Pesona Pantai Tanjung Kelayang, Surga Bahari Tersembunyi di Belitung

Pesona Pantai Tanjung Kelayang, Surga Bahari Tersembunyi di Belitung

Pantai Tanjung Kelayang salah satu wisata pantai yang menawan di Belitung yang menarik dijelajahi pesonanya. Pantai berpasir putih, gratis pantai yang Panjang, bebatuan granit dan tempat terbaik menikmati sunset.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang adalah sebuah destinasi wisata yang ada di penghujung Pulau Belitung yang memiliki ciri khas berupa deretan batu granit yang tergeletak indah menghiasi tempat tersebut. Keindahan tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Hamparan pasir yang bersih sangat berpadu apik dengan segala bentangan alam yang ada di sana.

Keberadaannya berada di salah satu pucuk pulau tersebut, dan membuatnya seolah destinasi final yang perlu dikunjungi saat berada di Provinsi Bangka Belitung. Tempat ini memang menjadi primadona tersendiri dengan berbagai rangkaian kenampakan alam yang eksotik. Didukung dengan beragam faslitas yang bisa digunakan oleh turis yang datang, objek wisata ini begitu sempurna.

Beragam aktivitas bisa dilakukan oleh siapapun yang singgah ke sana untuk membuat liburan semakin berkesan. Tersedia pula beberapa hotel ataupun tempat penginapan yang cocok untuk menemani kegiatan bermalam di sana. Akses yang cukup mudah menjadikan tujuan wisata ini sangat direkomendasikan bagi para traveler baik dari dalam maupun luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Kelayang

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung
Image Credit: Twitter.com @indtravel

1. Deretan Batuan Granit di Bibir Pantai

Ini merupakan sesuatu yang menjadikan Pantai Tanjung Kelayang begitu berbeda dari kebanyakan pantai lainnya. Bagaimana tidak? Banyak bebatuan besar yang menempati bibir pantainya dan membuatnya nampak seperti pelabuhan batu raksasa yang indah. Inilah yang menjadikan tempat ini begitu eksotik dan layak untuk menjadi tempat singgah dikala melakukan wisata di sisi lain Indonesia.

Tak mengherankan jika objek ini layak disandingkan dengan beberapa pantai fenomenal yang ada di Lombok ataupun Pulau Dewata. Bahkan, beberapa tahun lalu destinasi ini menjadi salah satu primadona pariwisata dikancah Internasional, tepatnya Asia Tenggara. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan bebatuan yang membuatnya semakin estetik untuk dipandang.

Terdapat batu yang begitu populer diantara sekian banyak bebatuan di sana. Bentuknya seperti kepala Burung Garuda dan karenanya seringkali disebut sebagai Batu Kelayang. Inilah yang membuat sebutan nama dari Tanjung tersebut. Bahkan, pada tahun 2011 silam batu unik tersebut dinobatkan sebagai Maskot pulau tersebut.

Selain itu, batu-batu lain yang membentuk formasi apik tempat tersebut menjadikan daya tarik tersendiri dari Pantai Tanjung Kelayang. Hal itu membuat pemandangan menjadi berbeda meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang juga menghalangi pemandangan turis yang berada di area pasir pantai. Jika memanjat ke atas batunya, maka akan mendapatkan sebuah view yang luar biasa.

2. Hamparan Pasir Putih dan Lautan Biru di Sekelilingnya

Pemandangan yang disuguhkan memang akan membuat para turis betah dan ingin berlama-lama berada di sana. Dengan pasir putih yang terhampar begitu cantik menghiasi tempat itu sangat menawan berpadu dengan lautnya yang jernih. Tak ayal ini menjadi area tersendiri bagi pengunjung Pantai Tanjung Kelayang untuk melakukan beragam kegiatan atraktif.

Luas area objek wisata tersebut mencapai lebih dari 300 hektar, membuatnya sangat cocok untuk menjadi wahana bermain pasir ataupun sekadar berjalan menelusuri tempat itu lebih detail lagi. Air laut di sana juga sangat murni. Hal tersebut dibuktikan ketika melihatnya, maka akan bisa secara langsung menengok penampakan dasar lautnya pula.

Para wisatawan pun bisa menikmati sejuknya air di sana dengan berenang atau hanya sekadar bermain air di pinggir daratan saja. Karena adanya barisan batu granit, maka ombak pun menjadi tidak terlalu tinggi karena terhalangi. Namun, inilah yang membuatnya lebih seru karena bebatuan bisa dijadikan pijakan atau tempat yang menyelubungi pengunjung ketika sedang menikmati air laut.

Daya Tarik Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Michael W)

3. Vegetasi Hijau yang Tumbuh Mengitarinya

Tempat tersebut menjadi begitu indah tidak hanya karena adanya batuan granit ataupun pasir dan jernihnya lautnya saja. Namun, adanya berbagai tumbuh-tumbuhan yang hidup di Pantai Tanjung Kelayang juga menjadikannya nampak seperti surga dunia yang ada di penghujung Belitung. Keberadan pepohonan di sana membuat warna tersendiri bagi objek wisata unggulan ini.

Hal tersebut lantaran berbagai macam vegetasi itu membuat pemandangan menjadi lebih cantik dengan kombinasi berbagai warna. Birunya air laut, putihnya pasir pantai, ditambah hijaunya tanaman-tanaman tersebut bergabung secara harmonis membuat lanskap menakjubkan yang tidak akan terlupakan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Kelayang

Alamat Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Twitter.com @kakak_zack

Pantai ini berada pada jarak kurang lebih 27 kilometer dari Ibukota Belitung, yaitu Tanjung Pandan. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Sijuk. Letaknya ada di sisi barat bagian utara pulau tersebut. Untuk mencapai tempat ini bisa melalui pelabuhan Tanjung Pandan terlebih dahulu.

Ketika sudah sampai di sana, maka perlu mengambil arah barat dan melalui jalur pinggir laut hingga berada di pertigaan Tanjung Binga dan pengunjung pun akan menemukan papan penunjuk arah yang akan mengantarkan langsung ke tempat eksotik itu.

Agar bisa dengan bebas berekreasi di objek wisata ini, maka pengunjung perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 8.000 saja untuk membayar tiket masuknya. Ketika hendak ke sana dari pusat kota terdekat, pengunjung bisa saja menyewa motor ataupun mobil. Tarif yang dikenakan pun hampir sama dengan rata-rata penyewaan kendaraan pribadi pada umumnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Kelayang

Kegiatan Menarik di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Surya Yadi)

1. Bersantai Menikmati Pemandangan Sekitar

Dimulai dengan aktivitas sederhana, pengujung bisa bersantai di tempat tersebut tanpa mendapatkan gangguan apapun. Dengan berbagai bentangan alam yang disuguhkan, maka kegiatan ini dapat membuat hati serta pikiran menjadi tenang dan segar kembali. Duduk di bawah pepohonan dan di atas karpet pasir lembut alami memang menjadi sesuatu yang wajib dicoba.

2. Bermain-Main Air Laut Tanjung Kelayang

Hal ini perlu dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang. Air di sana terasa sejuk dan nampak jernih, sangat sempurna sebagai area berenang. Pengunjung bisa renang di sekiar pantai hingga mencapai beberapa meter jauhnya. Cukup aman untuk melakukannya karena kedalaman area sekitarnya tidak terlalu dalam.

Namun, tetap perlu diwaspadai untuk anak-anak agar lebih diperhatikan dan berhati-hati. Beberapa bebatuan di sana tersusun di area lautnya dan membentuk melingkar sehingga membuat suatu area yang unik. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengeksplorasi lautnya lebih lanjut lagi.

Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas penyelaman karena penampakan dasar lautnya tidak kalah mempesona dibandingkan dengan pantainya. Tersedia penyewaan peralatan untuk melakukan snorkeling, sehingga tidak perlu khawatir.

3. Bermain Perahu

Ini dapat membuat suatu pengalaman berbeda ketika berada di tempat yang mempesona tersebut. Tersedia beberapa perahu yang dimiliki warga sekitar untuk dapat disewa dan digunakan oleh para wisatawan. Pengunjung pun bisa menjelajahi lebih luas lagi area-area di sekitarnya, seperti Goa Kelayan.

Goa tersebut sejatinya merupakan rangkaian bebatuan granit yang akhirnya membentuk formasi seperti sebuah goa yang ada di pinggir lautnya. Dasarnya merupakan daratan pasir putih yang tergenang oleh air laut. Oleh sebab itu, di sana selain cocok untuk berenang namun juga menjadi tujuan bermain perahu.

Kegiatan di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Parjuni Parjuni)

4. Menikmati Fenomena Terbit dan Terbenamnya Matahari

Terbitnya matahari di Pantai Tanjung Kelayang sangat indah untuk dinikmati. Selain itu, pada sore hari ketika matahari tergelincir juga wajib dinikmati oleh para wisatawan. Kedua fenomena sehari-hari itu akan membuat langit yang menaungi tempat ini menjadi lebih indah. Dengan begitu, pengunjung pun akan mendapatkan sebuah lawatan yang tak terlupakan.

5. Berburu Foto Mengabadikan Momen

Dengan beragam hal yang disuguhkan oleh tempat tersebut, maka akan sangat rugi jika tidak mengabadikan waktu berada di sana dengan potret foto dari kamera ataupun ponsel pribadi. Rangkaian batu, hamparan pasir, ataupun pemandangan laut yang berpadu dengan cakrawala bisa menjadi latar belakang yang apik untuk potret gambar yang diambil.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Tanjung Kelayang

Penginapan Terdekat Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Pegipegi.com

1. OYO 1851 Homestay

Penginapan ini memiliki tarif yang sangat murah bagi para tamunya. Dengan biaya sekitar 100 hingga 200 ribu saja, maka pengunjung bisa bermalam di sana dengan beberapa fasilitas seperti wifi dan juga AC pada kamar.

2. Quins Style Resort Belitung

Tempat mewah ini memberikan fasilitas yang lengkap bagi para wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu kolam renang, AC di setiap kamarnya, jaringan wifi, hingga restoran yang menyajikan hidangan lezat. Jaraknya hanya sekitar 250 meter saja dari Pantai Tanjung Kelayang.

3. Eco Beach Tent by Billiton

Tempat inap ini memberikan nuansa berbeda ketika bemalam di sana, yakni dengan menyediakan kamar yang berbentuk seperti tenda sederhana di pinggir laut. Dengan jarak yang kurang dari satu kilometer dari lokasi wisata, pengunjung bisa mendapatkan beragam fasilitas seperti AC dan restoran.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Kelayang

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Robby Romadona)

Beberapa hal bisa digunakan oleh para wisatawan yang singgah ke sana, seperti perahu dan perlengkapan menyelam yang bisa disewa. Selain itu, beberapa tempat makan dan penginapan juga tersedia tidak jauh dari lokasinya. Menghabiskan waktu di sana, maka pengunjung tidak perlu khawatir akan hal apapun.

Itulah berbagai hal yang menjadi alasan mengapa Pantai Tanjung Kelayang layak menjadi tujuan berlibur ketika berada di Pulau Belitung. Dengan berjuta daya tarik yang dimiliki serta beragam hal yang bisa dinikmati, maka pengalaman berlibur pun menjadi semakin mengesankan.