Pulau Banyak, Surga Bahari Tersembunyi di Aceh Singkil

Pulau Banyak, Surga Bahari Tersembunyi di Aceh Singkil

Pulau Banyak merupakan deretan pulau-pulau eksotis yang menarik dieksplor di Aceh Singkil. Kepulauan ini memiliki panorama alam nan indah di Pulau Palambak, Pulau Rangit dan Pulau Panjang, yang menyuguhkan pantai berpasir putih, air laut biru dan keindahan bawah laut.

Harga Tiket: Rp 27.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Pulau Banyak Barat, Kab. Aceh Singkil, Aceh.

Indonesia adalah negara maritim dengan jumlah dan luas perairan lebih banyak ditimbang daratan. Jumlah pariwisata kelautan di Indonesia juga tidak terhitung jumlahnya. Baik yang sudah dikelola ataupun yang belum ditemukan. Salah satu potensi pariwisata maritim yaitu Pulau Banyak. Pulau ini terkenal karena adanya gugusan pantai dan kepulauan yang memiliki keindahan eksotis.

Memiliki letak di Aceh atau yang termasuk daerah Sabang, pulau ini menjadi salah satu primadona yang menjadikan pariwisata di Aceh semakin maju. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya wisatawan yang datang dan berkunjung baik dari lokal maupun luar negeri. Keindahan yang ditampilkan pulau ini memang sangat menakjubkan dan serba lengkap.

Hal tersebut membuat pengunjung semakin tertarik untuk berwisata di pulau ini. Mereka rela menempuh jarak berkilo-kilo meter, merogoh kocek yang dalam, meluangkan banyak waktu dan sebagainya untuk mengunjungi pulau ini. Bagi wisatawan pulau ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Berikut ini beberapa hal berkaitan dengan Pulau Banyak yang harus diketahui sebelum berkunjung ke sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Banyak

Daya Tarik Pulau Banyak
Image Credit: Google Maps (Reka Horvath)

Pulau ini memang kaya dengan daya tarik. Hal tersebut menjadikan wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung ke pulau ini. Tidak hanya berkutat pada area perairan saja akan tetapi bagian dari perairan tersebut memiliki keindahan yang eksotis. Berikut ini beberapa hal yang dianggap sebagai daya tarik dari Pulau Banyak.

1. Keindahan Terumbu Karang

Terumbu karang menjadi salah satu kekayaan alam yang paling banyak diminati oleh wisatawan. Pasalnya terumbu karang tidak bisa dijumpai secara bebas di daratan. Untuk menemukan terumbu karang wisatawan harus melakukan penyelaman.

Beberapa lokasi di wilayah pulau ini menyediakan spot atau tempat khusus untuk penyelaman di mana wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah laut. Banyaknya terumbu karang yang indah di lokasi ini dikarenakan pulau ini masih bersih dari perburuan terumbu karang.

Setiap masyarakat ataupun wisatawan yang berkunjung mereka akan menjaga keindahan dan eksistensi dari adanya terumbu karang. Sehingga terumbu karang di pulau ini tetap lestari dan mempertahankan bentuknya yang indah.

2. Pulau yang Bersih dan Masih Asri

Keindahan dari tempat wisata merupakan daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan. Hal tersebut juga terdapat pada pulau ini. Pulau Banyak terkenal dengan area wisatanya yang bersih dan airnya yang jernih. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tidak akan menemukan sampah ataupun benda-benda yang menggenang yang mengotori perairan.

Pihak pengelola selalu mengupayakan pulau ini tampil dalam keadaan bersih. Hal tersebut diketahui dari beberapa aturan yang disebutkan kepada wisatawan ketika mengunjungi pulau ini.

Kebersihan pulau merupakan kerjasama dari pihak pengelola dan wisatawan yang berkunjung. Meskipun pihak pengelola menyediakan aturan yang ketat tetapi jika wisatawan melanggarnya maka tidak akan terjadi perubahan.

Daya Tarik Pulau
Image Credit: Google Maps (Rika The Explorer)

3. Hamparan Pasir Putih

Di area pantai pasir putih merupakan pemandangan yang umum. Akan tetapi berbeda dengan di area pulau. Pulau Banyak memiliki pasir berwarna putih yang menghampar luas. Wisatawan bisa memandangi hamparan pasir putih seolah tak terbatas. Kebersihan dari wilayah daratan pulau ini menjadi daya tarik utama untuk setiap wisatawan.

Pasir putih yang dikombinasikan dengan jernihnya air laut membuat perpaduan tersebut semakin menarik. Terlebih lagi apabila wisatawan mengunjunginya pada saat siang hari dimana cuaca sedang cerah cerahnya. Pesona dari pantai ini akan muncul dengan maksimal.

4. Pantai Kecil yang Menakjubkan

Pulau ini memiliki banyak sekali pantai kecil dengan keindahan yang menakjubkan. Setiap pantai menyimpan beragam filosofinya tersendiri. Seluruh pantai yang ada di Pulau Banyak selalu menjadi perhatian wisatawan. Pasalnya pantai-pantai tersebut memang sangat indah dan bersih.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini bisa dengan leluasa berwisata juga ke pantai kecil yang ada di pulau tersebut. Bagi wisatawan yang masih bingung tentang seluk beluk pulau ini maka bisa mendapatkan seorang penunjuk arah atau pemandu pariwisata.

Pihak pengelola memang memberikan pengaturan yang sedemikian rupa dan menyiapkan berbagai fasilitas sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama berkunjung ke pulau ini. Pengelolaan pulau ini membuat semakin populer dan dikenal banyak orang.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Banyak

Alamat Pulau Banyak
Image Credit: Twitter.com @dishub_aceh

Bagi masyarakat Aceh, tentunya sudah tidak heran dengan adanya pulau ini. Mereka bisa mengunjungi pulau ini kapan saja. Pulau ini sangat mudah dijangkau dan bisa dibilang strategis karena terletak di area kabupaten singkil. Rute untuk menuju pulau ini juga terbilang muda sehingga wisatawan tidak perlu bingung meskipun baru pertama kali mengunjunginya.

Apabila wisatawan mengambil rute dari arah medan maka bisa langsung menuju ke Bandara Kuala Namu. Karena dari bandara tersebut untuk menuju area kabupaten singkil akan sangat mudah. Bisa menggunakan Damri, taksi hingga travel.

Selain itu, pengunjung juga bisa langsung menuju ke Bandara Hamzah Fansuri yang ada di Singkil. Untuk menuju pulau ini bisa melalui jalur darat dengan perjalanan hingga 8 jam.

Sebenarnya untuk masuk ke wilayah pulau ini pengunjung tidak disuruh membayar terlalu mahal. Hanya dengan membayar tarif sebesar Rp 27.000 saja, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai jenis fasilitas dan juga pemandangan yang menakjubkan dari pulau ini.

Hanya saja biaya kendaraan yang digunakan untuk menuju pulau memang sedikit lebih mahal. Jika menggunakan jalur darat biasanya jasa yang ditawarkan berkisar Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Meskipun demikian banyak pengunjung yang tetap tertarik berwisata di pulau ini. Tidak perlu khawatir karena pulau ini buka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Banyak

Kegiatan Dilakukan di Pulau Banyak
Image Credit: Google Maps (Rika The Explorer)

Bagi pengunjung yang berwisata ke pulau ini pastinya akan sangat sayang apabila tidak melakukan kegiatan yang ikonik. Di mana kegiatan tersebut bisa menjadi momen atau kenangan terindah ketika berkunjung ke pulau ini. Berikut ini beberapa kegiatan yang biasa dilakukan oleh setiap wisatawan.

1. Berenang dan Menyelam

Wisatawan yang hobi berenang dan menyelam bisa menggunakan hal tersebut untuk menyelami pulau ini secara mendalam. Tetapi jika melakukan kedua hobi tersebut harus membawa sarana prasarana sendiri. Pengunjung bisa berenang di lokasi yang diperbolehkan oleh pihak pengelola. Selain itu lokasi penyelaman juga disediakan tempat tersendiri.

Biasanya wisatawan akan berenang sambil melakukan terapi. Karena dengan berenang dipercaya bisa meringankan pegal-pegal dan sebagainya. Terlebih lagi keadaan air yang sangat jernih. Wisatawan yang menyelam memang memiliki hobi untuk mengamati keindahan terumbu karang. Mengingat terumbu karang sangat langka ditemukan di area daratan.

2. Bermain Air di Pantai

Bermain air menjadi ke kegiatan yang bisa dianggap paling seru. Pengunjung bisa bermain air di wilayah tepi pulau sembari menikmati keindahan yang tersuguhkan dari alam. Sebagian pengunjung berwisata ke pulau ini untuk mencari ketentraman, mengingat ada beberapa wilayah pulau yang masih sepi pengunjung.

3. Mengunjungi Pantai-Pantai yang Eksotis

Pulau Banyak memiliki gugusan pantai kecil yang sangat indah. Pantai-pantai tersebut ada di dalam pulau yang bisa dikunjungi oleh wisatawan kapan saja. Sehingga apabila wisatawan telah mencapai pulau ini, maka mereka bisa bebas mengunjungi berbagai spot destinasi wisata yang tersedia. Biasanya wisatawan tidak hanya berdiam diri tetapi juga berkeliling untuk menikmati keindahan yang ada.

Kegiatan di Pulau Banyak
Image Credit: Instagram.com @meiyin_izs

4. Mengeksplor Pulau-Pulau Kecil

Saat berkunjung ke kepulauan ini, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan alam yang tersaji di Pulau Palambak, Pulau Panjang, Pulau Rangit dan pulau kecil lainnya. Pulau-pulau ini dihiasi pohon kelapa yang rindang, pantai berpasir putih dan air laut yang jernih.

5. Mengabadikan Momen Terindah

Segala bentuk kegiatan yang ada di pulau ini memang sangat menarik. Mengingat spot atau visual dari pulau ini sangatlah menakjubkan. Tidak heran jika wisatawan selalu berupaya mengabadikan berbagai kegiatan atau momen-momen terindah. Mereka ber selfie berfoto bersama dan memotret beberapa pemandangan alam yang yang ikonik.

Penginapan Murah Terdekat Lokasi Pulau

Penginapan Terdekat Pulau
Image Credit: Traveloka.com

Rasanya akan sangat kurang jika mengunjungi pulau ini dalam waktu yang singkat. Sehingga wisatawan biasanya memilih untuk mencari penginapan untuk bermalam sehingga bisa dengan mudah mengunjungi Pulau Banyak dan menikmati keindahannya tanpa batas. Berikut ini beberapa penginapan yang memiliki lokasi paling dekat dengan pulau ini.

1. Losmen Putri

Pulau ini selalu dipadati pengunjung karena memiliki akomodasi dan fasilitas kamar yang lengkap. Penginapan memiliki desain eksterior yang sangat memukau. Kemudian lokasinya sangat mudah ditemukan dan berada tidak jauh dari Pulau Banyak.

Untuk setiap malamnya, pengunjung bisa merogoh kocek sebesar Rp 200.000 saja. Bahkan terdapat dua jenis kamar yaitu kamar ber-ac atau kamar non ac yang bisa dipilih. Penginapan ini berlokasi di Jalan Iskandar Muda nomor 43.

2. Losmen Lei Kombih

Bagi wisatawan yang menyukai penginapan sederhana, penginapan ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik pada. Untuk menikmati berbagai jenis fasilitas yang menarik pengunjung hanya perlu membayar Rp 150.000 saja untuk setiap malam nya. Kemudian di penginapan ini juga sudah disediakan lokasi untuk makan dan sarapan.

Tentunya hal tersebut membuat pengunjung tidak perlu repot makan diluar. Meskipun tidak sama seperti hotel berbintang yang serba mewah, akan tetapi berbagai fasilitas sederhana yang disediakan bisa memanjakan pengunjung ketika bermalam. Lokasi penginapan ini juga sangat strategis dengan harga yang relatif murah.

3. Penginapan Naura

Penginapan yang satu ini sudah disulap menjadi penginapan yang serba modern. Mulai dari desain eksteriornya hingga desain interiornya. Setiap pengunjung akan merasa terpuaskan ketika bermalam di sini.

Tidak perlu khawatir meskipun fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap harga untuk sewa setiap malamnya tidak terlalu mahal. Pengunjung hanya perlu menyediakan dana kurang lebih Rp 200.000 saja. Setiap kamar didesain sangat bagus sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Penginapan ini terletak di jalan Iskandar Muda.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Banyak Aceh Singkil

Fasilitas di Pulau Banyak Aceh
Image Credit: Google Maps (Barmawi channel)

Pulau Banyak memang memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan. Hal tersebut menjadikan pihak pengelola selalu mengupayakan yang terbaik untuk memenuhi segala fasilitas yang ada di pulau ini. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas khusus sudah tersedia.

Pihak pengelola juga selalu memastikan kebersihannya dan memastikan bahwa setiap wisatawan akan merasa nyaman ketika berkunjung. Tidak lupa pihak pengelola selalu melakukan evaluasi lanjutan untuk mengetahui seberapa mana fasilitas tersebut berpengaruh terhadap wisatawan.

Pulau menjadi destinasi wisata yang saat ini tengah populer. Meskipun berada di wilayah Aceh, akan tetapi banyak masyarakat atau wisatawan yang berasal dari wilayah Jawa untuk berwisata ke Pulau Banyak. Keindahan dari pulau ini memang tiada duanya salah satu yang memicu adalah kebersihan yang tetap dijaga. Sehingga keindahan alam di pulau ini tetap menakjubkan.