Pucok Krueng, Pesona Kolam Pemandian Alami Nan Eksotis di Aceh Besar

Pucok Krueng, Pesona Kolam Pemandian Alami Nan Eksotis di Aceh Besar

Pucok Krueng adalah kolam pemandian alami yang tersembunyi dibalik tebing di Aceh Besar. Kawasan tersembunyi ini menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Pada awalnya belum banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat indah satu ini. Hanya warga sekitar yang datang berkebun dan bersawah ke Pucok Krueng yang mengetahui tempat ini. Lama kelamaan tempat ini mulai dikenal backpacker dan anak anak muda pecinta alam. Yang pada akhirnya keindahan tempat ini semakin diketahui dan dikenal banyak orang dari mulut ke mulut.

Karena mulai terkenal dan mendatangkan banyak wisatawan, penduduk sekitar juga mulai mengelola dan mengawasi kawasan ini agar kebersihan dan keasriannya tetap terjaga. Di sini Anda bisa menuju kolam utama yang memiliki warna air jernih kehijauan, dan mulai menikmati suasana alam segar yang tersuguh.

Anda juga bisa menikmati kesegarannya dengan berenang renang atau hanya bermain air pada kolam pemandian alam Pucok Krueng ini. Di ujung kolam ini juga terdapat goa yang apabila ditelusuri terus akan berakhir di sungai pegunungan Lambo, Aceh Jaya. Angin semilir dan udara bersih yang ada bisa menjadi obat penyejuk bagi Anda yang berwisata ke wisata alam ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pucok Krueng

Daya Tarik Pucok Krueng
Image Credit: Google Maps (Irfan Munadi)

Sesaat menginjakkan kaki di kawasan ini, mata Anda akan langsung dimanjakan dengan keindahan alam berupa pohon-pohon rindang, tebing tebing yang berjajar dan hijaunya kolam pemandian yang memiliki mata air langsung dari gunung. Tidak hanya itu, berikut masih ada beberapa daya tarik lain yang ditawarkan Pucok Krueng.

1. Keindahan Kolam

Kolam yang keadaan alamnya masih terjaga dengan baik ini memiliki air yang begitu jernih dan berwarna hijau sampai kebiruan. Letak kolam mini diapit oleh hutan hutan yang asri. Di sebelah kolam juga terdapat tebing yang bisa dipanjat.

Perpaduan warna air dan tebing gunung yang ada sungguh jarang dijumpai di tempat lain. Warna air pada kolam ini akan semakin indah saat bertemu dengan pantulan cahaya cerah matahari.

2. Panorama Alam yang Memberikan Kedamaian

Danau tenang dengan kesejukan alam, ditambah pepohonan yang sangat asri dapat membayar perjalanan jauh yang sudah Anda tempuh untuk menuju lokasi Pucok Krueng. Anda tidak perlu sungkan untuk menceburkan diri ke dalam kolam pemandian ini. Di sini Anda juga bisa memasuki gua gua kecil yang terdapat di sudut kolam untuk menikmati suasana berbeda saat berenang.

3. Variasi Suhu Air Kolam

Kolam ini mendapat aliran air dari mata air batu kapur yang membuatnya menjadi terasa hangat bahkan panas. Sehingga bila terlalu lama di air kulit Anda akan terasa sedikit terbakar. Namun, lain halnya dengan dengan air yang ada di permukaan, air di permukaan kolam terasa lebih dingin. Hal inilah yang menjadikan wisatawan merasa penasaran untuk mandi di kolam alami ini.

Daya Tarik Dimiliki Pucok Krueng
Image Credit: Google Maps (Deppie Ixs)

4. Spot Panjat Tebing

Pucok Krueng memiliki ciri khas berada di tepian tebing. Hal ini dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menjadikannya sebagai lokasi olahraga alam panjat tebing. Mungkin ini merupakan suatu hal yang sangat menarik bagi Anda yang memiliki kemampuan memanjat tebing.

Spot-spot tebing di kawasan ini terkenal cukup menantang yang dapat memberikan sensasi tak biasa. Namun hal ini hanya dikhususkan bagi mereka yang memang sudah memiliki pengalaman lebih dalam dunia panjat tebing.

5. Gua Legendaris

Terdapat gua legendaris yang terletak di hulu sungai tebing ini. Gua ini memiliki kedalaman yang cukup Panjang. Jika menyusuri gua ini, nantinya Anda akan menembus hingga ke daerah Amno, Aceh Jaya.

Selain itu, terdapat pula gua bawah air yang memiliki kindahan luar biasa. Namun bagi Anda yang kurang ‘jago’ berenang, tidak disarankan untuk bermain main di gua bawah air ini. Sebab gua memiliki kedalaman sang bisa dibilang cukup dalam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pucok Krueng

Alamat Pucok Krueng
Image Credit: Google Maps (Aditya 46)

Pucok Krueng beralamatkan di Mon Ikeun, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Untuk mencapai kawasan ini Anda bisa berangkat dari pusat Kota Bandar Aceh, waktu yang mungkin Anda tempuh adalah 35 menit dengan berkendara melewati Jalur Barat Selatan dan menyusuri Jalan Nasution Banda Aceh -Meulaoh.

Kemudian dari sini perjalanan dilanjut sekitar 15 menit melalui jalan batuan dan tanah yang sedikit terjal. Sebenarnya perjalanan yang Anda tempuh untuk menuju tempat ini tidak terlalu lama, namun karena akses jalan yang masih terbilang sangat sederhana menyebabkan perjalanan akan terasa lebih berat. Tetapi itu semua akan terbayarkan saat Anda sampai di tempat tujuan. Dengan suguhan kolam indah yang diapit hutan hutan nan rindang.

Harga Tiket Masuk Pucok Krueng Aceh Besar

Harga Tiket Pucok Krueng
Image Credit: Google Maps (Deppie Ixs)

Ketika akan memasuki kawasan wisata Pucok Krueng Anda tidak perlu membayar biaya masuk, karena tempat ini memberi kebebasan biaya alias gratis bagi siapapun yang ingin memasuki kawasan ini. Tanpa perlu mengeluarkan uang untuk biaya masuk, Anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang tersedia di tempat ini.

Anda tidak akan dikenai biaya masuk saat berwisata ke wisata alam ini, Anda hanya perlu membayar biaya kendaraan yang itupun bertujuan untuk mengamankan kendaraan pribadi Anda. Biayanya pun tidak terlalu mahal. Cukup dengan membayar sekitar Rp 5000,- sampai Rp 10.000,- Anda sudah bisa menjamin bahwa kendaraan yang Anda bawa akan dijaga oleh pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pucok Krueng

Image Credit: Twitter.com @TingkahSiKonyol

1. Berendam Air Hangat

Terdapat air hangat alami di kolam pemandiann Pucok Krueng, Anda bisa memanfaatkannya untuk berendam air hangat. Berendam air hangat alami juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, karena terdapat kandungan mineral didalam airnya.

Diantaranya manfaat berendam air panas alami yakni dapat merelaksasikan diri, menghilangkan stress, memperlancar sirkulasi darah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Terjun ke Kolam dari Tebing

Kegiatan ini terdengar sedikit ekstrim, namun banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan clif jumping atau terjun ke kolam dari tebing. Untuk malakukannya Anda tidak memerlukan peralatan atau baju khusus. Cukup berdiri di pinggir tebing dan melompat ke kolam dengan bebas.

Tapi Anda harus memastikan dengan benar apakan perairan yang akan Anda lomati cukup dalam atau tidak. Jangan sampai Anda lompat ke perairan yang dangkal, karena bisa cukup membahayakan diri.

3. Berfoto

Sudah tidak bisa dipungkiri, bahwa berfoto saat liburan atau wisata adalah salah satu ha wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Keindahan panorama alam Pucok Krueng yang sudah tidak diragukan lagi membuat siapapun tak ingin melewatkan untuk mengabadikan momen momen saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Anda bisa memanfaatkan tebing, pepohonan rindang dan juga warna cantik dari kolam untuk dijadikan background saat sedang mengambil foto diri.

Kegiatan Menarik di Pucok Krueng
Image Credit: Google Maps (Geografi Kreatif)

4. Berenang dan Bermain Air

Mungkin berenang terdengar sebagai kegiatan yang biasa biasa saja. Namun lain halnya jika Anda berenang di alam bebas, sensasi yang ditawarkan saat Anda berenang di tempat ini ialah Anda bisa berenang sambil melihat keindahan yang disuguhkan oleh kawasan sekitarnya, kesegaran dan suasana alamnya juga akan semakin terasa bila Anda berenang disini.

5. Menjelajahi Gua

Bagi Anda yang suka menjelajah, mungkin menjelajahi gua akan menjadi hal yang sangat menarik. Terdapat beberapa gua yang mengaliri air ke sungai sungai dekat Pucok Krueng Aceh Besar.

Ada pula gua panjang yang yang bisa Anda telusuri dan jelajahi. Gua ini menembus sampai ke daerah Amno, Aceh Jaya. Ini bisa menjadi pengalaman unik bagi Anda, namun pastikan Anda memiliki perlengkapan yang siap dan tubuh yang fit sebelum melakukan penjelajahan.

Fasilitas yang Tersedia di Pucok Krueng Aceh Besar

Fasilitas di Pucok Krueng
Image Credit: Google Maps (Irfan Munadi)

Kebanyakan tempat wisata dengan akses jalan sulit belum memiliki fasilitas yang memadai untuk wisatawan. Tetapi lain halnya dengan tempat wisata yang satu ini, walaupun tempat wisata Pucok Krueng Aceh Besar ini memiliki akses jalan yang bisa dikatakan sulit. Namun, fasilitas fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup memadai untuk dapat digunakan para wisatawan.

Fasilitas fasilitas tersebut seperti toilet umum yang bisa Anda manfaatkan untuk berganti pakaian saat setelah selesai berenang atau bermain air. Terdapat pula area parkir yang lumayan luas untuk kendaraan Anda. Selain itu, bila Anda ingin makan makanan ringan, terdapat beberapa penjual makanan ringan yang ada di kawasan pemandian alami ini.

Pemerintah dan masyarakat sekitar sedang berusaha untuk mengembangkan beberapa fasilitas lain sabagai penunjang untuk membantu wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Misalnya saja, masyarakat sekitar dan pemerintah daerah sedang berupaya untuk dapat mengembangkan akses jalan menjadi lebih baik.

Nah, itulah tadi daya tarik, harga masuk, kegiatan menarik, fasilitas, dan rute jalan menuju kawasan wisata Pucok Krueng yang popular di Aceh Besar. Kesimpulannya tempat wisata ini adalah tempat wisata dengan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Berliburan ke tempat wisata ini juga bisa menjadikan Anda lebih rileks dan santai. Anda benar benar bisa merasakan dimanja oleh alam yang sesungguhnya.