Pulau Lengkuas, Pulau Unik Nan Eksotis di Belitung

Pulau Lengkuas, Pulau Unik Nan Eksotis di Belitung

Pulau Lengkuas salah satu pulau kecil eksotis di Bangka Belitung yang panoramanya mampu memanjakan mata. Pulau unik yang identik dengan mercusuar peninggalan zaman Belanda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Lengkuas adalah pulau kecil di Belitung yang begitu menawan. Bahkan, pantai yang satu ini seringkali disebut sebagai salah pantai yang menjadi primadona saking indahnya pemandangan yang dia tawarkan.

Dengan lokasi yang tidak terlalu terpencil, hal tersebut membuat pantai ini menjadi seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, banyak sekali nilai-nilai historis yang ditinggalkan di tempat ini, menjadi saksi bisu tentang sejarah masa lalu yang pernah terjadi.

Karena itulah, Pulau Lengkuas juga seringkali didapuk sebagai tempat wisata yang paling tepat bagi para wisatawan yang ingin berlibur dan juga para penyuka sejarah yang penasaran mengenai peninggalan pada masa lalu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Lengkuas

Daya Tarik Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Hubert Trapp)

1. Laut yang Jernih

Hal yang membuat pantai ini begitu menarik dan tampak memikat adalah warna lautnya yang begitu biru dan sangat jernih. Anda tidak akan menemukan kotoran apapun di pantai ini sebab kebersihannya begitu dijaga oleh para pengelola sekitar.

Dengan laut yang bening tersebut, Anda pun juga dapat melihat aktivitas di bawah laut dengan mata telanjang dari atas permukaan. Ini tentu akan menambah pengalaman tersendiri sebab masih banyak sekali pantai yang memiliki air laut yang kurang bersih, sehingga kenyamanan pengunjung pun menjadi berkurang.

2. Memiliki Batuan Granit

Selain laut yang jernih, Pulau Lengkuas juga memiliki ciri khas yang lain yaitu adanya bebatuan granit yang bisa ditemukan dengan mudah oleh para pengunjung. Bebatuan tersebut memiliki usia yang diperkirakan sudah mencapai 65 sampai 200 juta tahun, sehingga keberadaannya tentu akan sangat memikat para arkeolog untuk menelitinya.

Batuan granit tersebut tersusun dengan indah di sekeliling pantai, dengan jajaran yang rapi dan memukau. Jajaran bebatuan ini tentu saja akan menambah keunikan dan imej yang begitu menarik bagi pulau ini.

3. Surga Bawah Laut yang Indah

Tidak hanya pemandangan yang ada di atas pulau saja, namun ketika Anda melakukan diving ke dalam laut, maka Anda akan menemukan surga bawah laut yang begitu indah. Terdapat berbagai gugusan terumbu karang yang sangat indah dan menawan, menandakan bahwa keberadaan mereka tidak terancam apabila berada di tempat ini.

Selain itu, jauh di dalam air laut Anda akan melihat aktivitas ikan dengan aneka warna yang sangat cantik. Mereka berenang ke sana ke mari sambil mencari makan, dan pemandangan tersebut hanya dapat Anda saksikan di pulau ini saja.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Lengkuas
Image Credit: Twitter.com @LingkarID

4. Adanya Mercusuar Tua

Bisa dibilang, inilah ciri khas yang paling melekat di Pulau Lengkuas. Pulau ini memang sangat terkenal oleh keberadaan mercusuar tua yang sangat unik, dan banyak wisatawan yang penasaran akan adanya mercusuar tersebut sebab dilihat dari penampilannya, alat itu sudah didirikan sejak sangat lama.

Mercusuar tersebut merupakan salah satu peninggalan jajahan Belanda yang dulunya dibangun pada tahun 1882. Meskipun sudah berusia lebih dari satu abad, namun mercusuar tersebut bahkan masih berfungsi dengan baik hingga pada masa sekarang.

5. Lingkungan Sekitar yang Sejuk

Daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini yang terakhir yaitu lingkungan sekitarnya yang sangat sejuk. Pulau ini dikelilingi oleh pepohonan yang begitu rimbun, dan di sekitar pantainya pun terdapat berbagai pohon bakau yang tumbuh dengan rapi untuk melindungi pantai dari abrasi.

Tidak hanya itu, hamparan pasir putihnya pun juga sangat memikat. Ketika terkena paparan sinar matahari, hamparan pasir itu akan tampak mengkilap sehingga sangat indah untuk dilihat terlebih apabila disaksikan dari atas mercusuar.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Lengkuas

Alamat Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Gestabo 56)

Pulau cantik ini memiliki lokasi yang cukup berdekatan dengan Pantai Tanjung Kelayang. Lebih lengkapnya, Pulau Lengkuas berada di sisi sebelah utara dari Pantai Tanjung Kelayang, yang sama-sama terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk mencapai pulau ini, maka perjalanan bisa dimulai dari pusat Kota Tanjung Pandan. Dari pusat kota, maka harus pergi menuju ke Tanjung Kelayang terlebih dahulu sehingga Anda dapat menyeberang menuju ke pulau ini. Proses penyeberangan tersebut memakan waktu beberapa menit karena harus menggunakan perahu agar bisa sampai di tempat tujuan.

Harga yang ditetapkan untuk menikmati suasana yang ada di pulau ini bisa dibilang cukup terjangkau, sebab tidak ada tiket masuk khusus yang harus dibeli untuk berada di tempat ini. Akan tetapi, Anda pun tetap harus mengeluarkan beberapa uang untuk menuju pulau ini terlebih ketika ingin melakukan proses penyeberangan.

Anda dapat menyewa kapal yang bisa ditemui di dermaga Pantai Tanjung Kelayang. Biasanya, harga untuk menyewa kapan tersebut berada dalam kisaran 350 ribu sampai 500 ribu untuk satu kali perjalanan. Perjalanan menyeberang ini akan memakan waktu yang cukup singkat yakni hanya 30 menit saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Lengkuas

Kegiatan Dilakukan di Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Heroes 3DO Veteran)

1. Melihat Penyu

Tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah saja, namun pulau ini pun juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Penyu yang dilestarikan di sini umumnya merupakan penyu hijau, dan mereka pun akan dijaga dengan begitu ketat dan penuh perhatian oleh pihak pengelola agar mereka selalu merasa aman untuk bertelur di tempat ini.

Namun, pengunjung pun diperbolehkan untuk mengunjungi tempat penangkaran penyu tersebut. Anda akan dihimbau untuk tidak merusak fasilitas apapun di tempat penangkaran ini sebab keselamatan para penyu tersebut tentu saja merupakan hal yang penting agar mereka tidak cepat punah.

2. Menaiki Mercusuar

Kegiatan yang wajib dilakukan ketika mengunjungi Pulau Lengkuas tentu saja adalah menaiki mercusuar yang menjulang tinggi di tengah pulau. Mercusuar yang tingginya 8 lantai ini tentu saja merupakan tempat yang sempurna untuk melihat segala keindahan panorama yang ditawarkan oleh pulau ini dari ketinggian.

Untuk menaiki mercusuar, pengunjung akan dikenai biaya sebesar 5 ribu rupiah saja. Usai membayar biaya tersebut, maka pengunjung pun sudah bisa menyusuri keseluruhan mercusuar tua ini sambil menikmati keindahan yang ada di sekelilingnya.

3. Snorkeling

Tak puas rasanya apabila mengunjungi pulau ini namun tidak melakukan snorkeling. Ombak yang tenang dan air laut yang jernih tentu saja menjadi faktor utama mengapa kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan terlebih ketika mengunjungi pulau ini.

Kegiatan di Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Aaron Lisandrio)

 

4. Menikmati Makanan Laut

Ketika merasa lelah dengan berjalan-jalan atau menaiki mercusuar, maka Anda pun dapat menikmati makanan laut yang berasal dari hasil tangkapan ikan laut khas daerah ini. Terdapat berbagai kedai makanan yang akan menarik perhatian Anda di sekeliling pantai sebab hidangan kuliner yang disajikan memang mampu memanjakan lidah siapa saja.

5. Fotografi

Ketika sedang berada di Pulau Lengkuas, maka rasanya akan tidak lengkap apabila tidak mengabadikan momen tersebut menggunakan foto. Keindahan pantai dan lautnya tentu bisa menjadi background foto yang sangat baik dan sempurna terlebih ketika Anda ingin mengunggah foto yang begitu instagramable di media sosial.

6. Bersantai Sambil Minum Buah Kelapa

Kegiatan terakhir yang juga dapat Anda lakukan di pulau ini yaitu duduk bersantai di atas hamparan pasir putih yang indah sambil minum es buah kelapa yang bisa dibeli di kedai sekitar. Es buah kelapa tersebut memiliki rasa yang sangat manis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan minuman pendamping ketika merasa haus dan kelelahan.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Lengkuas

Penginapan Terdekat Pulau Lengkuas
Image Credit: Agoda.com

1. Lorin Hotel & Resort

Hotel pertama yang bisa Anda jadikan tempat penginapan yaitu Lorin Hotel & Resort. Tempat ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Pulau Lengkuas, yakni hanya sekitar 5 kilometer saja. Biaya untuk menginap di tempat ini yaitu 619 per malam.

2. Sheraton Belitung Resort

Selanjutnya, Anda pun juga bisa memilih Sheraton Belitung Resort. Hotel ini memiliki jarak sekitar 5 kilometer dari pulau, sehingga masih sangat dekat. Meskipun begitu, karena fasilitasnya yang lengkap maka harga untuk menginap di tempat ini pun 1 juta per malamnya.

3. Swiss-Belresort Belitung

Terakhir, Anda dapat memilih untuk menginap di tempat yang seringkali disebut sebagai salah satu tempat menginap paling murah yang ada di Belitung. Jaraknya dari pulau hanya sekitar 6,5 kilometer, dan biaya menginapnya pun hanya 361 ribu rupiah per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Lengkuas Belitung

Fasilitas Pulau Lengkuas
Image Credit: Google Maps (Bams Triwoko)

Bisa dibilang, fasilitas yang disediakan di pulau ini terbilang sudah cukup lengkap. Terdapat toilet umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung ketika ingin mandi ataupun berganti pakaian. Bagi yang ingin menginap di tempat ini, sudah tersedia alat untuk berkemah sebab tidak ada fasilitas untuk penginapan.

Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan makanan sebab tersedia begitu banyak kedai makanan di tempat ini. Fasilitas lain yang tersedia di pulau ini yaitu area parkir, alat snorkeling, tempat beribadah, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Pulau Lengkuas yang bisa Anda ketahui. Tidak hanya mercusuar saja yang menjadi daya tariknya, namun keindahan laut dan berbagai hal lain pun turut serta menjadikan tempat ini menjadi begitu menarik untuk dikunjungi.