Pantai Tambak, Pesona Pantai Pasir Putih & Pohon Cemara di Belitung Timur

Pantai Tambak, Pesona Pantai Pasir Putih & Pohon Cemara di Belitung Timur
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Keindahan alam Indonesia tidak hanya terbatas di pulau-pulau besar semata. Pulau-pulau kecil seperti Kepulauan Bangka Belitung punya lokasi wisata yang patut dikenal publik. Adalah Pantai Tambak Belitung, salah satu wisata pantai yang masih baru dikenal publik yang berlokasi di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Di pantai yang masih belum banyak dikenal masyarakat luas ini, pasir putih menghiasi bibir pantai yang ditumbuhi pepohonan cemara. Selain itu, puluhan kapal nelayan yang berjajar di pantai menambah keeksotisan pantai yang dahulu terkenal dengan nama Pantai Kuala Tambak ini. Selain itu, pantai ini sempat menjadi wilayah yang dimiliki oleh PT. Timah dahulu.

Meski terkesan memiliki sedikit fasilitas dibanding dengan pantai-pantai lain yang sudah terkenal, seperti pantai-pantai di kawasan Bali, kamu dapat menikmati keindahan alam Pantai Tambak yang tak kalah dari pantai lainnya. Dari pantai yang masih ‘remaja’ ini, jika kamu mau sedikit berjalan, kamu akan menemukan hutan bakau (mangrove) sebagai destinasi tambahan yang bisa kamu kunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tambak

Daya Tarik Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps (Tukang Ngayau Tungau)

1. Pantai yang Benar-benar Tenang

Jika kamu mencari lokasi wisata yang tidak banyak dikunjungi masyarakat, Pantai Tambak bisa jadi opsi yang tepat. Meski tidak berarti pantai ini tidak ‘berpenghuni’, pantai ini lebih dikenal masyarakat sebagai pantai nelayan. Padahal, pada kenyataannya, wisatawan bisa berkunjung untuk sekadar berwisata ke pantai ini.

2. Pantai Pasir Putih yang Indah dan Bersih

Selain menjadi pantai yang tenang karena tidak banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini memiliki bibir pantai yang diselimuti pasir putih bersih. Spesialnya lagi, hampir tidak ada sampah berserakan di kawasan pantai.

3. Memiliki Garis Pantai yang Panjang

Dengan garis pantai sepanjang ±3km, kamu bisa dengan santai menelusuri pantai. Ditambah sepoi-sepoi angin pantai, momen berkunjung ke pantai ini pasti akan lebih asoy.

Image Credit: Google Maps (Reza Pratama)

4. Dilengkapi dengan Barisan Pohon Cemara

Meski pohon ini lebih umum ditemukan di daerah pegunungan, uniknya, daerah sekitar Pantai Tambak ditumbuhi pohon-pohon cemara. Tidak heran, dengan kawasan pantai yang rindang, wisatawan jadi betah berlama-lama di sini.

5. Banyak Perahu Nelayan di Sekitar Pantai

Meski tidak menjanjikan warung dengan olahan seafood yang bikin ngiler, perahu nelayan bisa menjadi spot unik untuk berfoto. Nelayan-nelayan sekitar juga terkenal ramah, jadi jangan takut untuk menyapa mereka, ya!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps (Rizál)

Pantai Tambak terletak di Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Dari Tanjung Pandan, kamu perlu menempuh ±85 km ke arah timur untuk menuju pantai ini. Kamu bisa menggunakan peta online untuk menuju lokasi.

Akses menuju lokasi wisata termasuk mudah, namun kamu perlu waspada ketika mendekati lokasi pantai sebab tidak semua jalan dilapisi aspal. Akan tetapi, secara garis besar rute yang kamu lalui dari Tanjung Pandan (kota dengan bandara terdekat) bisa dibilang cukup mudah untuk ‘ditaklukkan’.

Jika kamu berkunjung dari Jakarta, akan lebih mudah dan hemat biaya jika kamu mengambil penerbangan langsung menuju Tanjung Pandan. Pada umumnya, ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan Jakarta-Tanjung Pandan, misalnya NAM Air, Batik Air, Lion Air, dan Wings Air. Rata-rata, penerbangan akan memakan waktu 1 jam.

Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan jasa penerbangan dengan satu kali transit di Pangkal Pinang. Tentu dengan demikian, kamu akan membutuhkan waktu dan biaya lebih banyak. Kecuali jika kamu ingin berkunjung ke Pangkal Pinang, kamu disarankan untuk mengambil penerbangan langsung ke Tanjung Pandan saja.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps (Catur Harjanto.)

Sejauh ini, tidak ada harga tiket tertentu untuk masuk ke Pantai Tambak. Bisa dikatakan, pantai ini gratis untuk dikunjungi selama 24 jam.

Akan tetapi, untuk berkunjung ke pantai ini tentunya membutuhkan biaya transportasi yang tidak sedikit. Berikut rincian anggaran biaya yang bisa kamu persiapkan untuk berangkat ke Pantai Tambak (terhitung dari Jakarta, data harga pada bulan September 2021):

1. Jakarta à Tanjung Pandan

Dengan penerbangan LCC (Low-Cost Carrier), anggarkan sekitar Rp400.000,- hingga Rp650.000,- per orang sekali jalan. Harga tiket kembali pada umumnya berada pada rentang yang sama. Ada beberapa maskapai yang dapat kamu pilih, namun yang paling mudah dijumpai adalah NAM Air dan Wings Air.

2. Tanjung Pandan à Pantai Tambak

Lebih baik menyewa kendaraan untuk menuju ke lokasi pantai. Alokasikan sekitar Rp500.000,- untuk menyewa mobil per harinya. Jika kamu lebih senang berkendara dengan sepeda motor, bajet bisa lebih rendah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tambak

Kegiatan Menarik di Pantai Tambak
Image Credit: Google Maps (A FUK Mulia)

1. Bermain Pasir di Pantai yang Eksotik

Rindu membuat istana pasir? Jangan ragu lagi untuk membangun istanamu (atau kastil) di pantai ini. Pasir pantai yang putih dan bebas dari sampah tentunya akan menjadi ‘teman’ untuk menghabiskan waktu saat berkunjung ke Pantai Tambak.

2. Menikmati Pemandangan Lepas Pantai

Menikmati pemandangan lepas pantai yang begitu biru tentu bisa membantu untuk melepas penat. Deburan ombak yang bergulung-gulung, ditambah angin laut yang bebas menerpa tubuh membuat segala penat jadi hilang. Kapan lagi bisa menikmati keindahan laut dari sisi timur Belitung?

3. Bersantai

Dengan latar belakang pemandangan yang majestik ditambah dengan rindangnya pepohonan cemara, pantai ini jadi spot yang tepat untuk menggelar tikar untuk bersantai. Opsi lain: kamu bisa menggantung hammock di pohon-pohon cemara. Ditemani musik pantai, momen bersantaimu pasti akan jadi lebih istimewa.

Image Credit: Google Maps (Raden Maspanji)

4. Bermain Futsal atau Voli Pantai

Untuk melakukan dua jenis olahraga pantai ini, kamu harus membawa peralatan sendiri. Sebab, di Pantai Tambak tidak tersedia peralatan untuk jenis olahraga tersebut. Jika kamu berjumpa dengan anak-anak nelayan atau bahkan nelayannya sendiri, tidak ada salahnya untuk berbaur dan bermain bersama mereka, bukan?

5. Diving

Penasaran dengan keindahan alam apa saja yang tersedia di laut Belitung? Saat berkunjung ke wisata pantai ini, jangan lupa bawa semua perlengkapan divingmu. Tidak tersedia persewaan diving di pantai ini, dan perlu diingat untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri saat diving.

6. Memancing

Jika kamu gemar memancing, Pantai Tambak bisa jadi spot yang tepat untuk memulainya. Kamu bisa menyewa perahu untuk memancing dengan tarif Rp250.000,- per harinya. Akan lebih baik jika kamu bertanya pada nelayan sekitar kapan sebaiknya kamu memancing. Siapa tahu mereka akan mengajakmu untuk memancing bersama?

7. Camping

Penginapan terlalu jauh dari kawasan pantai? Jangan khawatir, kamu bisa kok camping di pantai ini. Tapi perlu diingat, fasilitas yang tersedia masih kurang memadai. Selain itu, tidak ada warung yang buka pada malam hari sehingga akan lebih baik untuk mempersiapkan bekal terlebih dahulu.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai

Penginapan Sekitar Pantai Tambak
Image Credit: Traveloka.com

1. Guest Hotel Manggar

Berjarak sekitar 17 kilometer, hotel ini bisa dikatakan sebagai opsi penginapan yang lumayan bagus saat kamu hendak berkunjung ke Pantai Tambak. Harga penginapan mulai dari Rp400.000,- per malam dengan fasilitas setara hotel bintang 2 (Wi-Fi, elevator, lift, room service).

2. OYO 539 Omah Andini Syariah

Tidak jauh dari hotel yang disebutkan di atas, kamu bisa menjumpai hotel ala backpacker yang bisa kamu pilih sebagai lokasi menginap. Dengan harga yang cukup miring, yaitu mulai dari Rp192.000,- per malam, kamu bisa beristirahat di hotel yang juga menyediakan free WiFi ini-meski ukuran kamar jauh lebih kecil dibanding dengan hotel sebelumnya.

3. OYO 515 Oasis Hotel

Hotel ini bisa jadi pilihan para solo budget traveler alias para backpacker. Pasalnya, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp140.000,- per malam untuk kamar berkapasitas satu pengunjung per kamar. WiFi dan kolam renang juga menjadi bagian dari fasilitas yang ditawarkan hotel ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tambak Belitung

Fasilitas di Pantai Tambak Belitung
Image Credit: Google Maps (Mars)

Fasilitas yang tersedia di pantai ini memang dapat dikatakan kurang memadai, terlebih jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain. Barangkali, hal ini disebabkan oleh absennya pengelola serta hanya sedikit wisatawan yang mengetahui lokasi wisata Pantai Tambak di Kabupaten Belitung Timur ini.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada sama sekali fasilitas publik yang disediakan untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai. Fasilitas dasar seperti lahan parkir, toilet, warung-warung tenda, tentu tersedia di pantai yang berlokasi di timur wilayah Kepulauan Bangka Belitung ini-meski untuk warung jumlahnya tidak banyak, dan untuk toilet, keadaannya masih ala kadarnya.

Karena masih belum ada pengelolaan yang baik untuk kawasan wisata ini, kamu perlu memperhatikan keamanan kendaraan yang kamu gunakan saat berkunjung. Selain itu, akan lebih baik untuk selalu waspada dan menjaga barang bawaan saat berkunjung ke pantai ini.

Nah, setelah membaca ulasan singkat tentang hal menarik di Pantai Tambak, Belitung Timur di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk segera memesan tiket untuk berangkat ke Belitung? Pastinya, dong! Terlebih lagi jika kamu mencari lokasi wisata yang masih alami dan jauh dari keramaian, pantai ini bisa menjadi destinasi yang tepat buat kamu!