Pantai Ujong Blang, Pantai Indah dengan Panorama Sunset & Sunrise di Lhokseumawe

Pantai Ujong Blang, Pantai Indah dengan Panorama Sunset & Sunrise di Lhokseumawe
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujong Blang, Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe , Aceh.

Pantai Ujong Blang jadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun dari luar daerah Lhokseumawe untuk menghabiskan akhir pekan berlibur bersama keluarga tercinta. Pantai di ujung barat ini tidak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan.

Selain keindahan pantai disini pengunjung juga bisa berburu kuliner yang disuguhkan warung-warung di pinggir pantai. Keindahan pantai dimulai sejak sinar mentari pagi yang mulai muncul menyemburkan warna jingga yang sangat cantik dan mempesona. Pemandangan sunrise disini layaknya magis yang menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Pantai yang letaknya ada di Provinsi Aceh ini dikenal juga dengan sebutan Pantai Jomblang. Selain keindahan sunrise pengunjung yang datang di pagi hari juga bisa menyaksikan secara langsung aktivitas nelayan yang berangkat untuk mencari ikan. Cek pesona pantai indah ini yuk!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ujong Blang

Daya Tarik Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Asmaul Husna

1. Pantai pasir putih

Nama Pantai Ujong Blang memiliki arti ujung sawah atau kebun. Pantai dengan pesona sunrise terbaik ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Pasirnya berhamburan sepanjang garis pantai yang panjang. Dahulu di tahun 90an pantai indah ini punya garis pantai yang panjang namun karena abrasi garis pantainya menjadi mengecil.

Tekstur dari pasir pantainya sangat lembut apabila terkena sinar matahari warna pasirnya menjadi eksotis. Wisatawan bisa dengan leluasa berjalan dan duduk duduk santai di atas pasirnya.

2. Ombak yang cukup tinggi

Birunya air laut di Pantai Ujong Blang dengan ombak yang cukup tinggi menambah riuhnya pantai. Ombak disini tinggi di waktu tertentu ketika pagi hari ombaknya cenderung tenang dan bisa dimanfaatkan untuk nelayan mulai mencari ikan. Waktu yang tepat bermain air di pantai indah ini ketika sore hari disaat sengatan matahari tidak terlalu panas.

3. Sunrise yang menenangkan

Daya tarik dari Pantai cantik ini adalah suasana matahari terbitnya. Berada di ujung barat membuat pantai ini punya momen sunrise yang menakjubkan. Berjalan-jalan santai di pagi hari sangat bagus dilakukan ketika liburan karena bisa membuat tubuh menjadi tenang dan rileks.

Daya Tarik Lain Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Sofia Nurvita

4. Sunset romantis

Tidak kalah dengan pesona sunrisenya ketika moment sunset banyak pengunjung yang datang ke lokasi Pantai Ujong Blang. Umumnya yang datang adalah pasangan muda-mudi. Suasana yang tercipta ketika sunset sangat romantis seolah sang surya akan meninggalkan singgasananya dan kemudian langit menjadi gelap.

5. Banyak warung makan dengan kuliner khas

Berbeda dengan jenis pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai cantik ini selain karena keindahan juga terkenal sebagai tempat untuk berburu kuliner khas dari Aceh Utara. Mulai dari Mie Aceh, lalu ada rujak yang jadi best seller, kelapa muda serta makanan khas lainnya. Harga yang dibandrol pun sangat terjangkau di kantong wisatawan.

6. Fasilitas bermain air

Pantai Ujong Blang dengan pesona sunrise ini menyediakan sejumlah fasilitas untuk bermain air bagi pengunjung. Fasilitas tersebut ada banana boat, perahu nelayan, ban, pelampung dan lainnya.

Pengunjung yang ingin memacu adrenalin bisa mencoba banana boat kemudian minta di hempaskan ke laut. Pengunjung sudah dilengkapi dengan peralatan keamanan berupa jaket pelampung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Andreas Senna Ndaramta

Alamat Pantai Ujong Blang ada di pinggir Lhokseumawe. Pantai indah ini terkenal karena lokasinya yang mencakup dari Muara Sungai Cunda. Masuk dalam wilayah administrasi 4 desa yaitu Desa Ujong Blang, Desa Hagu Tengah, Ulee Jalan dan Hagu Barat Laut. Keempat desa ini masuk dalam Kecamatan Banda Sakti, daerah Aceh Utara Provinsi Aceh.

Rute menuju lokasi bila wisatawan berasal dari Banda Aceh perlu waktu 5 sampai 6 jam perjalanan untuk bisa sampai ke lokasi pantai yang ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh kurang lebih 280 km jauhnya. Memang cukup jauh karena memang terletak di bagian ujung.

Bila kesusahan mencari rutenya pengunjung bisa menggunakan aplikasi Google Maps dengan mengetikkan kata pencarian Pantai Ujong Blang. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena memang sudah terkenal di pesisir Lhokseumawe.

Akses jalan untuk sampai ke lokasi pantai dari Kota Aceh sudah sangat bagus. Tidak sulit juga mencari petunjuk jalannya karena memang pantai ini cukup terkenal di masyarakat lokal terutama oleh masyarakat Aceh Utara.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Muhammad Salman

Harga tiket masuknya masih sangat terjangkau, Pantai Ujong Blang membandrol harga tiket masuk Rp 5.000 per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan roda dua maupun roda empat. Biaya parkir berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 5.000 saja.

Sejumlah biaya tambahan akan dikeluarkan untuk menyewa banana boat atau perahu yang sifatnya opsional. Ada pula biaya untuk membeli berwisata kuliner, rekomendasi makanan yang wajib dicoba ketika berada dj pantai cantik ini adalah rujak dan es kelapa mudanya. Soal harga makanan tenang karena masih sangat terjangkau.

Jam operasional pantai mulai Fajar dari jam 5 sampai jam 6 sore atau setelah matahari terbenam. Waktu terbaik mengunjungi pantai indah ini pada jam 5 pagi atau saat sebelum matahari terbit dan sore hari.

Pantai selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar daerah terutama disaat weekend dan hari libur nasional. Jadi pastikan memilih waktu terbaik ketika mendatangi pantai eksotis ini supaya mendapatkan pengalaman kunjungan yang menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ujong Blang

Aktivitas Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Muhammad Salman

1. Naik banana boat

Kondisi ombak yang cukup tinggi membuat pantai ini cocok untuk olahraga atau permainan air seperti banana boat. Pengunjung bisa naik banana boat dengan membayar biaya sewa. Besarnya biaya sewa untuk satu rombongan, satu kali perjalanan jadi bisa lebih murah.

2. Berkeliling laut naik perahu

Di pinggir Pantai Ujong Blang terdapat banyak perahu nelayan yang juga bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berkeliling pantai panta. Nelayan akan dengan senang hati menyewakan perahunya untuk digunakan pengunjung. Batas waktu sewanya berdasarkan hitungan jam.

Jika pengunjung belum bisa mengoperasikan perahu sendiri maka akan dibantu oleh nelayan atau pihak penyewa. Tentunya berkeliling laut dengan naik perahu ini menjadi pengalaman seru yang tidak akan terlupakan.

3. Berenang

Berenang adalah kegiatan menarik yang dilakukan ketika berlibur di pantai. Jika belum Mahir berenang pengunjung juga bisa menyewa ban karet sebagai pelampung. Air laut Pantai Ujong Blang berwarna biru sangat indah.

4. Memancing ikan di laut

Perahu nelayan yang disewa untuk berkeliling juga bisa di sewa untuk memancing ikan di laut. Rundingkan dengan nelayan berapa harga sewa yang dipatok untuk bisa memancing dengan perahu nelayan ini. Jangan lupa untuk membawa peralatan pancing yang dibutuhkan karena disini belum disediakan fasilitas penyewaan alat pancing.

Aktivitas Lain Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Rezeqi Imam Sahroni

5. Bermain pasir

Untuk pengunjung yang tidak ingin berenang atau ingin bersantai di pinggir pantai bisa juga melakukan kegiatan bermain pasir. Pasir pantai yang putih bisa dipakai untuk membuat istana pasir, mengukir nama, alas berjemur dan lainnya.

6. Bersantai di pinggiran pantai

Momen bersantai di pinggir pantai ini sangat cocok dilakukan ketika melihat sunrise dan juga Sunset. Indahnya pesona sunrise ataupun sunset di Pantai Ujong Blang sangat sulit dielakkan. Duduk-duduk santai di pinggiran pantai sekaligus memesan makanan atau minuman bisa jadi kegiatan menyenangkan.

7. Berburu kuliner

Ragam kuliner khas bisa ditemukan di pantai indah ini mulai dari makanan aceh, makanan ringan, rujak sampai ke minumannya. Harganya pun sangat terjangkau. Warung makan di area pantai menyediakan tempat duduk untuk pengunjung dengan view laut yang indah. Ibratanya liburan di tempat yang indah perut kenyang hati pun senang.

8. Main Voli Pantai

Saat kesini bersama teman, kelompok maupun keluarga coba kegiatan tim yang satu ini yaitu voli pantai. Kegiatan voli pantai cocok dilakukan pada sore hari, hembusan angin yang tidak terlalu terjang ditambah dengan suara ombak memberikan sensasi main bola voli tersendiri yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ujong Blang Lhokseumawe
Photo by Google Maps Sofia Nurvita

Berbagai fasilitas yang telah tersedia di area pantai diantaranya ada area parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat, toilet umum, dan mushola. Deretan warung makan dengan berbagai daftar menunya tersusun rapi di pinggiran Pantai Ujong Blang. Adanya warung makan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Sejumlah fasilitas penyewaan yang tersedia ada banana boat, perahu, ban, dan pelampung, besarnya biaya sewa tergantung dengan kesepakatan dengan pihak pengelola jadi pastikan bisa bernegosiasi supaya mendapat harga terbaik. Bagi pengunjung yang ingin nyaman duduk di pinggir pantai bisa duduk di gazebo yang telah tersedia.

Tim SAR pengawas, penyelamat dan pihak keamanan juga siap sedia di area pantai untuk menjaga supaya kondisi pantai dan pengunjung tetap dalam keadaan aman. Tim yang berjaga intensitasnya akan meningkat saat hari libur karena pada saat itu jumlah pengunjung biasanya meningkat.

Demikian ulasan tentang Pantai Ujong Blang pesona pantai di ujung barat Indonesia yang menjadi tempat liburan masyarakat Lhokseumawe dan sekitarnya. Lokasinya yang berada di kota industri membuat pantai ini ramai didatangi ketika weekend dan musim liburan.