Pantai Sumur Tiga, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Sabang

Pantai Sumur Tiga, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Sabang
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iem Meulee, Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Indonesia memang kaya akan pariwisata bertemakan alam sehingga menjadi destinasi negara tujuan wisatawan mancanegara untuk liburan. Salah satu tempat wisata menarik di Pulau Sabang adalah Pantai Sumur Tiga. Dari sisi nama, memang tidak begitu populer di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara.

Namun, pesona keindahannya tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lain yang sudah populer. Jika wisatawan ingin berlibur di kawasan pantai yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota, di pantai inilah lokasi tujuan wisata yang tepat. Selain sebagai lokasi wisata, lokasi ini juga bisa dijadikan tempat untuk healing.

Pantai Sumur Tiga yang ada di Pulau Sabang ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa Indonesia memang memiliki potensi wisata besar mulai dari kawasan Sabang di bagian ujung barat hingga kawasan Merauke di bagian ujung timur. Karena itulah tidak heran jika Indonesia menjadi lokasi favorit untuk berlibur bagi wisatawan yang datang dari luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sumur Tiga

Daya Tarik Pantai Sumur Tiga Sabang
Image Credit: Google Maps Muhammad Akbar

1. Mempunyai asal usul nama yang menarik

Tidak sedikit wisatawan yang mengunjungi pantai cantik ini karena penasaran dengan namanya yang unik. Biasanya penamaan tempat wisata berkaitan erat dengan tokoh, benda, maupun peristiwa karena merupakan peninggalan sejarah atau legenda, dianggap keramat, maupun sebagai suatu bentuk penghormatan.

Pun sama dengan Pantai Sumur Tiga dimana pada jaman Belanda terdapat sumur berjumlah tiga buah yang berfungsi sebagai mata air untuk masyarakat sekitar. Uniknya, air yang dihasilkan adalah air tawar, bukan air asin. Namun kini ketiga sumur tersebut tidak digunakan lagi oleh masyarakat sekitar.

Lokasi sumur-sumur legend berada di kawasan pantai yang jaraknya kurang lebih 15 meter saja dari laut. Keberadaan sumur yang menyimpan cerita bersejarah itulah yang menjadikan ikon wisata di pantai tersebut. Selain itu, ketiga sumur disana juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat setempat.

2. Memiliki beberapa benteng bersejarah peninggalan Jepang

Lokasi pantai tepat menghadap ke Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan tersibuk pada jaman dahulu. Selain itu, Pulau Sabang juga tempat dimana Jepang singgah di Indonesia pertama kalinya. Kedatangan Jepang di Pulau Weh adalah sekitar tanggal 11 atau 12 Maret 1942. Pada saat itu sedang berlangsung Perang Dunia II.

Jepang membangun beberapa benteng pertahanan sebagai upaya untuk persiapan dalam menghadapi terjadinya Perang Asia Pasifik. Benteng-benteng tersebut dibangun di seluruh kawasan pesisir Pantai Sumur Tiga. Lokasi Pulau Sabang atau Weh yang strategis menjadikannya wilayah untuk lokasi pertahanan Jepang.

Wisatawan yang berkunjung pasti akan menyaksikan adanya beberapa benteng yang merupakan peninggalan Jepang walaupun kondisinya tidak lagi utuh. Benteng-benteng tersebut terletak di atas bebatuan besar yang dikelilingi oleh pepohonan kelapa dan rerumputan hijau.

3. Pemandangan yang disajikan begitu memanjakan mata

Walaupun belum terlalu dikenal masyarakat luas, pemandangan tempat wisata ini tiada duanya. Bagaimana tidak, garis pantainya cukup panjang dengan pasir pantai yang terhampar luas. Warna pasir pantainya putih bersih dan memiliki tekstur yang lembut sehingga cukup aman jika wisatawan ingin bermain pasir pantai disana.

Selain itu, Pantai Sumur Tiga tampak begitu cantik karena keberadaan pepohonan kelapa yang berjajar menghiasi area bibir pantai. Warna air lautnya tergolong jernih dengan warna biru kehijauan. Meskipun ombaknya termasuk cukup besar ketika air laut sedang pasang, akan tetapi ombaknya cukup tenang saat air laut sedang surut.

Ketika kondisi ombaknya sedang cukup tenang, pantai tersebut menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berkegiatan diving maupun snorkeling saat sore hari. Selain itu, karena posisi pantai yang menghadap ke timur, pemandangan sunrise bisa dinikmati oleh wisatawan yang datang berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sumur Tiga Sabang
Image Credit: Google Maps Syam Abdul Jabbar

Lokasi pantai yang memiliki nama unik ini berada di Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Sukajaya. Jarak antara Kota Sabang dengan lokasi pantai adalah sekitar 2,4 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 15 menit. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai tersebut bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Rute yang bisa ditempuh adalah melalui Jalan Agus Salim dan Jalan Cik Ditiro. Perjalanan dari Kota Sabang bisa dilanjutkan ke arah Sukajaya lalu ke Desa Le Mulee yang merupakan lokasi dimana Pantai Sumur Tiga berada. Sampai di bundaran depan warung kopi The Sago, kendaraan bisa diarahkan ke arah kanan atau wisatawan bisa menaiki becak menuju ke lokasi.

Wisatawan yang berangkat dari Kota Aceh bisa menggunakan kendaraan darat menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Wisatawan bisa menggunakan kapal feri menuju ke Pelabuhan Balohan.

Sesampainya di Pelabuhan Balohan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil atau taksi menuju ke lokasi. Total waktu perjalanan sekitar 20 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Sumur Tiga Sabang
Image Credit: Google Maps Ejhaa

Untuk menikmati pemandangan Pantai Sumur Tiga yang ada di Desa Le Meulee ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan budget yang besar karena tidak ada biaya masuk sama sekali alias gratis.

Selain gratis, wisatawan juga bisa menikmati pesona keindahan pantai tersebut setiap hari selama 24 jam karena tidak ada batasan jam buka dan tutupnya oleh pengelola pantai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sumur Tiga

Aktivitas Pantai Sumur Tiga Sabang
Image Credit: Google Maps Dama Rismana

1. Hunting foto

Pesona keindahan pantai cantik ini tidak ada habisnya. Wisatawan yang berkunjung bisa berfoto dengan background lautan biru kehijauan yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto ketika memasuki detik-detik matahari terbit. Lokasi pantai dikenal sebagai tempat berburu sunset recommended di Kota Sabang.

Pantai Sumur Tiga memiliki hamparan pasir berwarna putih sehingga wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang pasir pantai dengan angle posisi membelakangi air laut. Keberadaan beberapa peninggalan bersejarah juga menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto yang cantik.

2. Mencicipi kuliner di rumah makan dekat kawasan pantai

Selain hunting foto, wisatawan juga bisa mencicipi aneka kuliner dengan mengunjungi rumah makan yang berada di dekat lokasi pantai. Karena lokasinya di dekat pantai, maka mayoritas makanan yang dijual adalah makanan khas laut. Selain seafood, wisatawan juga bisa menghilangkan dahaga dengan minum kelapa muda.

3. Diving atau snorkeling

Selain menikmati pemandangan pantai, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling karena keindahan di bawah lautnya sangat cantik untuk dieksplorasi. Warna air laut yang biru kehijauan menandakan bahwa memang kehidupan bawah lautnya masih sangat terjaga baik.

Terumbu karang di bawah laut Pantai Sumur Tiga sangat cantik dan dikelilingi oleh beragam jenis ikan yang berenang kesana kemari. Wisatawan bisa menyewa peralatan untuk melakukan aktivitas diving atau snorkeling karena disana tersedia penyewaan peralatan olahraga air tersebut.

4. Bermain Pasir Pantai

Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai cantik tersebut bisa membawa anak-anak karena pasir pantai disana sangat lembut dan bersih. Anak-anak bisa bermain pasir sambil ditemani orang tua mereka.

Sambil bermain pasir, udara sejuk sepoi-sepoi sangat terasa saat pepohonan kelapa melambai tertiup angin. Sebaiknya orang tua selalu menemani anak-anak ketika bermain pasir supaya tetap aman saat air laut mendatangi anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Sumur Tiga Sabang
Image Credit: Google Maps Syam Abdul Jabbar

Keindahan alam di Pantai Sumur Tiga begitu memanjakan mata. Suasana di kawasan pantai sangat sejuk dan teduh karena dikelilingi oleh pepohonan kelapa yang berjajar di area bibir pantai. Selain pemandangannya, wisatawan juga tidak berpikir dua kali saat ingin mengunjungi pantai cantik ini. Karena sarana serta prasarana disana tergolong cukup lengkap.

Tidak hanya pengelola saja yang menjaga sarana serta prasarana disana, namun masyarakat setempat pun juga turut menjaganya sehingga kondisi area pantai selalu bersih dan fasilitas yang ada disana dapat berfungsi secara baik. Adapun fasilitas yang tersedia di Pantai Sumur Tiga adalah lahan parkir cukup luas yang bisa menampung sampai dengan puluhan mobil.

Selain itu, ada banyak warung makan di dekat pantai yang menjual beragam makanan dan minuman sehingga wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin mengisi kekosongan perut dan menghilangkan dahaga. Terdapat gerbang masuk pantai terbuka yang bisa diakses oleh wisatawan di ujung utara pantai serta gubuk kecil atau saung di sepanjang sisi utara pantai.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai, tersedia banyak penginapan di sekitar pantai. Sementara itu, wisatawan yang menginginkan berolahraga air juga bisa melakukan aktivitas diving atau snorkeling dengan menyewa peralatan di tempat penyewaan yang tersedia di kawasan pantai. Tentu saja berwisata di pantai tersebut sangat menyenangkan.

Ketika sedang berkunjung ke Kota Sabang, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Pantai Sumur Tiga. Akses menuju ke lokasi mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mudah. Wisatawan juga tidak perlu khawatir karena berbagai fasilitas yang tersedia disana tergolong cukup lengkap dan memadai.