Intip Keindahan Alam Pulau Burung di Belitung

Intip Keindahan Alam Pulau Burung di Belitung

Pulau Burung salah satu pulau unik nan indah di pantai utara Belitung yang menarik untuk dieksplor. Pulau dengan hamparan pasir putih, batu granit besar menyerupai burung dan perairan yang jernih menjadi daya tarik utamanya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Mendengar kata Pulau Burung pasti Anda langsung terpikir pulau tak berpenghuni dan dijadikan sarang oleh burung. Namun tidak demikian dengan kawasan ini karena ia justru memiliki pemandangan memanjakan mata yang menakjubkan

Penamaan pulau ini sebenarnya diambil dari penampakannya jika dilihat dari kejauhan yang tampak seperti paruh burung. Oleh karena itu, pulau ini juga dikenal dengan pulau Burong karena menggunakan burung sebagai ikon dan lambang kebanggaan.

Pulau Burung menjadi tujuan wisatawan sebab letaknya tidak jauh dari destinasi menarik di Sumatera yaitu Belitung. Pulau patut dikunjungi karena menyembunyikan keindahan alam yang masih belum banyak diketahui banyak orang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Burung

Daya Tarik Dimiliki Pulau Burung
Image Credit: Google Maps (Halliya Citrasari)

1. Air Laut yang Jernih

Saat berkunjung ke Pulau Burung, wisatawan akan disambut dengan air laut yang jernih dan biru. Bahkan saking jernihnya, Anda bisa melihat batu karang dan ikan-ikan kecil yang terdapat di dasar laut.

Selain jernih, airnya pun bersih bebas sampah karena di tempat ini tidak berpenghuni serta setiap wisatawan yang datang selalu dihimbau untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Berkunjung ke pulau ini tidak akan membuat kecewa karena panorama alam yang dipamerkan sangat jernih.

2. Pasir Putih dan Bersih

Tak hanya air yang jernih, pulau ini memiliki pasir putih yang bersih membentang di seluruh pesisir pantai. Pemandangan ini tampak serasi dengan air laut jernih dan biru sehingga menghasilkan gradasi warna yang memukau.

3. Bentuk Batuan yang Unik

Daya tarik selanjutnya yaitu batu granit yang tidak lain adalah ikon dari tempat ini. Batu granit besar ini memiliki bentuk yang tidak beraturan namun justru membentuk paruh burung unik dan memiliki nilai seni.

Batu granit berukuran raksasa ini bisa terlihat jelas dari kejauhan dan akan menyambut setiap wisatawan yang berkunjung. Batu tersebut terletak di bibir pantai sehingga bisa dijangkau dengan mudah. Bongkahan batu yang gagah ini tampak serasi dan menyatu degan air laut yang berwarna biru.

Daya Tarik Pulau Burung
Image Credit: Twitter.com @asienparadis

4. Pulau yang Tak Berpenghuni yang Menawan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pulau eksotis ini tidak berpenghuni. Namun tak perlu khawatir karena pulau tersebut menyajikan pemandangan alam yang mempesona di berbagai sudutnya.

Pulau ini terbilang kecil karena luasnya hanya sekitar dua meter dan dikelilingi oleh tumbuhan hijau beraneka ragam. Bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan jauh dari kesibukan kota, tempat ini sangat pas dijadikan objek wisata liburan yang akan datang.

5. Ombak yang Tenang

Pulau kecil ini memiliki ombak cukup tenang sehingga cocok untuk Anda yang ingin bersantai sambil menikmati suara ombak. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melakukan banyak aktivitas karena ombak pantai termasuk aman dan ideal untuk bermain bersama keluarga.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Burung

Alamat Pulau Burung
Image Credit: Google Maps (Chandra Mbura)

Pulau Burung atau dalam bahasa Belitung dikenal dengan Pulau Burong ini masuk dalam kawasan Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau satu ini terletak di bagian utara pantai Belitung tepatnya di desa Tanjung Binga.

Untuk menikmati panorama alam yang dimiliki pulau eksotis ini, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan jalur laut menggunakan perahu terlebih dahulu. Anda bisa naik perahu dari Tanjung Binga selama 20 menit perjalanan. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perairan lepas Laut Cina yang menawan.

Dari kejauhan wisatawan bisa melihat batu granit yang menyerupai paruh burung yang berarti tujuan hampir sampai. Saat tiba di pulau, Anda akan disambut dengan pasir putih dan pulau hijau yang asri.

Jika Anda berlibur ke pulau indah ini, tidak perlu khawatir karena tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun sebaliknya, objek wisata seperti Pulau Burung ini mengharuskan wisatawan yang akan berkunjung untuk menyewa terlebih dahulu.

Biaya sewa perahu ini bervariasi tergantung dengan titik dimana wisatawan berangkat. Tarif umum untuk sewa perahu ini mulai dari Rp 450.000 namun harga akan lebih murah jika sewa perahu dari hotel.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Burung

Kegiatan Dilakukan di Pulau Burung
Image Credit: Google Maps (Chandra Buana)

1. Berjemur di Tepi Pantai

Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa berjemur di bibir pantai dengan tenang. Lokasi pantai yang menyendiri berada di tengah membuat sinar matahari yang diperoleh cukup ideal untuk berjemur. Wisatawan bisa berjemur di bibir pantai dengan membawa alas berupa kain atau langsung di atas pasir putih nan bersih.

2. Berkeliling Pulau

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Burung selanjutnya yaitu berkeliling area pulau sampai puas. Pulau yang luasnya tidak lebih dari dua meter sangat ideal khususnya bagi wisatawan yang senang berolahraga. Selain itu, berkeliling di pulau yang tidak terlalu luas ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dengan berkeliling pulau, wisatawan dapat menikmati keindahan alam pulau Burong ini lebih dalam. Waktu terbaik untuk mengelilingi pulau ini adalah sore hari karena sinar matahari sudah tidak terlalu terik.

3. Berenang

Datang ke pulau cantik ini tentu tidak lengkap jika tidak berenang. Umumnya para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini menyempatkan untuk berenang atau sekedar mencelupkan kakinya ke bibir pantai karena daya tarik air yang bersih dan jernih. Anda tak perlu takut karena ombak di tempat ini juga cukup tenang dan aman untuk berenang.

4. Snorkeling

Tak cukup dengan berenang, wisatawan juga bisa snorkeling di objek wisata ini. kegiatan ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang gemar dengan olahraga air dan keindahan alam bawah laut.

Tempat ini memiliki spot selam yang bagus untuk menikmati surga bawah laut. Air laut yang jernih memudahkan wisatawan melihat cantiknya terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

Kegiatan di Pulau Burung
Image Credit: Google Maps (Silviana Sugiyanto)

5. Mengunjungi Batu Granit Pulau Burung

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Pulau Burung adalah menengok batu granit yang menjadi ikon tempat tersebut. Batu besar yang memiliki bentuk unik menjadi bukti keindahan alam yang diciptakan Tuhan. Letak batu ini juga tidak jauh dari pulau sehingga masih mudah dijangkau oleh wisatawan bahkan anak-anak sekalipun.

6. Berfoto-Foto

Berfoto seakan menjadi aktivitas yang tidak bisa terlewatkan saat berlibur kemana saja, termasuk ke Pulau Burong ini. banyak spot indah yang bisa dijadikan objek foto mulai dari pemandangan pantai lepas, batu granit yang menjadi ikon pulau hingga pepohonan yang menjulang tinggi memenuhi kawasan pulau.

Salah satu momen yang tidak bisa dilewatkan adalah momen sunset dengan suasana langit berubah jingga nan romantis. Pemandangan yang memanjakan mata membuat tempat ini banyak digunakan untuk foto prewedding.

7. Menikmati Sunset

menikmati omen matahari yang perlahan terbenam menjadi kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan di objek wisata ini. pulau ini merupakan spot terbaik untuk melihat sunset dengan jelas karena tidak terhalangi apapun. Wisatawan dapat menikmati momen indah tersebut sambil duduk santai di atas pasir tepi pantai.

8. Bersantai di Bungalow

Lelah menempuh perjalanan atau puas bermain, wisatawan bisa beristirahat meluruskan punggung sambil menikmati indahnya pemandangan alam di bungalow yang ada di dekat pantai. Suasana pantai yang tenang dan pemandangan alam yang masih asri sangat pas untuk menenangkan pikiran.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Burung

Penginapan Terdekat Pulau Burung
Image Credit: Traveloka.com

1. Sheraton Belitung Resort

Penginapan mewah dengan fasilitas eksklusif dekat dengan Pulau Burung ada di Sheraton Belitung Resort. Penginapan ini berjarak sekitar 3,37km sehingga masih bisa dijangkau dalam waktu yang tidak terlalu lama. Resort mewah ini menyediakan kamar dan fasilitas mewah seperti spa, desain kamar mewah dan pemandangan laut lepas langsung dari kamar.

2. Capital O 399 Kelayang Beach Hotel

Penginapan satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari hotel murah namun fasilitas yang diberikan tidak murahan. Hotel ini berada di lokasi yang strategis karena akses menuju bandara cukup dekat sekitar 45 menit. Dan menariknya, Capital O 399 Kelayang Beach hotel ini mempunyai view pantai langsung layaknya private beach.

3. Rock and Wreck Dive Resort

Rekomendasi penginapan yang terakhir yakni Rock and Wreck Dive Resort. Penginapan dengan konsep menarik dengan kamar yang berbentuk rumah penduduk akan memberikan pengalaman liburan berbeda dan menyenangkan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap kolam renang, AC dan akses langsung ke Pantai Tanjung Kelayang.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Burung Belitung

Fasilitas Pulau Burung Belitung
Image Credit: Facebook.com @MargaretaZheng

Untuk memuaskan pengalaman liburan para wisatawan, pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas dengan kondisi yang memadai. wisatawan tidak perlu khawatir dengan air bersih karena di pulau ini terdapat sumur bor yang menyediakan air tawar bersih. Selain itu, terdapat bungalow yang bisa wisatawan gunakan untuk beristirahat atau bersantai menikmati pemandangan pantai lebih lama.

Itulah ulasan mengenai Pulau Burung yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau dengan daya tarik batu granit tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas memadai untuk memberikan kenyamanan pada setiap wisatawan.