Pantai Ulee Lheue, Spot Favorit Menikmati Indahnya Panorama Laut di Aceh

Pantai Ulee Lheue, Spot Favorit Menikmati Indahnya Panorama Laut di Aceh
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh.

Pantai Ulee Lheue adalah destinasi pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Banda Aceh. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah pada setiap harinya. Khususnya di waktu sore, jumlah pengunjung yang berdatangan pun semakin banyak.

Hal ini tak luput dari pemandangan sunset yang sangat mempesona di pantai nan cantik ini. Selain itu, di sore hari juga banyak dijumpai para pedagang yang menjajakan aneka kuliner khas Aceh. Mulai dari makanan ringan sampai aneka seafood tersedia di sepanjang lokasi pantai. Sehingga wisatawan bisa menikmatinya sambil menunggu senja.

Ombak di Pantai Ulee Lheue pun sangat ramah. Terdapat tanggul pemecah ombak sehingga Anda bisa mengajak anak-anak untuk mandi di laut tanpa takut adanya ombak yang besar. Selain itu, di pantai ini juga terdapat banyak wahana permainan yang menjadi daya tarik bagi anak-anak. Salah satunya wahana bebek dayung yang selalu ramai diminati wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ulee Lheue

Daya Tarik Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Rahmat Fadli

1. Pemandangan Pantai yang Mempesona

Pantai Ulee Lheue memiliki pemandangan yang mempesona. Hamparan pasir hitam kecoklatan, air laut yang jernih, serta pemandangan kapal yang berlalu lalang dari kejauhan.

Pantai nan menawan ini merupakan satu-satunya gerbang masuk menuju Pulau Weh. Oleh karena itu, Anda bisa menyaksikan transportasi laut para kapal yang beraktivitas dari pelabuhan menuju Pulau Weh maupun sebaliknya.

Selain itu, pemandangan sunset di Pantai Ulee Lheue juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu senja. Bahkan di pantai ini terkenal sebagai titik terbaik pesona matahari terbenam.

2. Dekorasi Pantai Menjadi Spot Kekinian

Di sekeliling restoran dan kafe yang melengkapi fasilitas pantai juga terdapat hiasan dekorasi yang unik. Lampu-lampu menghiasi langit-langit. Sehingga wisatawan akan menjadi semakin betah untuk berada di pantai nan cantik ini.

Pemandangan ini tentu akan bisa Anda nikmati di waktu sore atau malam hari. Jadi, tak heran jika semakin sore semakin banyak wisatawan yang berbondong-bondong mendatangi lokasi pantai.

3. Banyak Wisata Kuliner

Sepanjang bibir Pantai Ulee Lheue, wisatawan dapat menemukan kafe dan restoran yang menjual aneka kuliner khas Aceh. Nah, bagi anda pecinta kopi maka bisa memesan minuman kopi khas Aceh. Menikmati secangkir kopi sambil melihat pemandangan pantai tentu memberikan sensasi kenyamanan tersendiri.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan para pedagang yang menjajakan aneka makanan mulai siomay, batagor, jagung bakar, dan masih banyak lainnya. Untuk harga tentu tak perlu dikhawatirkan lagi. Para pedagang menjual jajanannya dengan harga yang standar.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Jay Station

4. Berdekatan dengan Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman merupakan masjid yang menjadi saksi terjadinya tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang utuh dari amukan fenomena alam tersebut.

Jarak untuk menuju Masjid Baiturrahman dari lokasi Pantai Ulee Lheue kurang lebih hanya 15 menit berkendara. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum berupa bus Trans Koetaradja dengan rute koridor 2B. Tepat di halte depan masjid Anda akan diturunkan.

5. Air Pantai yang Tenang

Kondisi air di pantai ini juga terbilang tenang. Tidak menjumpai ombak yang besar karena sudah ada tanggul pemecah ombaknya. Oleh sebab itu, pengelola pantai menyediakan fasilitas wahana permainan bebek air yang bisa menambah keseruan liburan Anda.

Karena keadaan airnya yang tenang, maka para pecinta mancing juga leluasa memancing di sepanjang lokasi pantai. Ikan-ikan besar pun sering mereka dapatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Ummu Syifa

Pantai Ulee Lheue terletak di Jalan Iskandar Muda Ulee Lheue. Desa Gamping Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh.

Jarak dari Kota Banda Aceh menuju pantai kurang lebih 7 kilometer atau 15 menit perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju pantai, wisatawan juga dapat menemukan ragam kuliner yang lezat.

Adapun rute yang ditempuh menggunakan transportasi darat yakni melalui Jalan Medan Banda Aceh. Selanjutnya masuk ke Jalan Soekarno Hatta yang akan menghubungkan dengan Jalan Sultan Iskandar Muda. Pada sebelah kiri jalan terdapat Pelabuhan Ulee Lheue. Maka disitulah Anda bisa menemukan keberadaan pantai nan mempesona ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Motivasi Kehidupan

Salah satu keuntungan dari Pantai Ulee Lheue adalah tidak memberikan biaya tiket masuk. Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai secara gratis.

Namun, jika Anda ingin naik wahana permainan air juga perlu menyiapkan biaya khusus karena itu tidak termasuk dalam biaya free tiket masuk. Untuk memarkirkan kendaraan juga diluar tiket masuk. Anda cukup menyiapkan uang Rp 2.000 untuk parkir 1 kendaraan pribadi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ulee Lheue

Aktivitas Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Ben Raz

1. Menyaksikan keeksotisan Sunset

Pantai Ulee Lheue memiliki pesona sunset yang tiada duanya. Wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbenam yang menakjubkan di pantai ini ketika cuaca sedang cerah.

Matahari perlahan tampak ditelan oleh luasnya samudera. Langit berubah menjadi warna orange kemerahan. Permukaan lautan menjadi kilau gemerlap terkena pantulan sinar matahari. Seolah memberikan perpaduan warna yang sangat indah. Suasana romantis pun semakin terasa.

2. Memancing di Spot yang Tersedia

Pantai Ulee Lheu memiliki spot terbaik bagi pemilik hobi memancing. Sepanjang bibir pantai Anda akan menemukan pemancing yang dengan setia menunggu kail-kailnya tersangkut oleh ikan khas pantai ini.

Jika Anda juga ingin memancing di lokasi pantai maka jangan lupa untuk membawa perlengkapannya dari rumah. Karena di lokasi ini tidak tersedia jasa sewa pancing. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya mulai dari pakan, kail, tempat hasil tangkapan ikan secara pribadi.

3. Berfoto di Pantai Ulee Lheue

Bagi wisatawan pecinta fotografi kini bisa mengabadikan setiap sudut pantai sebagai objek yang memiliki nilai seni tersendiri.

Landscape pemandangan lautan luas, perahu-perahu nelayan, serta keindahan sunset di sore hari yang memberikan suasana romantis dapat dijadikan sebagai objek untuk berburu foto yang isntagramable.

4. Wisata Kuliner Khas Aceh

Mulai sepanjang perjalanan hingga sampai di lokasi pantai terdapat aneka ragam kuliner yang kelezatannya siap menggoyang lidah. Oleh karena itu, Anda bisa menikmati bermacam kuliner sambil menikmati pesona keindahan pantai.

Duduk di kursi plastik yang tersedia pada setiap resto. Dengan langsung menghadap ke arah lautan sembari menikmati kuliner yang tersedia di meja pesanan tentu membuat suasana semakin mengesankan.

Aktivitas Seru Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Cut Sabil

5. Berenang

Kondisi air yang tenang membuat wisatawan tak sabar menahan godaan air laut yang bersih. Wisatawan diperbolehkan untuk berenang di lokasi yang tersedia. Bahkan anak-anak juga diizinkan untuk melakukan aktivitas yang satu ini.

Anda bisa menyewa pelampung atau membawanya sendiri sebagai perlengkapan keamanan selama bermain air.

6. Bermain Wahana Air

Jika Anda selama ini merasa bosan dengan aktivitas begitu-begitu saja ketika berlibur ke pantai, maka ada keunikan yang berbeda di Pantai Ulee Lheue yakni bermain bebek air.

Anda bisa menyewa wahana permainan ini untuk mengisi kekosongan di saat liburan ke pantai cantik ini. Mengajak keluarga menikmati keindahan pemandangan pantai dengan mengayuh bebek-bebekan tentu membuat suasana menjadi lebih harmonis.

7. Santai di Atas Hamparan Pasir

Penduduk setempat beranggapan bahwa pasir yang ada di Pantai Ulee Lheue dapat menyembuhkan penyakit ringan. Oleh karena itu, banyak pula wisatawan yang datang dari luar kota membawa keluarganya untuk bermain di pasir yang hitam kecoklatan ini.

Mereka sengaja memendam kaki di dalam pasir agar penyakit-penyakit yang di deritanya segera sembuh. Sembari melakukan terapi, wisatawan juga bisa melihat aktivitas pantai yang begitu pada pengunjung khususnya di hari libur.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasiltas Pantai Ulee Lheue Aceh
Image Credit: Google Maps Kawi Boedisetio

1. Lokasi Parkir

Mengingat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ulee Lheue, maka pihak pengelola juga berusaha menyediakan area parkir yang leluasa. Anda bisa memarkirkan kendaraan di lahan yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk menyiapkan biaya retribusi parkir seharga Rp 2.000 untuk per kendaraan.

2. Restoran/Kafe

Restoran yang ada di sepanjang bibir pantai menyediakan aneka menu khas pantai. Terutama aneka seafood seperti ikan bakar, cumi, udang, kerang, kepiting, dan lainnya.

3. Toilet

Keberadaan fasilitas umum ini sangatlah penting bagi wisatawan yang berkunjung. Para wisatawan biasa menggunakannya untuk MCK atau ganti pakaian setelah basah terkena air laut.

4. Area Memancing

Di lokasi pantai juga tersedia spot untuk memancing. Biasanya warga sekitar maupun pengunjung berbaris rapi mancing di spot ini. Selain airnya yang tenang, ikan-ikan besar juga bisa di dapatkan.

5. Penginapan

Bagi wisatawan yang belum puas menikmati kuliner maupun keindahan pantai, bisa menyewa penginapan terdekat. Ada beberapa hotel yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi pantai. Anda bisa membookingnya sesuai budget yang diinginkan.

Itulah ulasan tentang Pantai Ulee Lheue yang populer di Banda Aceh yang menyuguhkan pemandangan mempesona. Jika Anda ingin berkunjung, sebaiknya datang di waktu sore hari. Pesona sunsetnya akan menjadi momen yang paling mengesankan.