Pantai Pasir Putih Parparean, Destinasi Wisata Bahari Favorit di Toba

Pantai Pasir Putih Parparean, Destinasi Wisata Bahari Favorit di Toba
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parparean II, Kec. Porsea, Kab. Toba, Sumatera Utara.

Pantai Pasir Putih Parparean merupakan objek wisata alam di Kabupaten Toba yang dilestarikan dengan baik sampai saat ini. Destinasi ini termasuk unik karena kawasan tidak hanya memiliki hamparan pasir saja. Pelancong yang pergi kesana dapat melihat jalan yang lebar untuk area jogging. Bahkan sekitar jalan itu sudah dilengkapi tanaman pot dan beberapa pohon.

Para tamu dijamin terpukau dengan pemandangan yang tersebar. Laut di Pantai Pasir Putih juga terlihat cantik dengan beragam permainan air. Pengunjung boleh berenang di tepi karena debur ombak tergolong tenang dan tidak begitu tinggi saat pasang.

Kecantikan lain bisa Anda lihat pada bukit yang begitu hijau. Bahkan tempat bersantai di bawah pohon atau area pasir tersedia bagi siapapun yang ingin merilekskan pikiran. Anda dapat menghirup udara yang terasa semilir sambil melihat area Pantai yang begitu cantik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Putih Parparean

Daya Tarik Pantai Parparean Toba
Image Credit: Google Maps Le S

1. Keelokan Pantai

Pantai Parparean sudah menjadi pilihan tempat liburan yang cukup terkenal. Keelokan wisata alam itu selalu membuat setiap mata terpanah. Keindahan dapat dilihat dari gelombang air laut yang selalu terpancar biru dan jernih. Warna air laut ketika siang hari tampak menyerupai langit yang cerah karena Pantai masih dilestarikan dengan baik.

Jika pengunjung berjalan menyusuri area destinasi ini maka dapat menikmati keelokan bukit yang berjejer dengan corak hijau. Bukit tersebut tidak jauh dari tebing, bahkan disana terlihat tanaman lain yang tersebar cukup banyak. Keelokan Pantai Pasir Putih memang masih natural. Hal ini bisa dijadikan spot melepas penat karena udara masih begitu bersih.

2. Spot Berfoto

Wisata Pantai Pasir Putih Parparean tentu memiliki spot berfoto yang memikat hati. Tenang saja setiap spot itu gratis dengan pilihan beberapa background yang unik. Wisatawan yang suka dengan latar dari alam pasti senang karena bisa berfoto sepuasnya saat di kawasan. Biasanya para tamu tidak pernah lupa dalam mencari spot mana saja yang bisa menghasilkan potret bagus.

Laut biru, ayunan, bukit, hingga pasir yang membentang dapat dipilih sebagai background foto. Tak hanya itu, Anda juga boleh memotret gulungan ombak yang datang untuk koleksi hasil jepretan foto. Pengunjung yang hobi fotografi memang tidak akan sulit mencari obyek di dalam Pantai. Apalagi setiap obyek foto dijamin memberikan hasil yang tampak cantik.

3. Pasir yang Lembut

Pantai Pasir Putih Parparean dikelilingi hamparan pasir yang begitu indah. Sesuai dengan nama destinasi ini, disana sudah menyediakan pasir yang putih. Bahkan tidak hanya putih bersih saja, Anda bisa menyentuh area pasir karena terasa lembut. Hal tersebut menjadi daya tarik Pantai yang membuat para tamu selalu datang berbondong-bondong kesana.

Wisatawan yang liburan mulai pagi atau siang hari dapat menyiapkan permainan bola voli. Menikmati permainan bersama kerabat pasti membuat liburan semakin berkesan. Selain itu pengunjung bisa pula berjemur di antara pasir putih ini. Daya tarik Pantai Pasir Putih memang tidak pernah membuat siapapun merasa kecewa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Parparean Toba
Image Credit: Google Maps Dian Pratiwi

Pantai Pasir Putih ini terletak di Desa Parparean II, Porsea, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Lokasi yang diketahui cukup jauh dari pusat kota membuat traveller harus membawa kendaraan sendiri. Pada area sekitar belum terlihat angkutan umum yang dapat disewa. Namun, tenang saja perjalanan ke Pantai pasti lebih mudah dengan mengamati setiap papan petunjuk.

Perjalanan seru menuju destinasi cantik itu dapat dilakukan pengunjung mulai dari Jalan Parsoburan. Memilih rute dari kawasan Toba ini memang cukup mudah bagi siapa saja yang pertama kali datang ke Sumatera Utara. Lurus saja menuju Jalan Sisingamangaraja. Lalu tetap lurus mengarah ke Jalan Sm Raja dan belok sampai Jalan Raja Sipakko Napitupulu.

Destinasi hits itu memang masih dikelingi panorama cantik. Bahkan area desa yang menjadi lokasi Pantai Pasir Putih terlihat asri dengan pemandangan gunung serta sawah. Traveller dari berbagai daerah selalu suka melakukan perjalanan ke Pantai karena banyak pemandangan yang tidak membuat bosan. Apalagi akses ke wisata sudah termasuk mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Parparean

Tiket Pantai Parparean Toba
Image Credit: Google Maps Arbie Samudra

Pantai Pasir Putih Parparean dibuka 24 jam untuk semua wisatawan. Masuk ke destinasi alam ini tidak membutuhkan biaya masuk sama sekali. Tiket yang diberikan petugas masih gratis dan tempat rekreasi itu selalu ramai pengunjung. Harga gratis yang ditentukan pengelola tentu sangat sebanding dengan kecantikan kawasan Pantai yang memukau.

Para tamu yang suka menjelajah kuliner pun dapat menuju ke rumah makan. Biaya makan di Pantai cantik ini masih dipatok mulai Rp 10.000. Tenang saja disana sudah banyak pilihan menu mulai dari makanan utama, camilan, hingga minuman dingin dan hangat. Lalu bagi pelancong yang ingin mencari spot atau obyek foto tidak perlu mengeluarkan uang.

Harga parkir kendaraan juga dibandrol dengan biaya yang tidak begitu mahal. Sepeda motor yang sudah parkir di lahan Pantai dibandrol biaya Rp 3.000. Sedangkan jenis kendaraan roda empat diketahui tidak kalah murah cukup Rp 5.000 saja. Keindahan Pantai Pasir Putih dengan budget yang cocok di kantong pasti membuat setiap traveller gembira.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Parparean

Kegiatan Pantai Parparean Toba
Image Credit: Google Maps Thamia Alnindya

1. Jogging

Area jogging track yang tersedia di sekitar Pantai selalu ramai pengunjung saat akhir pekan. Jogging di Pantai ketika pagi hari memang membuat tubuh menjadi lebih sehat. Apalagi suara dari gulungan ombak akan menemani Anda yang membuat jogging semakin betah.

2. Melihat Sunset

Pantai Pasir Putih Parparean kerap digunakan sebagai tempat menikmati sunset. Pesona langit yang terpancar indah saat matahari tenggelam membuat mata terkesima. Bahkan disana sudah tersedia pilihan spot untuk melepas penat sambil menunggu waktu sunset. Pengunjung dapat mengajak kerabat dekat agar kegiatan semakin seru.

3. Berenang

Traveller bisa menikmati air laut yang jernih dan dingin sambil berenang. Sebagian orang biasanya menyiapkan pelampung untuk menikmati kejernihan air laut. Anda yang berenang juga dapat melihat beberapa biota laut yang mulai muncul saat siang hari. Pelancong juga tidak perlu takut karena ombak disana termasuk tenang.

4. Berjemur

Pasir yang terbentang di setiap sudut Pantai cantik ini masih begitu putih dan natural. Bahkan pasir sangat lembut bagaikan kapas. Wisatawan dapat berjemur di kawasan pasir untuk menikmati matahari yang mulai muncul ketika pagi hari. Traveller tidak akan merasa bosan selama berjemur karena dapat menghirup udara yang sejuk dan mendengar ombak laut.

5. Hunting Foto

Pantai Pasir Putih Parparean memiliki beberapa miniatur untuk hunting foto. Spot yang tersebar di area membuat para tamu terkesima. Apalagi latar dari laut yang bersih dengan warna langit terlihat sangat senada yang membuat jepretan foto semakin estetik. Hunting foto pasti menyenangkan karena banyak pilihan spot yang telah tersebar disana.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Parparean Toba
Image Credit: Google Maps Arif Prayoga

Pantai Parparean memiliki beragam fasilitas yang mampu menunjang setiap aktivitas wisatawan. Jogging track tersedia di sepanjang Pantai bagi siapa saja yang ingin olahraga atau sekedar jalan santai. Permainan air yang disewakan cukup banyak mulai dari jet ski hingga sepeda air yang membuat setiap orang betah menikmati kunjungan.

Gazebo yang berjejer di setiap pesisir pasti membuat pengunjung lebih nyaman ketika istirahat. Bahkan kursi duduk tanpa atap pun sudah disediakan sebagai spot foto sekaligus bersantai. Pilihan tempat ibadah seperti mushola ada di area dengan ruangan yang memadai. Toilet juga sudah menjadi fasilitas penunjang yang bisa dipakai siapa saja.

Pantai Parparean sudah mempunyai fasilitas taman bunga yang begitu indah. Tak hanya itu, disana terlihat pula spot tanaman lain yang begitu indah untuk dipotret. Kawasan parkir masih dapat ditemukan oleh pengunjung. Kios makanan dan pusat belanja oleh-oleh seperti seafood juga tampak berjejer, fasilitas Pantai memang tergolong cukup lengkap.

Pantai Pasir Putih Parparean menarik untuk dikunjungi bersama orang terdekat. Sebagian wisatawan selalu suka mengeksplor Pantai sambil mencari beragam obyek foto. Pesona alam yang muncul dari wisata hits itu juga membuat traveller tidak pernah jenuh. Pengunjung bisa menikmati liburan dengan berfoto sambil menyewa permainan air.

REKOMENDASI DESTINASI