Pulau Belakang Padang, Destinasi Wisata Sarat Sejarah di Kota Batam

Pulau Belakang Padang, Destinasi Wisata Sarat Sejarah di Kota Batam

Pulau Belakang Padang salah satu pulau terluar di Kota Batam, Kepulauan Riau menarik untuk dijelajahi. Destinasi yang bersejarah ini memiliki beragam tempat memukau yang mampu memanjakan mata siapa pun yang berkunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekanak Raya, Kec. Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pulau kecil yang hanya memiliki luas 68,3 km2 ini berada dekat dengan Kepulauan Batam. Walaupun jarak dari Sumatera Utara cukup dekat, namun Pulau Belakang Padang ini merupakan salah satu daerah yang masuk di Provinsi Riau. Nama pulau tersebut terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik.

Selain dapat melakukan berbagai kegiatan di wilayah pulau unik satu ini, masyarakat setempat pun akan menyambut dengan ramah kehadiran para wisatawan. Bahkan jika Anda ingin menetap beberapa hari di pulau tersebut, terdapat beragam jenis penginapan yang bisa Anda pilih.

Banyak para traveller yang sudah pernah menginjakkan kaki di pulau ini, karena keindahan dan kekayaan budaya dari pulau tersebut mampu menarik perhatian. Jika Anda sedang mencari tempat wisata untuk menghabiskan waktu luang anda, berikut ini ada informasi mengenai pulau tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Belakang Padang

Daya Tarik Pulau Belakang
Image Credit: Google Maps (Thecute Wild)

1. Dekat dengan Negara Tetangga

Berjarak tak lebih dari 10 km dengan negara tetangga yakni Singapura, akan terlihat dengan jelas pemandangan negara tersebut dari pulau satu ini. Bangunan modern berupa gedung-gedung yang menjulang tinggi, dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Namun sebelum dapat melihat keindahan dari pemandangan tersebut, Anda diharuskan mendatangi kawasan dataran tinggi yang berada di pulau tersebut. Dataran tinggi ini bernama Bukit Jepang, atau lebih sering dikenal dengan kuburan Cina oleh masyarakat sekitar.

Dengan menggunakan sewa kendaraan roda dua untuk mendatangi bukit tersebut, biaya yang akan Anda keluarkan pun tidak terlalu mahal. Tidak hanya negara tetangga saja yang akan terlihat, namun juga seluruh pemukiman yang ada di Pulau Belakang Padang ini.

2. Pulau Berbalut Sejarah

Pulau yang dulunya menjadi jalur perdagangan Nusantara ini meninggalkan beragam kisah menarik untuk diketahui lebih dalam lagi. Masyarakat yang tinggal di pulau ini pun banyak yang berasal dari luar daerah daripada penduduk asli dari kepulauan tersebut.

Bahkan beberapa wilayahnya memiliki nama kampung yang berbeda-beda, sesuai dengan daerah asal para penduduknya yang tinggal di wilayah tersebut. Faktor dari perdagangan antar daerah pada zaman dahulu, membuat banyak imigran yang memilih menetap dan berpindah rumah di pulau ini.

Walaupun tidak ada peninggalan fisik berupa bangunan yang dapat menjadi bukti, namun sejarah cetak banyak yang menuliskan bahwa pulau tersebut pernah berjaya pada masanya. Dan hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik wisatawan khususnya bagi para peneliti.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Belakang Padang

Alamat Belakang Padang
Image Credit: Twitter.com @Risnaldi_sp

Letak dari Pulau Belakang Padang ini sendiri berada di Kota Batam, Kepulauan Riau. Perjalanan untuk sampai di lokasi pulau tersebut, hanya dapat menggunakan transportasi air berupa kapal. Titik keberangkatan Anda akan dimulai dari Pelabuhan Sekupang, kemudian menaiki kapal bermotor.

Kapal tersebut akan membantu Anda menyeberangi lautan yang memisahkan pulau kecil satu ini dengan Pulau Batam. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk dapat menggunakan transportasi air ini berkisar Rp 15.000.

Setelah 15 menit perjalanan menggunakan kapal ini, Anda akan sampai di pelabuhan kecil dari pulau yang menjadi tujuan Anda sebelumnya. Kemudian perjalanan selanjutnya bisa menggunakan becak yang banyak ditemukan di kawasan pelabuhan kecil tersebut.

Untuk memasuki kawasan pulau satu ini, Anda tidak perlu membayar tiket terlebih dahulu. Tidak akan Anda temukan loket pintu masuk yang melayani pembelian tiket, kalaupun pernah Anda temui, hal tersebut sudah dapat dipastikan pemerasan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Belakang Padang

Kegiatan di Pulau Belakang
Image Credit: Instagram.com @ahmadmusnithamrin

1. Berkeliling Pulau Menggunakan Becak

Kondisi jalan umum di Pulau Belakang Padang ini, rata-rata memiliki ukuran yang kecil dan terlihat lebih sempit. Oleh karena itu, kendaraan umum seperti bus atau angkot tidak akan Anda temukan di kawasan pulau kecil satu ini. Transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat adalah becak.

Kendaraan yang membutuhkan tenaga manusia untuk menjalankannya ini, dapat membawa wisatawan untuk berkeliling di berbagai wilayah di pulau tersebut. Harga untuk menyewa transportasi ini berkisar Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk setiap becaknya.

Harga tersebut memang agak mahal bagi wisatawan luar daerah, tetapi kapasitas becak ini terbilang cukup lumayan, dimana muat hingga 2 orang. Setelah menyelesaikan transaksi, Anda akan diajak mengitari pulau tanpa harus merasakan lelahnya berjalan kaki.

2. Bersantai di Pantai Sulaiman

Selain dapat berkeliling di setiap pelosok dari pulau ini, Anda juga bisa untuk mencoba mendatangi beberapa wisata bahari yang dimilikinya. Salah satunya adalah Pantai Sulaiman, kawasan pesisir ini menyuguhkan suasana yang dapat menenangkan pikiran Anda.

Tujuan utama saat berkunjung di wisata pantai ini, adalah cafe-cafe dengan sajian menu yang cukup beragam. Namun yang menjadi keunggulan sajian dari beberapa cafe ini adalah kopi khas dari Pulau Belakang Padang yakni Kopi Ameng.

Sembari menyeruput lezatnya seduhan kopi tersebut, mata Anda akan tertuju pada keindahan pemandangan pantai yang mempesona. Tak jarang para wisatawan sering datang ketika sore menjelang malam hari, karena momen sunset akan menambah ketenangan suasana pada saat itu.

Kegiatan Menarik di Pulau Belakang
Image Credit: Twitter.com @kakaluindonesia

3. Mengunjungi Lang Lang Laut

Mungkin nama Lang Lang Laut ini masih sangat asing di telinga anda, bahkan banyak yang menebak bahwa nama ini merupakan sebuah binatang laut. Tetapi sayangnya tebakan itu salah besar, arti sebenarnya dari nama Lang Lang Laut ini adalah pasar malam.

Lokasi pasar malam ini terletak di dekat pelabuhan Belakang Padang, sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh para wisatawan yang ingin mengunjunginya. Pedagang yang memenuhi pasar malam ini berasal dari para warga sekitar, yang menjajakan berbagai macam barang dan makanan.

Pasar malam ini buka dari jam 6 sore hingga tengah malam, menarik bukan? Anda bisa jalan-jalan merasakan suasana malam ditengah keramaian pasar sambil membeli beragam kuliner yang dijual.

4. Berwisata di Pantai Putih

Satu lagi wisata bahari dari Pulau Belakang Padang yang wajib Anda kunjungi dan Anda nikmati keindahannya adalah Pantai Putih. Nama tersebut menggambarkan kondisi dari pantai itu sendiri, yang memiliki hamparan pasir putih bersih di sepanjang bibir pantainya.

Tidak hanya keindahan pasirnya saja yang dapat memikat banyak pasang mata, namun juga karena beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di kawasan pantai tersebut. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah berenang, karena kedalaman bibir pantai yang terbilang cukup dangkal.

Dengan banyaknya kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di lokasi pantai tersebut, maka waktu yang Anda habiskan seharian pun akan terasa sangat singkat.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pulau

Penginapan Dekat Lokasi Pulau
Image Credit: Agoda.com

1. Hotel Asiya

Penginapan sederhana ini terletak di pulau itu sendiri, lebih tepatnya berada di bagian sisi utara pulau tersebut. Lokasinya tepat berada di pinggir laut, sehingga saat pagi atau sore hari, momen keindahan matahari terbit atau tenggelam bisa Anda dapatkan.

Hotel ini masih terbilang sangat sederhana, dimana hanya terdapat sebuah kamar dan beberapa kamar mandi saja. Fasilitas lain yang cukup memadai belum bisa ditemukan di hotel ini. Namun bagi wisatawan yang memiliki budget minim, penginapan satu ini dapat menjadi salah satu pilihan tempat untuk menginap.

2. KTM Resort

Resort mewah satu ini berada di tepi Pulau Batam, dimana letaknya yang terbilang cukup dekat jika ingin menuju Pulau Belakang Padang. Bangunan dari penginapan ini terlihat elegan dan unik, karena materi kayu yang digunakan akan tampak mengkilap saat terkena sinar matahari.

Adapun kolam renang yang menghadap langsung ke arah pantai, sehingga dapat melihat secara langsung pemandangan laut saat berenang atau bersantai. Di halaman depan resort ini, terdapat taman bunga dengan rumput hijau yang menambah suasana semakin sejuk.

3. Harris Resort Waterfront

Lokasinya yang terletak dekat dengan Pelabuhan Sekupang, menjadi alasan mengapa penginapan satu ini banyak dipilih oleh wisatawan dari luar daerah. Hanya akan memakan waktu perjalanan sekitar 20 menit, Anda sudah sampai di pelabuhan tersebut.

Selain itu fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari area kolam renang, restoran, hingga taman bermain untuk anak-anak. Bahkan di kolam renang tersebut, Anda bisa mencoba beberapa wahana permainan air. Tak hanya itu, sajian yang dihidangkan pun memiliki rasa lezat yang dapat menggugah selera Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Belakang Padang

Fasilitas di Pulau Belakang
Image Credit: Google Maps (Hasan Imam Mukut)

Fasilitas yang ada di wisata pulau ini cukup lengkap, dimana terdapat berbagai macam tempat ibadah dengan kondisi bangunan yang bagus dan terawat. Tak hanya itu, sebuah penginapan sederhana bisa Anda temui untuk menginap beberapa malam di kawasan pulau bersejarah tersebut.

Itulah informasi mengenai Pulau Belakang Padang yang namanya kini kian dikenal oleh masyarakat luas. Selain beragam keindahan panorama alam yang disuguhkan, cerita sejarah dari pulau tersebut juga dapat menarik perhatian banyak wisatawan dari luar daerah.