Pulau Mandeh, Destinasi Wisata Bahari Eksotis di Pesisir Selatan

Pulau Mandeh, Destinasi Wisata Bahari Eksotis di Pesisir Selatan
Biaya Wisata: Mulai Rp 175.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Sumatra Barat khususnya Pulau Mandeh ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah dari pepohonan yang tumbuh disekitar. Selain itu yang tidak kalah menariknya lagi yaitu pemandangan laut yang begitu memukau sehingga dapat menambah kecantikan pulau di Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Tidak hanya itu saja disini juga banyak sekali fasilitas permainan yang bisa dicoba. Sehingga dapat membuat liburan Anda menjadi menyenangkan ditambah lagi pulau ini dibagi kedalam beberapa pulau lainnya yang letaknya cukup dekat dan pemandangan yang dimiliki juga tidak kalah menarik. Sehingga Anda dapat berpindah ke lokasi lainnya dengan memakan waktu yang sedikit.

Jadi buat Anda yang penasaran dengan keindahan Pulau Mandeh ini bisa datang langsung ke tempatnya ya agar lebih jelas. Selain itu, bagi yang dari perkotaan bisa juga datang ke objek wisata ini untuk sekedar menikmati pemandangan ataupun berlibur bersama keluarga agar dapat menenangkan pikiran setelah bekerja setiap hari.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Mandeh

Daya Tarik Dimiliki Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @unboxing_indonesia

1. Pemandangan yang Memukau

Sumatra mempunyai banyak sekali wisata alamnya yang terkenal hingga luar negeri. Salah satunya ada Pulau Mandeh ini yang tidak usah diragukan lagi mengenai keindahan alamnya. Karena disini kaya sekali dengan pepohonan yang hijau tumbuh memanjang di pinggiran pulau.

2. Air yang Nampak Hijau Kebiruan

Air di pantai ini juga mempunyai warna yang sangat indah loh. Warna tersebut bersumber dari pantulan tumbuhan yang berada di bawah permukaan. Serta akibat dari semakin dalamnya lautan sehingga akan terlihat warna laut yang kebiruan. Perpaduan warna tersebut menghasilkan suatu warna air yang sangat indah.

3. Mempunyai Pasir yang Putih Bersih

Menariknya lagi dari pantai ini yaitu berasal dari pasir yang terdapat di pinggiran pantai serta meluas dan berwarna putih bersih yang jarang kita temukan jika di perkotaan. Selain itu, Anda juga dapat bermain di sekitaran pasir pantai ini ya.

Daya Tarik Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @minangsedunia

4. Terdapat Udara yang Sejuk

Pantai ini sangat menarik karena mempunyai udara yang sejuk sehingga dapat menenangkan pikiran setelah melakukan berbagai macam kegiatan. Serta akan lebih baik lagi jika datang kesini mengajak teman ataupun keluarga agar semakin seru.

5. Pulau Mandeh Jauh dari Keramaian

Selanjutnya jika Anda ingin menenangkan pikiran dan jauh dari keramaian maka datang ke tempat ini merupakan hal yang tepat. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba datang kesini ya. Apalagi buat para milenial sangat cocok sekali.

6. Mempunyai Banyak Spot Foto yang Instagramable

Objek wisata ini mempunyai banyak sekali tempat yang indah sehingga dapat dijadikan latar belakang untuk berfoto agar dapat diunggah kedalam sosial media seperti instagram whatapps maupun yang lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Mandeh

Alamat Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @daydelon

1. Alamat

Anda dapat menemukan objek wisata Pulau Mandeh ini dengan berkunjung ke Sumatra Utara khususnya di daerah Pesisir Selatan untuk lebih tepatnya berada pada kecamatan Koto XI Tarusan. Agar Anda tidak bingung lagi maka bisa memanfaatkan alat penunjuk arah sepeti gogle maps ya.

2. Rute

Rute yang bisa Anda tempuh untuk sampai di lokasi tujuan bila dari arah kota padang maka bisa melewati jalan Piai Tengah kemudian sampailah di jalan Tanah Sirah lalu belok ke kanan menuju jalan Raya Solok-Padang setelah itu sampailah di jalan Raya Indarung tanah sirah dan lanjutkan perjalananmu menuju jalan Tj. Sabar.

Tidak hanya berhenti disitu saja Anda juga harus melewati jalan Raya Tj. Sabang kemudian melaju terus hingga ke jalan Raya Indarung. Setelah itu sampai di jalan Dr Sutomo lalu lanjutkan menuju jalan Raya Lubuk Begalang ikuti terus hingga sampai bundaran.

Kemudian pilihlah arah jalan sisingamaharaja dan ikuti terus hingga sampai di jalan Dr Wahidin lalu belok kanan menuju jalan Ksatria. Setelah itu belok ke kiri menuju jalan Ganting setelah selesai melewatinya maka Anda akan menempuh jalan Thamrin. kemudian belok kiri lagi menuju jalan Ranah Binuang lalu pilih jalur kanan menuju jalan Arif Rahman Hakim.

Setelah itu, belok kanan lagi menuju jalan Kp. Nias V sejauh beberapa meter saja kemudian belok ke kiri menuju jalan Kp. Nias III sampailah di lokasi tujuan. Untuk sampai di lokasi tersebut Anda harus menempuh jarak sekitar 56 km serta membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam saja.

Etimasi Biaya Wisata ke Pulau Mandeh

Biaya Wisata ke Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @athifabubble93

Untuk sampai di Pulau Mandeh Anda tidak usah khawatir dengan biaya yang dikeluarkan karena cukup murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Serta tidak perlu repot-repot lagi memikirkan cara untuk sampai dilokasi tujuan.

Karena zaman sekarang sudah canggih sehingga banyak sekali yang menyediakan jasa paket tour yang dapat menjadi pilihan Anda untuk mengelilingi pulau tersebut. Untuk harganya sendiri bila Anda datang dengan beranggotakan 2 orang maka harga yang akan dikenakan cukup 600.000 rupiah setiap orangnya.

Sedangkan jika Anda membawa teman maupun keluarga yang banyak sejumlah 5 sampai 6 orang maka harga yang akan dipatok sebesar 300.000 rupiah. Lebih menyenangkan lagi jika datang ke Pulau Mandeh ini dengan rombongan agar lebih murah lagi serta dikenakan tarif kurang lebih sekitar 175.000 rupiah untuk setiap orangnya, semakin murah bukan.

Jadi semakin banyak jumlah orang yang ingin berkunjung maka semakin murah juga biaya yang harus Anda keluarkan sehingga dapat menghemat pengeluaran Anda. Selain biaya tersebut Anda juga akan dikenai biaya parkir untuk kendaraan pribadi yang dibawa.

Namun dengan harga tersebut Anda sudah mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap loh. Seperti berfoto dan juga snorkling menikmati keindahan dibawah permukaan laut. Serta sudah termasuk pengeluaran untuk membiayai kapal yang digunakan baik berangkat maupun pulang dari pulau tersebut serta masih banyak lagi.

Untuk jam buka dari objek wisata ini yaitu 24 jam nonstop sehingga Anda dapat bebas menikmati keindahan alam serta airnya yang dingin sampai puas. Selain itu Anda juga dapat mendirikan tenda dan bermalam di tempat ini loh. Menarik sekali bukan, jadi ayo datang kesini untuk merasakan keindahannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Mandeh

Kegiatan di Pulau Mandeh
Image Credit: Facebook.com @putri.aries.9406

1. Berenang

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan disini yaitu berenang karena pulau ini dikelilingi dengan perairan yang sangat luas dan air yang terdapat di objek wisata ini juga jernih sehingga aman untuk melakukan aktivitas tersebut. Serta tidak akan menimbulkan penyakit kulit seperti gatal-gatal maupun yang lainnya.

2. Camping

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Pulau Mandeh ini yaitu camping. Buat Anda yang ingin menginap di area terbuka maka bisa melakukan camping ini ya. Selain itu Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang sangat cantik sambil melihat banyaknya bintang serta bulan di langit yang gelap.

Tidak hanya itu saja Anda juga akan ditemani dengan suara hewan jangkrik maupun burung ketika malam hari. Serta angin yang berhembus hingga dapat menggoyahkan pohon-pohon disekitar juga dapat menambahkan suasana dingin.

3. Berfoto

Aktivitas ini merupakan hal yang wajib Anda lakukan jika berlibur di Pulau Mandeh apalagi buat Anda para milenial. Hal tersebut terjadi karena pulau ini mempunyai banyak sekali spot-spot yang indah sehingga dapat dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto sehingga terlihat bagus jika diunggah kedalam sosial media.

Kegiatan Menarik di Pulau Mandeh
Image Credit: Instagram.com @kaba_mandeh_tour

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pemandangan sunrise dan juga sunset di pulau ini sangat menarik dan nampak indah jika dipandang mata. Hal ini karena cahaya orange yang bersinar di langit nampak memukau sehingga kesempatan tersebut cocok untuk diabadikan.

5. Memancing Ikan

Di objek wisata ini Anda juga dapat memancing ikan loh. Yang bisa disantap ketika lapar setelah melakukan beragam aktivitas. Selain itu juga dapat dijadikan pengganti bekal makanan yang telah habis saat melakukan kemah disini.

6. Menikmati Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang disuguhkan oleh objek wisata ini sungguh memukau sehingga tidak akan membuat Anda menyesal dengan mengeluarkan biaya tersebut karena sepadan dengan hasil yang akan diperoleh.

6. Snorkling

Kegiatan snorkling ini juga dapat Anda lakukan untuk melihat pemandangan yang indah di bawah permukaan laut. Yang bersumber dari terumbu karang serta ikan yang berwana-warni menghiasi perairan tersebut. menariknya lagi Anda dapat berfoto dengan kamera yang telah dibawa.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pulau

OYO 1538 Pesona Beach Travelodge
Image Credit: Agoda.com

1. Cavery Beach Hotel

Untuk menginap dihotel ini Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 265.000 rupiah setiap malamnya. Dengan biaya tersebut Anda sudah mendapatkan fasilitas yang lumayan lengkap seperti kamar yang luas, tempat parkir yang besar, kamar mandi dalam dan juga wifi serta sarapan pagi sekaligus. Untuk letaknya juga lumayan dekat dengan objek wisata.

2. Penginapan Bunda Mandiri

Penginapan ini bisa disewa dengan mengeluarkan biaya sebesar 350.000 setiap malamnya. Namun Anda juga tidak akan rugi mengeluarkan biaya tersebut karena fasilitas yang disediakan juga memadai seperti tersedianya kamar tidur yang luas dilengkapi dengan AC, wifi serta restoran dan juga sarapan pagi.

3. OYO 1538 Pesona Beach Travelodge

Harga sewa hotel ini cukup murah yaitu sekitar 200.000 saja untuk setiap malamnya. Serta fasilitas yang disediakan juga lengkap dan jarak hotel ini dengan objek wisatanya tidak terlalu jauh sehingga membuat Anda nyaman.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Mandeh Pesisir Selatan

Fasilitas di Pulau Mandeh
Image Credit: Twitter.com @wineworldnews

Fasilitas yang tersedia di Pulau Mandeh ini lumayan memadai seperti tempat parkir kendaraan yang sangat luas sehingga dapat menampung dengan jumlah banyak. Selain itu terdapat juga kamar mandi yang bisa Anda manfaatkan untuk berganti pakaian maupun membersihkan diri.

Tidak hanya itu saja terdapat juga perahu yang bisa Anda gunakan untuk menyeberang agar sampai di lokasi tujuan. Selain itu, wahana di pulau ini juga banyak sekali serta wajib Anda coba karena dapat memacu adrenalin dan juga menguji nyali Anda.

Fasilitas selanjutnya yaitu tempat bercamping tujuannya yaitu agar Anda dapat menginap di pulau ini untuk menikmati suasana malam yang sangat indah. tidak hanya itu saja disediakan juga motor boat yang dapat disewa oleh pengunjung.

Itulah beberapa ulasan mengenai Pulau Mandeh di Pesisir Selatan yang bisa Anda ketahui agar dapat dijadikan patokan harga jika akan berkunjung ke objek wisata tersebut. serta sebaiknya datanglah kesini dengan mengajak rombongan agar lebih seru dan asyik.