Pesona Pulau Galang, Surga Wisata Bahari & Sejarah di Batam

Pesona Pulau Galang, Surga Wisata Bahari & Sejarah di Batam

Pulau Galang salah satu pulau unik di Batam yang menawarkan wisata bahari dan sejarah yang menarik dieksplor. Pulau di Kepri ini merupakan tempat pengungsian warga Vietnam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Bagi Anda yang saat ini tengah mencari tempat wisata dengan pemandangan yang begitu indah, maka Pulau Galang bisa menjadi bahan pertimbangan. Pulau ini menyajikan banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Pulau Galang berada di Kota Batam, Riau.

Seperti yang Anda ketahui bahwasannya Batam terdiri dari tiga gugus pulau besar. Pulau Galang termasuk dalam salah satu dari 3 gugus pulau besar yang ada di Batam. Pulau ini cukup dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya oleh wisatawan domestik saja, melainkan wisatawan asing juga menyempatkan diri untuk datang ke tempat ini. Memiliki lokasi yang amat strategis, yaitu jalur pelayaran internasional. Terletak di antara dua selat, yaitu selat Malaka dan selat Singapura.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Galang

Daya Tarik Dimiliki Pulau Galang
Image Credit: Google Maps (Hesadarma Harmin)

 

Banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh pulau ini. Berikut adalah beberapa daya tarik utama pulau ini:

1. Wisata Kampung Vietnam

Hal yang menarik dimiliki oleh Pulau Galang, yaitu pulau ini menyimpan sejarah tentang sekelompok orang Vietnam. Mereka merupakan korban dari perang yang terjadi pada tahun 1975 di Negara Vietnam kemudian mengungsi ke tempat ini.

Itulah mengapa disebut sebagai kampung Vietnam. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Batam, maka waktu yang ditempuh untuk menuju tempat ini kurang lebih sekitar 90 menit perjalanan melalui darat. Karena memang tempat ini memiliki jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Batam.

Di sini Anda akan menemukan banyak sekali barang-barang yang bersejarah. Seperti misalnya bangunan-bangunan yang dulu ditempati oleh para pengungsi, perahu yang mereka gunakan untuk datang ke pulau ini dan lain-lain. Terdapat juga museum yang mengabadikan peninggalan-peninggalan tersebut di tempat ini.

2. Wisata Pantai Vio-Vio

Daya tarik selanjutnya yang terdapat di Pulau Galang yaitu wisata pantai vio-vio. Pantai ini tepatnya berada di kecamatan Galang. Selalu ramai dengan pengunjung karena memang pantai ini berada berdekatan dengan lokasi wisata Kampung Vietnam. Pasir yang dimiliki oleh pantai ini begitu bersih dan berwarna putih.

Air ombak yang tenang sungguh akan membuat Anda nyaman ketika berada di tempat ini. Mengenai masalah fasilitas di tempat ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena

memang tempat ini telah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Sehingga dapat menunjang aktivitas wisatawan ketika datang ke pantai vio-vio ini.

3. Wisata Pantai Melur

Sama seperti Pantai Vio-vio, Pantai Melur ini memiliki warna pasir yang putih dan halus. Tak kalah seperti pemandangan yang ditawarkan oleh pantai vio-vio, di pantai ini Anda juga akan menemukan panorama yang begitu indah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Natuna Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pantai ini umumnya akan ramai dengan pengunjung ketika matahari tidak begitu terik. Anda bisa datang ke tempat ini ketika pagi hari atau sore hari. Karena memang di saat itulah pantai Melur ramai dengan pengunjung.

Namun, meski begitu keramaian yang terdapat di Pantai Melur masih kalah dari pantai vio-vio. Sehingga ketika berkunjung ke tempat ini Anda akan menemukan ketenangan. Mengenai masalah fasilitas tempat ini juga sudah cukup menunjang untuk hal tersebut.

Daya Tarik Pulau Galang
Image Credit: Google Maps (Prihtiono Sejati)

4. Wisata Pantai Mirota

Daya tarik ke-4 yang bisa Anda temui di Pulau Galang ini yaitu wisata pantai Mirota. Berada dekat dengan wisata Kampung Vietnam serta Pantai Vio-vio. Sehingga tempat ini juga selalu ramai dengan para pengunjung.

Sama seperti dua pantai sebelumnya, Anda akan menemukan pasir di pantai ini berwarna putih. Anda akan dapat melihat dasar laut, karena memang air laut memiliki warna yang jernih. Anda akan benar-benar dimanjakan oleh fasilitas yang terdapat di pantai menur. Bagi Anda yang datang bersama keluarga serta anak-anak, maka sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat ini.

Di pantai tersebut terdapat fasilitas yang menyediakan tempat bermain untuk anak-anak, sehingga mereka akan senang berada di sana. Oleh karena itu saat Anda berada di Pulau Galang maka jangan lupa untuk menyempatkan diri datang ke tempat ini.

5. Wisata Pantai Cakang

Karena memang Galang merupakan sebuah pulau, maka wisata kebanyakan yang terdapat di sini yaitu berupa pantai. Dan daya tarik selanjutnya dari pulau ini yaitu wisata pantai cakang. Merupakan wisata yang memiliki panorama begitu indah.

Pantai ini terletak di bagian ujung dari Pulau Galang. Disarankan untuk Anda datang ke tempat ini saat sore hari. Karena disaat tersebut pemandangan yang akan disajikan oleh pulau ini semakin luar biasa indahnya.

Langit dengan jingga penuh nyala akan membuat Anda terpesona. Namun sedikit berbeda dengan pantai yang lain, karena memang di pantai ini pasirnya berwarna hitam. Meski begitu air di pantai tersebut memiliki warna yang begitu indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Galang

Alamat Pulau Galang
Image Credit: Google Maps (KapekA 26)

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwasanya Pulau Galang ini berada di kepulauan Riau tepatnya di Kota Batam. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai pulau ini jika Anda berangkat dari bandara hang Nadim.

Yang pasti ketika Anda datang ke tempat ini, maka akses yang akan dilalui sangatlah mudah. Serta kendaraan yang bisa Anda gunakan juga tersedia dengan lengkap. Sehingga dengan begitu perjalanan Anda tidak akan terlalu berat saat ingin datang ke Pulau Galang.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bintan yang Paling Populer

Mengenai harga tiket untuk berkunjung ke wisata pulai ini yaitu gratis. Karena memang untuk berkunjung dan menikmati pesonanya, Anda tidak akan dikenakan biaya. Biaya tiket akan dikenakan ketika mengunjungi salah satu tempat wisata yang terdapat di Pulau Galang tersebut.

Untuk besaran tiketnya tentu berbeda antara tempat wisata yang satu dengan tempat wisata yang lain. Serta hari juga akan menentukan apakah Anda datang ketika weekend ataukah hari aktif. Biaya lain yang yang nantinya akan Anda keluarkan yaitu biaya transport.

Seperti yang diketahui bahwa Kota Batam termasuk dalam salah satu kota industri. Oleh karena itulah biaya transport di tempat ini relatif cukup mahal. Namun ketika Anda datang ke Kota Batam menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua atau roda 4, maka tentunya biaya yang harus dikeluarkan bisa lebih diminimalisir.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Galang

Aktivitas Menarik di Pulau Galang
Image Credit: Google Maps (Amirul Mukminin)

1. Fotografi

Hal yang wajib dan perlu Anda lakukan ketika datang ke Pulau Galang ini yaitu fotografi. Anda bisa membawa kamera DSLR ataupun menggunakan kamera dari HP. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto bersama sahabat maupun keluarga.

Seperti misalnya di ke empat pantai yang terdapat di pulau ini. Pantai-pantai tersebut menyajikan pemandangan yang bisa Anda jadikan latar saat berfoto. Jangan lupakan juga lokasi wisata kampung Vietnam.

Tempat tersebut memiliki nilai historis yang cukup tinggi. Anda bisa gunakan itu sebagai kenang-kenangan ketika sudah kembali. Mengabadikan moment dengan barang-barang peninggalan bersejarah tentunya membuat foto tersebut terlihat menarik.

2. Diving dan Snorkeling

Aktivitas wajib yang perlu Anda lakukan juga di tempat wisata yang terdapat di Pulau Galang yaitu diving serta snorkeling. Di tempat ini telah terdapat fasilitas yang menyewakan alat-alat untuk melakukan aktivitas tersebut.

Air jernih yang dimiliki pantai-pantai di pulau ini tentunya akan membuat Anda terkesan melihat pemandangan bawah laut. Terdapat tiga pantai yang bisa Anda selami saat berkunjung ke tempat ini antara lain yaitu Pantai Mirota, Pantai Vio-vio serta Pantai Melur.

Aktivitas di Pulau Galang
Image Credit: Google Maps (Samuel Lim)

3. Bersantai di Pantai

Aktivitas ini memang terkesan sedikit sederhana. Namun jangan salah, karena banyak manfaat yang bisa didapat ketika Anda menenangkan diri atau rileks. Pantai-pantai yang terdapat di Pulau Galang mendukung suasana untuk melakukan penenangan diri dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Di salah satu pantai Anda akan menemukan sebuah ayunan yang cukup besar yang bisa digunakan untuk tempat bersantai.

Selain itu, juga terdapat fasilitas seperti payung warna warni serta gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk sekedar duduk dan mengamati pemandangan pantai. Suasana yang begitu sejuk dengan air pantai yang sangat jernih akan sangat membuat Anda tenang.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Batam yang Paling Enak

4. Mempelajari Sejarah Kampung Vietnam

Anda bisa datang ke tempat ini untuk sekedar mempelajari history mengenai para pengungsi Vietnam di kampung Vietnam. Tempat ini menyajikan banyak sekali peninggalan dari korban perang tersebut.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sangat menyukai sejarah maka tentu akan menemukan nilai-nilai sejarah yang amat kuat di tempat ini. Anda bisa datang bersama dengan anak-anak. Sehingga selain mengajak mereka bersenang-senang.

Anda juga memberikan sedikit ilmu pengetahuan pada mereka mengenai sejarah. Tentunya hal itu akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan penuh makna.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Galang

SBS Resort
Image Credit: Agoda.com

Bagi Anda yang berencana untuk menginap, maka bisa bermalam di beberapa hotel yang terdapat di sekitar Pulau Galang. Tempat penginapan tersebut antara lain yaitu:

1. SBS Resort

Penginapan pertama yang bisa Anda tuju yaitu SBS resort. Termasuk dalam hotel bintang 3. Lokasinya berdekatan dengan kampung Vietnam. Anda hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk mencapai hotel ini dari tempat wisata kampung Vietnam.

Ada banyak fasilitas yang ditawarkan oleh hotel tersebut. Seperti contohnya kamar yang dilengkapi dengan ac, restoran seafood, dan masih banyak fasilitas yang lain.

2. Morelo Kelong Resort

Penginapan kedua yang bisa Anda tuju yaitu Morelo Kelong Resort. Hotel yang satu ini berada dekat dari bibir pantai. Ada banyak fasilitas yang akan Anda dapatkan ketika bermalam di tempat tersebut. Seperti misalnya balkon yang menghadap ke arah pantai, kamar yang telah dilengkapi dengan AC, restoran, kolam renang dan lain-lain.

3. Bintan Beach Resort

Anda juga bisa memutuskan untuk menginap di tempat ini. Fasilitas yang akan Anda dapat yaitu wi-fi gratis, resepsionis 24 jam, keamanan yang terjaga hingga 24 jam nonstop, area parkir yang luas, dan masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Galang Batam

Fasilitas Wisata di Pulau Galang Batam
Image Credit: Google Maps (Hendry 271219)

Saat Anda berkunjung ke Pulau Galang maka akan banyak fasilitas yang bisa didapat. Pulau ini merupakan pulau yang cukup terkenal, sehingga mulai dikembangkan sebagai tempat wisata secara profesional.

Oleh karena itu, tak sulit untuk menemukan banyak fasilitas di tempat ini. Fasilitas tersebut antara lain seperti penyewaan alat-alat selam maupun snorkeling, rumah makan, penginapan, toilet umum, gazebo sebagai tempat istirahat, dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas tambahan yang akan memudahkan Anda saat berkunjung ke tempat ini.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Pulau Galang. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Kota Batam, maka tidak ada salahnya untuk datang ke Pulau Galang. Nikmati tempat-tempat wisata yang disuguhkan oleh pulau tersebut. Tentunya Anda tidak akan kecewa saat memutuskan untuk datang ke Pulau unik ini.