Pulau Kemaro, Pulau Cantik yang Melegenda di Tengah Sungai Musi

Pulau Kemaro salah satu objek wisata unik di Palembang, tepatnya berada di tengah Sungai Musi. Delta kecil yang kaya pesona dan terdapat banyak peninggalan bersejarah yang menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: 1 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Pulau Kemaro, tempat wisata unik dan penuh dengan cerita legenda. Tempat wisata ini berada di tengah-tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro ini uniknya karena tidak pernah terendam walaupun air Sungai Musi dalam keadaan pasang. Pulau ini adalah surga bagi umat yang memeluk agama Buddha.

Pulau unik dan misterius yang diberikan nama Kemaro dan memiliki keindahan yang mempesona dan cantik. Pulau seluas kurang lebih 25 hektar ini selalu ramai dikunjungi. Terutama oleh wisatawan yang beragama Buddha. Karena banyak situs bersejarah dan bersifat keagamaan bagi penganut agama Buddha.

Di delta ini terdapat kurang lebih 130 rumah. Dimana masyarakat di sekitar Pulau Kemaro ini akan mendukung dan membantu pengembangan desa wisata tersebut menjadi lebih modern dan lebih maju dari sebelumnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kemaro

Daya Tarik Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @ekonurhadi260

1. Situs Bersejarah Klenteng Hok Tjing Rio

Klenteng Hok Tjing Rio ini sudah ada sejak tahun 1962. Situs bersejarah ini menjadi tempat populer bagi wisatawan yang berkunjung. Adanya Klenteng Hok Tjing Rio ini tidak kalah menariknya dengan tempat lain.

Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih viral dengan sebutan Klenteng Kuan Im ini adalah bangunan pertama di Pulau Kemaro. Klenteng ini berada di garda terdepan saat memasuki kawasan pulau ini. Selain dijadikan tempat wisata tempat ini ramai dikunjungi warga beragama Buddha untuk sekedar ziarah atau berdoa.

2. Pagoda Cantik

Pagoda ini adalah salah satu daya tarik dari Pulau Kemaro. Pagoda ini berdiri dengan lantai 9 yang megah dan tinggi. Pagoda cantik ini berdiri pada tahun 2006 memiliki tinggi sekitar 45 meter. Dijadikan sebagai tempat acara atau perayaan Cap Go Meh dan perayaan Imlek.

Desain pembangunan pagoda cantik tersebut mengikuti gaya budaya Tionghoa. Di depan bangunan Pagoda biasanya akan diramaikan oleh pengunjung yang berfoto dan berselfie ria. Warna-warna cantik pada Pagoda ini adalah sebuah simbol kepercayaan bagi orang Tiongkok.

Saat malam hari pagoda ini akan memancarkan cahaya yang indah dan mempesona. Saat ini biasanya dijadikan waktu yang tepat untuk berfoto dengan background pagoda ini.

3. Cap Go Meh

Saat perayaan Cap Go Meh atau imlek ini pengunjung biasanya datang lebih banyak dari hari biasanya. Saat perayaan ini tiba Pulau Kemaro ini akan lebih seru dan asik. Umumnya datang wisatawan dari luar. Sehingga saat perayaan ini juga menjadi daya tarik pengunjung yang datang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Banyuasin Terbaru & Terhits Dikunjungi

Saat perayaan ini tiba, di setiap tempat di pulau ini akan ditata dan dihias semeriah dan secantik mungkin. Seperti pemasangan lampion dan adanya pertunjukan dan acara seru dan meriah di tempat ini.

Pertunjukannya seperti Drama tradisional dan lagu khas asal China, ada persembahan lagu Tionghoa, ada wayang poyehi, dan Barongsai. Yang tidak kalah ramainya adalah adanya wisata kuliner saat acara ini berlangsung.

Daya Tarik Pulau Kemaro Palembang
Image Credit: Instagram.com @tejawisata

4. Makam Cinta Siti Fatimah dan Tan Bun An

Cerita cinta dari sepasang kekasih yang berbeda budaya dan beda bangsa ini membuat para wisatawan selalu berduyun-duyun untuk datang berziarah mengunjungi makam. Menurut cerita turun temurun, Pulau Kemaro ini adalah makam dari Siti Fatimah dan Tan Bun An yang menceburkan diri ke Sungai Musi.

Sehingga banyak dari wisatawan mancanegara selalu datang ke pulau cantik ini. Wisatawan yang datang berziarah selama ini berasal dari Singapura, Tiongkok, Malaysia dan Negara tetangga lainnya.

Namun, di tengah pulau ini terdapat gundukan tanah dan dijadikan sebagai makam Siti Fatimah dan Tan Bun An. Di atas makam tersebut terdapat nisan dengan tulisan Tionghoa.

5. Pohon Cinta

Di tempat wisata Pulau Kemaro terdapat sebuah pohon cinta abadi. Pohon ini melambangkan sebuah cinta yang abadi. Kisah cinta dari seorang Siti Fatimah putri raja Palembang dan Tan Bun An seorang pangeran Tiongkok. Dimana kisah cinta yang melegenda ini memiliki keterpautan dengan pohon cinta abadi tersebut.

Konon, menurut masyarakat di sekitar tentang pohon cinta yang dapat mengabadikan cinta siapa saja yang datang. Misalkan apabila sepasang kekasih menuliskan nama di pohon cinta tersebut, maka cintanya akan abadi selamanya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Kemaro

Alamat Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @palembangmetro_rendering

Delta kecil ini yang terletak di tengah Sungai Musi ini dapat dilewati dengan menggunakan perahu. Dari Jembatan Ampera, Pulau Kemaro ini berada pada kejauhan 6 Km. Akses menuju lokasi ini pun mudah.

Namun, bagi beberapa wisatawan yang berkunjung dan berasal dari luar pulau Sumatera, dan tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Dapat menggunakan transportasi umum dan menuju ke Dermaga.

Para wisatawan dapat menggunakan perahu. Perahu dapat disewa di Dermaga Benteng Kuto Besak. Dari Dermaga ini hanya butuh kurang lebih 30 menit menuju ke Pulau Kemaro. Penyewaan perahu di Dermaga ini dapat mengantar dan menjemput Anda kembali setelah selesai berwisata menikmati pesona pulau.

Ada beberapa pilihan alat transportasi air yang bisa Anda pilih untuk menyeberang. Ada perahu ketek yang akan membawa Anda menyeberang santai dengan waktu yang cukup lama, ada perahu motor yang akan membawa Anda menyebrangi sungai selama kurang lebih 30 menit.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Lahat yang Murah & Enak

Selain itu, ada speedboat yang merupakan transportasi air tercepat. Anda bisa menyeberangi sungai dengan kurang lebih 15 menit. Anda akan diberikan tarif yang berbeda untuk setiap jenis transportasi air tersebut.

Harga Tiket Masuk Pulau Kemaro Palembang

Harga Tiket Pulau Kemaro Palembang
Image Credit: Instagram.com @jstore992

Untuk masuk ke kawasan wisata Pulau Kemaro Anda akan dikenakan tarif Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000 untuk biaya per orangnya. Selain biaya masuk, Anda juga harus membayar sewa perahu untuk sampai ke tempat wisata ini.

Dimana untuk penyewaan perahu dari Dermaga untuk perorangan, Anda akan diberikan tarif Rp 200.000 untuk speedboat. Jika Anda datang bersama teman-teman, Anda dapat menyewa perahu Ketek dengan tarif sekitar Rp 500.000.

Namun jika Anda datang bersama rombongan besar Anda bisa menyewa perahu Tongkang, dengan perahu ini Anda akan dikenakan tarif sekitar Rp 1.500.000. Untuk pembayaran perahu ini Anda akan diberikan fasilitas antar dan jemput.

Kegiatan yang Menarik yang Dilakukan di Pulau Kemaro

Kegiatan di Pulau Kemaro
Image Credit: Instagram.com @zulmye

1. Berwisata Kuliner

Di Pulau Kemaro ini terdapat lokasi yang khusus menjajakan kuliner khas Palembang. Anda akan diberikan banyak makanan dengan berbagai menu.

Saat acara Imlek, di tempat ini akan menyuguhkan lebih banyak makanan, dengan berbagai macam pilihan dan menu. Tentunya sangat lezat dan harga yang terjangkau.

2. Berziarah ke Makam

Bagi masyarakat yang menganut keyakinan Buddha, di tempat ini adalah tempat religi yang bisa di gunakan juga untuk berdoa. Di pulau ini terdapat Kuil Buddha yang sering dikunjungi untuk berziarah. Selain itu ada Vihara China yang selalu ramai dikunjungi.

Selain berziarah, masyarakat yang datang berdoa di beberapa kuil. Masyarakat penganut Buddha juga dapat mengikuti acara-acara keagamaan lainnya yang dilaksanakan di tempat ini.

3. Mencari Spot Foto Cantik

Bangunan-bangunan dan setiap lokasi di tempat wisata Pulau Kamaro ini memiliki keunikan dan kecantikan tersendiri. Dimana di setiap tempat dapat dijadikan sebagai spot foto yang bagus di Pulau Kemaro ini.

Warna yang cantik dan bangunan yang unik dan bagus menjadikan tempat ini selalu menjadi tempat berfoto yang ramai. Anda juga bisa mengajak pasangan Anda untuk berfoto di beberapa tempat populer di pulau ini. Seperti di pohon cinta abadi, di depan pagoda cantik dan lainnya.

4. Menyaksikan Upacara dan Acara Keagamaan Tionghoa

Selain menyaksikan banyak tempat unik dan memiliki kisah legenda, di Pulau wisata ini juga Anda dapat menyaksikan beberapa upacara keagamaan dan berbagai pertunjukan.

BACA JUGA:  Jembatan Ampera, Mengintip Keindahan Ikon Kota Palembang di Tepian Musi

Semua pertunjukan ini dilakukan pada malam hari. Selain banyak acara keagamaan, di sini juga ada pertunjukan membakar lampion dan menerbangkannya ke langit. Acara ini selalu dinantikan oleh semua wisatawan yang datang.

5. Bersepeda Santai

Selain menikmati keindahan bangunan bersejarah di tempat ini, Anda juga dapat menyewa sepeda dan berkeliling Pulau Kemaro. Track bersepeda di sini dapat Anda nikmati dengan pemandangan alam yang mempesona. Menghirup udara segar di sekitar pulau. Bersepeda bersama pasangan atau teman menjadi momen yang seru dan asik di pulau ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pulau Kemaro

Penginapan di Pulau Kemaro
Image Credit: Tripadvisor.co.id

1. Batiqa Hotel Plembang

Penginapan murah ini dapat Anda sewa dengan biaya sekitar Rp 398.000 permalamnya. Hotel ini berada di tempat yang strategis. Di mana hotel ini menyediakan jasa antar dan jemput.

Anda akan diberikan fasilitas yang bagus dan pelayanan yang baik. Hotel ini merupakan hotel bintang empat. Anda akan diberikan akses WiFi gratis dan pelayanan kamar lainnya.

2. Rajawali Homestay

Dengan memberikan fasilitas yang lengkap, penginapan ini hanya dapat disewa dengan biaya Rp 200.000 saja untuk satu malam.

Di penginapan ini menyediakan tempat parkir yang luas dan aman. Selain itu Anda akan diberikan beberapa pelayanan yang baik. Fasilitas yang Anda butuhkan semua ada di penginapan ini.

3. Graha Ham Family

Hotel dengan tarif termurah ini selain bagus juga memberikan fasilitas yang baik untuk tamu disabilitas. Contohnya seperti terdapat parkir khusus, ada toilet khusus dan fasilitas khusus lainnya bagi tamu dengan keterbatasan fisik.

Hotel dengan biaya Rp 157.259 per malam ini memiliki banyak fasilitas untuk tamu. Hotel berbintang ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap dan bagus.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pulau Kemaro Palembang

Fasilitas Wisata di Pulau Kemaro Palembang
Image Credit: Instagram.com @jhoanes.sw

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata Pulau Kemaro ini adalah adanya tempat penyewaan perahu. Seperti Speedboat, perahu motor, dan perahu ketek. Ada juga fasilitas lain berupa tempat istirahat atau bersantai, ada kamar mandi, dan ada toilet.

Selain itu, di wisata terkenal ini juga menyediakan warung makan dan minuman. Ada juga toko souvenir di sekitar tempat wisata ini.

Ada restoran dengan menu yang lengkap dan enak. Ada museum yang menyimpan bukti-bukti bersejarah dan peninggalan berharga yang menjadi daya tarik khusus pulau ini.

Beberapa informasi mengenai destinasi wisata favorit di Palembang ini selalu ramai dikunjungi. Wisata Pulau Kemaro dengan kisah bersejarah dan religi ini dapat menjadi tujuan liburan Anda berikutnya.