Pantai Tikus Emas, Wisata Pantai Eksotis Nan Indah di Bangka

Pantai Tikus Emas, Wisata Pantai Eksotis Nan Indah di Bangka
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Keindahan dari Bangka Belitung memang mampu membuat siapa saja merasa dimanjakan oleh beragam destinasi wisatanya. Layaknya keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Tikus Emas. Mempunyai nama yang terdengar sedikit lucu, namun pantai ini tidak main-main dalam menyuguhkan pesonanya. Wisatawan yang datang tidak akan menemui tikus emas, tetapi pemandangan pantai yang memesona.

Wisata bahari ini berlokasi Kabupaten Bangka tepatnya di area Sungailiat. Pantai ini memiliki pemandangan triliyunan butiran pasir putih yang tersebar dari tepi ujung hingga ke ujung lainnya. Selain pasir putihnya, pantai yang berada di tanah Bangka ini juga menyuguhkan pesona laut lepas yang berwarna hijau kebiru-biruan. Sehingga dapat memikat siapapun untuk menghabiskan waktunya disini.

Membahas mengenai asal-usul dari nama Pantai Tikus Emas ini tidaklah terlalu jelas kebenarannya. Ada pihak yang mengatakan bahwa di kawasan pantai ini dulunya terdapat banyak jalan tikus atau jalan kecil yang seringkali difungsikan para penambang ilegal untuk mengirimkan timah melewati laut. Namun ada juga pihak yang mengatakan bahwa dulunya kawasan ini banyak ditinggali tikus dan dibuatlah nama pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tikus Emas

Daya Tarik Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (A. Satria Anugrah)

Memiliki nama pantai yang cukup mengocok perut, pantai ini tidak pernah kalah dalam membuat terpukau para pengunjungnya. wisatawan tidak perlu merasa jijik ketika berkunjung kesini, bahkan sebaliknya, wisatawan akan sangat dimanjakan oleh beragam daya tarik yang ditawarkan. Dan yang terpenting ialah, wisatawan tidak akan menemukan tikus berwarna emas yang berkeliaran saat disini.

1. Wahana Seru yang Memacu Adrenaline

Luasnya lautan berwarna hijau kebiruan yang disuguhkan oleh Pantai Tikus Emas menjadikan wahana seru sangat cocok untuk dicoba. Beragam wahana seru yang bisa memacu adrenalin para pengunjungnya telah disediakan disini seperti halnya banana boat, ATV, flying fox, jetski, hingga penyewaan tenda untuk camping. Dengan beragam wahana ini akan membuat liburan terasa lebih seru.

2. Dekat dengan Vihara Puri Tri Agung

Obyek wisata berbentuk pantai ini juga memiliki wisata tambahan yang bisa wisatawan kunjungi. Lokasinya pun tidak jauh dari pantai, jadi wisatawan akan memerlukan waktu yang sedikit untuk menyambanginya. Obyek wisata ini merupakan tempat ibadah bagi umat yang memeluk agama Budha, Kong Hu Cu dan Toisme. Dengan bangunannya yang khas, tentunya akan menarik para pengunjung.

3. Daya Tarik Utama Berupa Pesona Pantai

Pesona pantai yang disajikan khusus untuk para pengunjungnya ini menjadi daya tarik utama. Deretan pepohonan pinus yang berdekatan bak seorang sahabat ini menjulang tinggi hingga menutupi sebagian cahaya matahari. Sehingga wisatawan tidak akan merasa teriknya matahari saat siang hari. Pasir putihnya yang tersebar juga bergandengan dengan air lautnya yang cantik semakin menambah indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tikus Emas

Alamat Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Ayub Mualap)

Pantai yang mempunyai pemandangan indah dengan pasir putih dan gradasi warna lautnya ini akan membuat siapapun tertarik mendatanginya. Pantai Tikus Emas berlokasi di Kepulauan Bangka Belitung tepatnya Kabupaten Bangka, Kecamatan Sungailiat. Berdasarkan letaknya, pantai ini berada dekat dengan Pantai Tanjung Pesona yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi pantai.

Wisatawan yang berada di Pantai Tanjung Pesona dapat melanjutkan perjalanan ke arah selatan dengan melalui Jalan Lingkar Timur. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menempuh perjalanan dari Pantai Tanjung Pesona menuju Tikus Emas tergolong singkat. Bagaimana tidak, wisatawan hanya memerlukan waktu 10 menit saja, singkat sekali bukan. Jadi tidak ada alasan untuk melewati pesona indah pantai ini.

Wisatawan yang datang dari Pangkalpinang pun bisa juga menikmati suguhan Tikus Emas dengan cara mengarahkan kendaraan ke arah Jalan Lingkar Timur. Waktu yang diperlukan pun tidak terlalu sebentar namun juga tidak terlalu lama yaitu sekitar 45 menit tergantung keramaian jalan menuju lokasi. Akses jalannya pun tidak perlu diragukan, wisatawan akan menemukan kontur jalan yang mudah dan mulus.

Walaupun memiliki akses jalan yang mulus dan mudah, kendaraan beroda empat tidak bisa turun langsung ke pusat pantai. Oleh karena itu, wisatawan yang membawa kendaraan beroda empat seperti halnya mobil diharuskan untuk berjalan kaki menuju pusat pantai. Memang terdengar sedikit repot, akan tetapi wisatawan bisa mengakalinya dengan membawa kendaraan beroda dua agar lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Tikus Emas Bangka

Harga Tiket Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Catherine Novita Kusumaningrum)

Tidak perlu memikirkan harga yang selangit untuk menginjakkan kaki disini. Dengan harga yang bersahabat, wisatawan sudah bisa menyaksikan keindahan pantai dari tepiannya. Sembari duduk diatas pasir putih, wisatawan juga bisa melihat bentang alam berupa lautan dengan gradasi warna hijau dan biru. Dijamin, wisatawan akan puas ketika memutuskan untuk menghabiskan liburan di pantai satu ini.

Wisatawan yang tertarik berkunjung ke Pantai Tikus Emas bisa mempersiapkan sejumlah uang sebagai biaya parkir kendaraan. Dengan uang sebesar Rp 2.000, wisatawan sudah bisa memarkirkan kendaraan beroda dua di area parkirnya. Sementara bagi wisatawan yang membawa mobil bisa mempersiapkan uang sebesar Rp 5.000 sebagai biaya parkir kendaraan beroda empat seperti halnya mobil. Bagaimana, murah bukan?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tikus Emas

Kegiatan di Pantai Tikus Emas
Image Credit: Facebook.com @BangkaTerkini

1. Menambah Keseruan dengan Wahana Permainan

Keberadaan beragam wahana permainan yang tersedia di pantai ini mampu menambah keseruan liburan. Seperti halnya flying fox yang akan menerbangkan Anda diatas pasir putih pantai ini. Banana boat-nya pun cukup populer, wisatawan bisa menaikinya bersama keluarga dengan misi menerjang ombak. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menyewa tenda untuk kegiatan camping.

2. Berkunjung ke Vihara Puri Tri Agung

Obyek wisata Pantai Tikus Emas juga memiliki destinasi tambahan yang dijamin akan menarik untuk disambangi. Dia adalah Vihara Puri Tri Agung, dengan desain arsitektur bangunannya yang terlihat menarik tentunya berperan baik dalam meraup pengunjung. Wisatawan bisa berkunjung kesini sembari memperkaya ilmu dengan tata cara beribadah dari ketiga agama yaitu Budha Kong Hu Cu, dan Toisme.

3. Bersantai Dibawah Rindangnya Pepohonan Pinus

Wisatawan tidak perlu pusing pusing memilih waktu yang tepat untuk menyambangi pantai ini. Wisatawan pun tidak perlu menunggu hingga waktu sore hari agar panasnya matahari tidak terlalu menyengat. Pasalnya pantai ini memiliki deretan pepohonan pinus yang akan membuat sejuk udara bahkan pada saat siang hari. Wisatawan bisa bersantai dibawah pepohonan ditemani pesona cantik.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Pegipegi.com

1. Pesona Bay Hotel

Hotel ini terlihat megah dengan bangunannya yang memiliki desain minimalis. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pantai juga menjadikan Pesona Bay Hotel cocok ditinggali wisatawan Pantai Tikus Emas. Hotel ini menyajikan pemandangan pantai langsung dengan akses ke pantai, jadi bagi wisatawan yang rindu dengan suasana pantai ketika malam hari bisa menikmatinya dari balik jendela.

2. Hotel Jati Mas

Hotel ini memiliki layanan resepsionis yang akan melayani pengunjung selama 24 jam penuh. Hotel Jati Mas menawarkan hotel dengan udara asri dan jauh dari keramaian. Kebersihan merupakan sebuah hal yang dijunjung tinggi oleh hotel ini, jadi wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan mengenai kebersihannya. Tak hanya itu saja, area parkir yang luas menjadi kelebihan lain dari hotel ini.

3. Hotel Batu Bedaun

Lokasi dari Hotel Batu Bedaun berada dekat dengan pantai. Jadi wisatawan sudah bisa merasakan bangun disambut dengan pesona indah pantai asal tanah Bangka. Areanya cocok dijadikan sebagai tempat bermalam bagi keluarga karena tersedia gazebo dengan view pantai. Pantai ini juga memiliki fasilitas seperti halnya kolam renang dan akses langsung ke pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tikus Emas Bangka

Fasilitas di Pantai Tikus Emas
Image Credit: Google Maps (Pulung Pranantya)

Pantai Tikus Emas tergolong dalam obyek wisata dengan jumlah pengunjung yang cukup ramai. Sehingga, para pengelola berupaya untuk meraup lebih banyak wisatawan lain dengan cara menambah ketersediaan fasilitas. Jadi, wisatawan yang berniat menginjakkan kaki disini tidak perlu merasa repot ataupun khawatir akan fasilitas karena sudah tersedia secara lengkap dan memadai.

Pantai yang berada di Bangka ini memiliki fasilitas area parkir yang terbilang cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjungnya, wisatawan pun akan dibebankan dengan sedikit biaya parkir. Kamar mandi yang berada disini, bisa digunakan untuk membilas badan selepas bermain wahana air di lautan ataupun bisa juga digunakan sebagai tempat mengganti pakaian sebelum bermain air.

Pantai ini juga tidak ketinggalan dengan mushola yang bisa digunakan oleh para pengunjungnya untuk menunaikan kewajiban bagi yang beragama Islam. Fasilitas yang berada di dalam mushola ini pun lengkap seperti halnya perlengkapan sholat. Selain itu, wisata pantai ini juga memiliki fasilitas wahana permainan yang akan memacu adrenalin. Sehingga, liburan akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Bagaimana, apakah Anda sudah berencana untuk datang dan berlibu disini? Jangan pernah sekalipun melewati Pantai Tikus Emas di Kabupaten Bangka karena suguhan yang ditawarkan sangat sayang jika dilewatkan. Tunjukkan jiwa melancong yang sudah lama bersemedi di badanmu dengan cara menyambangi tempat ini. Anda tidak akan mendapatkan liburan yang biasa-biasa saja ketika berada di Kepulauan Bangka Belitung.