Pasar Bawah, Destinasi Wisata Belanja Favorit di Pekanbaru

Pasar Bawah, Destinasi Wisata Belanja Favorit di Pekanbaru

Pasar Bawah merupakan pasar tradisional tujuan berbelanja favorit di Kota Pekanbaru, Riau. Pusat perbelanjaan barang-barang antik dan aksesoris rumah tangga yang menjadi ikon pusat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jalan Saleh Abas, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Pasar Bawah adalah sebuah pasar tradisional yang paling tua yang ada di Pekanbaru. Berdasarkan sejarah yang ada, pasar ini diperkirakan berdiri semenjak tahun 1700-an. Meskipun demikian, Pasar Bawah memiliki popularitas tinggi dikalangan masyarakat. Sehingga pemerintah provinsi setempat menjadikannya pasar wisata.

Pasar tradisional ini dirancang oleh seorang Raja atau Sultan ke-4 dari kerajaan Siak Sri Indrapura. Raja tersebut bernama Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah. Kerajaan tersebut berada di daerah Senapelan, yakni nama lawas dari Kota Pekanbaru. Sehingga Saat berkunjung ke tempat ini, suasana tradisionalnya pun sangat terasa.

Meskipun nama pasar wisata ini adalah Pasar Bawah, bukan berarti letaknya ada di bawah tanah. Nama pasar ini berasal dari letak geografis pasar wisata ini. Letaknya yaitu di tepi Sungai Siak, yang mana tepi sungai ini letaknya lebih rendah dibandingkan dengan daerah yang lain. Sebab itulah Pasar ini dinamakan Pasar Bawah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Bawah

Daya Tarik Pasar Bawah
Image Credit: Google Maps (Hadi Prabowo)

1. Aneka Ragam Barang Dagangan

Pasar Bawah ini menjual aneka ragam barang dagangan. Mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, kebutuhan pokok (minyak, beras, gula, dll), alat rumah tangga, mainan anak, pakaian, dan banyak lagi lainnya. Sehingga banyak wisatawan yang berlibur di Kota Pekanbaru mampir ke tempat ini untuk membeli oleh-oleh.

Lantainya ada 4 sehingga Anda bisa berkeliling tempat ini untuk melihat aneka ragam barang jual yang ada di tempat ini. Selain itu tempatnya juga tidak becek, sehingga Anda bisa berbelanja dan memilih-milih dengan nyaman. Sangat cocok untuk Anda yang hobi berbelanja.

2. Arsitektur

Bagi para pengunjung yang berwisata ke Pekanbaru, Pasar bawah merupakan hal wajib yang ada di daftar kunjungan mereka. Selain sebagai pusat oleh-oleh, tempat ini juga menarik perhatiannya lewat arsitekturnya yang unik dan membuatnya menjadi ikon pusat belanja di Kota tersebut.

Untuk bangunannya sendiri terdiri dari area parkir yang ada di lantai bawah dan empat lantai lainnya. Setiap bangunannya memiliki corak yang memadukan corak khas melayu dengan corak khas tongkok. Sehingga suasana Chinatown di Singapura sapat dirasakan di tempat ini. Warnanya pun juga hampir sama dengan Chinatown, yakni sama-sama mencolok.

BACA JUGA:  Pantai Nongsa, Pantai Terindah Dengan Panorama Sunset di Batam

Oleh karena itu, tempat ini juga menjadi tempat yang ideal untuk berfoto. Selain suasa Chinatown Singapura yang bisa dirasakan, Anda pun juga bisa merasakan sensasi berfoto dengan suasana vintage atau jaman dulu. Foto-foto tersebut pun akan nampak hits dan kekinian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pasar Bawah

Alamat Pasar Bawah
Image Credit: Google Maps (Ratno Setiawan)

Pasar Bawah ini ada di kota Pekanbaru Provinsi Riau. Lebih tepat lagi di Jalan Saleh Abas yang terletak di kelurahan Kampung Dalam, Senapelan. Aksesnya cukup mudah sebab letaknya yang strategis dan mudah ditemukan. Anda bisa melihatnya di google maps di ponsel Anda.

Jarak pusat perbelanjaan ini dengan pusat kota dapat di tempuh sekitar 13 menit hingga 15 menit saja. Jika Anda berada di sekitar kedai kopi yang legendaris, yakni Kopi Kimteng, jarak Pasar Bawah ini hanya sekitar 500 meter saja.

Anda pun bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 08.00 hingga 17.30 waktu setempat. Biasanya, Pasar ini ramai saat hari libur tiba. Hari libur tersebut seperti menjelang Hari Raya tiba, libur akhir pekan, dan saat hari libur nasional.

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli. Hal ini pun berlaku di pasar unik ini. Sehingga Anda tak perlu membayar tiket masuk saat berwisata di tempat ini. Anda hanya perlu membawa uang yang cukup untuk membeli di pasar wisata ini. Sebab pasar ini menjual berbagai macam hal, baik kebutuhan primer maupun sekunder.

Selain itu, Anda juga perlu membayar parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan pribadi. Namun jika Anda menaiki angkutan umum, maka hanya perlu untuk onkos saja. Untuk fasilitas lainnya mungkin gratis, paling hanya membayar toilet umum jika ingin ke toilet.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pasar Bawah

Kegiatan di Pasar Bawah
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetyo)

1. Berkeliling Pasar

Pasar Bawah ini memiliki empat lantai. Lantai pertama menjual aneka kuliner dari berbagi macam rasa. Kuliner tersebut antara lain seperti dodol durian, lempok durian, ikan salai baung, ikan asin, dan aneka hasil tangkapan laut lainnya. Sangat cocok untuk Anda yang suka makanan ringan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kuantan Singingi Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Di lantai dua ada aneka aksesoris yang cocok untuk dijadikan cinderamata. Aksesoris tersebut seperti gelang, kalung, cicin, bross, dompet, guci, dll. Selain itu, bagi Anda yang akan menikah, tempat ini juga menyediakan souvenir pernikahan yang cantik-cantik loh.

Adapun macam-macam konveksi dan keramik yang juga dijual di lantai dua ini. Ada pula aneka makanan kemasan yang diimpor dari luar negeri seperti coklat khas Singapura dan Malaysia.

Sedangkan di lantai ketiga menyediakan aneka tas dan sepatu yang cukup fashionable. Cocok bagi Anda yang suka memadukan ootd (outfit of the day). Dalam hal ini ilmu negosiasi alias tawar menawar sangat diperlukan ya.

Lantai terakhir, yakni lantai empat menyediakan aneka pakaian dan alat elektronik. Diantaranya yaitu velg mobil, songket, bantal, sarung, gorden, dll. Di lantai ke-4 ini juga pernah terjadi kebakaran, yakni pada tahun 1999. kerugian yang dicapai pun tak sedikit, yakni belasan juta rupiah. Beruntungnya tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

2. Berburu Oleh-Oleh

Bagi Anda yang berlibur di Pekanbaru, wajib sekali mengunjung ikon perbelanjaan di kota Pekanbaru ini. Sebeb sangat unik dan beda dari pusat perbelanjaan kota lainnya yang biasanya berupa Mall-mall ataupun shopping center. Banyak oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Baik barang impor maupun barang ekspor.

Anda pun tidak perlu jauh-jauh ke luar negri untuk membili barang dagangan khas mereka. Anda cukup pergi ke Pasar Bawah yang ada di Pekanbaru saja. Barang impor yang dijual di tempat ini adalah seperti camilan, karpet, tas, guci, dan lain-lain, harganya sendiri sangat bersahabat.

Anda bisa menjumpai keramik dari china, tas asli italia, coklat asli Singapura dan Malaysia, karpet dari timur tengah, dan aneka pernak-pernik. Sangat cocok untuk buah tangan keluarga atau saudara di rumah.

Bagi Anda yang mencintai produk lokal, tempat ini juga menyediakannya loh, baik makanan tradisional seperti dodol ataupun makanan modern. Selain itu, ada pula bros dengan miniatur pasar ini. Aneka pernak-pernik karya anak bangsa pun juga bisa Anda temukan untuk dijadikan cinderamata.

Tak lupa, tempat ini juga menyediakan oleh-oleh kuliner seperti keripik singkong dengan variasi rasa seperti asin, ori, dan pedas. Selain itu, Anda juga bisa membeli kue bolu kemojo yang enak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pelalawan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

3. Hunting Foto

Arsitekturnya yang unik membuat tempat ini sangat cocok untuk berfoto. Apalagi suasana jaman dahulunya sangat terasa, membuat kaula muda yang eksis di sosial media datang ke tempat ini. Sebab saat ini banyak sekali spot foto model Vintage era 80-an, 70-an, maupun 90-an yang diburu oleh generasi milenial.

Selain itu, Anda juga bisa berburu video pendek di tempat ini. Entah untuk mengenalkan pasar wisata ini, ataupun melakukan edukasi jual beli dengan cara negosiasi. Konten Anda pun bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Dengan demikian, foto maupun video di pasar ini dapat mempromosikan kepada masyarakat luar Riau, luar negeri, maupun masyarakat setempat yang belum tahu. Sehingga banyak masyarakat yang mengetahui adanya Pasar Wisata di kota Pekanbaru.

Hal ini pun dapat meningkatkan pengunjung dalam berwisata di pasar ini. Disisi lain peningkatan pendapatan pedagang di Pasar Bawah pun juga mungkin terjadi.

Fasilitas yang Tersedia di Pasar Bawah Pekanbaru

Fasilitas di Pasar Bawah Pekanbaru
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Pasar ini memiliki fasilitas yang beragam, yang mana dapat menunjang kebutuhan para pengunjung yang hadir. Diantaranya adalah area parkir yang luas, saking luasnya area parkir di pasar ini dapat memuat sekitar 4950 kendaraan. Untuk kebutuhan rekreasi sendiri, Pasar Bawah memiliki fasilitas di dalam ruangan dan di luar ruangan.

Fasilitas yang berada di luar ruangan diantaranya seperti kolam, tempat untuk duduk, dan taman terbuka. Sehingga Anda bisa berkeliling di tempat ini sambil memandang suasana tradisionalnya. Selain itu, terdapat pula fasilitas untuk istirahat seperti tempat makan, menonton, minum dan lainnya.

Sedangkan fasilitas yang ada di dalam ruangan yaitu toilet umum, ruangan terbuka yang berupa plaza dan ruangan bersama dengan unsur-unsur alamiah yang terdapat di dalamnya. Misalnya seperti air, vegetasi, dll. Selain itu, pasar bawah juga menyediakan tempat sampah, sehingga pengunjung wajib menjaga kebersihannya.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Pasar Bawah yang ada di Pekanbaru. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan berlibur di Kota ini. Sebab kota ini merupakan kota yang menyajikan wisata sejarah melayu. Sehingga saat Anda berlibur Anda bisa bersinggah ke pusat perbelanjaan ini untuk membeli oleh-oleh.