Pulau Condong, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Lampung

Pulau Condong, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Lampung
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rangai, Kec Katibung, Kab Lampung Selatan, Lampung.

Sumatera memiliki beberapa kota-kota besar yang mempunyai wisata alam menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Lampung, sebagai provinsi yang berada di bagian Timur pulau Sumatera, Lampung memiliki panorama keindahan wisata yang berbeda-beda, tak hanya pantai. Lampung Selatan juga memiliki wisata Pulau Condong.

Pulau-pulau kecil yang sebagian sudah terhuni namun beberapa lagi belum berpenghuni ini menambah daya tarik. Salah satu Pulau yang akan direkomendasikan adalah Pulau Condong di Lampung Selatan. Pulau ini memiliki letak terdekat dari pantai pasir putih.

Anda dapat mengunjungi destinasi pulau ini, karena pulau benar-benar menampilkan pesona yang menarik untuk dikunjungi dan merupakan salah satu destinasi wisata Lampung yang unggul. Yuk simak, kali ini beberapa ulasan akan membahas Pulau kecil yang berbentuk mangkuk ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Condong

Daya Tarik Pulau Condong Lampung
Image Credit: Google Maps Yazid Arch

1. Pemandangan Pulau

Pemandangan pulau cantik ini sudah terlihat dari jauh. Sebelum sampai ke pulau, pengunjung akan memandang bentuk pulau yang menyerupai mangkuk atau membentuk seperti condong ke atas, itulah asal mula dinamakan Pulau Condong. Pulau ini memiliki sisi yang menarik di setiap penjuru lokasi.

Pertama, dari sisi Selatan pulau, terdapat panorama pasir putih yang membentang dengan luas. Pasir ini dapat digunakan pengunjung untuk bersantai sambil berjalan-jalan di sekitar pasir. Tak sampai itu, di pasir ini juga terdapat habitat dari makhluk kecil kerang.

Pengunjung dapat berburu kerang yang sering memunculkan diri di baik lubang-lubang pasir. Pada bagian sisi selatan juga menjadi spot pemandangan bawah laut yang eksotis. Pemandangan bawah laut ini dihiasi dengan beberapa terumbu karang yang menarik, cocok untuk berenang sambil menikmati ekosistem bawah laut.

Kedua, dari sisi utara Pulau Condong, bagian ini sama dengan bagian selatan, menyimpan hamparan pasir putih yang menawan. Namun sayangnya tidak terdapat kerang. Bagian sisi utara pulau memiliki kedangkalan air laut. Sangat cocok untuk yang ingin bersantai sambil bermain air dan berenang dengan air yang jernih berwarna biru kehijauan.

Ketiga, dari sisi barat pulau, bagian ini memiliki terowongan yang terbuat secara alami dari karang-karang yang terpecah menjadi dua bagian. Sebelum memasuki bagian barat, pengunjung harus berjalan kaki dengan menyusuri area jalanan kaki setapak. Panorama bagian barat sangat indah.

Di bagian barat terdapat batu karang-karang yang besar-besar, sangat cocok untuk dijadikan tempat memancing bagi yang gemar mencari ikan dengan spot pemandangan langsung menghadap ke laut. Posisi karang ini sedikit condong menghadap ke laut.

Keempat, dari sisi tengah pulau, di sisi tengah pengunjung dapat melihat pemandangan dengan kawasan pepohonan yang menghijau. Sisi ini adalah bagian dalam pulau dengan ditumbuhi pohon-pohon khas hutan. Pepohonan di bagian tengah sangat rimbun dan rindang.

Pohon ini konon sudah lama bertengger di Pulau Condong yang tumbuh dengan alami. Selain pohon, bagian tengah juga dihuni berbagai macam hewan-hewan hutan. Seperti semut, serangga pohon, bahkan ular. Terdapat juga kawanan monyet yang bergelantungan di pohon, pengunjung dapat membantu memberi makan monyet tersebut.

Selain aktivitas di dalam daratan pulau, terdapat juga binatang yang menari-nari di atas pohon, seperti burung. Kadang terlihat menari di atas pohon sambil membentuk lingkaran, terkadang juga menepi di bawah sinar matahari yang berada di hamparan pasir. Kicauan burung mewarnai keindahan pulau.

Daya Tarik lain Pulau Condong Lampung
Image Credit: Twitter @triphemat

2. Keindahan Bawah Laut

Pulau Condong juga memberikan kemenarikan dari segi bawah lautnya. Seperti terdapat terumbu karang yang tumbuh dengan subur, atau rumput laut yang menghijau. Banyak aktivitas bawah laut dari makhluk-makhluk kecil yang lincah berenang kesana kemari.

Pengunjung dapat melakukan snorkeling untuk menyaksikan keindahan di bawah laut. Menikmati waktu bersama dengan makhluk kecil laut. Anda juga dapat melihat beberapa ikan yang unik dengan warna-warni berenang dengan lincah atau sekumpulan kawanan ikan yang gemuk-gemuk.

Wisata alam bawah laut ini juga menampilkan keindahan khas dengan dinginnya air dibalut warna laut yang biru tercampur kehijauan, menambah sensasi keindahan. Sayangnya pengunjung juga harus hati-hati karena aktivitas di bawah laut juga terdapat binatang-binatang mematikan seperti bulu babi ataupun ubur-ubur.

3. Sunset Senja

Menariknya, keindahan yang ditampilkan Pulau Condong juga dapat menyaksikan indahnya sunset senja di sore hari. Warna langit yang jingga ditambah dengan hamparan laut yang biru kehijauan, tak lupa pesona pasir putih menambah keindahan sore. Banyak pengunjung yang menanti waktu senja di pulau ini.

Menyaksikan fenomena alam matahari yang terbenamkan oleh langit disambut cahaya bulan yang menyinari memang menjadi momen yang menarik. Pengunjung dapat menikmati momen senja di atas karang dengan suara deburan ombak yang menghantam karang atau menikmati sambil duduk di atas pasir putih.

Suasana ini sangat menenangkan. Cocok untuk melepas penat dan kelelahan dalam beraktivitas. Momen senja juga tidak bisa datang berkali-kali untuk menyaksikan keindahan di pulau. Selain itu sering terdapat juga kawanan burung yang menari di langit jingga. Menari bersama menunggu turunnya matahari sore.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Condong Lampung
Image Credit: Instagram Esther Mahanani

Wisata pulau ini merupakan Desa Tarahan, Lampung Selatan. Pulau Condong berada di antara Jalur penyeberangan Bandar Lampung Menuju ke Bakauheni. Lokasi pulau dapat ditempuh dari pantai pasir putih.

Waktu tempuh perjalanan dari titik pusat Pantai Pasir Putih menuju ke lokasi pulau yaitu sekitar 20 menit di perjalanan dengan menggunakan kapal motor. Adapun jarak perjalanan sekitar menempuh 5 kilometer.

Rute untuk menempuh perjalanan yaitu dari pusat titik Bandar Lampung, pengunjung dapat melakukan perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus yang menuju ke lokasi Pantai Pasir Putih. Setelah sampai ke Pantai tersebut, anda dapat menyewa kapal motor atau speed boat untuk menuju ke lokasi pulau.

Selama perjalanan sebaiknya bawa makanan dan minuman sendiri sebelum sampai, karena di daerah pulau masih sedikit dijumpai warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman, hal ini dikarenakan memang pulau ini tidak berpenghuni manusia.

Disarankan juga untuk selalu menggunakan aplikasi google maps untuk perjalanan darat menuju ke pantai, agar perjalanan tetap terarah dan menghindari dari sesuatu hal yang tidak diinginkan. Anda juga disarankan agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker selama perjalanan.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Condong

Tiket Pulau Condong Lampung
Image Credit: Google Maps Yazid Arch

Menariknya, untuk dapat menikmati keindahan pulau anda tidak perlu membayar biaya masuknya karena gratis. Tetapi ada beberapa beban biaya yang akan dibayar. Pertama jalur ke pulau adalah dari Pantai pasir putih dengan begitu pengunjung harus membayar harga tiket ke pantai pasir putih sebesar Rp 6.000 per orang.

Setelah dari pantai Pasir Putih, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan air dengan menggunakan speed boat atau perahu dengan biaya sebesar Rp 250.000 per perahu. Speed boat ini bermuatan sekitar 10 orang penumpang, untuk lebih hemat pengunjung dapat berombongan menaiki speed boat menuju lokasi wisata.

Adapun untuk jadwal operasionalnya, Pulau Condong dibuka dari hari Senin sampai dengan Hari Minggu selama 24 jam. Anda dapat berkunjung kapan saja tergantung dengan kendaraan speed boat yang tersedia.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Condong

Aktivitas Pulau Condong Lampung
Image Credit: Google Maps Hisyam Dzaki

1. Snorkeling

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Condong adalah snorkeling, dengan melihat ekosistem di bawah laut. Bawah laut juga menampilkan keindahan yang menarik, anda dapat berenang sambil menikmati keindahan ikan-ikan yang berenang ataupun terumbu karang yang subur.

Sayangnya, saat snorkeling, pengunjung harus berhati-hati karena kawasan air pulau memiliki banyak kawanan ubur-ubur dan bulu babi, kedua makhluk ini sangat mematikan jika tersentuh kulit.

2. Memancing

Kegiatan lainnya adalah memancing. Spot menarik untuk memancing ialah di atas batu karang yang berada di sisi bagian barat pulau. Anda juga akan bertemu dengan banyaknya pengunjung ataupun masyarakat sekitar yang memancing di karang tersebut. Konon katanya, di karang banyak ikan yang terperangkap.

3. Menyusuri Pulau

Kegiatan lainnya adalah menyusuri Pulau Condong. Pengunjung diberi kebebasan untuk menyusuri wilayah pulau dari berbagai sisi yang memiliki keunikan sendiri. Menghabiskan waktu dengan menyusuri keindahan pulau ini memang menyenangkan. Disarankan untuk selalu bersama-sama dengan rombongan ya!

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pulau

Fasilitas Pulau Condong Lampung
Image Credit: Instagram Ajie_Bae

Sayangnya, Pulau Condong belum memiliki fasilitas yang cukup memadai. Di sekitar pulau memang terdapat toilet tetapi tidak terurus dan lokasinya cukup jauh dari bibir pantai. Selain itu di pulau ini juga tidak tersedia gazebo atau pondok-pondok untuk istirahat pengunjung.

Adapun alternatifnya, terdapat beberapa rumah joglo yang tidak terurus, anda dapat berkunjung ke sana sambil bersantai menikmati keindahan laut. Pulau ini masih memiliki sedikit warung yaitu hanya satu warung.

Di sarankan untuk membawa bekal sendiri agar lebih hemat. Pulau ini juga tidak menyediakan tong sampah. Anda dapat membawa kantong besar sebagai tempat sampah dan harus dibawa pulang lagi ya!

Demikian ulasan singkat mengenai Pulau Condong di Lampung Selatan. Pulau ini memang memiliki fasilitas yang kurang tetapi semua akan terbayar oleh pemandangan yang diberikan pulau dengan memiliki keunikan sendiri. Selain itu letaknya juga strategis, jadi destinasi ini juga memiliki keunggulan untuk dikunjungi bukan?