Pantai Queen Artha, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Pesawaran

Pantai Queen Artha, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Pesawaran
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Lampung memiliki begitu banyak destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang mempesona salah satunya Pesawaran. Salah satu destinasi yang banyak jadi pilihan wisatawan yang berkunjung ke sini yaitu pantai. Provinsi ini memiliki berbagai pantai yang menyebar, salah satunya Pantai Queen Artha.

Lokasi pantai ini tak jauh dari TPI Lempasing sehingga cukup mudah untuk ditemui. Bagi Anda yang berasal dari luar Aceh mungkin masih cukup asing dengan nama pantai ini, namun jika sudah berada di lokasi maka Anda akan merasa kagum dengan keindahannya.

Pantai yang dulunya dikenal sebagai pantai Sekarwarna ini berada di lokasi yang mudah dijangkau dengan pesona yang ditampilkan sangat aman dan menenangkan. Jadi lokasi pantai ini sangat cocok bagi Anda yang merindukan ketenangan. Terdapat sensasi yang unik khas pemandangan pantai. Yuk simak, ada beberapa ulasan singkat mengenai pantai ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Queen Artha

Daya Tarik Pantai Queen Artha Pesawaran
Image Credit: Google Maps Siti Barochatun Barochatun

1. Pemandangan Eksotis Pantai

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih kecoklatan yang halus. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang dimilikinya. Ketika mata memandang jauh ke lautan, Anda akan melihat hamparan laut biru yang bersih dan indah.

Di sepanjang Pantai Queen Artha, terdapat pepohonan yang menghijau. Pohon-pohon dengan tinggi menjulang ini tumbuh dengan sendirinya, membuat suasana menjadi lebih rindang. Keberadaan pepohonan ini juga menjadi pelindung bagi wisatawan yang takut akan kepanasan. Sehingga menikmati pemandangan pantai di bawah pohon menjadi pilihan yang menarik.

Bagi wisatawan yang ingin bermain air laut juga bisa dilakukan disini. Pasalnya pantai ini masih cukup aman untuk kegiatan air. Meski sebagian besar lokasi pantai sangat aman untuk berenang, tetapi ada daerah-daerah tertentu di pantai yang dilarang karena memiliki ombak yang cukup tinggi di daerah tersebut.

2. Jembatan Penyeberangan ke Tengah Pantai

Menariknya, Pantai Queen Artha memiliki sebuah jembatan yang terbuat dari kayu. Jembatan ini menjurus ke tengah pantai sebagai jembatan penyeberangan. Pengunjung dapat menaiki jembatan sampai ke tengah pantai sambil menikmati keindahan alam yang asri.

Di atas jembatan, terlihat hamparan laut yang memiliki warna kebiruan dengan jernihnya air. Air pantai yang jernih ini dapat dimanfaatkan untuk melihat ke bawah perairan. Memandangi ekosistem bawah laut yang mempesona. Dari jembatan terlihat dengan jelas pulau kecil yang berwarna kehijauan berada tak jauh dari pantai.

3. Pesona Sunset dan Sunrise

Daya tarik lainnya dari Pantai Queen Artha adalah dengan menyaksikan suasana sunset di waktu sore hari. Melihat matahari perlahan-lahan tenggelam dengan meninggalkan kegelapan malam. Tetapi, menikmati langit sore yang jingga menjadi suasana menarik untuk disaksikan.

Banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan sunset. Suasana senja merupakan hal yang menarik karena udara pantai semakin sejuk dan dingin diterpa angin laut. Menikmati langit biru yang berhias warna jingga matahari sore ditambah dengan beberapa keheningan laut menyuguhkan sensasi berbeda.

Berbeda di saat senja, pengunjung juga dapat menyaksikan suasana sunrise, ketika kegelapan disambut cahaya benderang matahari. Kawasan pantai menyediakan lokasi-lokasi khusus untuk bermalam sambil menunggu sunrise di pagi hari yang cerah sambil menikmati pesona malam pantai yang eksotis.

Saat sunrise, udara dingin pagi semakin dingin. Selain itu, jika datang di bulan-bulan tertentu akan mendapati kawasan kabut-kabut putih yang berdatangan, sehingga terasa seperti berada di antara awan-awan putih. Suasana ini menjadi lebih cantik, panorama matahari yang beranjak naik disambut kabut di sela-sela awan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Queen Artha Pesawaran
Image Credit: Google Maps Kennedy Keken

Destinasi wisata ini berada di Provinsi Lampung, tepatnya di Desa Lempasing Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pantai Queen Artha terbilang cukup strategis, selain itu anda dapat berkunjung langsung ke Pulau Tangkil yang berada di seberang pantai.

Waktu tempuh perjalanan dari pusat titik kota Bandar Lampung adalah sekitar 15 menit di perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer dengan berkendara. Dengan rute jarak dari Bandar Lampung menuju ke Jalan Way Ratai. Selanjutnya lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Padang Cermin Pesawaran.

Selanjutnya, anda dapat meneruskan perjalanan lurus saja mengikuti arah perjalanan sampai menemui gapura pintu masuk dari lokasi pantai yang berada dari sisi bagian kiri jalan. Lanjutkan perjalanan sampai masuk ke gapura tersebut sampai tiba ke lokasi pantai.

Perjalanan menuju ke lokasi wisata dapat menggunakan beberapa opsi yakni roda dua maupun roda empat. Namun, belum tersedia akses untuk angkutan umum, tetapi pengunjung dapat menggunakan transportasi yang berbasis online dari aplikasi atau menaiki kendaraan pick up menuju ke Pantai Queen Artha.

Bagi wisatawan yang baru mendatangi kawasan lokasi disarankan untuk tetap menggunakan aplikasi google maps supaya perjalanan semakin aman dan terkendali terhindar dari tersesat. Selain itu jika bingung, anda juga dapat bertanya langsung dengan masyarakat di sekitar karena masyarakatnya sangat ramah.

Harga Tiket Masuk Pantai Queen Artha

Tiket Pantai Queen Artha Pesawaran
Image Credit: Google Maps Abu Hanzha 

Pantai ini tidak mematok biaya retribusi tiket masuk. Akan tetapi dibebankan biaya parkir yang membawa kendaraan motor atau pun kendaraan mobil. Untuk kendaraan mobil dibanderol harga parkir sekitar Rp 25.000 per mobil.

Sedangkan untuk tarif roda dua dibanderol dengan harga sekitar Rp 15.000 per motor. Selain itu ada beberapa harga sewa bagi yang ingin bersantai. Untuk harga sewa tikar sebesar Rp 10.000 per tikar, selain itu untuk biaya sewa gazebo atau pondokan-pondokan sekitar Rp 25.000 per pondok.

Adapun untuk waktu operasionalnya, pantai yang menarik ini dibuka nonstop selama 24 jam, mulai dari hari Senin sampai dengan Minggu. Yang memiliki waktu terbaik mengunjungi Pantai Queen Artha adalah di pagi hari menjelang matahari terpancar dan di waktu sore hari di langit jingga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Queen Artha

Aktivitas Pantai Queen Artha Pesawaran
Image Credit: Google Maps Abu Hanzha

1. Swafoto

Kegiatan yang wajib anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Queen Artha adalah berfoto. Banyak spot pemandangan yang dapat diambil di pantai ini. Panorama pantai yang menarik untuk diabadikan, terlebih jika berkunjung dengan keluarga atau orang tersayang.

Beberapa pemandangan di antaranya, seperti di bibir pantai, dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang halus dan air laut membentang luas, beberapa lagi di batu karang. Terdapat banyak batu karang sisi pinggir pantai, di sekitar batu karang ada ratusan terumbu karang yang hidup menghijau. Terlihat cantik menghiasi air laut.

Spot foto lainnya berada di jembatan penyeberangan yang berada menuju ke tengah laut, anda dapat berfoto di atas jembatan sambil menikmati angin sepoi-sepoi pantai. Terdapat juga pepohonan yang rimbun di sisi sekitar pantai. Pohon yang tumbuh dengan subur dan lebat ini memiliki panorama yang cantik.

2. Bermalam di Pantai

Salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan adalah bermalam di Pantai Queen Artha. Pengelola menyediakan khusus lokasi untuk mendirikan tenda. Karena ombak yang rendah dan bibir pantai yang landai jadi sangat aman untuk bermalam di pantai dengan menikmati panorama yang tersaji.

Aktivitas yang dapat dilakukan di malam hari seperti membuat api unggun dan menyantap makanan yang dipanggang bersama. Selain itu, deburan ombak yang keras terdengar dan hembusan angin yang semakin kencang di malam hari.

3. Berenang

Kegiatan lainnya adalah berenang, anda dapat menyewa peralatan renang di sekitar pantai. Menikmati pemandangan bawah laut seperti memandangi ikan-ikan yang lincah berenang, terumbu karang yang hijau atau biota laut lainnya.

4. Penginapan

Selain mendirikan tenda, terdapat juga beberapa penginapan khusus untuk bermalam di Pantai Queen Artha dengan spot pemandangan lautan biru. Beberapa penginapan seperti Pondok kelapa, Pelangi Residence, Losmen Gunung sari, Palapa Guest House serta yang lainnya dengan tarif yang bervariasi sesuai dengan keadaan dompet.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Queen Artha Pesawaran
Image Credit:  Google Maps Kennedy Keken

Pantai Queen Artha memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan para pengunjung. Sebelum memasuki lokasi pantai disediakan lapangan untuk tempat parkir kendaraan yang luas dengan penjagaan yang ketat. Selain itu di sekitar pantai disediakan beberapa toilet yang bersih untuk pria dan wanita serta kamar bilas untuk mengganti baju setelah basah terkena air pantai.

Pantai ini juga menyediakan beberapa pondok-pondok atau gazebo untuk para wisatawan. Duduk sambil bersantai di pondok sambil menikmati pemandangan merupakan hal yang sangat menarik. Selain bersantai, pondok ini juga di sewakan. Terdapat juga beberapa warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman.

Pantai ini juga memiliki beberapa penginapan yang ada di sekitar lokasi pantai. Namun, jika tidak memiliki budget lebih, Anda bisa menginap di tenda yang dibawa sendiri. Ya, disini pengunjung boleh mendirikan tenda.

Terdapat juga peralatan untuk menyelam ke dasar laut. Bagi yang ingin berlayar disediakan beberapa kano atau perahu khusus untuk mengelilingi tengah pantai.

Demikianlah uraian singkat Pantai Queen Artha. Pantai ini memang belum seterkenal pantai lainnya tetapi pemandangan yang ditawarkan kepada pengunjung tidak kalah indahnya. Anda bisa berkunjung ke pantai sambil melakukan aktivitas-aktivitas menarik.