pada saat sore ataupun pagi hari.

Kegiatandi Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Khalid Saifuddin)

4. Berkeliling Pantai Naik Delman

Karena garis Pantai Panjang Bengkulu yang luas, mungkin Anda akan merasa kewalahan apabila mengelilingi pantai hanya dengan menggunakan kaki. Anda tidak perlu khawatir sebab ada delman yang bisa Anda sewa sebagai alat untuk membantu Anda menyisiri pantai.

Anda dapat menyewa delman tersebut dalam rentang harga sekitar 30 ribu rupiah per delman. Satu delman hanya bisa diisi oleh 4 orang saja, sehingga Anda pun bisa menikmati keindahan pantai dengan tenang dari ujung ke ujung.

5. Volly Pantai

Kegiatan olahraga lain yang seringkali dilakukan oleh pengunjung di pantai ini adalah bola volly. Hal tersebut tidak mengherankan sebab posisi pantai yang begitu lebar dan luas menjadikannya begitu mudah dan strategis untuk dijadikan tempat bermain volly.

6. Menyaksikan Festival Pantai Panjang

Tidak hanya menyaksikan keindahan pantai saja, namun Anda pun juga bisa menikmati kegiatan Festival Pantai Panjang yang seringkali diadakan di tempat ini. Festival ini merupakan agenda dari tahun ke tahun yang dilakukan oleh para warga sekitar dan terdiri atas berbagai macam kegiatan yang begitu menarik.

Beberapa kegiatan tersebut di antaranya yaitu lomba membuat vlog dan foto, volly pantai. Kompetisi surfing lomba kreasi pasir, dan lain sebagainya. Kegiatan ini nantinya akan diiringi oleh beberapa hiburan seperti kehadiran musisi khas Bengkulu dan berbagai pagelaran seni budaya lain yang dapat Anda saksikan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Panjang

Penginapan Terdekat dari Pantai Panjang
Image Credit: Amarishotel.com

Karena lokasi pantai yang begitu dekat dengan pusat kota, maka Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan kesusahan untuk mendapatkan tempat penginapan. Ada berbagai tempat penginapan terdekat yang bisa Anda pilih sebagai destinasi saat Anda ingin beristirahat sebelum menikmati keindahan pantai.

1. Amaris Hotel Bengkulu

Penginapan pertama yang bisa Anda coba adalah Amaris Hotel Bengkulu. Posisi dari penginapan ini begitu strategis sebab hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari Pantai Panjang. Di penginapan ini, Anda akan mendapatkan beberapa layanan seperti WiFi gratis, parkir pribadi gratis, dan kolam renang indoor.

Anda pun juga akan memperoleh sarapan prasmanan yang terdiri atas berbagai makanan khas dari Asia setiap pagi di hotel ini. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menginap di sini adalah 360 ribu rupiah per malam.

2. Hotel Nala Seaside

Penginapan yang kedua adalah Hotel Nala Seaside. Hotel ini memiliki lokasi sekitar 2 kilometer dari posisi pantai, sehingga cukup dekat untuk dijadikan tempat penginapan. Pada hotel ini, telah tersedia beberapa fasilitas seperti kulkas, air mineral, kedai kopi, pemandian air panas, dan lain-lain.

Tidak hanya dekat dengan pantai saja, namun hotel ini juga menyediakan layanan transportasi menuju ke bandara sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika sudah check out. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggunakan hotel ini adalah 270 ribu rupiah per malamnya.

3. Pantai Putih Resort

Terakhir, Anda dapat mencoba Pantai Putih Resort. Lokasi yang strategis yakni berjarak sekitar 3 kilometer dari pantai, membuat tempat ini cocok bagi Anda yang ingin beristirahat namun masih tetap ingin menikmati pepohonan hijau dan juga pemandangan laut yang indah.

Fasilitas yang didapat yaitu karaoke, tv, kamar mandi pribadi, dan restoran. Anda akan dikenakan harga sekitar 247 ribu rupiah per malamnya apabila ingin menginap di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Panjang Bengkulu

Fasilitas di Pantai Panjang Bengkulu
Image Credit: Google Maps (Aris Kusnedi)

Pantai yang satu ini memiliki fasilitas yang begitu lengkap demi membuat pengunjung menjadi merasa lebih nyaman. Pada Pantai Panjang, telah tersedia kios-kios makanan yang menyajikan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Tersedia pula beberapa wahana permainan untuk anak dan kegiatan olahraga.

Tidak hanya itu, area parkir yang tersedia di tempat ini pun begitu luas sehingga tidak perlu merasa takut kehabisan lahan parkir. Karena tempatnya yang indah, banyak pula area spot foto yang cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto untuk diunggah di media sosial.

Begitulah beberapa informasi mengenai Pantai Panjang di Kota Bengkulu yang bisa Anda ketahui. Dengan menawarkan pemandangan dan fasilitas yang begitu memukau, maka tidak salah lagi apabila banyak sekali wisatawan dan warga yang menyebut tempat ini sebagai lokasi favorit untuk liburan.