Pesona Pantai Trikora di Bintan, Menikmati Keindahan Pantai Sembari Kulineran

Pesona Pantai Trikora di Bintan, Menikmati Keindahan Pantai Sembari Kulineran
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Kepulauan Riau.

Pantai Trikora merupakan salah satu pantai yang berada di Bintan, Kepulauan Riau dengan pasir putih dan bebatuan besar di sepanjang pantainya yang sangat memukau. Menurut masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari turis asing yang menyebut three corral, namun beberapa yang lain juga ada yang mengaitkan nama Trikora dengan sejarah Tri Komando Rakyat.

Pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang sehingga pantainya sendiri dibagi menjadi beberapa bagian. Ada bagian Trikora satu, dua, dan tiga yang biasanya disebut trikot dan juga bagian empat. Sedangkan pantainya sendiri berupa hamparan pasir yang landai dengan sederet pohon palem yang berjajar-jajar rapi. Ada juga bebatuan besar dari tepi hingga yang menjorok ke laut.

Pantai ini memiliki ombak yang sedang, sehingga jika pengunjung ingin berenang sebaiknya menggunakan pelampung untuk keselamatan. Anak-anak juga harus selalu diawasi jika bermain air. Akan jauh lebih baik jika datang bukan saat musim gelombang. Pantai Trikora juga akan padat oleh pengunjung jika musim liburan, sehingga pastikan Anda datang pada waktu yang tepat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Trikora

Daya Tarik Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (HT)

Dengan keunikannya, pantai ini memiliki segudang daya tarik yang membuatnya selalu ramai oleh pengunjung. Kelebihan dari pantai ini tidak banyak ditemukan di pantai-pantai lain sehingga sangat sayang untuk tidak dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa daya tarik dari pantai ini.

1. Batu Raksasa

Jika menelusuri Pantai Trikora 3, maka pengunjung akan disuguhkan dengan bebatuan granit raksasa berwarna putih. Bebatuan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri karena tidak semua pantai memiliki bebatuan besar seperti yang ada di pantai ini. Dipadukan dengan air laut yang berwarna biru jernih dan pasir putih lembut, bebatuan ini semakin menambah indah pemandangan alam sekitar.

Pemandangan dari bebatuan raksasa ini juga mengingatkan dengan lantar pantai di film Laskar Pelangi. Bagi pengunjung lokal, tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Belitung karena pantai eksotis ini sudah sangat cukup mewakili. Pengunjung yang datang tidak akan kehabisan spot-spot foti yang bagus di antara bebatuan. Hasilnya tidak akan mengecewakan.

2. Pemandangan Pantai

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan, tidak kalah dengan pantai-pantai indah lainnya di Indonesia. Dengan garis pantai yang sangat panjang, air lautnya bening sehingga pengunjung dapat melihat ke dasar perairan dangkal. Sejauh mata memandang, pengunjung hanya akan melihat lautan biru yang seperti tidak ada ujungnya.

Selain itu, pantai ini juga sangat bersih, tidak ada sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Kebersihan juga sangat berpengaruh dengan daya tarik sebuah tempat wisata. Semakin bersih, maka juga akan semakin indah pemandangan alam. Karena itu, lingkungan yang masih terjaga membuat pantai ini menjadi destinasi wisata favorit di Kepulauan Riau.

3. Kuliner Khas

Pantai Trikora juga terkenal dengan kuliner khasnya. Tidak heran pantai ini memiliki daya tariknya sendiri bagi para pecinta kuliner terutama menu-menu seafood. Kios-kios makanan yang banyak berjejer di sepanjang pantai siap memanjakan lidah pengunjung dengan sajian khasnya yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Beberapa menu yang cukup unik dan khas adalah otak-otak ikan atau cumi-cumi. Anda juga dapat menemukan makanan khas Bintan seperti siput laut atau biasa disebut dengan gonggong oleh warga sekitar. Rasa siput ini seperti cumi-cumi. Biasanya akan disajikan dengan sambal kacang yang menjadi perpaduan lezat di mulut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Trikora

Alamat Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (Randa Yuheldi)

Pantai Trikora berada di Rapat Malang, Bintan. Dari Kota Tanjung Pinang hanya berjarak 45 kilometer ke arah timur. Karena terbagi menjadi empat bagian, bagian tiga dan empat merupakan yang paling banyak dikunjungi karena memiliki penginapan sehingga pantai juga lebih terjaga keindahan dan lingkungannya. Namun, Anda juga dapat mencoba bagian pantai lain yang juga indah.

Jalan menuju lokasi pantai sudah sangat baik. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mudah. Sayangnya, tidak ada kendaraan umum yang dapat mengantar Anda sampai ke lokasi.

Anda dapat menyewa sepeda motor dengan harga per hari kurang dari Rp 100.000. Atau Anda bisa menyewa mobil dan jasa supir dengan harga sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000.

Pantai Trikora buka setiap saat, tidak ada jam tutup sehingga Anda dapat datang kapan saja. Untuk memasuki kawasan ini, Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk.

Wisata murah meriah ini dijamin akan memanjakan Anda. Selain tidak menguras kantong, Anda juga dapat melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Trikora

Kegiatan di Pantai Trikora
Image Credit: Google Maps (Zain Zairo)

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Trikora. Apalagi kawasan pantai ini sangat luas sehingga Anda dapat leluasa mencoba berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan. Beberapa kegiatan sudah tersedia kelengkapannya untuk Anda sewa sehingga membuat liburan Anda akan lengkap. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan.

1. Menikmati Pemandangan

Berada di pantai ini, Anda dapat menikmati pemandangan sepuasnya. Dengan udara yang sejuk, suara deburan ombak, dan pemandangan yang indah akan membuat pikiran Anda kembali segar dan siap untuk kembali melakukan aktivitas. Banyak spot-spot indah di pantai ini, sehingga Anda jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan momen.

2. Snorkeling

Pantai Trikora juga merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan olahraga air yang satu ini. Air yang jernih dengan terumbu karang yang indah akan menyambut Anda di bawah air. Jika Anda menyukai kegiatan satu ini, maka Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai di pesisir Kepulauan Riau ini. Tidak perlu khawatir, peralatan untuk snorkeling dapat Anda sewa di kawasan pantai.

Kegiatan Menarik di Pantai Trikora
Image Credit: Facebook.com @Kepri-Images

3. Banana Boat dan Kano

Wahana banana boat juga sudah tersedia di pantai ini. Anda dapat mencoba kegiatan menyenangkan yang satu ini. Liburan Anda akan semakin seru dengan menikmati air laut sambil mencoba olahraga yang cukup memacu adrenalin. Selain itu, juga tersedia kano yang dapat Anda sewa. Dengan mencoba wahana ini, Anda dapat melihat keindahan laut di atas perahu.

4. Wisata Kuliner

Setelah lelah bermain air di pantai ini, perut pasti akan terasa lapar. Maka berburu kuliner di tempat ini adalah kegiatan yang tak boleh terlewatkan. Apalagi Anda dapat merasakan makanan-makanan khas yang dijual di warung-warung sepanjang pantai. Bagi Anda pecinta seafood, menu makanan laut yang khas ini harus Anda coba karena belum tentu dapat Anda temukan di tempat lain.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. New Majorly Beach & Resort

Penginapan ini hanya berjarak 8 menit saja dari Pantai Trikora. Berupa pondok kayu dengan kamar yang nyaman dan pelayanan yang cukup memuaskan. Harga sewa per malam cukup terjangkau dengan fasilitas yang memadai. Penginapan ini menyediakan WiFi, AC, parkir, serta fasilitas unggulan seperti laundry atau dry cleaning dan penitipan koper.

2. Berakit Bay Resort

Penginapan ini juga tidak terlalu jauh dari lokasi pantai, hanya kurang lebih 17 menit saja. Dengan kamar yang nyaman, juga tersedia teras dengan taman yang asri. Penginapan ini juga memberikan fasilitas yang memadai seperti internet gratis, kipas angin, dan layanan pembenahan kamar setiap harinya. Selain itu, penginapan ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya.

3. Madu Tiga Beach & Resort

Hanya 15 menit perjalanan saja dari pantai, penginapan ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lain. Dengan kenyamanan kamar yang akan Anda dapatkan, fasilitas yang disediakan juga memadai untuk kebutuhan Anda. Meskipun meja resepsionis hanya melayani pengunjung pada jam tertentu, namun terdapat fasilitas antar-jemput bandara atas permintaan dengan biaya tambahan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Trikora Bintan

Fasilitas di Pantai Trikora Bintan
Image Credit: Google Maps (Wen Sheng KONG)

Menjadi wisata yang favorit di Kepulauan Riau, Pantai Trikora sudah menyediakan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Di sekitar pantai sudah tersedia toilet dan tempat bilas. Anda hanya perlu membayar uang kebersihan sebesar Rp 3.000 saja untuk menggunakan fasilitas ini. Juga tersedia warung-warung makanan untuk mengisi perut.

Jika Anda ingin melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan, di pantai ini juga sudah menyediakan berbagai wahana yang dapat Anda sewa. Ada berbagai macam olahraga yang dapat Anda sewa seperti kano, snorkeling dan bahkan layang-layang.

Jika Anda ingin bermalam, di pantai ini juga sudah tersedia banyak penginapan. Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda sudah mendapatkan berbagai fasilitas yang memadai. Beberapa pihak hotel juga menawarkan paket tour sehingga Anda akan mendapatkan akomodasi untuk berbagai kegiatan seperti snorkeling atau diving.

Pantai Trikora menjadi wisata keluarga yang harus dikunjungi jika berada di Bintan, Kepulauan Riau. Tempatnya yang unik dengan bebatuan raksasa akan membuat Anda merasa seperti di Negeri Laskar Pelangi. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan, juga tersedia makanan khas yang dapat Anda coba. Fasilitas juga memadai untuk tempat wisata yang murah meriah ini.