Indahnya Pulau Enggano, Surga Tersembunyi di Bengkulu Utara

Pulau Enggano Bengkulu Utara

Pulau Enggano salah satu pulau nan eksotis di Bengkulu Utara yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pulau unik ini memiliki banyak tempat wisata alam yang mampu memanjakan mata siapa pun yang berkunjung.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.

Pulau Sumatera tak kalah memiliki destinasi wisata alam yang mempesona dan eksotis. Salah satunya adalah Pulau Enggano yang masuk ke dalam wilayah administrasi Provinsi Bengkulu. Pulau yang termasuk pulau terluar di Indonesia ini menawarkan berbagai daya tarik yang sayang untuk tidak dieksplor.

Terletak di Kabupaten Bengkulu Utara, untuk mencapai pulau ini memang membutuhkan sedikit perjuangan. Namun begitu sampai, Anda tidak akan menyesal karena perjalanan panjang dan jauh yang harus dilalui setimpal dengan keindahan yang bisa Anda nikmati disini.

Pesona wisata pantai dan bahari disini disebut-sebut tak kalah dengan pulau-pulau cantik lain yang ada di Indonesia seperti Lombok atau Raja Ampat. Nah, kalau Anda berminat untuk mengunjungi pulau cantik di utara Provinsi Bengkulu ini, informasi dan review berikut tidak boleh dilewatkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Enggano

Daya Tarik Dimiliki Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @turisindocom

Sebagai sebuah destinasi wisata bahari, keindahan laut tentu menjadi daya tarik utama yang ditawarkan di pulau cantik ini. Tapi jangan salah, ada banyak daya tarik lain yang tak kalah mempesona yang bisa didapatkan di pulau ini. Apa saja?

1. Jernihnya Air di Pantai Koomang

Satu destinasi yang wajib dikunjungi di pulau ini adalah Pantai Koomang. Pantai Koomang memang tidak memiliki hamparan pasir putih, karena sebenarnya merupakan tanjung dengan batuan yang menjorok ke luar.

Batu-batu besar menjulang tinggi seperti tebing, pada salah satu sisinya terdapat sebuah lubang yang membentuk menyerupai goa. Di dalamnya dialiri air laut yang masuk dan membentuk laguna. Airnya berwarna biru sangat jernih yang pasti menggoda untuk diselami.

2. Pantai Telapak Kaki Batu Layar yang Eksotis

Berada di Pulau Enggano Bengkulu Utara, Anda tidak akan kehabisan destinasi pantai yang indah dan mempesona. Pantai Telapak Kaki Batu Layar ini misalnya. Dinamakan demikian karena di pantai ini terdapat sebuah laguna yang kalau dilihat dari ketinggian berbentuk seperti telapak kaki.

Di pantai ini Anda bisa menikmati air laut yang jernih dan pasir pantai yang masih bersih. Selain itu, pantai ini juga menjadi spot memancing favorit wisatawan.

3. Ombak di Pantai Kahyapu, Spot Surfing Terbaik

Daya tarik berikutnya bisa Anda dapatkan di Pantai Kahyapu. Pantai ini memiliki karakteristik ombak yang cocok untuk olahraga surfing. Tak heran jika pantai ini banyak diburu pecinta surfing. Ombaknya tak kalah dengan ombak di pantai-pantai lain yang menjadi spot surfing terkenal di dunia seperti Bali.

Daya Tarik Pulau Enggano
Image Credit: Google Maps (Bunga Kalumbang)

4. Danau Bak Blau dengan Mata Air Berwarna Biru

Satu lagi daya tarik yang sangat menakjubkan dari Pulau Enggano ini adalah Danau Bak Blau. Kata Bak Blau sendiri jika diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya mata air berwarna biru. Sebagaimana namanya, Anda bisa menikmati air berwarna biru kehijauan yang mempesona di danau ini.

Tak hanya itu saja. Uniknya lagi, meskipun danau ini terhubung langsung ke laut, airnya tidak asin. Air tawarnya yang segar dan jernih ini tentu tidak akan dilewatkan untuk dipakai berenang atau sekedar bermain air.

5. Tebing Pakiu yang Megah

Letak Tebing Pakiu tidak jauh dari Pantai Koomang. Tebingnya berwarna putih dan terlihat sangat kokoh serta megah, terutama saat air sedang surut. Di bagian dalam tebing ini terdapat banyak goa-goa berukuran kecil.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Enggano

Alamat Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @nuansa.berita.id

Lokasi dan akses menuju Pulau Enggano ini memang jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terpaut jarak 175km dari Kota Bengkulu, anda bisa mengakses pulau ini dengan perahu motor ataupun pesawat terbang.

Kalau menggunakan kapal laut atau perahu motor, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Pulau Baai di Kota Bengkulu dengan kapal motor penyeberangan. Akses melalui laut ini membutuhkan waktu perjalanan selama 12 jam, dengan layanan penyeberangan hanya 2 kali dalam seminggu.

Sedangkan jika diakses via pesawat terbang, tersedia pesawat perintis yang berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Bandara Enggano. Akses dengan pesawat ini tentu lebih cepat. Namun setiap pesawat juga hanya bisa mengangkut penumpang dengan jumlah sangat terbatas, antara 15-18 penumpang saja.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Enggano Bengkulu

Estimasi Biaya ke Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @aydilla.putri.1

Aspek selanjutnya yang tak kalah penting diketahui sebelum mengeksplor pulau terluar Indonesia ini adalah perkiraan biaya perjalanan. Biaya perjalanan ke Pulau Enggano ini sebenarnya bervariasi tergantung tipe wisata atau perjalanan apa yang Anda inginkan.

Mulai dari transportasi, jika Anda memilih menggunakan kapal penyeberangan, Anda harus mengeluarkan uang untuk tiket kapal sebesar Rp 15.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 50.000 untuk kelas VIP. Sedangkan jika menggunakan pesawat, Anda bisa mengeluarkan biaya tiket pesawat mulai dari 280-400 ribu untuk satu kali jalan.

Kalau Anda memilih menginap, ada banyak penginapan yang ada di pulau ini. Tarif menginapnya pun bervariasi, tergantung kelas dan fasilitas yang ditawarkan, mulai dari Rp 150.000 per malam. Semakin mewah penginapan dan fasilitas yang Anda inginkan, tentu tarif menginapnya pun semakin tinggi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Enggano

Kegiatan Menarik di Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @Odonspoetra

Berwisata ke Pulau Enggano tidak akan membuat Anda menyesal dan pastinya akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Ada banyak kegiatan atau aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan disini. Berikut beberapa diantaranya.

1. Snorkelling

Air laut di pulau ini terkenal sangat jernih dan bersih. Maka dari itu, aktivitas menyenangkan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung kesini adalah snorkelling. Anda bisa snorkelling di area Pantai Koomang dengan airnya yang sangat jernih.

Atau, Anda bisa menikmati eksotisme padang Kamun di Perairan Kaana dan di Pelabuhan Kahyapu. Padang lamun yang cukup luas disini akan memberikan Anda pengalaman snorkelling yang tak terlupakan.

2. Berenang dan Bermain Air

Kalau Anda tidak ingin snorkelling, pilihan kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berenang atau bermain air. Anda bisa berenang di pantai-pantai di pulau ini atau bisa juga di Danau Bak Blau.

Kegiatan di Pulau Enggano
Image Credit: Google Maps (Agi Azhari Sandin)

3. Trekking di Hutan Teluk Klowe

Anda yang suka berpetualang dan trekking, Pulau Enggano tidak hanya menawarkan deretan pantai yang indah, namun juga hutan yang menarik untuk dijelajahi. Misalnya hutan Cagar Alam Teluk Klowe ini. Di dalam hutan ini Anda bisa menikmati flora dan fauna langka yang hanya ada di Enggano.

4. Memancing di Pantai Telapak Kaki Batu Layar

Aktivitas terakhir ini pasti tidak akan dilewatkan oleh wisatawan yang hobi memancing. Pantai Telapak Kaki Batu Layar memiliki spot memancing terbaik yang akan memberikan pengalaman memancing berbeda.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau Enggano

Penginapan Pulau Enggano
Image Credit: Traveloka.com

Pulau yang cantik dan mempesona ini rasanya sangat disayangkan kalau hanya dinikmati untuk waktu yang singkat. Anda yang ingin menikmati waktu lebih lama di Pulau Enggano ini tidak perlu khawatir karena di dalam pulau ini sudah tersedia banyak penginapan, berikut tiga diantaranya.

1. Penginapan Pondok Syifa Pelangi

Penginapan pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk menginap di pulau ini adalah Penginapan Pondok Syifa Pelangi. Penginapan ini bisa diakses dengan mudah dan memiliki fasilitas cukup lengkap.

2. Hotel Wisata Berlian Enggano

Selanjutnya ada Hotel Wisata Berlian Enggano. Penginapan ini letaknya tidak jauh dari pelabuhan. Selain itu fasilitas yang diberikan untuk pengunjung juga cukup lengkap dan pastinya membuat nyaman selama menginap di pulau ini.

3. Penginapan Dandi

Rekomendasi tempat menginap di pulau yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara ini selanjutnya adalah Penginapan Dandi. Penginapan ini letaknya tidak jauh dari bandar udara sehingga pasti akan memudahkan aksesnya. Fasilitas yang ditawarkan terbilang lengkap dan nyaman dengan harga yang cukup terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Enggano Bengkulu

Fasilitas di Pulau Enggano
Image Credit: Facebook.com @aydilla.putri.1

Terletak di bagian paling luar Indonesia, untuk mengakses Pulau Enggano ini tentu tidak mudah. Namun pembangunan fasilitas penunjang terus dilakukan untuk mengembangkan pariwisata di pulau ini. Berikut adalah berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati di pulau ini.

1. Kapal dan Pelabuhan Penyeberangan

Salah satu cara untuk bisa mencapai pulau di ujung utara Bengkulu ini adalah melalui laut. Adanya fasilitas kapal dan pelabuhan penyeberangan tentu memudahkan Anda untuk bisa mencapai pulau ini, meskipun membutuhkan jarak tempuh yang cukup lama.

2. Bandar Udara

Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini kemudian menjadi salah satu latar belakang peningkatan fasilitas terus dilakukan. Salah satunya bisa dilihat dari adanya fasilitas bandara yang memungkinkan pesawat bisa mengakses pulau ini. Dengan begitu jarak tempuh pun jadi semakin singkat.

3. Penginapan

Meskipun tidak mewah, ada banyak penginapan yang disediakan oleh penduduk sekitar pulau yang bisa Anda manfaatkan untuk menginap. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan lagi mencari tempat menginap jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di pulau ini.

Nah, itu tadi adalah ulasan lengkap tentang Pulau Enggano yang bisa menjadi referensi sebelum Anda berlibur ke pulau terluar Indonesia ini. Keindahan panorama dan eksotisme dari pulau ini terus mengundang lebih banyak wisatawan untuk berkunjung. Anda mungkin salah satu diantaranya.