Pantai Tanjung Setia, Pantai Indah & Spot Surfing Favorit di Lampung

Pantai Tanjung Setia, Pantai Indah & Spot Surfing Favorit di Lampung
Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Barat Sumatera, Way Jambu, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Selatan, Lampung.

Pantai Tanjung Setia yang indah tentu akan disenangi oleh seluruh pengunjung yang datang ke sana. Pasalnya pantai tersebut mempunyai keelokan alam yang begitu menawan bagi setiap pasang mata yang menyaksikannya. Walaupun pantai ini sendiri masih terbilang terpencil, namun mampu membuat banyak orang penasaran dengan tempatnya.

Sejauh ini pantai tersebut menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal sampai ke manca negara. Seluruh ekspektasi wisata yang menyenangkan dijamin ada di tempat yang satu ini. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda tidak ingin mencoba untuk menghabiskan waktu liburan di sana, terutama bagi Anda pecinta wisata bahari.

Apapun yang disuguhkan oleh pantai yang satu ini pastinya tidak akan membuat siapa saja merasa bosan, melainkan justru ingin berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Akan tetapi, sebelum Anda memiliki rencana untuk melakukan wisata seru ke pantai ini, maka alangkah lebih baiknya bila mengetahui beberapa hal tentang Pantai Tanjung Setia yang akan disebutkan di bawah ini.

Daya Tarik yang Ada di Pantai Tanjung Setia

Daya Tarik Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Shofiya Rahma

1. Cocok untuk Memancing

Dikarenakan mempunyai jalur arus Samudra Hindia, tentu membuat pantai ini pas untuk memancing. Masyarakat setempat umumnya juga memancing di sana. Salah satu jenis ikan yang kerap diperoleh saat memancing di sini yaitu ikan blue marlin atau biasa disebut sebagai ikan iwa tuhuk.

2. Panorama Alam yang Eksotis

Panorama yang disajikan di tempat tersebut cantik sekali mulai dari pepohonan, awan biru hingga bebatuan karangnya. Keindahan dari pantai itu juga tidak lepas dari air laut yang jernih dan pasir putihnya yang lembut walaupun diinjak tanpa alas kaki.

3. Pemandangan Sunset

Sama halnya dengan pantai lainnya, Pantai Tanjung Setia juga mempunyai spot guna menikmati pemandangan sunset. Pantai tersebut mempunyai spot gua menyaksikan sunset yang tidak dapat Anda lewatkan begitu saja. Pengunjung juga dapat menikmati cantinya sunrise ketika di pagi hari. Nah, kedua pemandangan tersebut mampu meningkatkan ketenangan di hati Anda.

Daya Tarik di Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Shofiya Rahma

4. Hidden Gems atau Pantai Tersembunyi

Tempat tersebut masih tergolong jarang didatangi oleh pengunjung karena tempatnya yang tersembunyi. Dikarenakan hal itulah yang membuat pantai tersebut mempunyai suasana yang tenang, asri, dan bersih. Untuk Anda yang ingin mencari kedamaian dari seluruh kegiatan sehari-hari, maka datang saja ke tempat ini.

Anda bisa menenangkan pikiran di sini sambil menikmati pemandangan alam ataupun menyusuri kawasan Pantai Tanjung Setia. Tentu saj pantai dengan alam yang senantiasa terjaga seperti itu masih jarang ditemui. Walaupun tersembunyi, sebetulnya, pantai ini mempunyai potensi supaya lebih dikenal lagi oleh banyak orang.

5. Ombaknya Cocok untuk Berselancar

Ombak yang ada di pantai ini cocok sekali bagi peselancar yang ingin menaklukan ombak menantang. Pantai tersebut mempunyai ombak yang tidak kalah mempesona di mata peselancar jika dibandingkan dengan ombak yang dimiliki oleh pantai di Bali. Sayangnya, peselancar yang datang ke sana masih sedikit walaupun telah mengetahui tentang keunikan ombaknya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Egi Ramdhani

Walaupun lokasi dari Pantai Tanjung Setia ini cukup terpencil, akan tetapi akses yang dilewati pengunjung tergolong mudah. Alamat dari tempat tersebut yaitu di Desa Tanjung Setia, Kec Pesisir Selatan, Kab Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Apabila memilih memakai angkutan umum, maka biayanya kurang lebih antara 50 sampai 60 ribu rupiah ataupun 8 ribu rupiah memakai jasa travel.

Apabila Anda berkunjung dari Bandar Udara Radin Inten II, maka langsung saja menuju ke Terminal Rajabasa yang ada di Bandar Udara Lampung. Kemudian naiki saja bus Krui Putra yang akan mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Nantinya Anda akan melalui Jl Raya Trans Sumatera, di mana selama perjalanan nanti akan disajikan banyak panorama alamnya yang menarik.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps dhenita_traveller

Untuk memasuki kawasan tempat wisata Pantai Tanjung Setia tersebut nantinya setiap pengunjung akan diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Tenang saja karena biaya tiket masuk yang dikenakan tidak akan membuat kantong Anda terkuras. Hanya cukup membayar sebesar 8 ribu rupiah saja untuk satu orang pengunjung.

Harga dari tiket masuk yang dipatok ini tentu saja cocok sekali untuk Anda yang ingin berhemat dalam pengeluaran biaya. Akan tetapi, biaya tersebut bisa saja berubah-ubah dalam waktu yang tidak tertebak. Oleh karena itu, Anda jangan sampai lupa untuk menyiapkan uang tambahan ketika akan berkunjung ke pantai yang eksotis di Provinsi Lampung tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Setia

Kegiatan Menarik Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Tania Kenia

1. Voli

Bermain voli di kawasan pantai ini merupakan pilihan kegiatan yang tepat sekali dalam menghabiskan waktu di sana. Ngobrol bersama teman, keluarga, maupun saudari sambil bermain voli tentunya bisa memberikan suatu kenangan indah dan mampu mengingatkan Anda dengan keseruan yang ada di pantai tersebut.

2. Snorkeling

Bagi yang mempunyai hobi snorkeling maupun berenang, maka lakukan saja apabila Anda berkunjung ke sini. Anda tidak akan menyesal melakukan snorkeling di sana karena akan disuguhkan dengan dasar laut yang memukau dan bebas untuk Anda telusuri serta kagumi. Biota lautnya yang beraneka ragam tentu saja bisa semakin memanjakan mata Anda.

3. Santai di Tepian Pantai

Suasana Pantai Tanjung Setia yang belum banyak didatangi oleh pengunjung inilah yang membuat Anda juga tidak akan bertemu dengan banyak orang di kawasan ini. Oleh sebab itu, bersantai di tepian pantainya menjadi salah satu kegiatan menarik yang tidak akan terganggu oleh orang yang berlalu lalang.

Kegiatan Menarik di Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Gebby Augusty Leolika

4. Piknik

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat Anda pilih apabila ada di tempat wisata ini yaitu piknik. Untuk melepas segala penat yang Anda rasakan, maka dapat dengan melakukan kegiatan seperti piknik.

Kegiatan piknik di pantai tersebut bisa semakin menyenangkan apabila dilakukan sembari menyantap berbagai makanan maupun minuman yang sebelumnya telah dibawa dari rumah. Selain itu, jangan hanya melakukan kegiatan secara sendirian saja, namun juga ajaklah keluarga maupun teman. Hal itu supaya kegiatan piknik tidak terasa membosankan, melainkan menjadi lebih seru.

5. Bermain Pasir Pantai

Pasir di Pantai Tanjung Setia tidak hanya dapat dinikmati keindahannya saja, melainkan juga dapat dijadikan sebagai media untuk bermain. Caranya dengan membentuk pasir pantai tersebut menjadi berbagai macam bentuk yang lucu dan menarik. Jika Anda berlibur bersama anak kecil, maka jangan lupa mengajaknya untuk melakukan kegiatan yang satu ini supaya anak kecil tidak menangis atau rewel.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Murah Dekat Pantai
Image Credit: Google Maps say Provinsi_Lampung

1. Sunset Beach Losmen

Penginapan terdekat yang pertama tidak lain adalah Sunset Beach Losmen. Penginapan ini akan sangat cocok untuk pengunjung yang seorang backpacker. Hal itu karena hotel tersebut mengutamakan kenyamanan pelanggan serta akan menawarlan berbagai macam fasilitas. Bahkan, fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap karena terdapat fasilitas selancar pula di tempat tersebut.

2. Lovina Krui Surf

Hotel bernama Lovina Krui Surf ini ada di Pesisir Selatan dari pantai eksotis tersebut dan mempunyai akses yang dekat dengan beragam fasilitas umum. Hotel tersebut juga telah menawarkan berbagai fasilitas yang memiliki harga terjangkau. Untuk fasilitas yang akan pelanggan peroleh misalnya saja seperti kolam renang, transportasi kawasan hotel, antar jemput bandara, sewa mobil laundry, dan lainnya.

3. BeOcean Krui

Penginapan terdekat yang terakhir yaitu sebuah vila yang memiliki nama berupa BeOcean Krui. Vila tersebut pun menyuguhkan berbagai macam fasilitas yang tentu saja bisa Anda nikmati apabila menginap di sana. Fasilitas yang dimaksud tersebut antara lain seperti ranjang nyaman, halaman luas, TV, kolam renang, ac, wifi di area publik, restoran dengan menu makanan yang enak, dan lain-lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Tanjung Setia
Image Credit: Google Maps Wenda Wildan

Walaupun menjadi salah satu tujuan wisata yang masih terus melakukan perkembangan, akan tetapi fasilitas yang terdapat di Pantai Tanjung Setia ini terbilang sangat memadai. Terdapat beberapa tempat untuk santai atau nongkrong. Selain itu, fasilitas yang menjadi andalan oleh tempat wisata ini tentu saja berselancar yang merupakan daya tarik utama dari pantai tersebut.

Bagi Anda yang tidak ingin menginap di hotel dengan alasan untuk menghemat pengeluaran, maka bisa memilih untuk bermalam dengan cara mendirikan tenda atau berkemah di kawasan pantai. Jangan khawatir karena keamanan untuk melakukan kemah di tempat tersebut cukup baik. Sensasi melakukan kemah di pantai ini tentu saja tidak akan bisa dilupakan.

Untuk masalah kuliner, juga telah tersedia banyak toko dan warung yang menjual beraneka makanan ataupun minuman, dari makanan ringan, makanan tradisional, hingga kuliner laut. Fasilitas yang lainnya juga termasuk tempat bilas dan juga toilet.

Itulah berbagai macam hal mengenai Pantai Tanjung Setia. Jangan ragu lagi dan segera rencanakan untuk berlibur ke destinasi pantai cantik di Pesisir Selatan ini.