Indahnya Pantai Pasir Putih, Pantai Eksotis di Lampung Selatan

Indahnya Pantai Pasir Putih, Pantai Eksotis di Lampung Selatan

Pantai Pasir Putih salah satu pantai eksotis yang berada di Lampung Selatan. Wisata bahari yang menyuguhkan pemandangan alam memesona, keindahan bawah laut, pesona pulau Condong dan Bule yang menawan.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Lampung mempunyai beberapa kawasan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Setiap kawasan wisata alamnya memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Salah satu kawasan wisata alam yang menawarkan panorama indah adalah Pantai Pasir Putih. Pesona keindahannya mampu menghipnotis siapa saja yang datang.

Pantai tersebut menawarkan panorama yang berbeda dengan pantai lainnya. Terletak di Lampung Selatan, hamparan pasir putih yang halus dan lembut seolah menyambut dengan hangat para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang berkunjung. Selain hamparan pasir putihnya, pesona air laut yang jernih dan kebiruan juga menawan hati para wisatawan.

Dengan hanya berbekal budget yang minim, pantai tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang lengkap dan suasana yang tiada duanya. Suasana asri khas pantai tergambar jelas dari deretan pepohonan yang melambai di tepi pantai disertai dengan hembusan air laut yang sejuk dan menenangkan. Dengan suasana seperti itu, pastinya membuat para wisatawan betah berlama-lama.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Putih Lampung

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Putih Lampung
Image Credit: Instagram.com @ririn_rahmawati91

Lampung tidak hanya terkenal dengan wisatanya yang bernama Way Kambas. Pantai satu ini menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin menikmati semilir angin sepoi khas pantai. Selain semilir anginnya, panorama pantai yang tiada duanya juga menjadi daya tarik pantai yang berada di Lampung Selatan ini.

1. Memiliki Pasir yang Putih Bersih

Sesuai dengan namanya, pantai tersebut memiliki daya tarik utama berupa hamparan pasir putih bersih yang luas. Nuansa damai dan teduh sangat terasa saat berada di pantai ini karena adanya deretan pohon waru di sepanjang garis pantai. Sehingga pantai tersebut sangat tepat dijadikan destinasi liburan karena perpaduan pasir putih dan pepohonan yang rindang.

2. Adanya Nuansa Loreng Khas Militer

Nuansa loreng khas militer menciptakan daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Bukan dibuat-buat, namun beberapa bagian pantai memang benar-benar bernuansa loreng khas militer karena letak pantai berada di kawasan militer milik TNI Angkatan Darat, tepatnya Korem 043 Garuda Hitam. Meskipun begitu, status pantai ini adalah Taman Hiburan Rakyat, bukan milik militer.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Kuliner di Lampung yang Murah dan Enak

3. Terdapat Dua Pulau yang Bisa Dijelajah

Daya tarik Pantai Pasir Putih selanjutnya karena adanya dua pulau yang bisa dijelajah. Kedua pulau tersebut bernama Pulau Condong dan Pulau Bule. Untuk menuju ke kedua pulau tersebut, para wisatawan hanya perlu menyeberang dengan menyewa perahu nelayan. Para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan yang berbeda dari pantai, bisa mencoba ke kedua pulau itu.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Putih

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pasir Putih
Image Credit: Instagram.com @amusabbih_

Pantai tersebut berlokasi di daerah Rangai Tri Tunggal dan menjadi destinasi wisata bahari andalan di Lampung. Dari Kota Bandar Lampung, pantai satu ini hanya berjarak 45 km sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh dari kota jika ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan menyejukkan. Pantai yang populer dengan pasir putihnya ini letaknya sangat strategis yakni di pinggir Jalan Trans Sumatera.

Dengan segala pesona yang dimilikinya, pantai tersebut menjadi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Lampung. Sehingga pantai ini tidak hanya menjadi destinasi favorit para wisatawan domestik saja, namun juga menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Tidak mengherankan jika destinasi wisata bahari di Lampung ini ramai dipadati pengunjung lokal maupun luar Lampung.

Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke pantai tersebut. Rute yang pertama menggunakan jalur laut, dan yang kedua menggunakan jalur darat. Kedua rute sama-sama berangkat dari Kota Bandar Lampung. Perbedaannya hanya waktu tempuh perjalanannya dan juga pemandangan yang didapatkan sepanjang perjalanan menuju ke lokasi.

Rute pertama melalui jalur laut adalah dengan menyewa kapal speedboat. Waktu tempuh perjalanan menuju ke lokasi menggunakan speedboat adalah sekitar 40 menit. Harga sewa kapal speedboat bisa Anda tanyakan terlebih dahulu kepada nelayan yang menyewakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyiapkan budget yang cukup.

Rute kedua melalui jalur darat adalah dengan menggunakan mobil. Berangkat dari Kota Lampung, Anda bisa melewati Jalan Trans Sumatera. Waktu tempuh perjalanan menuju ke lokasi pantai adalah sekitar 30-45 menit. Sepanjang perjalanan Anda akan menemui situs kuno, perusahaan makanan, perusahaan semen hingga stasiun.

Jalan Trans Sumatera ini cukup panjang, yang mana perjalanan menuju ke lokasi tujuan akan menempuh jarak sekitar 18 kilometer. Selama perjalanan Anda tidak akan bosan karena akan muncul rasa penasaran mengenai perusahaan besar apa saja yang Anda lewati. Anda juga akan menemui sebuah PLTU saat melewati jalan tersebut menuju ke lokasi.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pringsewu yang Murah & Enak

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Lampung

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Lampung
Image Credit: Instagram.com @rumahsuchi

Kawasan wisata pantai tersebut dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan panorama pantai yang eksotis, Anda harus menyiapkan budget untuk membayar tiket masuk ke pantai sebesar Rp 20.000 per orang. Siapkan juga budget untuk membayar tiket kendaraan yang Anda bawa menuju ke pantai.

Setelah Anda merasa puas bermain di pantai, Anda bisa menikmati suasana yang berbeda dengan menyeberang ke Pulau Condong maupun Pulau Bule. Anda harus menyiapkan budget sekitar Rp 15.000-25.000 per orang atau Rp 150.000-250.000 per perahu saat menyeberang menggunakan perahu nelayan ke pulau-pulau kecil tersebut. Perahu tersebut mampu menampung sekitar 10 orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pasir Putih

Kegiatan di Pantai Pasir Putih
Image Credit: Instagram.com @ndpdian

1. Bermain Kano

Pantai satu ini menyediakan kano untuk menunjang aktivotas para wisatawan ketika berkunjung kesana. Jika bermain surfing dan berenang sudah cukup membosankan, maka Anda bisa mencoba bermain kano yang akan membuat Anda lebih mengenal lebih dekat dengan keindahan alam yang ada di sekitaran pantai.

Pengalaman seru dan menarik saat bermain kano akan Anda dapatkan disana. Apabila Anda belum terlalu mahir bermain kano, tak perlu khawatir karena sudah ada pemandu yang siap membantu Anda untuk mengajarkan bagaimana cara mendayung kano yang benar dan tentunya aman. Sehingga aktivitas tersebut banyak digemari oleh para wisatawan.

2. Snorkeling

Aktivitas satu ini cukup banyak menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke Pantai Pasir Putih ini. Keindahan bawah laut yang ada di pantai membuat para wisatawan penasaran tentang seperti apa kehidupan yang ada di bawah laut dan keberagaman biota lautnya. Beragam biota laut seperti terumbu karang, tanaman laut hingga berbagai jenis ikan akan Anda temukan disana.

Menariknya lagi, pihak pengelola pantai sudah menyediakan perlengkapan dan peralatan yang lengkap untuk menunjang aktivitas snorkeling. Selain itu, sudah ada juga pemandu yang siap membantu para wisatawan yang ingin mencoba aktivitas tersebut. Para wisatawan yang belum terlalu mahir juga bisa menggunakan pemandu untuk membantu mereka.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Lampung Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Menyeberang ke Pulau Condong dan Pulau Bule

Setelah merasa puas bermain-main di pantai, Anda bisa menyeberang ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai seperti pulau condong dan pulau bule. Panorama yang disuguhkan begitu mempesona, sangat berbeda dengan yang Anda lihat saat di pantai. Kedua pulau tersebut menyuguhkan panorama kehidupan bawah laut yang begitu indah.

Di pulau condong, Anda akan melihat bagaimana cara para nelayan memasang keramba. Keramba tersebut digunakan oleh para nelayan untuk menangkap ikan di perahu mereka. Sementara di pulau bule, Anda akan menemukan beraneka jenis terumbu karang dan juga bermacam-macam ikan hias yang hidup di air laut dengan warna yang cerah.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Pasir Putih

Penginapan Pantai Pasir Putih
Image Credit: Facebook.com @andreasresort

1. Djabung Resort

Penginapan ini menyediakan fasilitas yang lengkap. Dengan fasilitas yang lengkap, harga sewa per malamnya terbilang cukup terjangkau, yaitu Rp 300.000. Di penginapan ini Anda bisa menikmati panorama pantai dari jarak dekat, bersantai sambil menikmati pemandangan sunset, hingga berselancar.

2. Andreas Resort Pahawang

Penginapan unik satu ini berada di atas permukaan laut. Harga sewa per malamnya cukup mahal yaitu Rp 3.000.000. Harga sewa tersebut tidak akan membuat kecewa karena para wisatawan disuguhkan langsung dengan hamparan air laut yang biru dan jernih di depan kamar mereka. Fasilitasnya pun juga sangat lengkap.

3. Negeri Baru Hotel & Resort

Dengan berbekal budget Rp 554.423 untuk menyewa kamar per malamnya, Anda bisa menginap di resort dengan suasana yang tenang. Fasilitasnya begitu lengkap, termasuk fasilitas BBQ dan layanan laundry atau binatu. Restoran dengan berbagai sajian menu yang menggugah selera juga ada disana.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pasir Putih Lampung

Fasilitas di Pantai Pasir Putih Lampung
Image Credit: Instagram.com @agungdsetyawan

Pantai tersebut sudah banyak tersedia fasilitas yang memadai. Fasilitas seperti deretan kios jajanan dengan beragam pilihan makanan serta hidangan seafood yang menggugah selera, penyewaan kano, penyewaan peralatan snorkeling dan surfing, tempat parkir, kamar mandi, toilet, hingga penginapan di sekitar pantai tersedia disana.

Anda bisa menjadikan Pantai Pasir Putih sebagai salah satu destinasi Anda saat berlibur ke Lampung. Dengan fasilitas yang lengkap dan panorama pantai yang tiada duanya, Anda pasti dijamin tidak akan bosan saat berada di pantai ini.