Pantai Reviola, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Barelang Batam

Pantai Reviola, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Barelang Batam

Pantai Reviola Barelang salah satu wisata pantai yang populer dan favorit warga di Batam, Kepulauan Riau. Pantai dengan hamparan pasir putih dan dihiasi pohon cemara dapat membuat tepaku bagi siapa saja yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Batam adalah sebuah kota yang terletak di Kepulauan Riau dan memiliki banyak sekali objek wisata. Di Kota Batam ini terdapat pantai yang bisa dibilang masih baru diresmikan untuk dibuka, yaitu bernama Pantai Reviola. Pantai ini berlokasi di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Letak pantai pasir putih ini berada di Galang baru atau bisa dibilang setelah Jembatan 6 Barelang. Tepatnya, tidak terlalu jauh dari pelabuhan rakyat ke Pulau Abang, nanti di sebelah kiri jalan Anda dapat menemukan petunjuk jalan yang mengarahkan ke pantai yang baru diresmikan pada Januari 2020 lalu.

Pantai ini berada di sebelah Pantai Tegar Putri atau yang sekarang biasa disebut Pantai Tegar Bahari. Jadi, Anda bisa memilih antara Pantai Tegar Bahari atau Pantai Reviola saat berkunjung ke Pulau Galang yang berada di Kota Batam ini. Atau mungkin Anda akan mengunjungi dua-duanya untuk berlibur bersama orang orang tercinta.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Reviola

Daya Tarik Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Sugi Arto)

Kota Batam memiliki banyak sekali destinasi wisata terutama pantai yang memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam khususnya yang akan berkunjung ke Pantai Reviola. Berikut ini adalah daya tarik yang dimiliki oleh Pantai tersebut.

1. Garis Pantai yang Panjang

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Dibandingkan dengan panjang Pantai Tegar Bahari, pantai ini memiliki panjang sekitar 700 meter atau bisa dibilang 2 kali lebar Pantai Tegar Bahari. Pemandangan laut yang indah juga membuat pantai ini dapat dinikmati para wisatawan yang datang.

2. Bibir Pantai yang Lebar

Selain memiliki garis pantai yang panjang, Pantai Reviola juga memiliki bibir pantai yang lebar. Para wisatawan yang datang ke tempat ini bisa bermain voli, jalan-jalan menikmati pemandangan, bermain istana pasir, berjemur, juga bahkan ada yang menggelar tikar untuk sekaligus piknik di sekitar pantai.

Daya Dimiliki Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Putra Dermawan)

3. Pemandangan Pohon Cemara dan Bakau

Di pantai ini banyak ditanam dan ditumbuh pohon Cemara dan Bakau. Hal itu dilakukan supaya pantai terasa lebih teduh saat terik datang dan juga dapat mencegah abrasi yang disebabkan oleh air laut. Apabila disini sedang panas cuacanya karena terik matahari, Anda bisa berteduh di bawah pohon cemara supaya terhindar dari terik matahari.

4. Tempat Parkir yang Luas dan Aman

Saat Anda datang kesini, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan kendaraan karena disini memiliki tempat parkir yang luas dan juga keamanan kendaraan akan terjamin. Pihak pengelola pantai menyediakan orang yang bertugas untuk menjaga kendaraan kendaraan para wisatawan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Reviola

Alamat Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

Pantai Reviola adalah pantai yang letaknya satu lokasi dengan pantai Tegar Bahari. Untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam apabila Anda naik motor ataupun mobil.

Perjalanan tersebut tidak akan terasa lama dan jauh, karena selama di perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan cantik yang membuat mata Anda betah untuk melihatnya.

Acuan rute untuk menuju tempat wisata ini ialah Menara yang menjulang tinggi di sebelah kanan jalan, sementara itu lokasi jalan masuk pantai berada di sebelah kiri. Jadi untuk sampai ke tempat ini setelah belok kiri, Anda harus mengikuti jalan yang tanahnya masih berwarna merah alami. Setelah dari tempat itu, sekitar 5 sampai 10 menit lagi Anda akan sampai di gerbang pantai.

Saat ingin masuk ke tempat wisata ini, disana Anda akan dikenakan tiket biaya masuk. Harga tiket masuk ke Pantai tersebut adalah Rp 10.000 per orang dan sudah termasuk parkir kendaraan Anda baik roda empat ataupun kendaraan roda dua. Dengan Harga yang relative murah, tidak rugi bila datang kesini karena tempatnya masih bersih, asri, indah dan tentunya masih baru.

Kegiatan yang Menarik dilakukan di Pantai Reviola

Kegiatan dilakukan di Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

1. Berenang

Karena air laut di Pantai Reviola yang masih sangat besih dan jernih, sayang untuk dilewatkan apabila Anda tidak berenang di lautnya atau sekedar membasahi tubuh. Air laut yang bersih dan jernih membuat banyak para wisatawan yang datang kesini untuk berenang atau bahkan bermain olahraga di air seperti menyelam, polo air, dan lain lain.

2. Naik Wahana Banana Boat

Disini Anda ingin memacu adrenalin? Anda bisa coba naik Banana Boat yang disediakan dan disewakan oleh pihak pengelola pantai. Anda bisa naik Banana Boat ini dengan membayar uang sebesar 150.000 untuk satu Banana Boat yang bisa menampung maksimal 6 orang. Anda harus memakai baju pelampung dan berpegangan erat agar tidak mudah terjatuh.

3. Berjemur dan Bersantai

Para wisatawan yang datang kesini banyak yang memiliki tujuan untuk berjemur dan bersantai sambil minum air kelapa muda. Tempat ini cocok sekali untuk Anda yang ingin berjemur karena selain cuacanya yang panas, disini juga cukup mendapatkan sinar matahari. Setelah berjemur Anda bisa minum air kelapa muda supaya tidak dehidrasi.

Kegiatan Menarik di Pantai Reviola
Image Credit: Google Maps (Noviar Rachmat)

4. Camping

Untuk Anda yang memiliki jiwa petualang dan ingin camping di area pantai, Pantai ini sangat cocok untuk memenuhi hasrat Anda. Apabila ingin camping di pantai ini, Anda akan dikenakan biaya 20.000 rupiah per orang. Selama berada di dalam pantai, pihak pengelola menyediakan kamar mandi dan toilet gratis dari jam 8 malam sampai jam 8 pagi.

Karena saat diatas jam 8 pagi, Anda harus membayar sebesar 2000-3000 rupiah apabila ingin menggunakan kamar mandi. Dan tentunya hammock dan alat tenda harus membawa sendiri dari rumah apabila ingin camping di Pantai Reviola, karena pihak pengelola tidak menyediakan dan menyewakan peralatan camping ataupun hammock.

5. Berfoto-Foto

Karena tempatnya yang indah dan cantik, tidak ada salahnya bila Anda ingin berfoto disini menggunakan background pantai di pagi maupun senja hari. Anda bisa membuat foto yang instgrammable di pantai ini untuk dipamerkan ke sosial media ataupun hanya sekedar untuk Anda jadikan koleksi pribadi

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Reviola

Penginapan Terdekat dari Pantai Reviola
Image Credit: Batamgetaway.com

1. Labun Island

Penginapan ini terletak di pulau Galang, berjarak sekitar 6,9 km dari pantai Reviola. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang berlibur ke Pantai ataupun ke Pulau Galang. Tetapi disini tidak tersedia listrik seharian penuh, karena arus listrik di tempat ini yang masih terbatas. Walaupun begitu tempat ini memilik fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas tersebut meliputi sarapan yang gratis, kamar dan hotel yang bersih, terletak di tepi pantai, restoran, room service, Anda bisa snorkeling, penatu layanan yang lengkap, tempat parkir yang luas dan pastinya cocok untuk anak anak. Apabila Anda dari bandara bingung mencari jalan ke Labun Island, tempat ini juga menyediakan fasilitas menjemput di Bandara.

2. SBS Resort

Yang kedua ada SBS Resort. Hotel bintang 3 ini memiliki jarak yang lumayan jauh dari lokasi pantai, yakni sekitar 20 km. Hotel yang berada di Sembulang, Galang, Kep. Riau ini memiliki harga yang cukup murah tetapi juga memiliki faslitas yang cuku menunjang tamu tamu hotel. Hotel ini memiliki view yang indah sehingga cocok untuk berfoto atau membuat vlog.

Karena letaknya yang lumayan jauh dari Pantai tersebut, membuat hotel ini memiliki suasana yang sepi dan tenang. Anda merasa seperti milik pribadi karena tidak terlalu banyak pengunjung yang menginap disana. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas restoran, tempat parkir gratis, sarapan gratis,room service, dan memiliki view indah karena di tepi pantai.

3. Morelo Kelong Resort

Dan yang terakhir ada nama Morelo Kelong Resort. Tempat ini berjarak sekitar 15 km dari Pantai Reviola, tepatnya berada di Sijantung, Galang, Kota Batam. Resort ini sepi karena minimnya fasilitas yang tersedia. Walaupun begitu, resort ini juga menyediakan view yang indah Ketika keluar kamar.

Resort ini hanya memiliki fasilitas room service, kamar yang bersih, snorkelong, akses pantai di depannya dan pastinya sangat cocok untuk anak anak.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Reviola Batam

Fasilitas di Pantai Reviola Batam
Image Credit: Google Maps (Reviola Beach)

Pengelola pantai ini sudah membangun banyak sekali pondok untuk dijadikan alternatif beristirahat dan berteduh bagi para wisatawan. Pondok yang memiliki atap jerami tersebut disewakan dengan harga sekitar 75-200 ribu rupiah atau tergantung pada lamanya Anda menyewa atau tergantung dari ukuran pondok yang disewa.

Untuk tenda yang berukuran kecil saja Anda bisa menyewa dengan harga 75 ribu rupiah selama satu hari. Tidak hanya ada pondok yang disewakan untuk tempat berteduh para wisatawan, disini juga ada berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, ayunan, kamar mandi bilas, dan warung makan yang bisa menunjang kenyamanan para wisatawan yang berlibur ke Pantai Reviola

Itulah beberapa info mengenai Pantai Reviola di Batam yang meliputi dari daya tarik, alamat, harga tiket masuk, kegiatan menarik, penginapan terdekat, dan fasilitas yang bisa Anda jadikan pertimbangan atau panduan wisata Anda.