Pulau Ketawai, Pesona Pulau Pasir Putih Eksotis di Bangka Tengah

Pulau Ketawai, Pesona Pulau Pasir Putih Eksotis di Bangka Tengah
Biaya Wisata: Mulai Rp 800.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kurau, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Kesan pelancong akan semakin terasa jika Anda menyambangi salah satu pulau yang berada di Kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini bukanlah sebuah pulau besar yang ditinggali oleh banyak gedung-gedung bertingkat nan modern. Namun sebaliknya, pulau kecil yang berada di Kabupaten Bangka Tengah ini menyajikan pesona alami yang jauh dari kata modern, yaitu Pulau Ketawai.

Pulau eksotis ini memiliki pesona pulau yang tak kalah indah dari pulau-pulau besar kebanyakan. Walaupun ukurannya tidak seberapa, pemandangan yang disuguhkan sudah lebih dari kata lebih. Tidak ada satu kata pun yang bisa menggambarkan suguhan dari pulau ini selain kata indah. Dengan menginjakkan kaki disini, pengunjungnya akan diajak terpana oleh semua hal yang dimilikinya.

Pulau Ketawai yang berukuran kecil ini memiliki pasir putih sebagai alasnya dengan air laut yang jernih lengkap disertai pepohonan kelapa yang terlihat akrab berdiri berdekatan. Suasana eksotis pun terpancar dengan jelas ketika melihatnya. Oleh karena itu pulau ini favorit sebagai buruan destinasi para wisatawan. Terlebih oleh para pelancong yang rela menyeberangi lautan demi menyaksikan keindahan suguhannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Ketawai

Daya Tarik Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (Cukim Stanley)

Rasanya tidak heran jika pulau ini menjadi destinasi favorit para wisatawan. Mengingat paket lokasinya yang cukup untuk menghasilkan pemandangan indah. Tidak jarang banyak para wisatawan dari luar daerah Bangka yang rela berdatangan menyeberangi lautan demi menginjakkan kakinya disini. Beragam daya tarik yang dimilikinya pun sangatlah memikat, berikut daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Ketawai.

1. Laut Birunya yang Menenangkan

Saat berwisata kesini, wisatawan akan disambut hangat oleh laut birunya yang menenangkan. Luasnya hamparan laut ini terlihat semakin cantik dihiasi oleh sebuah pulau kecil yang menjadi tujuan wisata. Gradasi warna lautnya yang berwarna biru muda dan biru tua menghasilkan pemandangan menenangkan yang nyaman untuk dipandang. Selain cantik, air laut di pulau ini pun terkenal jernih.

2. Pasir Putihnya Bak Mutiara yang Bertebaran

Pasir putih yang seakan menjadi simbol dari kecantikan daratan juga dapat wisatawan temukan ketika berkunjung kesini. Pasir putih inilah yang melapisi seluruh bawahan dari Pulau Ketawai. Sebagian orang pun memandang bahwa pasir putih disini terlihat cantik bak mutiara yang bertebaran. Tidak hanya cantik saja tetapi juga lembut. Wisatawan dapat merasakan seakan berjalan diatas kapas ketika berada di pasir ini.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (Nakal Nakal)

3. Rindang Pepohonan yang Menambah Sejuk Suasana

Pepohonan kelapa memang menjadi dekorasi wajib sekaligus ciri khas dari obyek wisata berkonsep eksotis. Seperti yang terdapat di pulau kecil ini. Di di sepanjang bibir pulaunya hingga ke bagian tengah dihiasi oleh pepohonan kelapa yang menjulang tinggi. Pepohonan kelapa ini tentu menciptakan kesan eksotis sekaligus menambah suasana sejuk. Bagaimana, tertarik untuk datang ke pulau kecil satu ini?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Ridwan Fabas)

Pulau yang hanya memiliki luas wilayah sekitar 30 hektar ini berlokasi di Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Wisatawan yang berencana untuk datang kesini bisa memulai perjalanan dari Desa Kurau. Sebab lokasi Desa Kurau inilah yang merupakan lokasi terdekat dari Pulau Ketawai. Jadi, wisatawan diharuskan untuk terlebih dahulu tiba ke Desa Kurau ini.

Setelah sampai di Desa Kurau, wisatawan tidak perlu pusing-pusing lagi. Wisatawan hanya harus melakukan perjalanan laut dengan menyeberangi lautan menggunakan perahu. Tidak perlu khawatir menemukannya karena di pinggir desa ini sudah berjejer perahu nelayan yang siap mengantarkan para wisatawan menuju ke pulau tujuan. Tentunya dengan tarif yang bisa disesuaikan sesuai oleh kebutuhan.

Perahu nelayan yang akan mengantarkan wisatawan ini berkapasitas sekitar 10 orang penumpang. Wisatawan akan menempuh waktu selama kurang lebih 55 menit perjalanan dari Desa Kurau menuju ke pulau tujuan. Perjalanan ini sangat cocok dilewati oleh wisatawan yang kerap merasa mudah bosan, karena di sepanjang perjalanan, wisatawan akan ditemani oleh laut cantik dengan gradasi warna ciamik.

Wisatawan disarankan untuk menempuh perjalanan laut ini pada waktu pagi hari. Hal ini dikarenakan gelombang pada pagi hari yang terbilang tenang akan memudahkan nelayan untuk mengemudikan perahu. Selain itu wisatawan pun dapat lebih leluasa menikmati waktu perjalanan. Wisatawan juga bisa berbincang terlebih dahulu mengenai perjalanan laut ke nelayan untuk menghindari hal-hal buruk terjadi.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Image Credit: Google Maps (KemaL TaJ)

Kecantikan yang dipamerkan secara anggun oleh pulau ini mampu memikat siapa pun untuk bersusah payah menyeberangi lautan demi menikmati suguhan alamnya. Mungkin juga termasuk Anda yang sudah berencana sembari memikirkan semua hal yang diperlukan untuk menyambangi pulau ini. Seperti halnya biaya perjalanan, jika iya berarti Anda adalah seseorang yang benar-benar memikirkan semua hal.

Wisatawan bisa mempersiapkan dana sebesar Rp 800.000 sebagai biaya perjalanan laut menggunakan perah. Jangan terkejut dulu, karena biaya ini sudah termasuk biaya perjalanan pulang-pergi dengan kapasitas perahu sebanyak 10 orang. Jadi, akan memudahkan wisatawan agar tidak perlu sibuk memesan kembali perahu nelayan. Bagaimana sudah tertarik untuk berkunjung ke pulau kecil satu ini?

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Ketawai

Kegiatan di Pulau Ketawai
Image Credit: Google Maps (Aan Hudaya)

1. Berenang Kecil di Tepian Laut Jernihnya

Berenang merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika berkunjung ke Pulau Ketawai. Air lautnya yang jernih terlihat menarik dicoba. Wisatawan dapat memanfaatkan tepi pulaunya yang memiliki perairan dangkal dengan cara berenang. Karena obyek wisata ini bersifat cocok untuk anak-anak, wisatawan juga bisa berenang di tepian bersama buah hati. Tentunya dengan tetap memperhatikan segi keselamatan.

2. Menikmati Pesona Pulau di Atas Pasir Putih

Pesona yang dihadapkan secara langsung kepada para pengunjungnya ini terlihat semakin menarik jika ditatap dari atas pasir putih. Tekstur pasir putihnya yang lembut menciptakan kenyamanan tersendiri bagi kaki saat dipijak. Wisatawan bisa bersantai sembari menikmati pesona pulau ini sembari ditemani oleh hamparan mutiara lembut yang tersebar disini. Wisatawan akan merasa terhipnotis oleh sajian alamnya.

3. Merasakan Segarnya Air Kelapa

Untuk Anda yang berasal dari perkotaan, merasakan segarnya air kelapa merupakan sebuah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Mengingat beragam kesibukan sehari-hari disertai dengan pohon kelapa yang jarang berada di perkotaan. Wisatawan bisa merasakan segarnya air kelapa saat menyambangi Pulau Ketawai. Segarnya air kelapa yang berpadu dengan similir angin merupakan perpaduan yang pas.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau

Penginapan di Sekitar Pulau
Image Credit: Bangka.tribunnews.com

1. Tanjung Bay

Penginapan ini mengusung tema modern minimalis namun tidak ketinggalan dengan kesan alami yang menyertainya. Tanjung Bay merupakan penginapan yang memiliki lahan hijau di sekelilingnya sehingga menciptakan udara sejuk yang begitu terasa. Pemandangan laut lepas dengan gradasi warna yang cantik juga akan menjadi makanan sehari-hari para pengunjungnya ketika membuka mata pada pagi hari.

2. Zena Homestay

Pernah membayangkan bermalam di penginapan yang nyaman lengkap dengan suasana bersih di dalamnya? Maka Zena Homestay lah jawabannya. Dari bagian luarnya saja sudah terpancar aura kebersihan serta kenyamanan yang disuguhkan. Penginapan ini juga memiliki bagian kamar yang terlihat sangat rapi dan bersih. Lokasinya yang dekat dengan bandara juga menjadikannya semakin diminati.

3. Hotel Santika Bangka

Hotel lainnya yang sangat cocok ditinggali sebagai tempat beristirahat para wisatawan Pulau Ketawai ialah Hotel Santika Bangka. Hotel ini memiliki desain bangunan yang sangat mewah begitupun bagian kamarnya. Wisatawan tidak akan menemukan kekurangan apapun dalam hotel ini termasuk fasilitas. Fasilitas seperti ruangan ber-AC, kolam renang, makanan disediakan secara lengkap di hotel satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Ketawai Bangka

Fasilitas di Pulau Ketawai Bangka
Image Credit: Google Maps (Suryanto Tjan)

Pulau Ketawai yang berada cukup jauh dari pusat kota, bahkan wisatawan harus menempuh perjalanan laut untuk sampai disini menyebabkan fasilitas yang ada hanyalah seadanya. Pulau yang kecil dengan ukuran sekitar 30 hektar ini memang sukses dalam memanjakan para pengunjungnya dengan pesona alamnya akan tetapi pulau ini kurang dalam hal menyajikan fasilitas bagi para pengunjung yang datang.

Fasilitas seadanya seperti toilet, mushola dan gazebo tersedia disini. Wisatawan bisa memanfaatkan keberadaan toiletnya untuk sekedar mengganti pakaian sebelum ataupun selepas berenang di tepiannya. Toilet ini pun bisa juga wisatawan manfaatkan untuk membilas badan yang sudah kotor karena pasir. Jadi wisatawan tidak akan merasa risih ketika berada di pulau ini.

Mushola yang berdiri disini mengingatkan para wisatawan terutama yang beragama Islam untuk tetap mengingat Yang Kuasa walaupun berada jauh dari rumah. Mushola yang berada disini bisa wisatawan manfaatkan untuk tempat menunaikan ibadah. Selain itu, disini pun terdapat gazebo sebagai tempat yang paling cocok untuk bersantai sembari merasakan segarnya air kelapa. Menarik sekali bukan?

Pulau Ketawai memang cocok disambangi di Bangka Tengah untuk Anda para pelancong sejati. Anda yang menginginkan berlibur namun jauh dari hiruk-pikuk kota pun dapat merasakannya disini. Wisatawan akan mendapatkan pengalaman liburan yang paling berkesan dengan air laut, pasir putih dan pepohonan kelapanya. Tidak ada salahnya untuk datang dan menghabiskan sisa waktu liburan disini. Terlebih Anda para pelancong.