Pantai Sebalang, Tempat Santai Menikmati Panorama Sunset di Lampung Selatan

Pantai Sebalang, Tempat Santai Menikmati Panorama Sunset di Lampung Selatan

Pantai Sebalang salah satu objek wisata hits di Lampung Selatan untuk bersantai dan menikmati keindahan matahari terbenam. Pantai pasir putih ini menjadi primadona di Lampung dengan menghadirkan berbagai spot foto keren dan tempat duduk di tepi pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sebalang, Tarahan, Kec. Katibung, Kab. Lampung Selatan, Lampung.

Pantai Sebalang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di daerah Lampung. Tempat ini memiliki pemandangan alami yang indah sekaligus panorama memukau. Terdapat hutan mangrove yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, ombak dan arus laut yang tidak terlalu besar membuatnya sangat cocok untuk pengunjung jika ingin berenang atau bermain air di sini.

Selain pemandangan alaminya indah, pantai di Lampung ini juga memiliki cafe menarik dengan nama yang sama. Cafe ini memiliki desain unik dan khas sehingga cocok dengan suasana pantai. Banyak pengunjung datang ke sini untuk menikmati keindahan pantai sekaligus hidangan yang disediakan. Harga menunya juga terjangkau sehingga tidak perlu khawatir dompet terkuras jika berkunjung ke cafe ini.

Fasilitas yang ada di Pantai Sebalang juga bisa dibilang cukup lengkap. Hal ini dikarenakan keberadaan cafe yang membuat kebutuhan kuliner pengunjung tercukupi. Selain itu, ada juga kamar bilas atau toilet untuk membersihkan badan dan mengganti baju. Terdapat area parkir yang cukup luas sehingga pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di tempat ini dengan mudah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sebalang

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sebalang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Alif)

1. Pemandangan Pantai yang Alami

Salah satu daya tarik utama yang dimiliki Pantai Sebalang adalah pemandangan alaminya. Meskipun tempat wisata ini lebih terkenal berkat keberadaan café, pemandangan alaminya memiliki ciri khas tersendiri. Pantai ini memiliki panorama yang memukau sehingga dapat memanjakan mata. Oleh karena itu, banyak yang bersantai sekaligus mengagumi keindahan panoramanya.

Selain itu, pasir yang ada di tempat ini berwarna putih dengan tekstur halus. Hal ini membuatnya cocok dijadikan tempat untuk bersantai. Pengunjung bisa berjemur dengan nyaman di sini. Selain itu, pasir ini juga cocok digunakan oleh pengunjung jika ingin bermain pasir seperti membuat istana atau menulis berbagai kata untuk diunggah ke media sosial.

2. Panorama Matahari Terbenam

Selain pemandangan indahnya, pantai yang terletak di Lampung selatan ini juga memiliki panorama matahari terbenam. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk bersantai sambil menikmati keindahan matahari ketika terbenam. Langit yang berwarna jingga disertai pantulan cahaya di lautan tentu membuat pengunjung akan menikmati keindahannya dari tempat ini.

3. Ombak yang Tidak Begitu Besar

Arus air dan ombak yang tidak terlalu besar juga menjadi salah satu daya tarik Pantai Sebalang. Hal tersebut membuatnya cocok bagi pengunjung yang ingin berenang atau bermain air. Tidak perlu takut lagi mengenai keselamatan jika berenang atau bermain air di tempat ini. Pengunjung tidak akan terseret ombak besar apalagi tenggelam jika berenang atau bermain air di sini.

Daya Tarik Pantai Sebalang
Image Credit: Twitter.com @Dhiecksa

4. Café Sebalang

Tempat wisata ini juga memiliki daya tarik lain berupa Café Sebalang. Café yang sama dengan nama pantai ini merupakan salah satu penyebab mengapa tempat ini lebih terkenal. Desain café ini sangat menarik sehingga sangat cocok dengan kondisi pantai.

Selain itu, berbagai makanan dan minuman disediakan di tempat ini dengan harga terjangkau sehingga pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

5. Berbagai Tumbuhan

Selain berbagai hal di atas, destinasi wisata di Lampung ini juga memiliki keunggulan lain berupa keberadaan berbagai tumbuhan. Keberadaan berbagai tumbuhan ini membuatnya sangat cocok dijadikan spot foto yang unik dan menarik. Selain itu, pantai ini juga memiliki hutan mangrove yang tumbuh subur. Keberadaan hutan mangrove tentu menambah kekhasan yang ada di sini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sebalang

Alamat Pantai Sebalang
Image Credit: Google Maps (Sammy Sammy)

Pantai Sebalang terletak di daerah Tarahan. Daerah ini masih termasuk dalam wilayah Lampung Selatan. Dari Bandar Lampung, tempat ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 27 km. Waktu tempuhnya sendiri berkisar antara 30 hingga 45 menit. Hal ini membuat salah satu lokasi wisata alam di Lampung ini mudah untuk dikunjungi dari ibukota provinsi Lampung.

Walapun kedengarannya jaraknya tidak begitu jauh dan waktu tempuhnya cukup tingkat, kondisi lalu lintas menjadi penentu utamanya. Bisa saja waktu tempuhnya bertambah lama jika kondisi lalu lintas saat itu sedang padat. Hal ini biasa terjadi pada saat musim liburan karena banyaknya wisatawan yang ke sana. Jadi, rencanakan dulu waktu keberangkatan pada saat yang tepat sehingga tidak terkena macet.

Untuk menuju ke pantai ini, pengunjung bisa berangkat dari Bandar Lampung. Dari sini cukup mengambil jalur Jalan Lintas Sumatra hingga sampai ke Pantai Pasir Putih. Setelah sampai di situ, teruskan perjalanan sampai 5 km hingga mencapai PT. Adhi dan kebun kelapa sawit. Ikuti jalur menuju kebun kelapa sawit warga hingga mencapai pintu masuk menuju pantai.

Selain dari Bandar Lampung, pengunjung juga bisa datang ke Pantai Sebalang dari Tol Bakaehuni dan Jalinsum. Dari jalan tol ini, ambil jalur menuju Jalan Lintas Sumatra. Sama seperti rute dari Bandar Lampung, teruskan perjalanan hingga mencapai ke Pantai Pasir Putih.

Setelah itu menuju pertigaan antara kebun kelapa sawit dan PT. Adhi. Pilihlah jalur kebun kelapa sawit hingga mencapai pintu masuk pantai.

Untuk masuk ke Pantai Sebalang, harga tiketnya sangat terjangkau. Pengunjung cukup membayar 5000 rupiah untuk setiap orang baik anak kecil maupun dewasa. Tentu saja harga tiket sebesar ini sangat terjangkau dibandingkan dengan pantai yang lain. Selain itu, biaya parkirnya juga terjangkau. Pengunjung hanya dikenai Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5000 untuk sepeda motor.

Harga tiket masuk dan parkir di tempat wisata pantai ini memang terjangkau. Meskipun begitu, pengunjung sebaiknya membawa uang lebih untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Misalnya untuk membeli makanan yang dijual di sana tentu saja memerlukan uang lebih. Jadi, penting untuk merencanakan jumlah uang yang dibawa sebelum datang ke sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sebalang

Kegiatan Dilakukan di Pantai Sebalang
Image Credit: Instagram.com @lokal_kalianda

1. Bersantai

Bersantai menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sebalang. Hal tersebut dikarenakan lokasi pantai yang sangat nyaman digunakan untuk bersantai. Pengunjung bisa menikmati keindahan sunset sambil berbaring di pasir maupun menikmati hidangan di café. Keberadaan tumbuhan di sini juga membuat suasana lebih sejuk sehingga semakin nyaman untuk bersantai.

2. Berjalan-Jalan

Berjalan-jalan juga menjadi salah satu kegiatan menarik di pantai yang sangat indah ini. Keberadaan berbagai tumbuhan membuatnya menjadi sejuk sehingga pengunjung bisa berjalan-jalan dengan nyaman. Selain itu, ada juga hutan mangrove yang letaknya tidak terlalu jauh dari sini. Tentu saja sangat menarik jika pengunjung berjalan-jalan ke sana ketika berkunjung ke tempat ini.

3. Berenang dan Bermain Air

Selain bersantai dan berjalan-jalan, salah satu kegiatan menarik di destinasi wisata Lampung ini adalah bermain air sekaligus berenang. Hal ini dikarenakan arus laut yang ada di sini tidak terlalu besar. Jadi, pengunjung bisa bermain air sekaligus berenang tanpa khawatir akan resiko keselamatan. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang berenang dan bermain air ketika ke sini.

Kegiatan di Pantai Sebalang
Image Credit: Twitter.com @galuhbramastio

4. Menikmati Hidangan di Café Sebalang

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sebalang adalah menikmati hidangan di Café Sebalang. Café yang memiliki nama sama dengan pantai ini memiliki beragam hidangan lengkap. Jadi, pengunjung bisa memilih berbagai hidangan sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu, harganya juga terjangkau sehingga tidak akan menguras isi dompet.

5. Mengambil Foto

Tempat wisata di Lampung ini memiliki pemandangan dan panorama yang indah sehingga cocok digunakan untuk berfoto. Pengunjung bisa mencari spot foto yang dirasa bagus agar bisa mendapatkan foto berlatar menarik. Jadi, foto itu bisa diunggah langsung ke media sosial.

6. Berkemah di Tepi Pantai

Salah satu kegiatan menarik di pantai ini adalah berkemah. Hal ini memungkinkan karena terdapat area khusus untuk berkemah di sana. Jadi, pengunjung bisa membawa tenda dan berkemah beramai-ramai bersama teman ataupun keluarga jika pergi ke sini.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Sebalang

Penginapan Pantai Sebalang
Image Credit: Traveloka.com

1. Air Echo Tarahan Soekarno Hatta

Air Echo Tarahan Soekarno Hatta menjadi salah satu penginapan terdekat dari Pantai Sebalang. Penginapan ini hanya berjarak sekitar 2,2 km sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Fasilitas yang ada di dalamnya juga cukup lengkap seperti toilet dan jaringan wifi.

Selain itu, ada juga tempat parkir yang luas. Terdapat berbagai warung dan mini market di dekat penginapan ini sehingga memudahkan pengunjung.

2. Hotel Mutiara

Hotel Mutiara juga menjadi salah satu penginapan terdekat dari destinasi wisata di Lampung ini. Jaraknya dari pantai sekitar 3,3 km sehingga membuatnya cukup mudah untuk dijangkau.

Harganya juga cukup terjangkau per malam sehingga pengunjung tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam. Fasilitas yang diberikan juga sesuai dengan standart hotel pada umumnya sepeti kamar, AC, dan tempat parkir.

3. RedDoorz near Pantai Pasir Putih

RedDoorz merupakan salah satu penginapan terdekat dari pantai ini. Jarak tempat penginapan ini dari pantai hanya sekitar 3,8 km sehingga tidak terlalu jauh dari sana. Tempat ini menyediakan berbagai layanan standar seperti kamar, toilet, room service untuk makanan, dan tempat parkir yang luas. Harganya sendiri cukup terjangkau sehingga pengunjung bisa menghemat uangnya ketika datang ke sini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sebalang Lampung

Fasilitas di Pantai Sebalang
Image Credit: Facebook.com @nofa.mastaroza

Pantai Sebalang memiliki berbagai fasilitas yang lengkap sehingga memudahkan pengunjung jika ingin datang ke sana. Untuk kebutuhan kuliner, selain café ada juga beberapa warung sederhana yang ada di sana. Harganya juga jauh lebih terjangkau. Selain itu, terdapat kamar bilas dan toilet yang sudah disediakan untuk pengunjung yang ingin berganti baju maupun membersihkan badan.

Selain itu, pengelola pantai juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Jadi, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya dengan mudah dan nyaman. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi pengunjung yang membawa kendaraan berukuran besar seperti mobil, minibus, atau bahkan bus. Dengan begitu, tidak perlu bingung lagi mencari tempat parkir.

Itulah ulasan mengenai Pantai Sebalang beserta daya tarik, alamat, harga tiket, kegiatan menarik, penginapan, dan fasilitas yang ada di sana. Destinasi wisata di Lampung Selatan ini memang memiliki keunggulan utama berupa wisata alami dan café yang menarik. Lokasinya mudah untuk dijangkau dari berbagai tempat. Selain itu, fasilitas yang ada di sana lengkap sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.