Pantai Tirtayasa, Pesona Pantai Indah Nan Asri di Lampung

Pantai Tirtayasa, Pesona Pantai Indah Nan Asri di Lampung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamaju, Kec. Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Pantai Tirtayasa di Bandar Lampung cocok dijadikan wisata berkumpul bersama keluarga karena menyediakan pemandangan yang memanjakan mata. Bahkan disana terlihat cukup luas dalam menampung para tamu yang berlibur. Selama di Pantai menawan ini traveller tidak akan bosan karena setiap spot memiliki keunikan tersendiri yang cocok dipotret.

Suara deburan ombak mampu membuat para tamu merasa rileks saat duduk di saung. Apalagi air laut yang bersih dan berwarna biru menjadi keunikan yang tidak pernah mengecewakan. Anda boleh memilih tempat duduk dimana saja untuk menikmati Pantai indah ini.

Beranjak ke area lain, traveller akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang bercorak putih. Apalagi di kawasan pasir tampak banyak pohon yang tumbuh dengan subur. Jika Anda ingin mencari tempat bersantai dengan sejumlah panorama alam maka bisa mampir ke Pantai Tirtayasa.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tirtayasa

Daya Tarik Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit Google Maps Zhafran Afif Syahmenan

1. Tempat Asri

Pantai ini memang dikenal mempunyai beragam jenis pohon yang tumbuh di tepian. Pohon itu membuat udara semakin sejuk meskipun cuaca sedang panas. Biasanya sebagian orang memilih untuk duduk di bawah pohon sambil berkumpul dengan keluarga. Nuansa wisata yang masih asri dan natural seperti ini memang masih jarang ditemui.

Tempat yang asri tersebut cocok dipakai untuk melepas penat karena membuat betah. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati kesejukan saja, namun juga boleh berfoto di sekitar pohon. Disana ada pohon bakau hingga kelapa yang bisa dipilih sebagai background memotret momen seru.

2. Kejernihan Laut

Laut yang jernih selalu memikat hati wisatawan karena sering digunakan sebagai tempat bermain. Pantai Tirtayasa memiliki air yang berwarna biru muda hingga tua dan sangat bersih jika diamati. Bahkan biasanya laut tersebut sering dilintasi perahu nelayan yang hilir mudik mencari ikan.

Ombak yang ada di destinasi ini juga sangat tenang sehingga tidak membuat pelancong merasa takut saat berenang. Anda wajib mengambil momen ketika bermain air sebagai kenangan tersendiri. Pastikan pula membawa perlengkapan sendiri karena di sepanjang wisata masih belum banyak menyediakan tempat sewa.

3. Pasir yang Bersih

Pantai Tirtayasa dilengkapi dengan hamparan pasir yang membuat wisatawan terpesona. Pasir tersebut selalu ramai dipakai bermain, bahkan ada pula yang berjemur disana. Selain putih dan bersih, pasir ini diketahui sangat lembut karena tidak bercampur dengan batu. Petugas juga selalu memastikan dan menjamin kebersihan kawasan pasir.

Para tamu yang tidak ingin merasa jenuh, bisa berjelajah di setiap sudut Pantai sambil melewati pasir. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat sunrise dan sunset dengan duduk di pasir karena terlihat jelas pergantian warna langit itu. Jadi berkunjung ke Pantai Tirtayasa menjadi hal yang disukai pelancong dari berbagai penjuru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Bagus Bagaskoro

Pantai Tirtayasa tepat berada di Jalan RE Martadinata, Bandar Lampung. Terletak dekat kota Lampung membuat sejumlah kendaraan mudah melewati rute. Apalagi tidak jauh dari Pantai tampak angkutan umum seperti bus, ojek, serta travel. Pelancong yang ingin melipir ke kawasan pantai dapat memilih kendaraan yang akan dibawa selama berkunjung.

Jika berada di pusat kota Bandar Lampung, pengunjung harus melintasi sejumlah rute yang disediakan. Anda dapat mulai berkendara dari Jalan Teratai menuju Jalan Pajajaran. Belok sampai masuk kawasan Jalan Hanoman dan arahkan ke Jalan Teuku Umar. Lurus ke Jalan Saleh Raja Kusuma Yudha dan tidak jauh dari sana terlihat Pantai Tirtayasa yang indah ini.

Ruas jalan sangat lebar dan tentu beragam kendaraan apapun boleh melewatinya. Apalagi perjalanan mudah ditempuh karena sudah terpasang papan petunjuk. Siapapun bisa mengamati rute tercepat menuju Pantai dan pastikan datang lebih awal. Bila perlu pakai aplikasi google maps yang lebih akurat dalam menunjukkan titik lokasi destinasi alam itu.

Harga Tiket Masuk Pantai Tirtayasa

Tiket Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Philippe Lefevre

Memasuk kawasan pantai cantik ini mempunyai harga yang cukup terjangkau untuk digunakan sebagai tempat refreshing. Tiket masuk hanya dikenai Rp 10.000 yang berlaku mulai pagi sampai menjelang tutup. Destinasi alam itu memang cocok dikunjungi di kala waktu luang. Bahkan pengunjung dapat mengajak teman dan keluarga untuk sekedar bermain di Pantai.

Harga yang diperlukan untuk parkir kendaraan pun tidak membuat kantong kering. Tarif hanya Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 yang berlaku khusus bus atau mobil. Datang ke wisata hits ini memang tidak menguras budget yang dibawa traveller. Apalagi setiap hari harga yang tertera tidak pernah berubah karena sudah ditetapkan pengelola.

Para pelancong juga boleh menyiapkan makanan dari rumah jika tidak ingin membeli disana. Tetapi pada warung kuliner menawarkan harga makanan yang masih cukup aman di kantong. Sewa alat bermain pun tidak termasuk mahal agar semua tamu betah di area. Jadi liburan ke Pantai Tirtayasa ini tidak membutuhkan banyak biaya yang menguras kantong.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tirtayasa

Aktivitas Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Philippe Lefevre

1. Bersantai

Pantai Tirtayasa mempunyai saung yang mengarah ke laut dan sering digunakan tempat duduk. Saung itu memang masih tradisional karena terbuat dari kayu serta diberi atap agar pelancong lebih nyaman. Biasanya tempat duduk tersebut selalu ramai dipakai rombongan keluarga. Anda yang berada di saung juga bisa merasakan udara dan bersantai.

2. Bermain Pasir

Menikmati pasir Pantai dengan menyiapkan cetakan serta perlengkapan lain membuat siapapun tidak ingin segera pulang. Pasir Pantai Tirtayasa memang tampak putih bersih dan biasanya ada kerang yang muncul. Wisatawan sering singgah di pasir sambil mengajak kerabat bermain. Hal yang terpenting tetap jaga kebersihan pasir selama Anda bermain.

3. Berenang

Mencoba bermain air dengan berenang tidak boleh sampai terlewatkan. Air laut yang dingin dan bersih cukup menarik dimanfaatkan untuk bermain. Apalagi ombak putih yang ada di Pantai tidak terlalu bahaya karena hanya riak-riak kecil. Setiap orang yang berenang tentu akan senang dan tidak sedikit yang membawa kamera khusus untuk merekam video air laut.

4. Berjemur

Pengunjung yang ingin sekedar merasakan udara pagi bisa memilih duduk di sekitar Pantai Tirtayasa. Wisata alam itu memang dapat digunakan berjemur karena sinar matahari tidak terhalang apapun. Anda yang berjemur bisa sambil memutar lagu supaya lebih nyaman. Selain itu, siapkan sendiri alas atau peralatan lain karena disana tidak tersedia.

Aktivitas Lain Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Nadira Ogla

5. Menjepret Foto

Background alam mulai dari pasir, pohon, serta laut yang bercorak biru dapat dijumpai di sepanjang destinasi. Hal tersebut membuat para tamu sering menjepret foto sambil berpose. Banyak pula yang memotret panorama alam untuk dijadikan kenangan. Pantai Tirtayasa memang mempunyai sejumlah keindahan yang membuat foto selalu bagus.

6. Piknik

Membawa camilan dan makanan lain untuk memanjakan perut selama liburan memang diperbolehkan oleh petugas. Traveller selalu piknik bersama kerabat karena wisata alam memang cocok dijadikan tempat berkumpul. Bahkan Anda bisa memilih tempat sesuai keinginan hati karena lahan Pantai cukup luas bila ingin dipakai sebagai spot berpiknik.

7. Melihat Sunset

Sunset yang mudah dilihat dari arah Pantai menjadi panorama favorit setiap orang. Pelancong bisa menikmati sunset dengan duduk di kursi yang telah tersedia. Namun area pasir biasanya juga cukup ramai karena cocok untuk melihat sunset. Jadi Anda yang ingin melihat pemandangan perubahan warna langit dapat memilih spot dimana pun.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Aktivitas Lain Pantai Tirtayasa Lampung
Image Credit: Google Maps Muhamad Japar

Pantai Tirtayasa terlihat menyiapkan sejumlah fasilitas yang mampu membuat para tamu terbantu dalam melakukan aktivitas. Saung yang memiliki atap banyak berjejer di tepian untuk tempat melepas penat sambil duduk melihat Pantai. Toilet umum bisa ditemui di sekitar dengan air mengalir yang bersih dan tempat cukup luas untuk membasuh diri.

Lahan yang disediakan sebagai tempat parkir tidak sulit dijumpai. Anda yang membawa mobil atau kendaraan roda dua boleh parkir disana dengan membayar tarif yang ditentukan. Mushola ada di dekat toilet dan sudah dibersihkan secara berkala oleh petugas. Traveller bisa memakai mushola dan meminjam alat ibadah asalkan tetap menjaga kebersihan area.

Warung makan tersedia di kawasan pantai, meskipun tidak dalam jumlah banyak karena biasanya buka pada hari libur. Tetapi Anda tentu boleh membawa bekal makanan untuk dicicipi sambil piknik. Spot kemah tampak di sudut wisata yang sering ramai pada hari tertentu. Sewa alat bermain air masih belum lengkap, jadi Anda bisa membawa sendiri.

Nah, itulah informasi yang berkaitan dengan Pantai Tirtayasa, Bandar Lampung. Berkunjung ke wisata hits ini saat hari libur menjadi pilihan yang tepat karena banyak pengunjung lain yang datang. Anda tidak perlu takut karena lahan di Pantai cantik itu terlihat sangat luas. Selama berlibur pastikan mengajak kerabat sambil membawa kamera, camilan, serta alat bermain.