Pantan Terong, Menikmati Pemandangan Alam Aceh Tengah dari Ketinggian

Pantan Terong, Menikmati Pemandangan Alam Aceh Tengah dari Ketinggian
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Takengon, Ulu Nuih, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Aceh.

Pantan Terong merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Aceh Tengah saat ini. Pemandangan Kota Takengon dari ketinggian 1.360 meter ini akan menjadi suguhan menarik bagi para pengunjung. Wisatawan dapat bersantai menikmati pemandangan tersebut dengan secangkir kopi yang telah disediakan pengelola setempat.

Menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, membuat kawasan wisata alam satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin berlibur sekedar melepas penat untuk datang ke wisata eksotis ini. Hembusan angin segar dan hamparan tumbuhan hijau akan membuat rasa penat Anda hilang.

Para pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan menarik ketika berada di Pantan Terong. Selain itu, berbagai fasilitas telah disediakan pengelola setempat guna menunjang aktivitas pengunjung. Semua kebutuhan wisatawan seperti kafe hingga tempat beribadah telah tersedia di kawasan wisata alam ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantan Terong

Daya Tarik Pantan Terong Aceh
Image Credit: Twitter Aceh Info

Keeksotisan wisata nan cantik ini telah banyak dikenal para wisatawan. Mulai dari pemandangan alamnya yang masih alami hingga birunya danau yang terlihat sangat indah dari ketinggian. Tak heran, wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit ketika berkunjung ke Aceh. Banyak pengunjung datang untuk menikmati keindahan panorama alam di Pantan Terong.

1. Pemandangan Alam yang Mempesona

Destinasi wisata alam ini terkenal dengan panorama keindahannya yang masih terjaga alias alami. Ketika pengunjung akan datang akan disambut dengan udara sejuk nan menyegarkan khas pegunungan. Perjalanan menuju kawasan wisata alam ini juga dipenuhi dengan pemandangan hijau yang mempesona.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus, lembah yang indah, dan perkebunan milik masyarakat sekitar. Para pengunjung akan melihat dengan jelas keindahan alam yang masih asri dari puncak bukit ini.

2. Menikmati Keindahan Danau Laut Tawar

Daya tarik selanjutnya yang membuat para pengunjung datang ke kawasan wisata ini adalah keindahan Danau Laut Tawar. Pemandangan danau tersebut akan terlihat jelas di atas ketinggian bukit yang mencapai 1.830 meter di atas permukaan laut.

Birunya danau yang terlihat dari kejauhan semakin menambah daya tarik wisata alam ini. Pengunjung dapat melihat keindahan luasnya Danau Laut Tawar yang dikelilingi bukit di sekitarnya.

3. Menikmati Secangkir Kopi Gayo

Berada di tempat ketinggian akan terasa dingin karena hembusan angin khas pegunungan. Wisatawan akan dapat menikmati sekaligus menghangatkan tubuh dengan meminum secangkir kopi gayo. Sajian kopi tersebut tersedia di beberapa warung yang telah ada di kawasan wisata Pantan Terong nan cantik ini.

Para pengunjung akan menjumpai beberapa warung di pinggir jalan saat menjelajahi kawasan bukit ini. Menikmati secangkir kopi gayo ditemani pemandangan yang mempesona akan terasa lengkap jika Anda berkunjung bersama teman ataupun keluarga.

Daya Tarik Dimiliki Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps Ihwanul Hakim

4. Keindahan Kota Takengon dari Ketinggian

Banyak daya tarik yang ditawarkan wisata alam ini, sehingga pengunjung merasa betah ketika berada di sini. Salah satunya adalah pemandangan Kota Takengon yang terlihat menakjubkan dari atas ketinggian.

Wisatawan dapat melihatnya padatnya perkotaan yang sangat mempesona dari atas bukit. Bahkan bangunan rumah para penduduk asli dapat dilihat jelas oleh pengunjung. Menariknya, apabila turun hujan rumah-rumah penduduk akan terlihat menyembul di antara banyaknya kabut yang menyelimuti bukit ini.

5. Menikmati Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Mempesona

Satu lagi daya tarik yang tentunya akan membuat wisatawan betah berada di sini adalah melihat pemandangan sunset dan sunrise yang mempesona. Bagi pengunjung yang datang saat sore hari akan dapat melihat matahari terbenam yang sangat indah.

Begitu pula saat berkunjung di pagi hari atau bermalam di kawasan wisata alam ini, para pengunjung dapat menyaksikan keindahan sunrise alias matahari terbit. Dua pemandangan eksotis ini dapat dinikmati secara langsung oleh pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantan Terong Aceh
Image Credit: Twitter Wisata Aceh

Pantan Terong merupakan salah satu wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya. Terletak di Dataran Tinggi Gayo, tepatnya di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah. Akses menuju kawasan wisata ini dapat ditempuh melalui Kota Takengon, Ibukota Aceh Tengah sekitar 15 menit atau kurang lebih 8 kilometer.

Pengunjung dapat menempuh wisata alam ini dengan mudah, karena sepanjang jalan yang dilalui tergolong mudah dilewati. Namun saat musim hujan datang, dihimbau bagi wisatawan yang ingin berkunjung agar berhati-hati. Jalan yang menanjak dan curam akan menjadi tantangan bagi para pengunjung.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua maupun roda empat untuk mencapai lokasi perbukitan ini. Pengunjung dapat menggunakan lajur jalan dua dari Terminal Bus di Kota Takengon. Setelah itu, para pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan wisata yang menanjak.

Diharapkan bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan roda empat untuk selalu berhati-hati ketika menjelajahi jalanan yang menanjak. Namun di samping itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan yang menawan di sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps dekja katsaba

Untuk bisa menikmati pemandangan di Pantan Terong, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- saja. Bagi anak-anak, khususnya di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Wisatawan dapat langsung menikmati pemandangan indah dan suasana menyegarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Sementara bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir. Kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,-. Wisatawan yang membawa kendaraan roda empat akan membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000,-.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantan Terong

Akativitas Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps Donny Afandy

1. Menikmati Matahari Terbit dan Tenggelam

Saat pagi hari, kawasan wisata ini akan dipenuhi dengan wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan sunrise. Banyak pengunjung yang datang pagi atau sore hari agar dapat melihat langsung pemandangan mempesona ini.

Menjelang sore hari, pengunjung akan dapat menyaksikan panorama matahari tenggelam. Terasa lengkap rasanya melihat pemandangan hijau dan perkotaan yang semakin menawan ketika senja datang.

2. Camping

Bagi pecinta camping, sangat direkomendasikan jika datang ke bukit ini untuk bermalam menikmati keindahan langit yang dipenuhi dengan bintang-bintang. Sensasi berkemah dengan panorama nan indah sangat patut untuk dicoba.

Pengelola kawasan wisata ini telah menyediakan lahan yang cocok digunakan untuk berkemah. Pengunjung dapat berkemah dengan teman atau keluarga sembari menikmati pemandangan malam hari di atas bukit yang sangat menawan.

3. Berfoto Ria

Kegiatan menarik yang tentunya tidak boleh dilewatkan adalah berfoto. Hamparan tumbuhan hijau, padatnya perkotaan, serta birunya Danau Laut Tawar pastinya harus diabadikan dalam jepretan kamera.

Tak hanya itu, saat berada di puncak bukit ini akan terdapat tulisan besar yang bertuliskan Pantan Terong. Banyak wisatawan datang dan berfoto berlatarkan tulisan tersebut. Rasanya kurang lengkap jika tidak berfoto di depan tulisan fenomenal tersebut.

Selain foto, para pengunjung juga dapat membuat sebuah video dokumentasi tentang keindahan alam bukit yang mempesona. Pemandangan nan cantik ini memang patut diabadikan dalam momen apa pun. Wisatawan juga dapat membagikan hasil foto atau video tersebut sebagai referensi di media sosial.

Akativitas Seru Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps Suhardi_Kim

4. Bersantai di Kafe

Objek wisata alam nan cantik ini telah dilengkapi dengan warung dan kafe yang disediakan untuk pengunjung. Wisatawan dapat beristirahat atau sekedar bersantai dengan menikmati keindahan pesona bukit ini.

Sembari menikmati pemandangan yang menawan, akan lebih menarik jika bersantai ditemani dengan hangatnya secangkir kopi. Setelah menempuh perjalanan yang menguras tenaga, wisatawan dapat bersantai sejenak di kafe yang telah disediakan di kawasan wisata ini.

5. Membeli Oleh-Oleh Kopi Gayo

Satu lagi kegiatan menarik yang patut dilakukan adalah membeli oleh-oleh kopi gayo. Rasanya belum sah, jika pergi ke tempat wisata tidak membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Apalagi wisata alam ini menyediakan oleh-oleh kopi arabika gayo yang banyak dicari para wisatawan.

Kopi khas ini memiliki cita rasa yang nikmat, sehingga banyak pengunjung datang untuk mencari oleh-oleh satu ini. Pengunjung dapat membeli langsung di warung-warung yang tersedia di kawasan wisata alam ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Pantan Terong Aceh
Image Credit: Google Maps zacky qe

Sebagai salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, tentunya sudah dibekali dengan berbagi fasilitas di dalamnya. Demi menjaga kenyamanan pengunjung, pengelola setempat telah menyediakan fasilitas yang menunjang. Maka dari itu, fasilitas yang disediakan di Pantan Terong dirasa sudah lengkap.

Mulai dari warung atau kafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Lalu akses kamar mandi dan tempat parkir yang memadai juga menunjang kebutuhan pengunjung. Selain itu, para pengunjung tak perlu khawatir jika ingin menjalankan ibadah telah disediakan tempat beribadah di kawasan destinasi alam ini.

Demikian beberapa daya tarik, fasilitas, hingga aktivitas menarik yang dapat dilakukan ketika berkunjung di tempat wisata nan cantik ini. Pastinya sarana dan prasarana lainnya di kawasan wisata Pantan Terong tergolong lengkap. Wisatawan dapat menikmati indahnya berbagai pemandangan yang mempesona di atas ketinggian puncak bukit hits di Aceh.