Pantai Ujong Kareung, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Sabang

Pantai Ujong Kareung, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Sabang
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujong Kareung, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Ujong Kareung merupakan destinasi andalan Kota Sabang, Aceh yang memiliki sejarah dan keindahan tempat. Melipir ke Pantai ini ketika hari sabtu dan minggu banyak dilakukan oleh sebagian pengunjung setempat maupun luar daerah. Disana menawarkan beragam sudut wisata yang dipenuhi pemandangan alam.

Warna air laut yang memancar terlihat seperti gradasi dari biru muda hingga tua. Jika Anda berenang maupun menyelam akan melihat air yang begitu jernih. Apalagi keberagaman biota laut yang dimiliki destinasi itu tampak menarik.

Pasir yang membuat wisata semakin indah juga tidak pernah sepi untuk dipakai sebagai tempat berfoto atau sekedar bersantai. Para tamu memang tidak akan merasa jenuh saat menghabiskan waktu luang disana dengan kerabat dekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ujong Kareung

Daya Tarik Pantai Ujong Kareung Sabang
Image Credit: Google Maps Rizki Sanjaya

1. Kecantikan Laut

Pantai Ujong Kareung tergolong wisata yang selalu menyuguhkan keindahan. Air laut yang ada disana seperti mempunyai gradasi warna biru karena begitu jernih. Pengelola berupaya untuk selalu menjaga kebersihan dan kejernihan dari laut tersebut. Pengunjung boleh berenang disana asalkan tidak membuang sampah di laut.

Terumbu karang yang tersimpan pun menawarkan kecantikan tersendiri. Sebagian orang biasanya sengaja menyelam untuk melihat ikan dan biota laut lain. Selain itu pasir Pantai yang memanjang dari ujung tampak begitu bersih. Sehingga kecantikan pantai ini sudah tidak diragukan lagi.

2. Suasana Alam

Berlibur ke wisata terbuka seperti Pantai Ujong Kareung dapat memberi kesempatan wisatawan untuk menikmati suasana alam. Sejumlah tanaman hijau yang tumbuh subur di beberapa area pasir sangat dilestarikan. Apalagi tidak jauh dari pohon itu terdapat gubuk sebagai tempat bersantai diiringi hembusan angin yang segar.

Traveller juga tidak jarang mengambil potret foto di sekitar Pantai. Spot yang masih alami dengan beragam keindahan laut, pasir, hingga tanaman menjadi daya tarik kawasan pantai. Anda akan merasa lebih tenang usai berkunjung kesana sambil melihat alam. Jadi nikmati keseruan di wisata sekaligus melihat suasana alam yang tersedia.

3. Spot yang Menarik

Pantai Ujong Kareung menjadi destinasi yang menawarkan spot menarik. Para tamu cukup sering menikmati sunrise hingga sunset dengan melipir ke pasir yang membentang luas. Suasana Pantai yang nyaman sangat menunjang kegiatan itu. Beragam spot sebagai background mengabadikan momen bersama kerabat sudah banyak di sekitar.

Tak hanya itu saja, disana ada pula spot pemancingan ikan yang dekat batu cadas. Wisatawan yang tidak ingin merasa bosan tentu dapat membawa alat pancing. Pantai ini juga dikenal mempunyai spot melepas penat karena udara yang berhembus dan deburan ombak membuat pikiran lebih tenang. Maka dari itu jelajahi tiap spot menarik di wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ujong Kareung Sabang
Image Credit: Google Maps Nanang Dijey

Pantai Ujong Kareung tepat berada di Desa Ujong Kareung, Sabang, Aceh. Perjalanan yang dilakukan para tamu akan menyenangkan karena dapat melihat sudut kanan kiri jalan yang indah. Berada di daerah Sabang membuat wisata itu hanya butuh waktu 10 menit saja. Letak yang strategis dan mudah dijangkau kendaraan menjadi salah satu kemudahan disana.

Pelancong yang datang dari kota Sabang boleh menyiapkan segala jenis kendaraan roda dua atau empat. Jalan Tengku Chik Ditiro menjadi rute yang akan ditemui tamu saat lewat pusat kota. Lanjutkan berkendara sampai ke area Jalan KH Agus Salim. Kemudian lurus menuju Desa Ujong Kareung yang terlihat dipadati sejumlah rumah penduduk dan beberapa wisata.

Meskipun jarak yang ditempuh dari Sabang tidak begitu jauh, tetapi sering ramai kendaraan. Rute itu memang menjadi jalan utama yang sering dilalui oleh traveller. Bahkan tidak sedikit orang yang pergi ke Pantai Ujong Kareung saat hari libur telah tiba. Maka dari itu usahakan memakai google maps jika Anda masih asing ketika liburan di daerah Aceh terutama ke Pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ujong Kareung

Tiket Pantai Ujong Kareung Sabang
Image Credit: Google Maps Nanang Dijey

Memasuki kawasan pantai dibutuhkan biaya tiket sebesar Rp 10.000 untuk hari biasa sampai akhir pekan. Loket tersebut ada di bagian depan dan sebelum masuk traveller diharap membeli tiket itu. Harga murah yang telah ditetapkan oleh pengelola menjadi salah satu hal yang menarik minat pengunjung datang ke wisata. Bahkan Pantai Ujong Kareung tidak pernah terlihat sepi.

Mengajak keluarga untuk pergi kesana cocok dicoba semua orang. Apalagi Anda bisa menyiapkan kendaraan pribadi dari rumah. Wisatawan tidak perlu takut karena biaya lain yang perlu disiapkan untuk parkir tidak mahal. Sepeda motor yang diparkir akan dibrandol Rp 3.000 dan parkir mobil dikenai Rp 5.000 selama melakukan kunjungan sampai malam.

Aneka pilihan makanan yang ditawarkan oleh pedagang pun dikenal masih murah. Para tamu yang lelah usai bermain dapat mampir ke kios ini untuk sekedar makan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa alat bermain seperti snorkeling karena masih jarang ada disana. Sebelum pergi berlibur bawa budget secukupnya dan persiapkan semua peralatan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ujong Kareung

Aktivitas Pantai Ujong Kareung Sabang
Image Credit: Twitter Tfaisal

1. Menjepret Foto

Pantai Ujong Kareung tidak kalah dengan destinasi alam lainnya karena menampilkan beragam pesona alam. Mulai dari laut yang jernih hingga hamparan pasir menarik perhatian para tamu yang datang. Bahkan beberapa orang memilih untuk berfoto di antara panorama itu. Bawa kamera dan koleksi foto dengan menjelajahi spot unik yang berasal dari Pantai itu.

2. Snorkeling

Terumbu karang yang ada di bawah laut memang sangat cantik ketika dilihat dengan menyelam. Pantai ini mempunyai air laut yang tenang dan jernih untuk dimanfaatkan sebagai tempat snorkeling. Kalangan muda sering melakukan kegiatan tersebut saat siang hari berada di Pantai. Bahkan banyak pula yang merekam terumbu karang dan ikan kecil.

3. Melihat Sunrise dan Sunset

Matahari yang terbit dan tenggelam membuat perubahan pada warna langit. Para tamu yang camping di Pantai Ujong Kareung tidak ingin melewatkan momen untuk melihat sunrise dan sunset. Apalagi fenomena itu sangat cantik jika dilihat dari kursi maupun pasir Pantai. Anda akan merasa seru saat liburan di alam terbuka sambil melihat laut dan pergantian langit.

Aktivitas Lain Pantai Ujong Kareung Sabang
Image Credit: Google Maps Rizki Sanjaya

4. Bermain Air

Kebersihan laut yang ada di sekitar pantai membuat semua mata terpanah. Meskipun Anda tidak bisa berenang, namun masih dapat bermain air di pinggir laut. Merasakan air yang dingin dan udara sejuk disana dijamin membuat traveller nyaman. Selain itu, pantai cantik ini juga terkenal tidak memiliki ombak yang ganas saat siang hari.

5. Memancing

Kegiatan memancing memang disukai sebagian orang terutama laki-laki. Destinasi hits tersebut mempunyai spot untuk memancing biota laut yang disediakan di dekat batu cadas. Anda yang tertarik melakukan aktivitas ini dapat menyiapkan alat pancing sendiri. Kemudian duduk di antara batu dan masak hasil tangkapan ikan untuk dinikmati sambil bersantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Ujong Kareung Sabang
Image Credit: Google Maps Humada Alfian

Pantai Ujong Kareung diketahui sebagai tempat rekreasi pilihan keluarga yang dilengkapi dengan fasilitas memadai. Selama berada seharian disana pelancong tentu akan betah karena dapat memakai fasilitas. Tempat duduk berupa gubuk dan kursi Pantai tersedia di antara pasir. Siapapun yang bersantai bisa pula merasakan kesejukan dari pohon kelapa.

Kendaraan yang telah dibawa bisa diletakkan di tempat parkir wisata. Kamar mandi pun sudah cukup banyak di bagian pojok untuk semua pengunjung. Tidak jauh dari sana tampak mushola yang selalu dibersihkan sebagai tempat ibadah. Para tamu dapat memakai mushola dan kamar mandi bergantian dengan wisatawan lain, selain itu fasilitas tersebut juga gratis.

Kuliner yang ingin dicicipi pelancong mudah dijumpai di sekitar pantai karena banyak warung. Tak hanya itu, disana ada tempat membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Camping ground sudah ada bagi traveller yang suka berkemah di Pantai. Spot pemancingan dan hunting foto pun tidak sulit ditemukan, sehingga liburan kesana pasti menyenangkan.

Itulah sekilas informasi mengenai Pantai Ujong Kareung yang menjadi salah satu wisata kebanggaan Aceh. Tempat yang luas serta masih natural ini dapat dipakai sebagai spot mengoleksi foto. Bahkan kejernihan laut dan ombak yang tenang tentu menarik perhatian. Maka dari itu, jangan lupa untuk sekedar liburan ke wisata tersebut dengan keluarga Anda.