Pantai Turun Aban, Pesona Pantai Indah & Batuan Granit Eksotis di Bangka

Pantai Turun Aban, Pesona Pantai Indah & Batuan Granit Eksotis di Bangka
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang khas dengan maritimnya di pulau Sumatera. Karena maritim, terdapat banyak tempat wisata yang mempesona, dengan daya tarik wisata utamanya yaitu Pantai. Pantai menyebar di segala penjuru Bangka, salah satu pantai yang akan dibahas adalah Pantai Turun Aban.

Pantai yang khas dengan batu granit ini menyajikan pemandangan yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang tidak terlalu ramai oleh pengunjung menjadi istimewa untuk para wisatawan yang menginginkan suasana sepi, hening dan damai. Selain itu, pantai ini tampak bersih, tidak terlihat sampah-sampah yang mewarnai.

Sebelum menjadi Turun Aban, pantai ini dulu lebih dikenal dengan sebutan Teluk Limau, karena kondisi pantai yang lebih terlihat seperti Teluk. Ciri khas batu granit juga menambah daya pesona pantai. Destinasi yang cocok dikunjungi disaat libur bersama keluarga atau orang yang disayang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Turun Aban

Daya Tarik Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Jenggo

1. Panorama Eksotis Pantai

Daya tarik yang dimiliki Pantai Turun Aban salah satunya adalah pemandangan indah pantai. Saat sampai ke lokasi bibir pantai, terdapat hamparan laut dengan warna kebiruan jernih yang membentang luas. Pantai ini memang tidak terlalu luas seperti pantai lainnya, tetapi tidak mengusik kenikmatan pemandangan yang ditawar.

Selain hamparan laut dengan air yang kebiruan, pasir pantai pun menambah daya tarik. Pasir pantai ini berwarna putih halus. Sangat cocok untuk hanya sekadar bersantai-santai beralas pasir pantai.

Selanjutnya, wisatawan akan merasakan hembusan angin yang merasuki tubuh. Kadang deras kadang juga hanya sekejap lewat. Hembusan angin yang ditabur dengan deburan ombak pantai menambah keindahan yang unik. Di pinggir pantai juga terdapat batu granit besar.

Karena terjangan ombak yang menghantam relatif rendah, jadi wisatawan diberi izin untuk menikmati air laut dengan berenang atau hanya sekedar main di air. Waktu terbaik berkunjung ke pantai adalah pada sore hari. Melihat pemandangan matahari yang membenamkan diri untuk berganti bulan dengan kejinggaan langit.

2. Batu Granit Besar

Di pinggir Pantai Turun Aban terdapat suatu batu granit besar yang berasal dari perut bumi biasanya batu ini merupakan muntahan dari magma dari gunung yang telah meletus ratusan tahun silam. Batu ini cukup kasar dengan warna hitam yang menghiasinya.

Batu granit ini menjadi ciri khas sendiri yang berbeda dari pantai lainnya. Terlihat di beberapa tumpukan batu granit ditumbuhi oleh sebatang pohon kecil menghiasi atasnya. Bebatuan granit ini mengelilingi pantai menambah kesan yang menarik, terlebih tetap berdiri kokok di tengah-tengah pantai walaupun diterjang ombak.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Arya Haswardana

3. Perbukitan Tanjung

Pesona lain yang dimiliki pantai Bangka Belitung ini adalah terdapat perbukitan yang membentuk sebuah Tanjung. Perbukitan ini berada di pinggir pantai yaitu di sisi kanan dan kiri pantai. Perbukitan ditumbuhi oleh tanaman-tanaman hijau yang menyejukkan mata.

Di perbukitan tersebut, terdapat beberapa binatang-binatang kecil yang menetap secara tersembunyi melengkapi ekosistem pantai. Selain memandang bukit, anda pun dapat langsung merasakan sensasi alami dengan pendakian menuju bukit, dilengkapi dengan beberapa petugas yang memandu agar tidak tersesat.

4. Perahu nelayan

Menariknya di Pantai Turun Aban terdapat banyak perahu nelayan yang berwarna-warni yang bertengger di pinggir pantai. Salah satu mata pencaharian utama masyarakat pesisir adalah nelayan, tak heran terdapat banyak perahu yang dipergunakan untuk mencari nafkah.

Nelayan biasanya pergi untuk berlayar dalam penangkapan ikan di waktu sore hari sedangkan pulangnya pagi dengan membawa hasil tangkapan yang siap untuk di jual di pinggir pantai ataupun di pasar. Perahu-perahu itu tersusun rapi di sekeliling pinggir pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

Pantai yang unik ini hanya dapat anda temui di Desa Sinar Baru Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Lokasi pantai sangat strategis untuk ditempuh. Pantai ini terletak diantara Pantai Matras dan Pantai Parai Tenggiri.

Waktu tempuh perjalanan dari Kota Bangka Belitung ke lokasi Pantai Turun Aban adalah 2 jam lebih dengan jarak sekitar 137 kilometer, sedangkan waktu tempuh dari kota PangkalPinang ke lokasi pantai adalah sekitar 1 jam saja dengan jarak tempuh sekitar 42 kilometer.

Dengan rute dari titik Kota Pangkalpinang melalui Jalur darat yang melintasi Jalan Pangkalpinang ke Sungai Liat. Setelah sampai di Bundaran Air Mancur Juang Sungai Liat, belok ke jalur kanan dan teruskan melaju ke Simpang 4 Sungai Liat. Selanjutnya, ikuti saja jalannya sampai bertemu dengan persimpangan Kedai Tung Tau.

Setelah itu, ambil jalur Jalan Belinyu ke Sungai Liat sampai ke persimpangan Jalan Parai Indah. Teruskan perjalanan sampai tiba ke lokasi pantai. Perjalanan cukup jauh namun akan terbayar dengan pesona pemandangan yang menarik dipancarkan oleh pantai saat tiba ke lokasi.

Karena akses angkutan umum belum tersedia, anda dapat menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor. Selama perjalanan gunakan aplikasi google maps agar tidak sesat serta membawa perlengkapan protokol kesehatan dengan baik seperti masker dan hand Sanitizer.

Harga Tiket Masuk

Tiket Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Ahmad Muchlis

Wisata alam dengan pesona yang menarik ini hanya dibiayai harga tiket senilai Rp. 5.000 per orang. Harga tiket ini sudah termasuk dengan keindahan pantai. Menikmati pemandangan pantai yang menarik dengan biaya yang sangat ekonomis, sangat baik bukan?

Sementara itu dibebankan biaya parkir untuk kendaraan motor maupun mobil. Untuk kendaraan mobil dibanderol dengan harga parkir senilai Rp. 5.000 per unit, sedangkan untuk kendaraan motor harga parkir senilai Rp. 2.000 per unit. Pantai ini memiliki area parkir kendaraan yang luas dilengkapi dengan petugas keamanan.

Selain itu, jika ingin bermalam anda juga dapat mendirikan tenda secara gratis di pinggir pantai atau menyewa beberapa penginapan di kawasan pantai. Sedangkan untuk jadwal operasionalnya, Pantai Turun Aban dibuka setiap hari dengan waktu selama 24 jam, yang berarti dapat dinikmati setiap saat.

Kegiatan Menarik dilakukan di pantai Turun Aban

Aktivitas Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Nesty Wahyu

1. Hunting foto

Berfoto adalah kegiatan yang wajib dilakukan dan sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai Turun Aban. Anda dapat memanfaatkan keindahan pantai yang menarik untuk diabadikan di kamera foto. Terlebih jika mengajak keluarga atau teman, mengabadikan kenangan indah yang memikat.

Banyak spot foto menarik yang bisa diambil seperti di batu granit. Pengunjung dapat menaiki batu granit dan berfoto di atasnya, tetapi harus tetap hati-hati dan waspada ya karena batu yang sedikit licin. Selain itu dapat juga berfoto di pesisir pantai, di dekat perahu, berlayar sambil foto, pekarangan dan perbukitan pantai.

2. Berenang

Lokasi pantai ini sangat aman untuk melakukan aktivitas berenang karena di apit oleh beberapa batuan granit besar dan pekarangan. Terjangan ombak akan menghempas ke bebatuan terlebih dahulu sebelum pecah ke pesisir pantai. Arusnya tidak deras, wisatawan dapat berenang dengan menikmati dinginnya suasana air laut.

3. Bermain di pinggir pantai

Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok. Ada beberapa macam alternatif bermain. Pertama wisatawan dapat bermain sendiri dengan air di pesisir pantai, menikmati pasir pantai yang putih halus terlebih melihat deburan ombak yang berirama dengan hembusan angin.

Kedua, untuk wisatawan yang datang secara berkelompok dapat bermain bola ataupun bermain volly di pinggir pantai. Suasana yang pas untuk bermain terlebih dengan derasnya angin menambah sensasi berbeda.

Aktivitas Lain Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Cipto Sudrajat

4. Menyusuri pantai

Pengunjung dapat berjalan dengan menyusuri Pantai Turun Aban. Menikmati pantai memang sangat baik jika sambil berjalan langsung di pasir, melepas sepatu terganti dengan telanjang kaki. Merasakan badan terasa melayang didera angin deras, sambil memainkan pakaian yang ikut bergelombang.

5. Pondok istirahat

Pantai Turun Aban menyediakan beberapa pondok-pondok yang dikhususkan untuk para wisatawan. Pondok ini dapat dijadikan sebagai tempat peristirahatan ataupun tempat untuk makan dan minum, karena di sekitar pondok tersedia beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman khas pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Turun Aban

Fasilitas Pantai Turun Aban Bangka
Image Credit: Google Maps Haska Hafidzi

Sama halnya dengan pantai Bangka lainnya, Pantai Turun Aban juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai, diantaranya seperti tersedia warung-warung makanan khas dengan seafood sebagai menu utama. Tersedia juga beberapa toilet pria dan wanita serta tempat ganti khusus bagi yang berenang.

Sebelum memasuki pantai tersedia area parkir kendaraan yang luas dilengkapi dengan petugas keamanan yang ketat. Selain itu tersedia juga tempat ibadah seperti Musholla yang berada di pinggir pantai diperuntukan untuk pria dan wanita dengan air wudhu’ yang bersih.

Dipinggir pantai tersedia beberapa perahu nelayan yang siap untuk berlayar, anda dapat menyewa perahu itu untuk ke tengah pantai. Sekeliling pantai juga disediakan pondok-pondok sejuk yang dijadikan sebagai tempat istirahat.

Pantai Turun Aban adalah salah satu pantai indah yang terletak di Kota Bangka Belitung. Pantai ini memiliki pesona yang unik dengan batuan granit hitam yang cantik. Destinasi ini cocok untuk anda datangi saat berlibur!