Pantai Tanjung Tinggi, Objek Wisata Pantai yang Menawan di Belitung

Pantai Tanjung Tinggi, Objek Wisata Pantai yang Menawan di Belitung

Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai unik nan indah di Belitung yang diapit dua semenanjung, Tanjung Pendam dan Tanjung Kelayang. Pantai dengan hamparan pasir putih dihiasi bebatuan granit besar dan pepohonan hijau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di antara dua semenanjung, yakni tanjung Pandan dan tanjung Kelayang. Penamaan destinasi ini terinspirasi dari kata tanjung, yang bermakna semenanjung dan tinggi berarti memiliki kumpulan bebatuan tinggi. Berlokasi di Pulau Belitung, salah satu tujuan destinasi unggulan di Indonesia.

Posisinya tidak terlalu jauh dari Pantai tanjung Kelayang, terpaut kurang lebih 31 km dengan Kota Tanjung Pandang. Membentang di atas lahan seluas 80 hektare, menawarkan hamparan pasir putih, serta ratusan batu granit berukuran jumbo. Saking besarnya batu granit di pantai ini, ukurannya hampir menyamai atau bahkan lebih besar dibandingkan bangunan rumah.

Pantai Tanjung Tinggi juga dikenal dengan sebutan Pelabuhan Bilik, yang dulunya menjadi persinggahan para nelayan di desa Tanjung Tinggi atau Keciput. Walau menyajikan panorama yang tak biasa, tetapi Anda harus tetap waspada selagi di sini. Dikarenakan banyak ubur-ubur bertebaran, pastikan untuk senantiasa memperhatikan situasi sekitar.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Tinggi

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Google Maps (Celi Lestari)

1. Batu Granit Jutaan Tahun

Jika ditinjau dari sejarah, bebatuan granit di sini telah melewati proses tektonik berupa pengangkatan. Tubuh granit mengalami deformasi atau keretakan selama terjadi pengangkatan dari bawah bumi.

Hingga kini, transformasi yang muncul di atas permukaan tanah berupa pecahan batu yang tercerai-berai. Diperkirakan berusia 200-300 juta tahun, membentang membentuk panorama menakjubkan.

2. Ekosistem Terumbu Karang

Saat berada di kawasan pesisir, Anda belum bisa menemukan ekosistem terumbu karang. Namun, begitu melangkahkan kaki sedikit ke tengah memasuki perairan yang lebih dalam, barulah aneka terumbu karang siap memanjakan mata. Jenis karang massif yang pertama kali akan menyambut Anda, kemudian variasi lain setelahnya.

Sayangnya, semakin diperhatikan dengan saksama, Anda akan semakin sadar bahwa kondisi terumbu karang di sini kurang baik. Alasannya karena akan mengalami kekeringan sewaktu air laut terlalu surut. Selain tertutupi oleh mikroalga dan makroalga, bagian yang paling dekat dengan permukaan terlihat mati.

Untungnya, untuk terumbu karang yang letaknya mendekati dasar lautan, kondisinya masih cukup baik. Menampilkan variasi lebih beragam, di antaranya ada Acropora Tumbulate, Acropora Branching, Foliose, serta Mushroom. Terdapat pula soft coral dan akar bahar walau jumlahnya amat minim.

3. Kekayaan Alam Bawah Laut

Ketika menyelami bawah laut Pantai Tanjung Tinggi, Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan ikan cantik penuh warna membentuk formasi estetis. Sangat direkomendasikan untuk mengabadikan momen penyelaman agar bisa dikenang di kemudian hari. Pastikan Anda menyiapkan perlengkapan fotografi memadai sedari rumah.

Di samping itu, terdapat pula lapisan lamun yang cukup bervariasi. Meski begitu, jenis paling dominan adalah Cymodocea, selain Halophila dan Thalassia dalam jumlah minim. Tak hanya itu, masih ada lapisan makroalga dari golongan Sargassum dan Padina.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Google Maps (Ana Nuranita)

4. Lokasi Syuting Film Legendaris

Siapa yang tidak mengenal film Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi? Cerita mengharukan yang mengadopsi latar Pulau Belitung. Selain panorama khas dengan deretan batu granitnya, pantai ini juga dikenal melalui film hasil adaptasi dari novel penulis kondang, Andrea Hirata. Tak heran, wisatawan kadang melabelinya sebagai Pantai Laskar Pelangi.

5. Air Laut Jernih dan Kebiruan

Kondisi air lautnya cukup masih sangat jernih dengan dominasi warna biru muda. Anda bahkan tidak akan terlalu kesulitan melihat ke dasar laut menggunakan mata telanjang. Tak ayal, berhasil menghadirkan suasana damai. Apalagi, debur ombaknya relatif tenang sehingga aman untuk dipakai beraktivitas di perairan Pantai Tanjung Tinggi.

Seolah masih belum cukup, hamparan pasirnya begitu menggoda untuk ditelusuri. Memiliki tekstur yang lembut seolah membelai kaki. Perpaduan birunya lautan, tumpukan pasir putih, serta deretan batu granit abu kehitam-hitaman tampak amat kontras. Namun demikian, tidak mengurangi pesona artistik yang mampu meninggalkan kesan mendalam di hati para pengunjung.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Tinggi

Alamat Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Twitter.com @alianshori_MSi

Terletak di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Anda perlu menggunakan kapal untuk bertolak ke Pelabuhan Tanjung Pandan. Setiba di sana, segera cari angkot yang mengarah ke Pertigaan Tanjung Binga. Terpaut sekitar 29 km dari Kota Tanjung Pandan, Anda dapat meneruskan perjalanan menggunakan ojek untuk benar-benar tiba di Pantai Tanjung Tinggi.

Itulah rute yang dapat dipilih jika Anda menggunakan angkutan umum. Namun, untuk menuju ke Kabupaten Belitung, sangat mungkin untuk memanfaatkan kendaraan pribadi. Cukup berdayakan dan ikuti setiap panduan Google Maps. Sebaiknya Anda tidak datang sendirian untuk lebih mudahnya.

Adapun alternatif rute lainnya, Anda bisa berangkat dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin kurang lebih 45 menit sampai 1 jam. Selanjutnya, melintasi jalur Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Walau membutuhkan waktu relatif lebih lama, namun perjalanan Anda akan ditemani deretan restoran, warung makan, mesin ATM sebelum menikmati keseruan di pantainya.

Anda akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang ketika menyambangi pantai cantik ini. Di samping itu, membayar parkir senilai Rp 5.000 untuk mobil dan motor Rp 2.000. Harga yang terbilang murah mengingat pelayanan dan fasilitas yang disediakan pihak pengelola sudah cukup memadai. Apalagi, panoramanya juga amat memukau.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi

Kegiatan Menarik di Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Facebook.com @miardi.sst

1. Berenang

Mengingat air yang jernih dan ombak relatif tenang, aktivitas paling utama di Pantai Tanjung Tinggi berenang. Penyebab gelombang yang bersahabat ini karena berbentuk seperti teluk. Baik orang dewasa maupun anak-anak, semuanya bebas seru-seruan di dalam air. Di samping itu, jarak dari dasar laut ke permukaan juga relatif dangkal.

2. Menjelajahi Lautan

Tersedia wahana air berupa jetski, perahu karet, dan perahu kano yang bisa Anda jadikan sarana penjelajahan. Mengunjungi sudut-sudut pantai, meliuk di antara kumpulan bebatuan granit. Kegiatan ini asyik jika dilakukan bersama kawan sepermainan.

3. Piknik Demi Menikmati Keindahan Pantai

Tanjung Tinggi menyuguhkan panorama memesona dari berbagai sisi. Ketika menginjakkan kaki pertama kali, Anda akan menyadari bahwa destinasi ini berbentuk seperti teluk, di mana dua semenanjung mengapit dari kedua sisi. Semakin jauh menjelajah, Anda akan menyusuri butiran pasir putih yang terlihat bagai mutiara versi mini.

Di sisi lainnya, batuan granit berukuran kecil hingga raksasa turut memeriahkan suasana. Perpaduan batu-batu tersebut terlihat seperti benteng pelindung. Secara umum, tempat yang sangat cocok untuk piknik sembari menikmati indahnya panorama lepas pantai. Ditemani embusan angin sepoi-sepoi, serta suara debur ombak yang tak seberapa sehingga bagai nyanyian alam.

Deretan pohon semakin menambah kedamaian, Anda bisa menggelar tikar di bawahnya. Bermain hingga petang menjelang, lantas menyaksikan sinar sang surya berwarna jingga kemerahan merebak di atas permukaan air. Ketika datang di pagi hari, cuacanya terasa hangat di bawah pancaran matahari yang belum begitu menyilaukan.

Kegiatan di Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Google Maps (Shuvam Nandi)

4. Menyelam

Jika kurang puas hanya dengan bermain di kawasan permukaan air, Anda bisa mencoba mencoba olahraga selam. Baik snorkeling ataupun diving, keduanya cukup aman sekaligus menggiurkan untuk dilakukan di sini. Keanekaragaman biota laut, terumbu karang, dibalut ari yang jernih merupakan perpaduan sempurna bagi para penyelam.

5. Mencicipi Kulineran Lokal

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyantap kuliner lokal dengan cita rasa Bangka Belitung. Semua menu yang ditawarkan mampu menggoyang lidah, tersebar di warung sepanjang pantai. Mulai dari udang dan ikan bakar, cumi-cumi, gangan, serta pilihan lain. Sebagai informasi, gangan merupakan kuliner khas Bangka Belitung yang memadukan kepala ikan dan sayur dibalut bumbu kunyit.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Tanjung Tinggi

Penginapan Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Agoda.com

1. Lorin Belitung Hotel

Hotel ini cukup bersih dan bagus, menawarkan pelayanan yang sangat ramah. Menghadap langsung ke bebatuan dan lautan. Fasilitasnya berupa kolam renang, area parkir, AC, resepsionis stand by 24 jam. Terletak di Jalan Tanjung Tinggi, terpaut sekitar 1,65 km dari Pantai Tanjung Tinggi. Tarif mulai Rp 750.000-an per malam.

2. Pelangi Lake Resort & Hotel Belitung

Fasilitas yang ditawarkan berupa restoran, akses WiFi, parkir, dan resepsionis 24 jam. Tarif per malam senilai Rp 300.000-an.

3. Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

Tarif per malam dibanderol sebesar Rp 650.000-an. Dilengkapi fasilitas lengkap dan lanskap menawan. Cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lama dan nyaman di Bangka Belitung.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Google Maps (Raldy Dhe Vega)

Seiring dengan kepopulerannya, pihak pengelola Pantai Tanjung Tinggi senantiasa berupaya memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik kepada para wisatawan. Dilengkapi musala, toilet, parkiran luas, hingga deretan warung penjual aneka kuliner bercita rasa khas Bangka Belitung.

Ada pula penyewaan perahu kano yang harganya dipatok mulai dari Rp 50.000-an. Semua keperluan Anda dapat diakomodir di sini. Jika Anda termasuk pengunjung yang enggan membawa perbekalan dari rumah, tak masalah walau datang tanpa menyiapkan apa-apa selain budget memadai.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan representasi kecil dari pesona Bangka Belitung. Untuk mengetahuinya lebih jauh, Anda harus mampir ke destinasi menarik lainnya. Terkenal di mancanegara, pulau yang menjadi latar film Laskar Pelangi ini mampu memikat hati.