Pasir Timbul Pulau Siburu, Destinasi Wisata Bahari Tersembunyi Nan Eksotis

Pasir Timbul Pulau Siburu, Destinasi Wisata Bahari Tersembunyi Nan Eksotis
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tuapejat, Kec. Sipora Utara, Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Belum banyak yang mengetahui bahwa di Sumatera Barat terdapat sebuah pulau yang sangat indah. Pulau Siburu menyimpan berbagai macam keindahan alam yang tentu saja mampu membuat siapa saja yang berkunjung ke sana merasa takjub. Pasir timbul Pulau Siburu merupakan salah satu keunikan yang belum tentu Anda temukan di tempat wisata yang lain.

Pulau yang eksotis tersebut sayang sekali apabila tidak dijadikan sebagai tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan yang menyenangkan. Saat berlibur di sana, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang pastinya menarik dan mengesankan. Supaya lebih seru lagi, maka alangkah baiknya untuk mengajak teman, pasangan, maupun keluarga tersayang.

Nantinya di pulau tersebut Anda tidak hanya akan melihat pengunjung lokal saja, melainkan juga pengunjung asing. Keindahan di sana mampu menjadikan pulau tersebut sebagai salah satu tujuan wisata utama yang ada di Sumatera Barat. Untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai pasir timbul Pulau Siburu, maka simaklah berbagai informasi di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasir Timbul Pulau Siburu

Daya Tarik Pasir Timbul Pulau Siburu
Image Credit: Twitter keemi

1. Tidak Berpenghuni

Pulau Siburu merupakan salah satu kawasan wisata yang tidak dihuni oleh manusia. Sehingga, tidak heran apabila suasana yang ada di pulau tersebut terbilang tenang dan damai karena memang jauh dari aktivitas masyarakat sehari-hari. Hal itu juga membuat pulau ini masih asri dan jauh dari tangan usil manusia.

Pulau ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata bagi Anda yang ingin merasakan sensasi ada di pulau pribadi. Suasana tenang dan damai yang ada di sana juga patut dirasakan oleh Anda yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan.

2. Pasir Putih yang Timbul

Pasir timbul Pulau Siburu menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin berkunjung ke sana. Pasirnya timbul di tengah-tengah lautan ini merupakan fenomena yang jarang sekali dapat Anda temukan. Selain itu, pasir putih di sana juga mempunyai tekstur yang sangat halus.

Ketika terkena pantulan cahaya matahari di siang hari, maka pasir putih timbul di sana akan memancarkan kelap-kelip yang sangat indah. Hal ini membuat pasirnya terlihat sangat bersih dan menawan.

Daya Tarik Dimiliki Pasir Timbul Pulau Siburu
Image Credit: Google Maps SIBIGEU MENTAWAI

3. Dikelilingi Oleh Pepohonan Kelapa

Pepohonan kelapa yang tumbuh subur mengelilingi kawasan di Pulau Siburu ini semakin menambah keindahan tempat wisata tersebut. Adanya pepohonan kelapa membuat warna hijau di pulau tersebut semakin tampak. Selain itu, area di bawah pepohonan kelapa tersebut juga dapat dijadikan sebagai tempat berteduh ketika cuaca sedang terik pada siang hari.

4. Air Laut yang Jernih

Pulau eksotis ini memiliki air laut yang terbilang sangat bersih dan juga jernih. Hal tersebut membuat wisatawan yang datang ke sana bisa melihat biota laut secara jelas dari atas air. Tentu saja air laut yang jernih dengan pasir timbul di pulau tersebut merupakan suatu perpaduan yang sangat epik dan sayang sekali apabila Anda lewatkan begitu saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pasir Timbul Pulau Siburu
Image Credit: Google Maps Darto Dart0

Pasir timbul Pulau Siburu adalah salah satu kawasan yang ada di Samudera Hindia. Letak dari pulau ini ada di sisi sebelah Barat dari Pulau Sumatera. Selain itu, pulau ini tergolong ke dalam gugusan dari Kepulauan Mentawai. Bahkan, lokasinya pun tak jauh dengan Pulau Sipora.

Secara administrasi, maka Pulau Siburu terdapat di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Lebih tepatnya lagi yaitu terletak di Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Walaupun termasuk ke dalam Provinsi Sumatera Barat, namun Kabupaten Kepulauan Mentawai terletak cukup jauh dengan Ibu Kota Padang.

Rute yang ditempuh dengan menaiki kapal laut dari Padang menuju ke Mentawai akan memerlukan waktu kurang lebih 11 jam. Waktu yang terbilang paling lama ini dapat menjadi pilihan untuk wisatawan, karena memang tarifnya terbilang paling rendah. Sebelum berangkat, maka harus betul-betul mengecek jadwal keberangkatan sebab kerap terjadi perubahan.

Setiap kapal mempunyai pemberangkatan di hari yang umumnya berbeda. Untuk pemberangkatan di Pelabuhan Teluk Bungus dapat dicapai selama 1 jam dimulai dari pusat kota Padang. Terdapat KMP dan KMP Ambu Ambu yang siap melayani rute tersebut. Tersedia pula beberapa kelas mulai ekonomi sampai eksekutif.

Apabila ingin lebih cepat, dapat menaiki kapal cepat yang hanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Berangkat mulai Pelabuhan Muaro yang ada di wilayah Kota Tua Padang. Namun, jika menggunakan kapal yang kapasitasnya 200 orang ini, maka aka nada goncangan ombak yang lebih terasa.

Jika Anda ingin menikmati keindahan dari pasir timbul, maka bisa langsung memasuki kawasan pulau tanpa khawatir masalah biaya masuk. Pasalnya, Pulau Siburu merupakan salah satu kawasan wisata alam yang tidak memberlakukan tiket masuk sama sekali, alias gratis.

Oleh karena itu, pulau ini cocok sekali menjadi tujuan wisata bagi Anda yang ingin hemat. Walaupun gratis, namun segala keindahan yang disajikan di pulau tersebut tetap tidak kalah dengan wisata lainnya yang berbayar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pihak pengelola wisata sewaktu-waktu bisa mengubah peraturan terkait tarif tiket masuk ke Pulau Siburu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Siburu

Aktivitas Pasir Timbul Pulau Siburu
Image Credit: Google Maps Darto Dart0

1. Memancing

Dibalik air laut di Pulau Siburu yang jernih sekali, setiap wisatawan yang ada di sana dapat melihat betapa berlimpahnya ikan dan biota laut lainnya. Di sana Anda bisa melakukan kegiatan menarik berupa memancing aneka macam ikan yang tinggal di bawah laut. Sesudah memperoleh ikan hasil tangkapan sendiri, maka Anda dapat memasaknya sekaligus di sana.

Memasaknya pun cukup mudah yaitu dengan membakar ikan dan menambahkan bumbu yang telah dibawa dari rumah. Kegiatan semacam ini tentu saja seru sekali apabila dilakukan bersama teman ataupun sahabat.

2. Fotografi

Kegiatan lain yang pastinya tidak kalah seru adalah dengan mengabadikan seluruh momen yang telah Anda lakukan di kawasan pulau dengan fotografi. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera yang bagus dari rumah apabila Anda tidak ingin melewatkan setiap momen begitu saja.

Setelah berhasil memperoleh hasil jepretan yang estetik dan menarik, maka Anda bisa mengunggahnya di sosial media. Hal itu supaya banyak orang yang melihat keunikan Pulau Siburu dan tertarik untuk berkunjung. Sehingga, secara tak langsung Anda juga ikut mempromosikan tempat wisata indah tersebut kepada banyak orang.

3. Menyusuri Pulau

Menyusuri pasir timbul dapat Anda lakukan dengan cara berjalan kaki. Kegiatan ini cocok sekali apabila Anda ingin menikmati pasir putih, air jernih, dan suasana di sekitar pulau yang sejuk sekali. Udara di pulau ini begitu segar sehingga Anda dapat menikmati keindahan panorama dengan suasana hati yang menggembirakan.

4. Berenang Atau Bermain Air

Air bersih yang terdapat di pulau pun menarik sekali untuk dinikmati oleh seluruh wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berenang maupun bermain air. Berenang di lautan yang mempunyai air jernih sekali akan memberikan kesegaran bagi wisatawan di sana.

Walaupun Anda hanya sekedar bermain air atau berendam saja, tetapi setidaknya tetap dapat merasakan betapa cantiknya Pulau Siburu. Jika Anda mengajak anak kecil untuk melakukan kegiatan bermain air ini, maka sebaiknya di area pinggiran saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anak.

Aktivitas Seru Pasir Timbul Pulau Siburu
Image Credit: Google Maps Raju Adnan

5. Snorkeling

Menikmati keindahan dari pemandangan yang ada di bawah laut menjadi kegiatan yang cukup menarik untuk banyak wisatawan di Pulau Siburu. Tidak heran apabila banyak pecinta snorkeling yang rela jauh-jauh datang ke sana untuk melakukan kegiatan tersebut.

6. Berkemah

Suasana malam hari yang disuguhkan oleh pulau ini juga tidak kalah cantik jika dibandingkan dengan suasana pada siang hari. Untuk bisa menikmati suasana malam hari di sana, maka wisatawan biasanya akan melakukan kegiatan berkemah. Oleh karena itu, jika ingin berkemah maka Anda harus membawa segala perlengkapannya dari rumah.

Pemandangan malam berupa gemerlap cahaya bintang dan bulan yang ditemani oleh suara air laut bisa Anda nikmati sampai puas. Untuk menambah keseruan berkemah, Anda dapat membuat api unggun dan membakar jagung untuk disantap bersama-sama. Jika membawa alat musik, maka Anda bisa mengalunkan nyanyian yang menenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pasir Timbul Pulau Siburu
Image Credit: Google Maps Darto Dart0

Tempat wisata yang kerap disebut dengan pasir timbul Pulau Siburu ini belum menyediakan fasilitas yang memadai. Hal itu lantaran tidak ada masyarakat yang tinggal dan mengurus pulau tersebut.

Fasilitas yang bisa dinikmati di sana hanya berupa kapal kecil dan perahu yang memang mengantar wisatawan. Anda dapat mengelilingi lautan dengan menyewa perahu tersebut.

Wisatawan sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri dari rumah. Pasalnya, di pulau tersebut belum ada toko atau warung yang menjual makanan.

Nah, itulah berbagai hal yang berkaitan dengan pasir timbul Pulau Siburu. Jangan ragu lagi untuk memasukan pulau tersebut ke dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.