Pulau Cinta Teluk Jering, Destinasi Tepi Sungai yang Populer di Kampar

Pulau Cinta Teluk Jering, Destinasi Tepi Sungai yang Populer di Kampar

Pulau Cinta Teluk Jering salah satu destinasi wisata unik di Kampar cocok untuk tujuan liburan keluarga. Destinasi tepi sungai dengan pantai berpasir menghadirkan beragam wahana menarik.

Harga Tiket: Gratis ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teluk Kenidai, Kec. Tambang, Ka. Kampar, Riau.

Pulau Cinta Teluk Jering merupakan destinasi wisata yang dalam 3 tahun terakhir ini semakin populer dan diminati wisatawan. Terletak di Kabupaten Kampar, Riau, lokasi wisata ini tak jauh dari kota Pekanbaru dengan jarak kurang dari 1 jam atau sekitar 30 sampai 45 menit. Kawasannya pun terjangkau berbagai kendaraan.

Merupakan panorama alam sungai berpasir dengan berbagai wahana, tentu digemari oleh wisatawan dengan membawa keluarga. Berbagai konsep wahana disini selalu di perbarui dengan memanfaatkan kondisi geografisnya. Inovasi ini tentunya membuat wisata Pulau Cinta ini tak pernah sepi dengan pengunjung.

Tak hanya keluarga, banyak muda-mudi atau pasangan-pasangan yang datang ke Pulau Cinta setiap hari. Hal ini menyebabkan wisata ini selalu ramai pengunjung bahkan di hari biasa. Pengunjung akan membeludak ketika akhir pekan. Oleh karena itu, berikut akan dibahas lebih detail lagi mengenai wisata alam berpasir putih ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Cinta Teluk Jering

Daya Tarik Pulau Cinta Teluk Jering
Image Credit: Google Maps (Heru Maindikali)

1. Pintu Masuk Bernuansa Religi

Pertama kali memasuki kawasan wisata Pulau Cinta, Anda akan disambut oleh pintu gerbang yang dihiasi oleh kaligrafi tulisan Arab. Tulisan tersebut adalah Asmaul Husna atau 99 nama Allah, tuhan bagi umat Islam. Pihak pengelola mengatakan bahwa pemberian kaligrafi tersebut memang sengaja untuk menimbulkan kesan religius.

2. Keindahan Sungai Berpasir Putih

Indahnya sungai Kampar selebar 150 meter dipadu dengan pasir putih bak pantai disajikan oleh alam di Pulau Cinta ini. Sungai dengan aliran yang tidak deras ini tentu menjadi tempat menyenangkan untuk bermain air baik untuk anak-anak sampai dewasa. Jika lelah, Anda bisa bersantai di atas pasir dan di bawah payung.

Sungai ini berkedalaman 3 meter, tetapi sudah disiapkan spot-spot yang aman untuk bermain air dan berenang untuk anak-anak. Pada musim hujan, debit air sungai akan meningkat sehingga tidak disarankan untuk bermain air pada musim hujan tanpa pengamanan.

3. Pemandangan Padang Rumput Hijau

Setelah dimanjakan oleh pemandangan sungai dan pasir putih, selanjutnya Anda akan dimanjakan oleh hamparan rerumputan hijau. Lapangan yang luas ini sangat cocok untuk berpiknik, menggelar tikar, dan menikmati bekal. Pas untuk Anda yang ingin rileks di akhir pekan setelah lelah bekerja.

Daya Tarik Pulau Cinta Teluk
Image Credit: Google Maps (Angga Anantataqwa)

4. Hutan yang Asri

Pulau Cinta dilatarbelakangi oleh hutan hujan khas Sumatera yang rimbun dan asri. Anda bisa berjalan-jalan ke dalam hutan setelah berpanas-panasan. Di hutan ini Anda dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan dan hewan-hewan hutan. Tak perlu takut tersesat karena hutan ini hanya seluas 5 hektar saja.

5. Taman Bunga yang Selalu Mekar

Taman bunga cinta merupakan spot favorit pengunjung untuk berfoto dan tidak pernah sepi pengunjung. Bunga eceng gondok ungu yang selalu bergantian mekar ini, berjajar rapi dan terjaga dari tangan-tangan yang ingin memetiknya. Jika di petik, bunga ini akan membuat gatal-gatal tangan yang menyentuhnya.

6. Wahana yang Seru

Untuk menjaga jumlah wisatawan yang berkunjung dan membuat pengunjung ingin kembali ke sini lagi, pihak pengelola selalu memperbaharui wahana yang dimiliki. Berbagai wahana seru disiapkan dan selalu ditambah. Wahana-wahana tersebut antara lain wahana naik perahu hias, banana boat, donat boat, track ATV dan motor cross.

Saat ini, pihak pengelola berencana menambah wahana baru. Wahana tersebut akan ditempatkan di danau yang dekat dengan pulau Cinta Teluk Jering ini. Di area danau ini terdapat spot camping yang bisa digunakan untuk pengunjung yang menginap dan menikmati suasana malam di wisata alam ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pulau Cinta Teluk Jering

Alamat Pulau Cinta Teluk Jering
Image Credit: Google Maps (Tarompa Japang)

Pulau Cinta Teluk Jering berlokasi di kabupaten Kampar, Riau. Tepatnya di sebuah desa bernama Teluk Kenidai yang berada di kecamatan Tambang.

Dari Bandara terdekat, pulau Cinta dapat diakses selama 30 menit menggunakan kendaraan. Berikut rute yang bisa Anda lalui.

o Dari bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru – berkendara sepanjang jl. Kaharuddin Nst dan jl. Jl. Raya Pekanbaru Sungai Pagar sejauh 12 km selama 23 menit – memasuki dusun teluk Jering, teluk Kenidai sejauh 3,1 km selama 6 menit – setelah sampai di jembatan sungai Kampar, lewati 3 jembatan lagi – belok kanan ke arah pulau ini.

Rute di atas adalah rute yang sama jika Anda berangkat dari kota Pekanbaru.

Tidak ada penarikan tiket masuk atau gratis. Pengunjung hanya membayar karcis parkir dan wahana. Berikut daftar harga parkir dan wahana yang disediakan di dalam Pulau Cinta Teluk Jering.

  • Parkir roda 2 Rp 2.000
  • Parkir roda 4 Rp 5.000
  • Sewa perahu hias Rp 10.000 / orang
  • Sewa Donat boat Rp 20.000 / orang
  • Sewa Banana boat Rp 15.000 / orang
  • Sewa Motor Cross Rp 20.000 / 10 menit
  • Sewa ATV Rp 25.000 / 10 menit
  • Sewa payung Rp 15.000 / jam atau Rp 30.000 sepuasnya

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Cinta

Kegiatan Menarik di Pulau Cinta
Image Credit: Google Maps (Suryadi)

1. Menyusuri Sungai

Tak hanya bermain di pinggiran sungai, Anda juga bisa menyusuri sungai Kampar sepanjang 1,5km menggunakan perahu yang disiapkan oleh pihak pengelola wisata. Terdapat 14 buah kapal kecil yang siap membawa Anda menikmati pemandangan alam dari sungai.

2. Bermain Donat Boat dan Banana Boat

Suka berolah raga air yang memicu adrenalin? Anda bisa melakukannya di Pulau Cinta Teluk Jering. Tersedia persewaan donat boat dan banana boat yang siap menampung hingga 4 orang berolahraga di aliran sungai Kampar.

Meskipun sungai Kampar beraliran tenang, bermain banana boat dan donat boat tetap seru karena perahu karet tersebut akan ditarik oleh speedboat berkecepatan tinggi. Total putaran sebanyak 3 kali untuk sekali sewa wahana ini, tentunya sangat memuaskan dan cukup membasahi baju.

3. Mengendarai Motor Cross dan ATV

Terdapat lintasan dengan luas 100 x 230 meter yang siap digunakan untuk mencoba kendaraan motor cross dan ATV. Unit motor cross dan ATV disewakan dengan harga terjangkau sebanyak 60 unit. Tersedia berbagai ukuran sehingga wahana ini bisa digunakan untuk anak-anak maupun dewasa.

Kegiatan di Pulau Cinta
Image Credit: Facebook.com @genjijombay

4. Berfoto di 8 Spot yang Disediakan

Di sepanjang pesisir sungai telah disediakan berbagai spot foto yang sengaja dibuat. Salah satunya adalah ikon tempat wisata ini yang bertuliskan “Pulau Cinta”. Terdapat pula spot foto gapura yang menghadap langsung ke matahari terbenam, sehingga menjadi tempat yang pas untuk mengabadikan momen matahari terbenam.

Jangan lupa pula mengabadikan momen dengan berfoto berlatar belakang keindahan alam pulau Cinta Teluk Jering. Berbagai pilihan panorama alam tersaji dengan indah seperti pasir berpantai putih, padang rumput hijau, taman bunga, hutan yang asri, dan danau

5. Berkemah

Berkemah di pinggir danau tentu menyenangkan sambil menikmati suasana alam paduan suara aliran sungai dan suara hewan-hewan malam dari hutan. Berkemah juga memberi kesempatan untuk Anda menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit.

6. Memetik Jeruk

Tak jauh dari lokasi wisata, masih di dalam satu dusun, banyak kebun-kebun jeruk milik warga setempat. Sebelum Pulau Cinta menjadi tempat wisata, profesi mayoritas masyarakat sekitar adalah petani jeruk. Di kebun jeruk ini Anda bisa memetik langsung buah jeruk dan hanya perlu membayar Rp 10.000 per kilo jeruk.

7. Bersepeda

Dengan akses jalan yang mulus dan nyaman, banyak pengendara sepeda gunung yang mengambil rute bersepeda dengan tujuan akhir pulau Cinta Teluk Jering. Hamparan hijau yang luas atau pondok-pondok beratap jerami tentu menjadi tempat yang tepat untuk melepas lelah.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Cinta Teluk Jering

Fasilitas di Pulau Cinta Teluk Jering
Image Credit: Google Maps (Dani Jahari Saragih)

Sebagai tempat wisata yang populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan, tentu saja Pulau Cinta Teluk Jering memiliki fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain.

  • Tempat parkir, seluas 1,5 hektar yang dapat menampung ribuan motor dan pastinya cukup untuk bus pariwisata.
  • Toilet yang bersih
  • Tempat sampah
  • Tempat ibadah berupa Masjid, disini pengurus masjid menyediakan kopi, teh, dan sirup dingin dengan gratis.
  • Tempat makan dan pondok untuk beristirahat, berjajar rapi dengan atap jerami menghasilkan pemandangan eksotis. Terdapat juga tempat makan terapung di atas sungai dengan meja makan lesehan.
  • Persewaan payung untuk berteduh
  • Persewaan motor cross
  • Persewaan ATV
  • Persewaan kapal hias
  • Persewaan banana boat dan donat boat
  • Toko oleh-oleh, dimana Anda bisa membeli cemilan khas Riau dan berbagai souvenir.

Demikian informasi lengkap mengenai Pulau Cinta Teluk Jering. Menarik untuk dikunjungi bukan? Dengan berbagai wahana dan keadaan alam yang bersahabat, baik untuk anak-anak maupun dewasa, menjadi daya tarik tersendiri untuk mengajak keluarga berakhir pekan disini. Selamat berlibur di Pulau Cinta yang unik.