Pantai Sari Ringgung, Pantai Cantik dengan Pesona Masjid Terapung & Pulau Kecil

Pantai Sari Ringgung, Pantai Cantik dengan Pesona Masjid Terapung & Pulau Kecil

Pantai Sari Ringgung salah satu objek wisata yang populer di Pesawaran, Lampung dengan pesona pulau kecil dan masjid terapungnya. Objek wisata bahari ini menawarkan pantai yang bersih dan modern dengan panorama alam yang menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Way Ratai No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung.

Pantai Sari Ringgung adalah satu destinasi baru tak jauh dari Bandar Lampung yang dikembangkan oleh pemerintah. Pantai ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan bersama keluarga dan sahabat. Selain suasana yang asri tempat ini tergolong baru.

Pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas saat berada di tempat ini hingga puas, mulai dari bermain pasir air atau sekedar bersantai di pesisir pantai. Kini, pantai tersebut dijadikan destinasi favorit liburan khususnya bagi masyarakat Bandar Lampung.

Meskipun tergolong baru, Pantai Sari Ringgung ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan dan kegiatan setiap pengunjung. Maka jangan heran jika setiap pengunjung yang datang ke tempat ini enggan untuk segera pulang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sari Ringgung

Daya Tarik Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Diana Afrillian)

1. Pantai dengan Pasir yang Bersih

Salah satu pesona yang dimiliki pantai ini yaitu pasirnya yang bersih. Pasir pantai yang berwarna putih ini terbentang luas di bibir pantai. Selain itu, pantai ini memiliki air laut yang jernih berwarna biru sehingga saat cuaca cerah akan menghasilkan gradasi warna yang sangat indah.

2. Area Pantai yang Nyaman dan Modern

Daya tarik berikutnya yaitu area pantai yang sangat nyaman dan modern. Sebagai pantai yang tergolong baru, pantai ini memiliki desain indah seperti taman berukuran mini, gazebo di pesisir pantai yang bisa digunakan untuk tempat bersantai dan lain sebagainya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sari
Image Credit: Google Maps (Hydrawan Yuliputra)

3. Pemandangan Pantai yang Eksotis

Tidak hanya memiliki pasir bersih dan area yang modern, pantai ini juga mempunyai pemandangan yang sanat eksotis. Lautan yang membentang luas tidak hanya dihiasi oleh bukit hijau dan masjid di tengah laut. Keberadaan masjid tersebutlah yang menjadi daya tarik tempat ini karena secara sengaja pengunjung untuk melihatnya.

Pemandangan indah ini akan menemani pengunjung melakukan berbagai aktivitas di pantai. Suasana pantai yang masih asri sangat cocok dijadikan destinasi bagi Anda yang penat dengan hiruk pikuk kota.

4. Dekat dengan Berbagai Objek Wisata

Daya tarik berikutnya adalah terletak di lokasi yang strategis sehingga cukup dekat dengan beberapa destinasi lainnya. salah satu destinasi yang dekat dan banyak dikunjungi adalah Masjid Terapung dan wisata pasir timbul. Keduanya menjadi objek favorit para pengunjung apalagi mereka yang datang bersama dengan keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sari Ringgung

Alamat Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Twitter.com @wawanherdianto

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu objek wisata di Lampung yang berada di Desa Sidodadi, Teluk Pandan. Jika Anda liburan ke tempat ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan seperti bus atau minibus. Anda tidak perlu khawatir terkait akses jala menuju pantai karena kondisi jalan sudah diaspal dan tidak membahayakan.

Jarak antara pantai dan kota Bandar Lampung sekitar 25km. Jika ditempuh menggunakan kendaraan bermotor bisa memakan waktu sekitar 30 hingga 40menit. Namun jika dalam suasana liburan arus dan waktu tempuh bisa lebih lama mengingat tempat tersebut adalah destinasi yang banyak dipilih oleh masyarakat.

Anda bisa memulai rute dari pusat kota Bandar Lampung dengan melewati jalan Hanoman dan Padjajaran. Lalu ambil jalur menuju jalan Teuku Umar selanjutnya belok kanan menuju jalan Raden Intan. Kemudian pilih jalan menuju kawasan Wolter Monginsidi lalu pilih jalur ke jalan Saleh Raja Kusuma Yudha dan R.E Martadinata. Perjalanan yang ditempuh dari jalan tersebut sekitar 11km hingga sampai ke jalan Way Ratay.

Jika sudah berada di kawasan Way Ratay berarti sudah dekat dengan kawasan pantai. Anda bisa menempuh jarak sekitar 2km menuju pintu masuk Sari Ringgung. Rute selanjutnya cukup ikuti arahan dari papan petunjuk jalan lalu parkirkan kendaraan Anda ke area parkir yang tersedia dan bayar tiket masuk area pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Sari Ringgung Lampung

Image Credit: Google Maps (Khamdani Aja)

Untuk melihat dan menikmati langsung panorama yang dimiliki Pantai Sari Ringgung ini pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk. Saat ini tarif masuk pantai dipatok dengan harga Rp 5.000 baik dewasa maupun anak-anak. Namun perlu diketahui bawah harga tersebut bisa berubah apalagi saat musim liburan harga tarifnya akan jauh lebih mahal.

Tidak hanya tiket masuk, bagi pengunjung yang membawa kendaraan juga wajib membayar biaya parkir. Tarif parkir tersebut berbeda tergantung jenis kendaraan yang dibawa. Tarif parkir untuk sepeda motor yaitu sebesar Rp 5.000 dan mobil sekitar Rp 20.000. sementara itu bagi pengunjung dalam rombongan dan membawa bis biaya parkir bisa jauh lebih tinggi mengingat kapasitas lahan dan jenisnya yang besar.

Bagi pengunjung yang ingin liburan dan menikmati keindahan pantai ini, tidak perlu khawatir karena tempat ini buka mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jadi pengunjung bisa berlibur hingga puas dan jika sempat bisa menyaksikan langsung momen matahari terbenam di pantai indah ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sari Ringgung

Kegiatan di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Den’s Vlog)

1. Berjalan Santai di Bibir Pantai

Kegiatan bagi pengunjung yang ingin bersantai adalah berjalan-jalan di bibir pantai sambil menikmati semilir angin pantai. Berjalan di atas pasir yang lembut dan bersih menjadi aktivitas ringan dan menyenangkan untuk dilakukan. Selain berjalan santai, tidak sedikit pengunjung yang jogging mengelilingi bibir pantai indah ini.

2. Berjemur di Tepi Pantai

Sari Ringgung adalah tempat yang ideal untuk berjemur karena bibir pantai mendapatkan panas matahari yang maksimal. Bagi pengunjung yang gema berjemur bisa mencoba berjemur di atas pasir sambil saat matahari terik. Akan lebih menyenangkan jika berjemur ditemani dengan minuman dingin seperti es kelapa muda.

3. Berenang

Satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan ketika berada di pantai yaitu berenang. Air yang jernih kebiru-biruan sangat sulit dilewatkan jika tidak menceburkan diri secara langsung. Untuk pengunjung yang datang sebaiknya berenang di kawasan yang aman yaitu di area yang masih dekat dengan bibir pantai karena khawatir ombak besar datang tiba-tiba.

4. Mengunjungi Masjid Terapung

Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini karena ingin menyaksikan langsung bagaimana Masjid Terapung ini. Sari Ringgung adalah pantai yang berada di kawasan keramba nelayan setempat dan keramba tersebut dihuni oleh masyarakat sekitar sehingga keberadaan Masjid Terapung Al-Aminah ini menjadi salah satu tempat untuk beribadah warga yang tinggal di keramba.

Untuk mencapai Masjid Terapung ini pengunjung bisa naik perahu terlebih dahulu dari dermaga. Jarak antara masjid dan bibir pantai tidaklah jauh hanya sekitar 300m dan bisa ditempuh sekitar 5 hingga sepuluh menit saja.

5. Singgah ke Pasir Timbul

Mengunjungi pantai ini tidak lengkap jika tidak singgah di Pasir Timbul. Banyak yang menyebut objek wisata ini dengan Maldives Bandar Lampung karena tampilannya tidak jauh berbeda dengan sesungguhnya. Rute ke Pasir Timbul sama dengan Masjid Terapung tetapi letaknya lebih jauh, jadi pengunjung harus menempuh perjalanan dengan perahu sekitar 15 sampai 25 menit.

Kegiatan Menarik di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Twitter.com @ina_nty

6. Snorkeling dan Olahraga Air Lainnya

Di pantai ini pengunjung bisa snorkeling menikmati alam dan biota bawah laut Sari Ringgung. Selain itu, bagi pengunjung yang gemar olahraga air bisa menyewa dan menikmati beberapa wahana seperti menaiki kano, banana boat atau speedboat.

Pengunjung tidak peru repot membawa perlengkapan snorkeling karena di pantai tersebut sudah ada penyewaan alat snorkeling dengan harga cukup terjangkau. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan tersebut dari rumah.

7. Bermain Bersama Anak

Tidak hanya memiliki beragam wahana, tempat ini juga ramah terhadap anak-anak. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga khususnya anak-anak tidak perlu bingung karena di tempat tersebut terdapat perosotan serta waterboom sehingga sang buah hati bisa bermain hingga puas dan tetap aman.

8. Bermain Voli atau Futsal

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sari Ringgung berikutnya adalah olahraga seperti futsal atau voli. Di tempat ini sudah disediakan area bermain voli dan futsal yang nyaman sehingga pengunjung tidak perlu memasang net atau membuat garis lapangan lagi.

9. Mendaki ke Puncak Indah

Spot yaang tidak bisa dilewatkan ketika berada di tempat eksotis ini adalah Puncak Indah. Sebutan tersebut ditujukan untuk bukit yang berada di sekat pantai dimana pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Sari Ringgung dari atas ketinggian dengan pesona menakjubkan. Untuk sampai ke puncak indah pengunjung harus mendaki dengan menaiki tangga.

10. Menikmati Wisata Kuliner

Lelah beraktivitas, pengunjung bisa mengisi perut dan meredakan dahaga di warung-warung terdekat yang berada di sekitar pantai. Anda bisa bersantai dan menikmati kudapan di gazebo atau pondok yang disediakan pengelola. Oleh sebab itu, pengunjung tidak perlu khawatir meskipun tak membawa bekal dari rumah.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Sari Ringgung

Penginapan Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Booking.com

1. Mawar Homestay Lampung

Jika Anda membutuhkan penginapan dengan harga terjangkau dan berada di lokasi yang strategis, Mawar Homestay ini adalah pilihan yang tepat. Meskipun harganya terjangkau, fasilitas yang diberikan cukup memuaskan seperti kamar dengan AC, air panas, Wi-Fi gratis, sarapan dan lahan parkir.

2. Hotel Sahid Bandar Lampung

Penginapan yang dekat dengan Pantai Sari Ringgung berikutnya adalah Hotel Sahid Bandar Lampung. Hotel bintang tiga ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti spa, kolam renang dan kamar yang nyaman.

3. Yunna Hotel Lampung

Yunna Hotel Lampung adalah penginapan yang letaknya sangat strategis karena mudah dijangkau dan dekat dengan tempat penting lainnya. Selain itu, fasilitas yang disediakan sangat bervariasi seperti spa, kolam renang, tempat gym, lahan parkir luas serta layanan yang memuaskan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sari Ringgung Lampung

Fasilitas di Pantai Sari Ringgung
Image Credit: Google Maps (Andri Surya Praja)

Pantai Sari Ringgung sudah disediakan berbagai sarana dan prasarana demi kenyamanan dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa diantaranya seperti wahana bermain anak, lapangan voli, lapangan futsal, penyewaan alat snorkeling, banana boat, speedboat lengkap dengan pelampung sehingga pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas dengan aman.

Selain itu, berbagai fasilitas umum yang tersedia di tempat tersebut sudah lengkap. diantaranya yaitu toilet umum, kamar mandi, gazebo, tempat parkir yang memadai serta beberapa stan rumah makan bagi pengunjung yang ingin mengisi perut.

Itulah informasi seputar daya tarik kegiatan menarik dan penginapan terdekat dengan Pantai Sari Ringgung. Pantai yang tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik sehingga pengunjung bisa berlibur dengan nyaman.